5+ Teknik Belajar Melodi Gitar Akustik dengan Mudah dan benar

Belajar Melodi Gitar- adalah sebuah level lanjutan dalam belajar gitar, usai anda menguasai cara bermain gitar dengan baik dan benar serta teknik dasar seperti strumming, fingerpicking ataupun teknik belajar gitar lainnya.

Mempelajari teknik melodi ini adalah level selanjutnya dari teknik-teknik itu semua, sama halnya ketika anda belajar gitar, untuk belajar molodi gitar ini juga bisa anda pelajari sendiri dengan atau tanpa guru (otodidak).

belajar gitar melodi dengan sungguh-sungguh

From: Pixabay.com

Bagi anda yang ingin belajar gitar lebih silahkan lihat di 15 cara belajar gitar denga cepat dan mudah sesuai aturan musisi agar lebih memudahkan anda untuk belajar dalam bermain gitar.

Tidak sedikit orang yang iri saat melihat orang lain memainkan memainkan melodi gitar dengan lembut dan merdunya, sehingga mereka memutuskan untuk belajar melodi gitar juga.

Belajar Melodi Gitar

Langkah pertama untuk belajar melodi gitar adalah dengan belajar atau kurang lebihnya sudah menguasai rhythm, picking sederhana, dan memainkan tab lagu yang kamu sukai.

Apabila anda sudah berhasil melalui step ini , maka anda bisa dibilang telah menguasai dasar-dasar dalam bermain gitar melodi dan siap untuk belajar melodi gitar.

Usai itu anda dapat meningkatkan permainan dan membuat nada-nada yang bisa kamu hasilkan dari melodi tersebut lebih beragam yaitu denga menggunakan teknik-teknik bermain melodi gitar seperti melempar pull of, hammer on, dan slide dalam permainan melodi gitar anda.

Mungkin banyak dari anda masih banyak yang belum tau tentang teknik-teknik tersebut, untuk itu dalam artikel kali ini saya akan membahas teknik-teknik Dalam sebuah permainan melodi gitar.

Selain itu, pada tab gitar terdapat juga simbol-simbol khusus untuk menggunakan dan memvariasikan teknik-teknik itu.

Belajar Melodi Gitar teknik-teknik :

1. Belajar Melodi Gitar Teknik Hammer On

Teknik hammer on adalah sebuah teknik dari beberapa teknik melodi gitar yang harus anda kuasai pertama dalam belajar melodi gitar, penjelasan tenik ini adalah menghubungkan dua not atau lebih dalam waktu yang tepat dan cepat.

Atau untuk lebih mudahnya anda memainkan sebuah not kemudian pada senar yang sama anda memainkan not yang lain tanpa memetiknya lagi.

Jadi jari yang anda gunkan untuk menekan senar tersebut harus cepat juga dalam menekan senar sebelum senar berhenti,

Hammar on dalam tab gitar di simbolkan dengan huruf “h” , contoh :

belajar melodi gitar teknik hammer on

From: Pinterest.com

Dalam tahapan belajar gitar gitar tab diatas yakni menggunakan teknik gitar hammer on. Cara mempraktekannya adalah pertama petiklah senar satu terbuka dengan kuat guna menghasilkan bunyi yang lama.

Dengan cepat pukulkan jari telunjuk ke senar satu fret tiga, sampai disini anda sudah dapat menghasilkan dua nada dalam satu kali petik. Dalami terlebih dahulu untuk bermain gitar dengan dua nada.

Jika sudah di dalami dan sudah di kuasai baru anda bisa belajar untuk level berikutnya yaitu satu petik menghasilkan 3 nada sekaligus.

Usai anda memukul dengan jari ke fret 3 sekarang dengan cepat lagi pukulkan jari tengah anda ke pada fret lima, Dengan begitu anda bisa menghasilka tiga nada sekaligus dalam satu petik.

2. Belajar Melodi Gitar teknik Pull Of

Belajar melodi gitar teknik pull of ini adalah kebalikan dari teknik hammer on yang telah saya jelaskan di atas. Anda sudah mengetahui bawasannya pada teknik hammer on, anda membunyikan nada dari fret atas ke fret bawahnya dengan satukali petik.

Dengan begitu pull of keblikannya yaitu membunyikan beberapa nada dari fret bawah ke fret atasnya dengan satukali petik. Contoh :

belajar melodi gitar dengan menguasai teknik pull of

From: widyakurniaputri21 – WordPress.com

Yang harus anda lakukan dalam belajar teknik ini adalah memposisikan jari tengah pada senar 1 fret 7 dan jari telunjuk pada fret 5, lalu memetiknya dengan cepat angkat jari tengah anda sehingga bisa menghasilkan dua nada dalam satu kali petik.

Lalu bagaimana dengan senar yang lainnya? Untuk senar yang lainnya juga sama, anda bisa melakukan cara yang sama pada senar yang lain.

3. Belajar Melodi Gitar teknik Slide

Teknik slide dilakukan dengan cara memilih/menekan satu buah not, kemudian geser jari yang telah menekan senar tersebut ke fret yang lain dalam senar yang sama tanpa mengangkat jari.

Jadi jari masih pada posisi tetap menempel pada senar ketika mengubah posisi fret. Teknik slide dalam gitar di bagi menjadi dua yaitu slide bawah dengan lambang “\” dan slide keatas dengan lambang “/”. sebagai contoh berikut :

belajar melodi gitar dengan menguasai teknik slide

From: tutorialgitar.com

Dengan teknik ini langkah awal anda dapat memetik senar 1 fret 7 dengan jati tengah lalu seret atau slidae ke atas sampai fret lima tanpa mengangkat jari.

Kemudian untuk slide ke bawah, usai anda melakukan pola tdi maka tempatkan jari telunjuk ke senar 2 fret 5, kemudian petik dan seret jari hingga slide 7.

4. Belajar Melodi Gitar teknik Vibrato

belajar melodi gitar dengan teknik vibrato

From: YouTube.com

Teknik vibrato banyak dan sama dengan teknik yang di mainkan oleh penyanyi untuk menyayikan nada yang panjang.

Teknik vibrato ini dilakukan dengan memainkan sebuah not kemudian menggetarkan senar yang ditekan tersebut ke atas dan kebawah sehingga dapat dihasilkan suara yang bergetar nan halus.

Teknik vibrato ini akan lebih gampang dimainkan pada gitar listrik karena senarnya yang tidak terlalu tebal. untuk lebih jelasnya bisa di lihat gambar di bawah:

gambar

dan dalam memainkan teknik ini saya rasa tidak memerlukan memindah tab karena dalam teknik ini hanya menggunakan satu buah nada dan itu bisa anda kembangkan sendiri.

Dalam memainkannya anda dapat menempatkan jari pada sebuah senar, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memetik senar tersebut dengan cukup kuat sehingga nada yang dihasilkan keras dan tahan lama.

Lalu getarkan jari yang sedang anda gunakan untuk menekan senar tersebut ke arah atas dan kebawah dengan tetap menjaganya berada pada senar dan senar tetap bersuara.

Lakukan hal tersebut dengan mengulangi getaran ke atas dan ke bawah sampai ketukan tertentu dan akan menghasilkan sebuah bunyi yang bergetar dengan baik.

5. Blajar Melodi Gitar Teknik Bending

belajar gitar melodi dengan mudah

From: muizre.ru

Apabila anda sudah dapat memainkan teknik vibrato dalam belajar melodi gitar di atas maka, sudah dapat dipastikan anda bisa memainkan teknik bending ini.

Teknik bending adalah teknik yang tidak jauh beda dengan dengan teknik vibrato, Perbedaannya jika vibrato anda menggetarkan senar keatas kebawah saja, sedangkan pada teknik bending ini kita hanya perlu mendorong senar gitar ke atas saja.

Sehingga dapat dihasilkan nada yang lebih tinggu dengan suara yang nyaring. Teknik bending ini cukup mudah untuk dilakukan, seperti trik berikut : jika anda memainkan sebuah nada tunggal kemudian akan melakukan bending usahakan anda menekannya menggunakan jari manis (jari ke 3) dan menggunakan jari tengah (jari ke 2) .

Jadi senar tersebut ditekan ditekan oleh dua jari, Dengan satu catatan, jari 3 lah yang diletempatkan pada fret dimana nada itu akan anda mainkan dan jari 2 berada di belakangnya bisa dibilang untuk mencover dan memperkuat jari 3 untuk menekan senar.

Setelah anda memetiknya, lakukanlah bending dengan menggunakan kedua jari tersebut. Menggunakan dua jari akan membuat jari anda melakukan bending lebih kuat dari pada hanya menggunakan satu jari saja.

Serta anda juga dapar menambahkan jari telunjuk di belakang dari pada jari tengah sehingga jika dijumlah menjadi tiga jari.

Trick ini memang efektik untuk belajar melodi gitar yang baik untuk pemula.

belajar melodi gitar dengan memahami teknik bending

From: belajar musik.com

Seperti gambari di atas pemain menggunakan 3 jari untuk membending senar gitar.

Menurt saya beberapa teknik yang telah saya jelaskan di atas sudah cukup untuk anda khususnya yang baru belajar melodi ini. Teknik-teknik diatas banyak digunakan pemian gitar senior dalam pentasnya.

Berikut adalah video dari pembahasan kelima teknik tersebut :

Untuk berlatihnya, anda dapat memainkan tab di atas, apabila tab tersebut telah anda kuasai maka, anda dapat mencari tab lain bisa melalui internet atau buku-buku gitar di toko terdekat dapat juga berlatih dengan lagu yang anda gemari itu akan melekat lebih lama dalam memori anda.

Baca Juga : Cara Bermain Gitar dengan cepat dan mudah sesuia ketentuan musisi

Demikian, semoga bermanfaat bagi teman-teman, “terus berusaha dan jangan mudah menyerah bawasannya usaha tidak akan menghianati hasil”

Leave a Reply