Cara Belajar Gitar dengan Cepat dan mudah Sesuai Ketentuan Musisi

Cara Belajat Gitar – Belajar gitar adalah perkara yang susah-susah gampang, terkadang ada orang yang telah memiliki bakat bermain gitar sehingga mudah dalam belajar gitar, namun ada juga seseorang yang kurang berbakat dalam bermain gitar sehingga agak susah dalam belajar.

Namun tidak perlu ragu atau malu untuk belajar dengan sungguh-sungguh, Karena kesuksessan belajar gitar dengan cepat dan mudah bisa diraih semua orang dalam bakat apapun.

belajar gitar dengan cepat pemula untuk dengan tekun

From: Pixabay.com

Tapi, tidak sedikit pemula yang cepat menyerah, seringkali pemula yang menyerah akan menyalahkan kurangnya waktu, latihan gitar susah atau jari yang sakit. Bukankah harus bersusah-susah dahulu baru bersenag-senang kemudian.

Masalah yang sebenarnya adalah kurangnya niat, kurangnya kesungguhan untuk belajar, dan kurangnya kesungguhan untuk bisa bermain gitar, maka untuk para temen-temen saya tekankan disini untuk memantapkan niatnya dalam meraih sesuatu kesungguhan dan niat itulah yang paling utama.

Dan dihalaman ini tidak dapat memberimu waktu tambahan, tapi akan menunjukkan ke padamu, Bagaimana atau cara belajar gitar dengan cepat dan mudah dan bagaimana menjadi pemain gitar yang sebenarnya tanpa perlu membayar les atau guru private.

Hal yang Dibutuhkan dalam cara bermain gitar dengan cepat dan mudah

belajar gitar denga mudah bisa dilakukan oleh siapapun

From: pixabay.com

a. Gitar

alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari tangan atau menggunakan alat bantu seperti spektrum.

b. Buku gitar

Buku yang berisi tentang bagaimana, cara dan contoh lagu untuk belajar dalam bermain gjtar

c. Penyetem : Sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi suara getaran dari gitar, dan dapat dimanfaatkan untuk belajar gitar.

Cara Bermain Gitar dengan Cepat dan Mudah

Dalam permainan gitar akan melibatkan jiwa dan perasaan seseorang, Untuk itu jika anda ingin belajar gitar dengan cepat dan mudah, anda harus dapat menjiwai antara suara gitar dengan diri anda, dengan begitu anda dan gitar dapat berkolaborasi dan menghasilkan suara yang bagus dan lembut.

1. Cari dan pilihlah intruksi bisa melalui internet

belajar gitar dengan cepat dengan metode yang benar

From: VIVA.co.id

Internet adalah guru yang banyak tahu di tidak akan berbicara jika kamu tidak bertanya padanya. Di internet terdapat ratusan situs yang menawarkan pelajaran dengan cuma-cuma.

Kebanyakan dibuat dan didesain dengan baik dan bagus sehingga bisa diaplikasikan dalam latihan rutin kamu, kamu juga dapat bertanya dan menemukan jawaban dari pertanyaan anda tersebut

Hal yang harus kamu kuasai dahulu adalah chord-chord dasar dalam gitar karena jika kamu ingin terjun ke dunia musik pasti tidak akan terpisah dengan yang namanya chord ini.

Seperti yang telah saya sampaikan dalam artikel Belajar Gitar Akustik untuk pemula di dalamnya sudah saya sertakan bahasan gambar serta video tentang chord gitar guna mempermudah teman-teman untuk belajar gitar.

Selain

itu agar kamu lebih konsisten dalam belajar. buatlah target kegiatan, saya sarankan buatlah target dalam satu minggu anda sudah dapat menguasai chord gitar dasar

Atau untuk anda yang lebih suka tantangan bisa juga membuat target dalam satu minggu bisa memainkan lagu, itu semua tergantung dengan diri masing-masing, namun dengan target akan membuat kita lebih semangat.

2. Belajar untuk Membedakan Musisi yang Bagus dan Jelek

belajar gitar dengan mudah adalah hal yang tidak sulit untuk pemula

from: resensimusik.com

Setelah anda menguasai chord dasar dan telah menguasai beberapa lagu dengan chord-chord tersebut, dan sudah dapat mengapresiasikan seperti musisi favorit kalian dalam satu minggu tersebut, tingkatkanlah kemampuan anda dengan musisi yang lebih hebat lagi.

Dengan begitu anda akan merasakan sensasi belajar yang mengasikkan dan merasa tertantang untuk bisa.

3. Pelajari Intrument Fisik itu Sendiri

belajar gitar dengan memahami bagian-bagian dari gitar

From: Slashky Gitaris.com

Pelajari nama dan kegunaan daari bagian-bagian gitar, bagaimana bagian-bagian tersebut bekerja sama untuk menghasilkan sebuah suara yang enak di dengar. Pelajari juga bagaimana suara itu dapat dihasilkan dan bagaimana tensi mempengaruhi senar.

30 menit yang kamu habiskan untuk mempelajari kegunaan bentuk fisik gitar ini akan terbayar jauh lebih besar selama masa belajar dan bermain anda.

Begitu juga dengan mempelajari bentuk fisik ini secara tidak sadar anda akan menjiwai dari bagian-bagian gitar sehingga kamu bisa mevariasikan suara-suara yang dihasilkan sesuai dengan keinginan kamu.

4. Ajari diri Kamu Sendiri Sebanyak-banyaknya Cara untuk Memainkan Chord/kunci Gitar tersebut

melatih gengaman tangan untu belajar gitar

From: zairul.com

Sebagai contoh, ada beberapa cara untuk memainkan kunci C. Tentu saja mulai dari yang paling dasar, tapi semakin banyak jenis chord yang kamu kuasai otomatis semakin mudah anda untuk berpindah dari satu chord ke chord yang lain.

Hal ini juga sangat berguna ketika kamu ingin membuat musik baru. akan lebih mudah lagi jika kamu langsung memainkan kunci-kunci gitar bebarengan dengan lagunya.

5. Berlatih Rutin (Lakukan latihan paling minim 5 kali dalam seminggu) selama kurang lebih 30 menit.

Belajar gitar untuk pemula dalam tingkat keberhsilannya harus sungguh-sungguh

From: Republika Online.com

Sebenarnya cara bermain gitar dengan cepat dan mudah tidak sulit, Kembali pada diri kamu sendiri jika kamu ingin belajar dengan cepat, kamu harus bersatu dengan gitar. Hal ini termasuk belajar bagaimana menjiwai suara dari gitar yang bagus.

Untuk perubahan chord, nada, atau intonasi dengan nyaman posisikan tubuh kamu, cara memetik/menggenjreng gitar, koordinasi fret dengan tangan dan tangan serta yang terpenting adalah koordinasi memori otak dengan tangan.

6. Berlatih Melatih Memori Otot Tangan

Melatih kekonstrasian dalam bermain gitar

From: bukubiruku.com

Anda bisa melakukan latihan ini sambil menonton TV atau berbincang dengan teman, dalam Belajar memori otot tangan fret ini memang lebih susah dari belajar genjreng tangan.

Kamu tidak perlu menggunakan tangan kamu yang satunya, yang perlu kamu lakukan coba saja dari satu chord ke chord yang lain. Perbincangan atau TV akan membuatmu tidak melihat bawah (tidak melihat tempat jari anda di kotak mana di senar mana).

Bagaimanapun, ketika sedang belajar posisi/letak chord, kamu harus belajar jari anda secara intens. Pastikan kamu dapat posisi jari yang benar sehingga memeori otot kamu benar.

Seiring dengan berjalannya waktu, lihat jari anda lebih jarang, namun cek apakah kamu sudah mencapai posisi yang benar. kelamaan kepercayaan pada posisi jari kamu akan semakin bertumbuh dan kamu tidak perlu melihat letak kunci-kunci/chord tersebut dengan rutin.

7. Kelola Kepalan Pada Ujung Jari Anda

dengan belajar gitar dengan mudah

From: wikihow.com

Dalam belajar gitar kamu akan tahu bagaimana rasanya perjuangan, mungkin ada beberapa hal yang harus kamu korbankan seperti tangan yang halus atau kuku yang panjang mungkin kamu juga perlu memotongnya.

Dalam cara ke tujuh ini akan membuat jari anda sakit, dan mungkin bisa membuat jari anda terluka karena bergores dengan senar-senar gitar, namun sakit ini cuma sementara dua atau tiga hari tangan anda akan kapal, dan sakit itu akan hilang tanpa kamu sadari.

8. Pelajari Kunci terbuka Bersama dengan Kunci Gantung

belajar gitar kunci terbuka

From: gitarbebas.blogspot.com

Gitar tidak lepas dengan yang namanya chord atau kunci gitar, dalam chord itu pasti ada yang sulit dan ada yang mudah, seperti chord gantung ini bisa dibilang cukup sulit untuk pemula,

Sambil mengembangkan kemampuan, semakin sering kamu bermain, maka semakin mudah kamu menguasai, belajar kunci gantung ini sangat tergantung dengan kekuatan tangan fref kamu.

9. Bangun Kekuatan Fret Tangan Kamu

belajar gitar dengan melatih kekuatan otot jari

From: aliexpress.com

Kamu bisa melatih kekuatan fret tangan kamu dengan cara meremas bola tenis atau objek yang mirip dengan bola tenis selama kurang lebih 5 menit sudah cukup.

10. Biarkan Diri Anda Frustasi

belajar dengan sungguh-sungguh dengan gitarmu

from: Hal-Lima.com

Hal ini adalah hal yang umum dan hal yang normal, Dengan begini kamu bisa mengevaluasi kemampuan kamu, Chord yang kamu coba untuk bersuara normal beberapa hari bahkan beberapa minggu, akan tiba waktunya besuara dengan jelas dan jernih.

Tetap usahakan itu semua , tetaplah menggenjreng, tetaplah memetik, sebelum kamu menyadari, bawasannya kamu akan secara tidak sadar sudah dapat menguasainya.

11. Berlatih dan Berlatih

belajar gitar dengan cepat pemula untuk dengan tekun

From: Pixabay.com

Bukan hanya pepesan kosong saat berlatih, utamakan kualitas buka kuantitas, Jika kamu berlatih asal-asalan, kamu hanya akan membuat suatu kebiasaan buruk permanen.

Contoh latihan beban, fokulah pada satu bagian sehari layaknya nada, akurasi dan kelembutan. Dengan berkonsentrasi dan konsisten pada hal yang berbeda setiap hari, Kamu bisa menajamkan skill kamu dan meningkatkan dari semua permainan kamu !

12. Bermain dengan VCD yang Kamu Suka

belajar bermain gitar dari kamu dan untuk kamu

From: wkihow.com

CD player, handphone adalah suatu sarana yang bagus juga untuk belajar musik, karena mudah untuk diulang-ulang bahkan bagian kecil dari sebuah lagu juga dapat di ulang.

13. Mulailah Untuk Memainkan Sebuah Lagu

belajar gitar dengan berlatih untuk kamu

From: feremania – WordPress.com

Setelah melalui tahapan-tahapan panjang, pasti anda sekarang sudah mulai menguasai seluk-beluk dari gitar seperti nada, intonasi, dan fungsi-fungsi dari bagian gitar.

Nah, untuk itu waktunya sekarang kamu memainkan sebuah lagu, Lalu bagaimana memulainya?

Untuk itu terdapat dua hal pertama adalah dengan membaca lembar musik dan yang kedua adalah tab, kamu bisa menambah referensi dari kedua hal tersebut di internet dan pelajari keduanya karena keduanya juga penting.

14. Memainkan Lebih Dari Satu Jenis Gitar

beberapa jenis gitar untuk belajar

From: guitar buntung – WordPress.com

Untuk lebih menguasai semua itu di luar kepala kamu bisa memulai dengan memainkan berbagai jenis gitar walau beda bentuk sebenarnya tujuan utama dan dasarnya juga sama, seperti Gitar klassik, Bass, gitar tenor dan gitar elektrik.

Dengan begini kamu akan terbiasa dengan suara-suara gitar yang banyak varian suaranya.

15. Action, Nikamati Kecaggihan Skill Anda sekarang

melatih diri untuk tetap konsisten mencapai sesuatu

From: dumai.com

Itulah sedikit yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk teman-teman bukubiruku.com, dan jangan lupa untuk berusaha dengan sungguh-sungguh.

3 Comments

  1. Kornelius Ginting 18 November 2016
  2. Maajid Jati laksamana 13 January 2017
  3. Kahar ID 6 April 2017

Leave a Reply