(Step by Step) Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogger

Siapa yang tidak mengenal blog pada zaman milenial ini. Tak hanya sekedar untuk mencurahkan pikiran untuk blog pribadi, Namun ternyata blog juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang.

Cara membuat blog

neilpatel.com

Lalu bagaimana cara membuat blog gratisan sampai dengan menjadikan blog bisa menghasilkan uang?

Dibawah ini adalah langkah-langkah membuat blog gratis melalui blogger..

Cara Membuat Blog Gratisan

Cara Membuat Blog Gratisan

budiharyanto.web.id

Blog sebenarnya sangat simple karena sifat blog sendiri adalah personal sehingga lebih fleksibel dan bisa menjadi tempat non formal untuk berbagi berbagai macam informasi

Blog juga tidak membutuhkan biaya banyak alias tidak mahal, karena blog juga bisa dibuat secara gratis, berbeda dengan website hosted dimana kita harus membayar untuk membuat blog dan mendapatkan penghasilan dari website.

Nahh dibawah ini adalah cara membuat blog yang bisa kalian praktekkan..

1. Buka Halaman Blogger

halaman blogger

embe-i.blogspot.com

Blog yang akan kita gunakan kali ini adalah Blogger. Karena Blogger disini memiliki tampilan dan cara penggunaan yang mudah, jadi sangat cocok untuk kalian yang ingin belajar ngeblog dari awal.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan membuka halaman https://www.blogger.com/ terlebih dahulu. Jika kalian sudah memiliki akun Google, Kalian bisa langsung login, namun jika Kalian belum memiliki akun Google buatlah akun terlebih dahulu, karena nantinya digunakan untuk membuat blog.

2. Login

Login Google

youtube.com

Setelah menyiapkan akun Google silahkan login ke Blogger dengan menggunakan akun Google tersebut.

Saat ini satu akun Google bisa digunakan untuk mengakses semua layanan yang diberikan oleh Google seperti Gmail, Google+, Blogger, Drive, YouTube, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan begini kalian sudah tidak perlu memiliki banyak akun dan sandi untuk mengakses semua layanan tersebut.

3. Buat Blog Baru

buat blog baru

darkocep.xyz

Setelah Kalian berhasil masuk ke Blogger, Mulailah membuat Blog baru. Disini jangan asal dalam membuat Blog karena harus menggunakan perencanaan yang matang, agar nantinya mudah dicari dan mudah diingat.

Sebenarnya asal caranya benar, blog kalian akan tetap jadi namun tidak akan banyak menghasilkan karena tidak memiliki rencana sejak awal, oleh sebab itulah perencanaan ini sangatlah penting.

Setelah Kalian melakukan klik pembuatan blog baru, Kalian harus mengisi judul yang sesuai dengan konsep blog yang Kalian inginkan.

Setelah itu masukkan alamat Blog yang telah kalian siapkan. Untuk alamat ini gampang-gampang susah sebenarnya karena bisa saja alamat blog yang Kalian inginkan sudah dipakai oleh orang lain.

Jika alamat blog yang Kalian pilih ini disetujui akan ada tanda centang di samping kanan, namun jika belum disetujui akan ada tanda seru berwarna merah disampingnya.

Hal penting lainnya alamat blog ini juga harus disesuaikan dengan konsep dan judul blog Kalian inginkan misalnya kalian ingin blog untuk memberikan informasi tentang seputar dunia fashion maka alamatnya bisa fashionunique.blogspot.com dan lain sebagainya.

Jangan sekali-kali menggunakan nama Kalian sendiri untuk alamat blog kecuali jika sebelumnya Kalian sudah banyak dikenal, kenapa? karena banyak yang belum mengenal kalian jadi pastinya akan mempengaruhi tingkat pencarian dari blog kalian.

Biasanya yang menggunakan nama mereka untuk blog adalah para Penulis buku, artis atau public figure, tokoh politik, dan lain sebagainya karena memang nama mereka sudah terkenal.

4. Pilih Template

pilih template

asharynur.blogspot.com

Mungkin untuk awalnya bisa menggunakan template bawaan Blogger, Tapi nanti setelah blog Kalian jadi, baru bisa dirubah sesuai dengan keinginan Kalian atau menggunakan custom template.

Pilihlah template salah satu, lalu klik buat blog. Nahh.. blog kalian sudah jadi dan kalian juga bisa mengakses dashboard sesuka kalian.

5. Ubah Template

ubah template blog

tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com

Untuk membuat blog lebih profesional dengan mengubah template atau tema blog yang telah Kalian miliki.

Untuk menggantinya dengan cara memilih menu tema pada dashboard kemudian pada bagian pojok kanan atas ada tombol backup pulihkan, klik tombol tersebut.

Kalian juga bisa menekan tombol browse atau choose file kemudian pilih tema yang sudah Kalian download sebelumnya.

perlu diketahui pula file yang bisa dijadikan tema adalah yang ekstensinya .xml setelah itu klik tombol upload. Setelah proses upload selesai tema pada blog Kalian akan segera berganti.

Jangan lupa tema yang Kalian pilih harus sesuai dengan konsep blog Kalian dan pastikan template yang Kalian pilih tersebut memiliki menu bar.

Tujuannya adalah untuk memisahkan menu supaya tidak bertumpuk atau bercampur menjadi satu, selain itu menu bar ini juga bermanfaat untuk mengorganisir sub menu pada blog.

Kalian juga bisa melakukan pengeditan tema custom ini minimal Anda harus tahu bahasa pemrograman HTML.

6. Tulis Artikel Pertamamu!

tulis artikel

atomblogku.blogspot.com

Blog telah siap, Nahh saatnya Kalian untuk memulai posting artikel yang pertama. Semakin sering Kalian posting maka semakin bagus performa blog Anda.

Usahakan dalam sehari ada postingan baru di blog Kalian. Untuk memposting postingan yang baru silahkan klik tulisan entri baru lalu Tuliskan judul postingan dan kemudian tulis isinya lalu Publikasikan setelah kalian rasa artikel kalian sudah siap untuk dibagikan.

Karena di blog ini tidak ada meta, tag, dan description, cukup isi bagian label yang memudahkan untuk pencarian dan pengelompokan postingan yang dibuat.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Gratisan

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Gratisan

malamtekno.com

Inilah yang kita tunggu-tunggu. Bagaimana sihh cara menghasilkan uang melalui blog yang kita miliki?

Cara membuat blog yang menghasilkan uang itu bagaikan dua sisi mata uang yang saling berkaitan Sebab hampir sebagian orang yang membuat blog gratisan tujuannya adalah seperti itu, yaitu untuk mendapatkan penghasilan bisa dari AdSense dengan melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

Cara Mengubah bahasa di Blogger

Cara Mengubah bahasa di Blogger

sugeng.id

Untuk mendapatkan uang dari blog, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah harus mendaftarkannya ke Google AdSense terlebih dahulu.

Kita sering mendengar, bahwa blog dengan platform Blogger peluang diterima di Google Ads lebih besar karena menggunakan platform miliknya. tapi tetaplah usahakan performa yang baik untuk blog kita.

Sebelum mendaftar ke Google AdSense Kalian harus mengubah setelan atau pengaturan untuk memunculkan menu penghasilan di dashboard. Dibawah ini adalah cara mengubah setelan di blog kita:

  • Masuk ke menu setelan kemudian pilih sub menu bahasa dan pemformatan.
  • Pilih inggris (Amerika Serikat) – English (United States),
  • Klik simpan kemudian refresh blog Kalian, setelah itu tampilan menu di dashboard di blog Kalian akan berubah.

Mendaftar AdSense

Mendaftar AdSense

rumah-youtube.blogspot.com

Jika setelan blog Kalian belum berubah maka Kalian tidak akan bisa mendaftar AdSense.

  • Masuklah ke website Adsense https://www.google.com/adsense/start/ untuk melakukan pendaftaran
  • Lalu klik sign up now.
  • Isi bagian kolom your website dengan alamat blog Kalian.
  • Isikan dengan alamat email Kalian.

Yang harus diingat di sini adalah blog baru tidak bisa langsung didaftarkan ke AdSense tunggu minimal 3 sampai dengan 6 bulan baru bisa mendaftar.

Dan hal yang harus benar-benar Kalian perhatikan adalah Kalian hanya bisa mendaftar ke AdSense ini menggunakan satu akun saja.

Jika Kalian mencoba mendaftar menggunakan akun lain pengajuan AdSense ini tidak bisa diterima. Kemudian ikuti langkah-langkahnya sampai akun AdSense Kalian berhasil.

Notifikasi email

Untuk mengetahui diterima atau ditolak pendaftaran akun Google Ads tersebut akan disampaikan melalui email.

Mengenai waktunya bervariasi ada yang 2 minggu langsung diberitahu lewat email bahkan ada yang berbulan-bulan.

Jika pendaftaran sudah diterima Kalian bisa memasang iklan di setiap konten blog Blog.

Semakin banyak di klik maka penghasilan akan semakin banyak, namun hal ini tidak boleh dilakukan oleh Kalian sendiri karena bisa membuat akun kena banned.

 

Itulah cara membuat blog dari awal sampai menghasilkan uang dengan mendaftarkan blog pada Google Adsense. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: