Belajar Bahasa Jepang Hiragana Katakana kanji dari A-Z Lengkap

bahasa jepang itu tidak sulit

From ; nihongobahasajepang.blogspot.com

Siapasih yang tidak kenal dengan jepang yaitu negara di Asia Timur letak wilayahnya di ujung barat samudra pasifik, di sebelah timur laut dai jepang, Dan bertentangga dengan Korea, Republik Tiongkok dan Rusia.

Tetang jepang banyak yang saya suka antara lain, disiplinnya, budayanya, Kesopanannya untuk kamu jika ingin ke jepang tidak salah belajar bahasa jepang dasar dahulu :

Mengenal Huruf Jepang

A. Huruf Katakana

Huruf Katakana (片仮名) yaitu salah satu dari tiga huruf jepang yang digunkan untuk menuliskan kata-kata serapan dan atau daru kata asing bagi bahasa jepang.

Jumlah hurufnya standart adalah 46 dan dimodifikasi atau ditambah tanda tertentu akan menghasilkan bunyi huruf yang berbeda.

huruf katakana bahasa jepang

From: bahasajepang.org

yang dimaksud tanda “_” adalah tanda untuk pengucapan kata yang panjang

Huruf katakana bukan ditulis dari bahasa asing, namun pelafalannya, Contoh ballpoint, yang dibaca bollpen, tapi umumnya orang jepang tidak ada huruf “L” jadi kata itu dibaca atau dilafalkan boorupen. Jadi jika di tulis menggunakan katakana menjadi seperti ini : “ボールペン"

Keterangan : Beberapa huruf standar yang ditambah dengan daku ten (“) maka bunyinya akan berubah contoh :

Huruf S menjadi Z

Huruf K menjadi G

Huruf T menjadi D

Huruf H menjadi B

Dan untuk huruf H jika ditambah daku on (°) maka bunyinya berubah menjadi P

B. Huruf Hiragana

Huruf Hiragana (Kana: ひらがな; Kanji: 平仮名) yaitu suatu cara orang penulisan dalam bahasa jepang dan mewakili sebuah suku kata.

Pada masa lalu, huruf ini juga dikenal dengan onna de (女手) bisa disebut dengan “Tulisan Wanita” hal ini dikarenakan biasa yang menggunakan adalah kaum wanita. Sedangkan kaum laki-laki pada masa itu menggunakan tulisan katakana dan kanji.

Huruf Hiragana terdiri dari 46 huruf standar yang apabila dimodifikasi atau ditambah tanda tertentu akan menghasilkan bunyi huruf yang berbeda, Serta berbeda fungsinya dengan katakana.

Berikut Penampakan huruf Hiragana :

huruf bahasa jepang hiragana

From: elsacifer.wordpress.com

Huruf hiragana mempunyai 3 fungsi dasar yaitu :

  1. Membentuk imbuhan dalam sebuah kalimat disebut Okurigana
  2. Untuk menjelaskan bacaan dari kanji disebut furigana
  3. Menuliskan partikel dan honorific

Berikut ini adalah penjelasan dari 3 fungsi di atas :

a. Fungsi Huruf Jepang Hiragana sebagai fungsi Okurigana

Okurigana 送り仮名, mempunyai arti mengikuti, dalam hal ini, huruf hiragana mengikuti dengan huruf kanji, tujuannya untuk menjelaskan apa arti dari huruf kanji tersebut

Biar lebih faham fahami contoh huruf kanji berikut : (atas) yang artinya dapat berubah jika di ikuti oleh huruf hiragana, menjadi seperti berikut :

がる (Angaru)

Artinya : “Memajat /menyelesaikan” dari huruf kanji di atas ( : atas) yang semula mempunyai arti “atas” karena di ikuti oleh huruf hiragana menjadi dibaca “a”

Keterangan : adalah huruf kanji, sedangkan がる adalah huruf hiragana

る (Noboru)

Artinya : “Memanjat/naik” huruf kanji disini dibaca “nobo”\

Keterangan : adalah huruf kanji, sedangkan adalah huruf hiragana

b. Fungis Huruf Jepang Hiragana sebagai Furigana

Kata bahasa jepang furigana

From: nihongobahasajepang.blogspot.com

Furigana 振り仮名, Pada fungsi ini huruf hiragana sebagai furigana di tulis mengikuti/setelah huruf kanji yang berfungsi menjelaskan pelafalan, Jika huruf hiragana di tulis menurun (Tageki) huruf hiragana terletak di samping huruf kanji, sedangkan dalam tulisan mendatar (yokogaki) huruf hiragana di tulis di atas huruf kanji.

Fungsi huruf hiragana sebagai furigana ini umum banyak ditemui dalam bacaan anak-anak, karena anak-anakbelum terlalu mengenal huruf kanji.

Huruf Furigana juga sering ditulis di papan-papan umum seperti : papan nama terminal bus selain huruf romanji, Hal ini bertujuan untuk membantu, mempermudah cara membaca nama terminal tersebut.

Selain itu Furigana digunakan juga dalam peta untuk mempermudah pelafalan nama-nama tempat yang tidak umum.

c. Fungsi Huruf Jepang Hiragana untuk menulis partikel dan Honorific

Partikel dalam bahasa jepang semuanya dutilis menggunakan huruf hiragana.Honorofic atau penyebutan nama perorangan juga ditulis dengan huruf hiragana, contoh menulis kun, chan, san, dan tan.

selanjutnya akan membahas huruf jepang kanji >

Sebenarnya masih banyak lagi penjelasan tetang huruf hiragana, Tapi untuk saat ini itu dulu yang dapat mimin sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua khusunya para pembaca 🙂

Leave a Reply