Sinopsis Novel Perahu Kertas Beserta Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Lengkap

 

Pengertian sinopsis-Sinopsis umumnya digunakan sebagai prolog adalah sebuah naskah, baik naskah pendek maupun panjang untuk sebuah drama, film serta terater panggung. Sinopsis ini dibuat untuk memudahkan dalam mengetahui dan memahami secara ringkas tentang sebuah naskah, novel, buku yang akan dipentaskan atau dibaca tanpa mengubah unsur utamanya.

sinopsis novel perahu kertas seru lengkap

From: Jendela O’ Publishing House.com

Dalam penulisannya umumnya sinopsis ini dibatasi dengan jumlah halaman, contoh 1 sampai 3 halaman saja atau ⅕ dari panjang karangan aslinya. Dan dalam penulisan sinopsis ini tidak membutuhkan gaya bahasa dan penjelasan-penjelasan yang lebar, namun isi atau gagasan umum lebih diutamakan.

Pengertian sinopsis

Sinopsis atau synopsis berasal dari kata synopsis yang memiliki arti ringkas. Berdasarkan asal dari kata tersebut, sinopsis diartikan Sinopsis merupakan rangkuman atau ringkasan cerita dari sebuah novel atau gambaran isi dari suatu cerita diambil secara garis besar namun tidak mengubah atau meninggalkan pembahasan utamanya.

Pengertian sinoposis menurut para ahli

Menurut Dr. Gorys keraf, yaitu ahli dalam bahasa, kelahiran Nusa Tenggara Timur, adalah summary atau ringkasan atau precis yang paling efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang menjadi lebih pendek

Sedangkan pengertian sinopsis menurut kamus besar bahasa indonesia, sinopsis merupakan karangan ilmiah biasa digunakan bersamaan dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis tersebut. Sinopsis secara garis besar ialah ringkasan, abstraksi, atau ikhtisar karangan.

Ciri-ciri sinopsis

  1. Alur atau jalan ceritanya disusun secara berurutan dari awal sampai akhir atau kronologis dan tepat. Alur atau plot sinopsis sebaiknya sama dengan alur cerita aslinya.
  2. Bahasa yang digunakan hendaknya menggunakan jenis bahasa persuasif atau berupa kalimat ajakan dan bujukan supaya calon pembaca tertarik untuk membaca bukunya
  3. Menampilkan konflik secara detail, ringkas dan menarik
  4. Membuat penasaran untuk calon pembacanya.

Fungsi sinopsis

Adapun fungsi sinopsis antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan sebuah informasi/gambaran ringkas dan singkat tentang isidar cerita atu buku tersebut
  2. Memberikan gambaran yang jelas secara sederhana mengenai urutan, kronologi cerita dalam naskah atau buku
  3. Sebagai prolog atau epilog dari suatu karya tulis atau naskah yang akan dipentaskan
  4. Sebagai draft pedoman bagi pemain atau pemeran untuk melakukan improvisasi

Cara membuat sinopsis

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membaca naskah/buku aslinya terlebih dahulu. Hal ini supaya kita dapat mengetahui pesan/kesan penting penulis secara garis besarnya.
  2. Mencatat gagasan-gagasan pokok yang terdapat dalam naskah. Kamu dapat menandainya menggunakan stabilo atau menggaris bawahinya jika perlu
  3. Kembangkan gagasan pokok yang telah di tandai dengan beberapa kalimat yang ringkas
  4. Gunakan kalimat yang jelas, efektif, menarik serta mudah dipahami. Tujuannya adalah supaya kita dapat menggambarkan rangkaian cerita yang terdapat dalam karangan/naskah asli tersebut
  5. Jika kamu ingin mencantumkan beberapa dialog yang ada, kamu hanya perlu mencatat dialog secara garis besarnya saja. “Dapat juga di beri rincian pada halaman berapa dialog tersebut di kutip supaya lebih jelas dan akurat
  6. Sinopsis yang dibuat tidak boleh menyimpang atau merubah isi keseluruhan dari naskah aslinya

Hal-hal yang Dibutuhkan dalam Membuat Sinopsis

dengan memahami isi dari sebuah novel sang pemimpi

From: uglydogbooks.com

Untuk mempermudah kamu dalam membuat sinopsis, hal yang kamu perlukan adalah beberapa strategi, hal ini akan sangat berguna saat anda membuat sinopsis supaya terkesan lebih mudah dan ringan. Seperti berikut :

  1. Tentukan Tema

Untuk mempermudah membuat sinopsis, alangkah baiknya menentukan tema terlebih dahulu. Seperti contoh jika kamu ingin memilih tema persahabatan atau friendship. Maka ambillah referensi dari karya-karya yang mengandung unsur tersebut contoh novel laskar pelangi. Sang pemimpi atau yang lainnya. Setelah itu, barulah kamu cari tahu beberapa gagasan pokok yang terdapat dalam naskah tersebut.

  1. Perhatikan Alur yang digunakan

Kamu juga harus memperhatikan alur yang terdapat dalam naskah tersebut. Pada dasarnya tujuan utama pembuatan sinopsis yakni memberikan gambaran yang ringkas dan jelas untuk pembaca, untuk menentukan alur cerita yang ada pada naskah, pilihlah konflik yang paling seru dalam naskah/buku tersebut. Supaya pembaca lebih tertarik dan penasaran untuk mengetahuinya lebih lanjut.

  1. Perhatikan Penokohan

Penokohan dalam sebuah sinopsis juga harus ditekankan dalam membuat sinopsis. Dengan ini pembaca akan terkesima apabila penokohan pada naskah tersebut terlihat lebih fantastis dan mengharukan. Jadi, jangan sampai anda merusak citra dai naskah tersebut sebab teknik penokohan yang tidak benar.

Sinopsis novel perahu kertas

sinospsis novel perahu kertas yang dapat membuatmu tersenyum

from: dinatulis.com

I. Identitas Buku

Judul buku : Perahu Kertas

Pengarang : Dewi Lestari “Dee"

ISBN : 978-979-1227-78-0

Penerbit : Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati

Editor : Hermawan Aksan

Cetakan : I, Agustus 2009

Tebal : XII + 444 halaman; 20 cm

Tahun Terbit : 2010

Jumlah Halaman : 444 halaman

Harga : Rp 69.000,-

Sinopsis Novel Perahu Kertas-Dimulai dengan dua anak dengan kisah hidup yang masing-masing memiliki kisah hidup yang serupa, yakni Kugy dan Keenan. Keenan adalah seorang remaja yang barusaja menyelesaikan sekolah menengah atas-nya di Negara kincir angin (Belanda), tepatnya di Amsterdam.

keenan menetap di Negara kincir angin tersebut selama hampir 6 tahun lamanya, bersama Neneknya. keenan terlahir dengan cita-cita menjadi pelukis yang luar biasa. Tapi, ia dipaksa untuk kembali ke indonesia oleh Ayahnya. Faktor keluarga yang tidak mendukung nya menjadi seorang pelukis. Pada akhirnya ia harus kuliah di salah satu Universitas di Bandung, ia menyelam di bidang Ekonomi.

Tokoh sentral lainnya adalah wanita bertubuh mungil dengan nama uniknya yakni Kugy. ia digambarkan dengan kepribadian yang ceria dan riang, berbeda dengan keenan yang cenderung kaku dan dingin.

Selain itu Kugy merupakan sosok yang eksentrik pun nyentrik. Ia akan mudah dikenali saat berada di keramaian. Kugy juga orang yang menyukai dongen dan kisah klasik. Sedari kecil ia memiliki cita-cita menjadi seorang penulis dongeng.

Kugy memiliki sejumlah buku dongeng, ingin menjadi seorang perancang dogneng ataipun juru dongeng. Akan tetapi di tengah jalan menuju impiannya yang menggebu, kenyataan memaksanya sadar bahwa penulis dongeng bukan profesi yang banyak menghasilkan materi.

Meskipun demikian, tokoh Kugy ini bukanlah tipe orang yang mudah putus asa, ia mencintai dunia tulis-menulis, Hal inilah yang membuatnya melanjutkan pendidikannya di Fakultas Sastra di salah satu Universitas di Bandung. Yakni tempat kuliah yang sama dengan tokoh keenan.

Suatu ketika takdir Mempertemukan mereka berdua melalui Noni. Noni adalah tokoh pendukung cerita yang merupakan sahabat dekat Kugy. Sementara itu, Eko adalah sepupu Keenan sekaligus pacar Noni. Dua insan yang senasib itu saling mengagumi. Kugy yang tidak macem-macem dalam bersolek, dan Keenan yang tetep tampan dengan gaya rambut gondrong nya. Ditambah lagi dengan zodiak mereka yang sama yakni Aquarius, sehingga Kugy menamai diri mereka sebagai agen rahasia Dewa Neptunus untuk melaporkan segala kejadian di dunia melalui Perahu Kertas yang dialirkan ke laut.

Keenan memang tak sesering Kugy dalam membuat perahu kertas, namun itu tidak menyurutkan persahabatan mereka, Kugy dan Keenan pun menjalin persahabatan bersama dengan Eko dan Nani, Kugy yang sering bercerita melalui dongeng merasa takjub bertemu dengan Kenan, Seorang yang dapat bercerita melalui gambar.

Lambat laun persahabatan mereka menjadi sebuah cinta. Namun, setelah keenan tau bahwa Kugy telah mempunyai pacar bernama Ojos, ia berusaha menjauh dari kugy dan aksi menjauhinya semakin sempurna dengan didukung liburan akhir semester yang cukup panjang. Dan keenan memperpanjang liburannya ke Bali, yaitu ke rumah Pak Waya, teman ibunya.

Di situlah tempat orang-orang bebas melukis dan disitulah keenan bertemu dengan orang-orang yang mahir melukis, sehingga keenan dapat mengasah serta menambah kemampuan melukisnya.

Selepas liburan kuliah yang cukup panjang Kugy, Noni dan Eko menceritakan pengalaman masing-masing. Hal yang paling mencekam bagi Kugy adalah ketika Noni membeberkan rencananya untuk mendekatkan Keenm dengan Wanda, sepupunya. Kugy tidak mendukung dengan rencana itu karena diam-diam ia menyimpan perasaan kepada keenan.

Sekarang ganti Kugy yang menjauh dari persahabatan itu. Ia sibuk dengan berbagai kesibukannya sendiri sampai ia tidak tahu jika keenan telah kembali dan ceritanya dengan Wanda. Wanda adalah gadis cerdas, cantik dan seorang kurotar muda. Ia mahir dalam dunia lukis sehingga ada ketersambungan antara wanda dengan keenan dalam bidang seni.

Wanda juga membuat karya lukisan keenan masuk dalam galeri ayahnya dan menyuruh orang untuk membeli lukisan itu. Merasa lukisannya laku keenan memutuskan menjadi pelukis dan meninggalkan kuliahnya, tapi disis lain, Kugy terus mengambil semester pendek sampai ia mengejar di Sakola Alit supaya waktu nya terus padat.

Kugy menjadi salah satu guru sukarelawan di Sakola Alit , membuat dongeng dan mengajarkan ke murid-muridnya supaya mereka rajin belajar. Notabene, mereka adalah orang-orang dari kalangan yang kurang mampu baik dari segi ekonomi maupun pendidikan.

Pada suatu hari takdir mengembalikan mereka kembali (Keenam pada Kugy). Keenan diminta Ical, teman mengajar kugy untuk mengajar murid-muridnya menggambar. Anak-anak sangat senang dengan pelajaran menggambar mereka, dan yang paling senang adalah Kugy.

Ditempat tersebut Keenan mengungkapkan rasa kehilangannya pada Kugy. Hati kugi yang awalnya layu kini mulai berbunga-bunga. Bahkan harta berharga yang dimilikinya berupa buku dongeng berjudul “Jendral Pilik dan Pasukan Alit" ia berikan pada Keenam. Ironi sekali dengan apa yang diucapkan Keenam pada saat di Sakola Alit tersebut, selang beberapa hari selesai kejadian itu Kugy mendengar Keenam dan Wanda jadian. Hati Kugy benar-benar hancur, terlebih lagi ia juga harus putus dengan Ojos.

Jakarta, september 2000, adalah hari ulang tahun Noni yang ke-20. Ia berencana memberi kaling mendali emas yang bertuliskan “Sahabat Terbaik dan Terawet" untuk sahabatnya Kugy. Namun sangat disayangkan Kugy yang tidak sanggup melihat Keenan dan wanda, memutuskan untuk tidak hadir dalam acara pesta tersebut.

Berantakan sudah rencana Noni dan acara ulang tahunnya karena ketidakhadiran Kugy. Tidak hanya sampai di situ saja kehancuran pesata tersebut. Di tempat lain Wanda banyak terlalu banyak minum alkohol sampai berdansa dengan lelaki lain.

Keenan mengajak Wanda ke kamar dan di kamar tersebut terjadilah peperangan hebat. Wanda yang berada dibawah pengaruh alkohol itu mengakui semua tindakan yang telah ia lakukan pada Keenan, termasuk dengan kebohongannya menyuruh orang membeli lukisan Keenan. Ia mengambil semua lukisa Keenan.

Setelah mengetahui hal tersebut Keenan merasa sakit hati yang luar biasa. Ia terlanjur membanggakana itu pada orang tuanya, bahkan ia juga terlanjur berhenti kuliah. Keenan sangat putus asa, ia tidak mau lagi melukis dan lukisan yang dikembalikan oleh Wanda ia kirim ke Ubud sebagai kenang-kenangan.

Keenan menceritakan semua hal itu kepada Kugy di Sakola Alit, akan tetapi semangat yang diberikan Kugy tidak ia hiraukan sedikit pun. Hingga tiba suatu hari Bimo, teman kos lamanya mengantarkan surat untuknya.

Surat tersebut berisi bahwa lukisan yang ia kirim ke Ubud telah terjual, dan di situ Pak Wayan telah menyisipkan uang hasil penjualan itu.

Semenjak itu ia langsung bergegas pergi ke Ubud bersama dengan buku dongeng pemberian Kugy. Setelah tiba di Ubud, Keenan mulai berkarya lagi sebagai pelukis. Setiap hari ia melukiskan kelanjutan kisah-kisah “Jendral Pilik dan Pasukan Alit" dari buku pemberian Kugy.

Lukisan pertamanya tentang dongeng tersebut terjual dengan harga Rp 3.000.000,00. Kali ini kedua lukisannya terjual Rp 10.000.000,00 dan ia bertemu langsung dengan pembelinya. Selain Pembeli lukisan dan Pak Wayan, Keenan dapat satu kawan lagi untuk menemaninya melukis setiap hari, ia bernama Ludhe tidak lain adalah keponakan Pak Wayan.

Semenjak itu, Keenan dan Ludhe sering melukis bersama sehingga membuat hubungan mereka semakin erat. Sampai pada hari ulang tahun Ludhe, ia meminta pahatan karya Keenan yang sebenarnya spesial untuk Kugy.

Merasa putus asa terhadap Kugy keenan pun memberikan pahatan tersebut sebagai hadiah ulang tahun Ludhe. Kedekatan itu tak berhenti di situ. Sempat Keenan menyerah dalam melukis karena ia sudah tak memiliki inspirasi, serial dongeng dari buku Kugy telah habis.

Meskipun demikian Ludhe tetap sabar dan tidak henti memberikan semangat kepada Keenan. Melihat ketulusan Ludhe, hati Keenan tersentuh sampai pada puncaknya ia memberanikan diri menyatakan cintanya pada Ludhe, kemudian mereka pun berpacaran.

Di tempat lain kisah persahabatan Noni dan Kugy semakin lama semakin miris. Semenjak ulang tahun Noni ke -20, mereka tidak lagi saling bicara, bahkan tidak juga untuk sekedar menyapa. Tidak tahan dengan semua itu, Kugy memilih pindah kos dan mempercepat waktu kuliahnya.

Sampai pada tahun ke-3 kuliahnya, Yakni Juni 2002 Kugy sudah siap menjalani ujian skripsi dan ia mendapatkan nilai yang memuaskan A. Kugy sangat berterimakasih pada Eko yang sudah membantunya, Kugy siap melakukan apapun untuk Eko sebagai balasan jasanya itu.

Eko hanya meminta satu perihal kepada Kugy yaitu dia ingin Kugy meminta maaf dan bertemu lagi dengan Noni. Hal tersebut dilakukan juga oleh Kugy, karena ia telah berjanji pada Eko untuk melakukan apapun yang ia minta.

Betapa terkejutnya Kugy ketika ia minta maaf, Noni justru marah-marah tidak jelas kepada Kugy dan menuduh Kugy telah merebut Eko darinya. Pertengkaran antara mereka semakin menjadi dan mereka memilih untuk mengakhiri persahabatan agung mereka.

Setelah lulus kuliah Kugy bekerja di sebuah perusahaan advertising atas rekomendasi Karel, kakaknya. Perusahaan tersebut bernama Advocado, Bos Kugy masih muda bernama Remi. Beda usianya delapan tahun. Hubungan Remi dan Kugy berubah menjadi hubungan yang spesial. Semua itu bermula ketika Kugy menyampaikan ide emasnya untuk sebuah produk dan Remi terpukau dengan ide cemerlang Kugy tersebut.

Pada suatu ketika Keenan harus kembali ke Jakarta karena ayahnya terkena penyakit strok dan ia sangat merindukannya, Keenan juga harus melanjutkan bisnis ayahnya. Meski sudah berada di Jakarta, Keenan tidak berani memberi tahu Kugy tentang keberadaannya.

Takdir memang suka melihat kedekatan mereka, sehingga meski mereka berusaha untuk tidak bertemu, kenyataan mempertemukan mereka kembali. Noni yang sudah mengetahui semuanya melalui sebuah kado Kugy yang tak sempat ia berikan pada keenan, pagi itu ia datang ke rumah Kugy untuk meminta maaf dan memperbaiki persahabatan mereka.

Noni mengalungkan mendali emas yang dulu sempat tertunda untuk diberikan pada Kugy. Noni dan Eko hendak melangsungkan pertunangan sembari menunggu ujian skripsi mereka. Mereka berempat dipertemukan kembali dalam pesta tunangan itu.

Keenan dan Kugy meski awalnya canggung lama-kelamaan biasa juga dan keduanya semakin akrab saja. Mereka saling mengetahui bahwa keduanya telah memiliki pacar masing-masing.

Pada suatu ketika, tanpa disengaja Kugy bertemu dengan Ludhe di Ubud, saat Kugy dan Remi sedang liburan kantor di Bali. Dengan sedikit terlambat Ludhe menyadari bahwa yang ia temui adalah inspirator Keenan selama ini.

Sementara Kugy juga mengetahui Ludhe adalah pacar Keenan lebih lama lagi, ia mengetahuinya dai Remi. Mengetahui kenyataan tersebut Kugy terkejut dan ia kabur dari rumah kakaknya untuk menenangkan diri.

Keenan dan Remi panik mencari Kugy, Namun lagi-lagi filling Keenan lebih kuat dari siapapun terhadap kugy. Keenan yang sudah mengetahui semua isi hati Kugy dari Noni datang ke tempat kakak Kugy dan menjelaskan semua isi hatinya.

Mereka kemudian memutuskan untuk tidak menyakiti pasangan masing-masing. Kugy tahu kalau Ludhe adalah gadis yang baik untuk keenan dan keenan juga sebaliknya, keenan tahu Remi adalah lelaki yang baik untuk Kugy.

Kugy memberi buku dongeng yang sangat berharga nya kepada Remi yang sebenarnya akan ia berikan kepada keenan. Sayangnya dalam buku tersebut masih terselip surat untuk keenan, seseorang yang selalu singgah dalam hati Kugy.

Remi tidak mungkin bisa menyiksa hati kekasihnya itu (Kugy), kemudian ia menyuruh Kugy untuk kembali pada Keenan. Di sisi lain, Keenan juga sudah dilepas oleh Ludhe, walaupun sangat berat baginya.

Itu semua dilakukan karena Ludhe tahu betapa besar dan tulusnya cinta keenan kepada Kugy dan Kugy pantas mendapat itu. Kugy dan Keenan ( K dan K) akhirnya mereka berdua bersatu membentuk K-family yang bahagia.

Unsur Intrinsik Novel Perahu Kertas

sinopsis novel perahu kertas lengkap dengan unsur intrinsik lengkap

From: Wardhina Ayu W. – WordPress.com

  1. Tema

Dalam novel perahu kertas ini tema yang diambil adalah persahabatan

  1. Tokoh dan watak toko

a. Keenan

Dikisahkan keenan adalah orang yang cuek, namun tekun.

Bukti langsung : Keenan sangat rajin menekuni profesinya sebagai penulis, meski sempat putus asa namun ia tetap kembali kepada seni lukisnya.

Bukti tidak langsung : Meski ia telah mengetahui dengan jelas perasaannya terhadap kugy, namun ua tetap pura-pura tidak peduli terhadap perasaannya.

b. Kugy

Kugy adalah sosok gadis yang unik dan ceria

Bukti Langsung : Kugy adalah gadis yang beda di antara gadis yang lain, jika dikerumunan ia adalah gadis yang tidak sulit ditemukan

Bukti tidak langsung : ia selalu terlihat ceria dan memberi warna di depan sahabatnya

c. Noni

Dikisahkan Noni adalah sosok gadis yang rajin dan disiplin

Bukti langsung : Noni adalah gadis yang tepat waktu dan tidak suka menunda-nunda waktu

d. Eko

Dikisahkan eko adalah tipe orang yang memiliki sifat penyayang

Bukti tidak langsung : Eko selalu perhatian terhadap sahabatnya

e. Wanda

Tidak jauh berbeda dengan tokoh Eko, ia memiliki sifat penyayang dan perhatian

Bukti tidak langsung : Wanda selalu memperhatikan keenan

  1. Latar

Latar tempat : Kampus,Rumah ,Warung Makan

Latar waktu: Siang hari, sore dan malam

Latar suasana: sedih, bahagia

4. Alur

Alur yang digunakan dalam novel perahu kertas adalah alur maju dan alur mundur artinya dalam cerita terjadi flashback ke masa lalu dan masa depan.

5. Gaya bahasa

Penggunaan bahasa yang digunakan cukup enak dibaca, mengandung majas personifikasi seperti penggalan kata berikut “ perahu itu bagaikan bertanya-tanya padaku"

6. Amanat

Amanat yang disampaikan dalam novel ini adalah selalu menerapkan sikap sabar dan tabah. Karena sahabat dan jodoh takkan lari kemana setelah kita berusaha.

Unsur Ekstrinsik Novel Perahu Kertas

jurnal ilmiah abstrak

From ; fixabay.com

Ekonomi : Keenaan hidup dalam keluarga yang berkecukupan atau kaya

Sosial : Mempunyai banyak sahabat dan saling membantu satu sama lain

Religius : Ketika Keenaan mendo’akan orang tuanya yang sedang sakit strok

Moral: Saling Menghargai, tolong-menolong dalam kebaikan dan rasa saling menghormati.

Kelebihan dan kekurangan Novel Perahu kertas

buku jurnal ilmiah

From : pixabay.com

  1. Kelebihan novel perahu kertas

Novel ke enam karya Dewi Lestari atau yang sering dikenal dengan nama “dee" ini menurut saya sangat menarik. Dimana novel ini mengulas tema tentang persahabatan yang serat akan konflik yang menghanyutkan untuk para pembacanya.

Dikemas dengan gaya bahasa yang lugas dan ringan serta sesuai dengan kondisi masyarakat masa sekarang menjadikan novel ini dapat mudah dimengerti dan diniikmati oleh pembaca dari berbagai kalangan usia.

Novel ini begitu edukatif dikarenakan kita dapat banyak belajar dari novel ini. Mulai dari bagaimana kita harus tetap semangat dalam meraih mimpi-mimpi kita serta percaya bawasannya hidup ini sudah ada yang mengatur.

Selain itu, novel ini juga penuh akan nilai-nilai positif serta makna kehidupan yang tidak hanya bercerita tentang remaja pada umumnya, akan tetapi bercerita tentang dinamika kehidupan empat orang remaja serta korelasinya dengan lingkungan internal.

Dengan penggambaran latar waktu dan tempat yang sangat mendetail namun tidak berlebihan, menambah daya tarik dari novel ini dan membuat seolah pembaca ikut terlibat di dalamnya.

Sekilas novel Perahu Kertas tampak sederhana dan biasa-biasa saja karena bertemakan tentang cinta. Tetapi tidak hanya bererita tentang cinta namun banyak unsur lain yang mendukung dan kuat dalam novel ini yang membuat novel ini begitu inspiratif dan edukatif, seperti mimpi, persahabatan, dan kekeluargaan.

Penggambaran tokoh, latar, dan alur yang begitu kreatif dan jelas membuat para pembaca novel Perahu Kertas tidak segan-segan untuk bermain dengan dunia imajinasinya dan membayangkan secara nyata apa yang terjadi dalam ceritanya.

  1. Kekurangan novel perahu kertas

Dalam novel ini, pelukisan cerita banyak menggunakan setting tempat sehingga sangat dapat beresiko pembaca akan menjadi bingung dalam memahami latar tempat cerita tersebut dimana. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman dan konsentrasi tinggi untuk para pembacanya.

Pada beberapa bagian kisah, terdapat cerita yang monoton sehingga timbul kesan kurang menarik dan timbul kebosanan pembaca dalam mendalami novel.

Baca juga : Sinopsis Novel Laskar pelangi

“Sekian yang dapat saya sampaikan di website sederhana ini semoga bermanfaat dan terhibur dan saya juga berterimakasih telah Share artikel ini karena dengan tidak langsung anda telah berkontribusi dalam budaya gemar membaca untuk memajukan SDA khusunya di indonesia ini, semoga menjadi amal jariyah kalian, aminn” :- )

One Response

  1. tas fdhil 12 May 2017

Leave a Reply