7 Urutan Pangkat TNI Ad Beserta Lambang dan Artinya Lengkap

Urutan Pangkat TNI- Tanda kepangkatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (AD) berikut adalah daftar tanda pangkat yang terus digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat hingga saat ini.

Sebagaimana dengan tanda kepangkatan lainnya, kepangkatan TNI AD ini terdiri atas jajaran pengkat dari perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara tinggi, bintara, tamtama kepala, tamtama.

Urutan Pangkat TNI AD dari Bawah sampai Atas

urutan pangkat tni

Penamaan pangkat tentara Republik indonesia dimulai sejak TNI masih bernama TKR. Berdasarkan dari Surat Perintah Kepala Markas Tertinggi TKR tanggal 5 November 1945 yang telah ditandatangani oleh Letjen Oerip Soemohardjo Kepala Staf Markas Besar Umum, dicetuskan sebuah perintah yang mengatur tentang seragam dan tanda-tanda Tentara Keamanan Rakyat.

Adapun kepangkatan tni ad adalah sebagai berikut :

Urutan Pangkat Perwira Tinggi TNI AD

urutan pangkat tni indonesia

nerubianassassin.blogspot.co.id/

 

Dikenal empat pangkat yang termasuk dalam tingkatan perwira tinggi dalam jenjang kepangkatan TNI AD. Berikut merupakan urutan pangkat perwira tinggi TNI AD dari pangkat bawah sampai pangkat TNI AD tertinggi :

  1. Brigadir Jenderal

Brigadir Jenderal Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI AD) disingkat dengan nama Brigjend adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira tinggi TNI AD, lambang pangkat brijend dalam TNI adalah satu bintang.

  1. Mayor Jenderal

Mayor Jenderal Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI AD) disingkat dengan nama Mayjen adalah satu pangkat diatas Brigadir Jenderal dibawah Letnan Jenderal, lambang pangkat dalam TNI untuk Mayjen adalah dua bintang.

  1. Letnan Jenderal

Letnan Jenderal Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI AD) disingkat dengan nama Letjen adalah pangkat diatas Mayor Jenderal dibawah Jenderal, tanda pangkat dalam TNI untuk Letnan Jenderal adalah tiga bintang.

  1. Jenderal

Jenderal Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI AD) adalah pangkat tertinggi dalam sistem kepangkatan TNI AD, gambar pangkat dalam TNI untuk Jenderal adalah bintang empat.

Urutan Pangkat Perwira Menengah TNI AD dari bawah samapi atas

urutan pangkat tni au

nerubianassassin.blogspot.co.id/

Dikenal tiga pangkat yang termasuk dalam tinkatan perwira menengah dalam jenjang kepangkatan TNI AD. Berikut ini adalah urutan pangkat perwira menengah TNI AD dari tingkatan pangkat paling bawah sampai tingkatan pangkat TNI AD tertinggi :

  1. Mayor

Mayor TNI AD adlah pangkat paling bawah dalam jajaran pangkat perwira menengah TNI AD, lambang pangkat Mayor dalam TNI adalah satu bunga melati emas.

  1. Letnan Kolonel

Letnan Kolonel TNI AD disingkat dengan nama Letkol adalah satu pangkat diatas Mayor dibawah Kolonel, lambang pangkat Letnan Kolonel dalam TNI adalah dua bunga melati emas.

  1. Kolonel

Kolonel TNI AD adalah pangkat tertinggi didalam jajaran kepangkatan perwira menengah TNI AD, gambar pangkat Kolonel dalam TNI adalah 3 bunga melati emas.

Urutan Pangkat Perwira Pertama TNI AD

urutan pangkat tni al

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal tiga pangkat yang termasuk ke dalam tingkatan pangkat perwira pertama ini. Berikut adalah urutan pangkat TNI AD Perwira Pertama dari tingkatan pangkat paling bawah hingga pangkat TNI AD tertinggi :

  1. Letnan Dua

Letnan Dua TNI AD, disingkat dengan Letda adalah pangkat paling bawah dalam jajaran pangkat perwira pertama TNI AD, lambang pangkat Letnan Dua dalam TNI adalah satu balok emas.

  1. Letnan Satu

Letnan Satu TNI AD, disingkat dengan Lettu adalah satu pangkat diatas Letnan Dua dibawah Kapten, lambang pangkat Lettu dalam TNI adalah dua balok emas.

  1. Kapten

Kapten TNI AD adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat perwira pertama TNI AD, tanda pangkat Kapten dalam TNI adalah tiga balok emas.

Urutan Pangkat Bintara Tinggi TNI AD

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal dua pangkat yang termasuk ke dalam tingkatan pangkat Bintara Tinggi. Berikut urutan pangkat TNI AD Bintara Tinggi dari tingkatan pangkat paling bawah sampai tertinggi :

urutan pangkat tni al

  1. Pembantu Letnan Dua

Letnan Dua TNI AD,disingkat Letda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat bintara tinggi TNI AD, lambang pangkat Pembantu Letnan Dua dalam TNI adalah satu balok emas bergelombang.

  1. Pembantu Letnan Satu

Pembantu letnan satu TNI AD adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi TNI AD, tanda pangkat Pembantu Letnan Satu TNI adalah dua balok emas bergelombang.

Urutan Pangkat Bintara TNI AD

urutan pangkat tni darat

nerubianassassin.blogspot.co.id/

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal empat pangkat yang termasuk ke dalam tingkatan pangkat perwira tinggi. Berikut adalah urutan pangkat perwira tinggi TNI AD dari tingkatan pangkat bawah sampai paling atas :

  1. Sersan Dua

Sersan Dua TNI AD disingkat dengan Serda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Bintara TNI AD, lambang pangkat Sersan Dua dalam TNI adalah satu balok kuning seperti huruf V.

  1. Sersan Satu

Sersan Satu TNI AD disingkat dengan Sertu adalah satu pangkat diatas Sersan Dua dibawah Sersan Kepala, lambang pangkat Sertu dalamTNI adalah dua balok kuning seperti huruf V.

  1. Sersan Kepala

Sersan Kepala TNI AD disingkat dengan Serka adalah satu pangkat diatas Sersan Satu dibawah Sersan Mayor, tanda pangkat Sersan Kepala dalam TNI adalah tiga balok kuning seperti huruf V.

  1. Sersan Mayor

Sersan Mayor TNI AD adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara TNI AD, gambar pangkat Sersan Mayor dalam TNI adalah empat balok kuning seperti huruf V.

Urutan Pangkat Tamtama Kepala TNI AD

urutan pangkat tni angakatan darat

nerubianassassin.blogspot.co.id/

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal tiga pangkat yang termasu ke dalam tingkatan pangkat tamtama kepala. Berikut adalah urutan pangkat tamtama kepala TNI AD dari tingkatan pangkat paling bawah sampai pangkat TNI paling atas :

  1. Kopral Dua

Kopral Dua TNI AD disingkat dengan Kopda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Tamtama Kepala TNI AD, lambang pangkat Kopral Dua di TNI untuk adalah satu balok merah seperti huruf V.

  1. Sersan Satu

Kopral Satu TNI AD disingkat dengan Koptu adalah satu pangkat diatas Kopral Dua dibawah Kopral Kepala, lambang pangkat Koptu dalam TNI adalah dua balok merah seperti huruf V.

  1. Kopral Kepala

Kopral Kepala TNI AD adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Tamtama Kepala TNI AD, gambar pangkat Kopral Kepala dalam TNI adalah tiga balok merah seperti huruf V.

Urutan Pangkat Tamtama TNI AD

urutan pangkat tni gaji

nerubianassassin.blogspot.co.id/

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal tiga pangkat yang termasuk ke dalam tingkatan pangkat tamtama. Berikut adalah urutan pangkat tamtama TNI AD dari tingkatan pangkat paling bawah sampai tingkatan pangkat TNI AD paling atas :

  1. Prajurit Dua

Prajurit Dua TNI AD disingkat Prada adalah pangkat paling bawah dalam jajaran pangkat Tamtama TNI AD, lambang pangkat Prajurit Dua dalam TNI adalah satu balok merah lurus.

  1. Prajurit Satu

Prajurit Satu TNI AD disingkat Pratu adalah satu pangkat diatas Prajurit Dua dibawah Prajurit Kepala, lambang pangkat Pratu dalam TNI adalah dua balok merah menyerupai lurus.

urutan pangkat tni dan gaji, urutan pangkat polisi, pangkat tni al, au

  1. Prajurit Kepala

Prajurit Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Tamtama TNI AD, gambar pangkat Prajurit Kepala dalam TNI adalah tiga balok merah lurus.

Itulah sedikit info tentang urutan kepangkatan TNI AD, semoga menambah wawasan bagi para pembaca dan semoga bermanfaat

 

Leave a Reply