Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar Sesuai EYD [+File PDF]

Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar– Sebagai seorang pelajar baik yang masih di bangkus Smp, ma atau mahsiswa pasti sudah tahu apa itu makalah. Tidak jarang di beberapa pelajaran kita mendapat tugas dari guru mapun dosen untuk membuat makalah.

cara membuat makalah yang baik dan benar dan contohnya

From: Islamic Desktop.com

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang dituangkan dalam bentuk tulisan beserta penjelasanya dengan tetap memperhatikan elemen pendukung secara ilmiah.

Pada prinsipnya, makalah merupakan suatu bentuk kecil dari sebuah karya ilmiah, meskipun demikian, harus tetap memperhatikan elemen-elemen karya ilmiah pada makalah itu sendiri, tanpa elemen itu tulisan kita belum bisa dikatakan makalah.

Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar

Seperti yang telah saya singgung di atas dalam membuat makalah kita membutuhkan elemen, elemen untuk membuat makalah, apasaja elemen dalam sebuah makalah itu?

cara membuat makalah

Untuk kamu yang masih kurang faham tentang apa saja elemen/bentuk elemen dasar makalah, tenang saja karena kami telah menulisnya sebagai referensi untuk kamu, langsung saja seperti berikut :

Bentuk elemen dasar makalah

  1. Cover
  2. Judul
  3. Kata Pengantar / Prakata
  4. Daftar Isi
  5. Bab I ( Pendahuluan )
  6. Bab II ( Isi )
  7. Bab III ( Penutup )
  8. Daftar Pustaka

Penjabaran :

1. Cover

Pada umumnya cover dalam sebuah makalah berisi beberapa hal, adalah sebagai berikut :

  • Judul Makalah
  • Tujuan pembuatan makalah
  • Nama Pembuat
  • Logo (lembaga yang bersangkutan)
  • Nama Lembaga, beserta alamat
  • Tahun Akademik pendidikan

contoh cover makalah

Untuk memperjelas penjelasan diatas, maka saya telah mencontohkan cover makalah yang benar. Anda dapat mengubahnya sesuai dengan tema makalah yang anda usung.

 

“KHASIAT BUAH MANGGIS UNTUK MEMBUNUH SEL KANKER"

Tujuan pembuat materi ini adalah untuk memberikan informasi, ulasan mengenai khasiat buah manggis sebagai pembunuh sel kanker

Ditulis oleh : budi sudirman

(Logo di sini)

Program Studi Teknik Sastra

Fakultas Sastra

Univesitas Negeri Kita Bisa

Jawa Timur, Indonesia

2015-2016

2. Judul Makalah

Judul makalah adalah halaman ke-2 dari sebuah makalah setelah cover. Di bagian ini kita dapat mengisinya persis dengan judul cover

3. Kata Pengantar / Prakata

Dibagian kata pengantar berisi Sekilas mencantumkan judul makalah yaitu ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap membantu dalam pembuatan makalah tersebut, seperti ucapan syukur, atas dukungan moral dan materi yang diberikan, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada : ….

Penutup kata pengantar

Dibagian penutup makalah berisi kerendah, kesadaran penulis kalau tulisannya masih banyak kekurangan. Contoh: penulis menyadari bahwa makalah ini belum sempurna, oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan pembaca sangat dibutuhkan untuk menjadikan lebih baik makalah ini.

Tanggal dan nama penulis

Contoh: Jawa Timur, 22 Februari 2015

budi sudirman

Contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar :

KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmah, hidayah-Nyalah penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Khasiat Buah Manggis Untuk Membunuh Sel Kanker". Atas dukungan moral, informasi dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :

  1. Bapak Edi Munfarid, S.Pd, selaku kepala program studi, yang memberikan ide, bimbingan, masukan, saran, dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.
  2. Bapak Prapto, S.Pd,I selaku guru Pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
  3. Ibu Tatik, S.Pd,I selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, masukan serta bimbingan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharap saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan untuk memperbaiki makalah ini.

Jawa Timur, 22 Februari 2015

Budi Sudirman

4. Daftar Isi

Pada dasarnya daftar isi dibuat bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mencari materi yang ada dalam buku/makalah tersebut. seperti berikut :

Halaman judul …………………………………………………………. i

Kata Pengantar ……………………………………………………….ii

Daftar Isi ……………………………………………………………..iii

Baca Juga :

5. Bab I ( Pendahuluan )

Dalam bab ini kita menerangkan mengenai konsep, gagasan, rencana, seputar permasalahan dan tujuan yang termuat dalam Latar Belakang. Tentukan juga Ruang Lingkup penelitian kamu yang mencakup proses-proses yang digunakan untuk menuangkan permasalahan.

Nah, dibawah ini telah kami cantumkan contohn isi dari pendahuluan dari suatu makalah. kamu bisa mengeditnya sesuai makalah yang kamu buat :

Contoh Pendahuluan Makalah

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam era yang serba modern ini, kemajuan dalam bidang pendidikan sangatlah bertambah dari waktu ke waktu. Kemajuan yang dicapai oleh umat manusia, baik dalam bidang sosial, bidang informasi maupun dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah membuat makalah yang baik dan benar, yaitu merupakan sistem informasi yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan.

1.2 Ruang Lingkup Penelitian

Penelitian ini mencakup cara membuat makalah yang baik dan benar dengan memperhatikan cara penulisan, tanda-tanda baca, tata bahasa yang baik dan benar.

1.3 Tujuan dan manfaat

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :

  1. Memacu siswa agar lebih kreatif
  2. Memahami pola pikir ilmiah
  3. Membiasakan siswa untuk menuangkan apa yang ada difikirannya dalam bentuk tulisan

1.4 Manfaat :

  1. Memberikan siswa pengetahuan, wawasan baru
  2. Mengasah kemampuan siswa dalam pemecahan suatu permasalahan
  3. Memperbaiki nilai pelajaran Bahasa Indonesia

6. Bab II ( Isi )

Uraikan semua isi atau materi makalah dalam bab ini. Anda harus menjelaskan sejelas jelasnya mengenai bab yang sedang anda bahas dalam makalah anda. Misalnya yaitu penjelasan mengenai hal – hal berikut ini :

  • Definisi / Landasan teori,
  • Ulasan materi
  • Permasalahan, penyelesaian masalah
  • Solusi , Hasil Peneltian

Artiker Terkait : Contoh Laporan Magang Mahasiswa dan SMk

7. Bab III ( Penutup / Kesimpulan dan Saran )

Pada bagian penutup makalah, kamu diharuskan untuk memberikan kesimpulan yang didapat dari uraian pada bab bab sebelumnya.

Misalnya Anda menguraikan kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian atas apa yang telah berjalan. Jika dalam penelitian yang kamu lakukan terdapat perhitungannya, maka Anda harus menuliskan hasilnya didalam kesimpulan ini.

Dan ada satu lagi yang perlu kamu tulis dalam bab ini, yakni kritik dan saran. Anda dapat menuliskan kritik dan saran yang ditujukan misalnya kepada lembaga/sekolah atau yang lainnya.

8. Daftar Pustaka

Daftar pustakan merupakan bab terakhir dalam penyusunan sebuah makalah, Daftar pustaka ini berisi nama-nama literature yang kita jadikan sebagai sumber referensi dalam pembuatan makalah tersebut.

Perhatikan tata cara penulisan nama, jabatan, gelar agar tidak mengaburkan pengertian pustaka. Daftar pustakan meliputi jurnal ilmiah, majalah, buku, media elektronik, surat kabar,interview juga bias dari website internet.

Selengkapnya mengenai pembahasan diatas kami telah membahas contoh laporan beserta penjelasannya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi.

Download Makalah Bahasa Indonesia PDF

Nah demikian lah penjelasan mengenai bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. Semoga dengan adanya website ini kamu menjadi terbantu.

Leave a Reply