Belajar Bahasa Jepang Huruf Kanji dilengkapi dengan penjelasannya

huruf kanji bahasa jepang

From: clipartbest.com

Pengertian kanji (漢字) adalah salah satu dari empat aksara yang digunanakan dalam tulisan jepang selain (hiragana, katakana dan romanji). Aksara kanji dulunya juga disebut dengan mana (真名) .

KANJI

huruf kanji adalah kata serapan jepang

From: dewnysa.blogspot.com

Huruf kanji yaitu karakter tulisan yang di pinjam dari china. Ketika negara jepang mengadopsi kanji. Mereka juga belajar dan mengadopsi cara membacanya. Tapi orang jepang juga memberi karakter china tersebut untuk mrnuliskan kata/kalimat asli dalam bahasa jepang.

Akibatnya satu saja karakter kanji dapat memiliki dua arti atau lebih cara bacanya. Cara baca china disebut ON. Sedangkan cara baca orang jepang disebut KUN. Contoh cara membaca ON kanji adalah dai だい sama juga dengan daigaku 大学 (Universitas). Sedangkan cara membaca KUN adalah oo おお sama seperti kalimat ookii 大きい (Besar).

Satu huruf kanji hanya bisa digunakan untik arti yang spesifik. Maka walaupun Kanji (lima) mempunyai cara baca Go ご. ini tidak boleh digunakan untuk menggantikan huruf hiragan Go ご. Conroh pada kalimat おはようございます atau あさごはん.

Asalmula kanji adalah dari piktograf atau gambar yang disederhanakan menjadi karakter atau huruf tulisan. Contohnya adalah Kanji (sungai) terbentuk dari tiga buah garis yang mmenggambarkan aliran air ditengahnya dan sungai.

Kanji Besar (besar) Mempunyai bentuk gambar yang merentangkan tangan dan kakinya. Jumlah kanji China diperkirakan lebih dari 40.000 Karakter namun hanya sekitar 3000 karakter kanji yang umum digunakan di negara jepang. Kementrian pendidikan jepang telah menyusun 1945 buah kanji untuk digunakan dalam publikasi seperti pada majalah dan koran.

Cara Mudah Belajar Kanji dengan Memahami Radikal

Belajar Huruf kanji bisa menjadi suatu proses yang sulit bagi orang yang belum pernah mempelajarinya. Namus setelah mempelajari beberapa kata kanji, proses belajar kanji akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Karena kanji dibentuk dari komponen dasar yang sama (radikal kanji) Huruf kanji mempunyai 214 buah radikal yang masing-masing memiliki makna yang uniq. Huruf kanji berikut 訳, 話, 語, 読 memiliki radikal yang sama yaitu yang berarti “bahasa.”

belajar huruf kanji jepang

From : bayartidak.wordpress.com

Maka walaupun anda tidak mengetahui arti dari huruf suatu kanji anda dapat menerka bahwa kanji itu ada hubungannya dengan bahasa karena huruf kanji terbentuk dari radikal 言.

  • 訳 (terjemahan)
  • 読 (membaca)
  • 語 (bahasa)
  • 話 (bicara)

Huruf kanji ditulis dengan urutan dan goresan yang tetap. Aturan yang paling umum adalah menulis dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan selain, selain itu garis horizontal biasanya ditulis sebelum gari vertikal.

Huruf kanji dalam negara jepang sebagian besar digunakan untuk menunjukkan kata benda, kata sifat, kata kerja dan kata keterangan, Sedangkan penanda gramatikal seperti partikel dan akhiran tidak di tulis dengan kanji. contoh : “Saya makan ikan” 私は魚を食べます watashi wa sakana wo tabemasu.

Kata benda わたし (saya) dan さかな (ikan) ditulis dengan huruf kanji dan , Sedangkan bagian kata kerja pada たべます ditulis dengan huruf kanji (makan). Partikel dan serta kata kerja berakhir べ ま す ditulis dengan huruf hiragana.

belajar bahasa jepang huruf kanji

From : http://belajarbahasajepang.org

Dalam mempelajari sebuah huruf kanji, kita akan menjumpai versi ketik yaitu versi tulisan tangan dan versi urutan goresan. Cara bacaan ON dalam huruf katakana dan cara baca KUN dalam huruf hiragana.

Huruf Kanji yang Berasal dari Gambar dan Simbol

Huruf kanji diperkirakan ada 200 buah yang berasal dari gambar dan simbol. Huruf kanji yang berasal dari gambar tersebut mewakili makana inti atau dasar yang kemudian menjadi unsur pembentuk huruf kanji yang lebih kompleks. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk memahami lebih lagi terlebih dahulu bentuk huruf kanji dan warnanya.

bahasa jepang kanji mudah

From : bakadangergakuen.wordpress.com

Contoh kanji yang berasal dari simbol :

Kanji bawah

Kanji buku

kanji naik

kanji kecil

kanji besar

Contoh kanji yang dibuat atau berasal dari gambar :

Kanji minggu

kanji Gunung

kanji orang

kanji sungai

kanji anak

Kanji hidup

Kanji studi, belajar (seorang anak di sekolah)

 

 

Leave a Reply