Sinopsis Novel Laskar Pelangi Serta unsur intrinsik, Ekstrinsik, filmnya

Sinopsis novel Laskar pelangi – Mengenai novel sendiri adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel yang ditulis dalam bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap mengutamakan unsur-unsur intrinsik dalam sebuah novel tersebut.

Membuat sinopsis merupakan suatu cara yang paling efektif untuk menyajikan karangan novel yang terlalu panjang dalam bentuk tulisan yang singkat.

novel laskar pelangi yang menarik

From: Bukubiruku.com

Dalam sinopsis, ilustrasi, keindahan gaya bahasa, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan akan tetapi tetap mempertahankan unsur intrinsik, isi dan gagasan umum pengarangnya.

Sinopsis umumnya dibatasi oleh jumlah halaman, seperti dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan novel yang asli.

Langkah-langkah Membuat Sinopsis

  1. Membaca dan memahami naskah asli terlebih dahulu untuk mengetahui kesan, pesan umum yang disampaikan oleh pengarang
  2. Mencatat gagasan-gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan-gagasan yang penting
  3. Menulis ringkasan (sinopsis) berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke dua. Gunkan kalimat yang efektif, padat dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang dapat menggambarkan karangan asli
  4. Monolog dan dialog tokoh cukup ditulis isinya atau garis besarnya saja
  5. Sinopsis novel / Ringkasan novel tidak diperbolehkan menyimpang dari jalan dan isi cerita dari keseluruhan isi novel.

Sinopsis Novel Laskar Pelangi

sinopsis novel laskar pelangi mewujudkan mimpi

From: Kakak Pintar.com

Judul Novel : Laskar Pelangi

Penulis Novel : Andrea Hirata

Penerbit : Bentang Pustaka

Tahun Pertama Terbit : 2005

Jumlah Halaman Novel : 529

Novel yang berjudul laskar pelangi ini adalah novel pertama kali dari serangkaian tetralogi milik Andrea Hirata. Buku lanjutan dari Laskar Pelangi ini, berturut-turut adalah Sang pemimpi Endesor, dan Maryamah karpov.

Novel Laskar Pelangi sendiri telah menjadi buku sastra terlaris sepanjang sejarah perbukuan indonesia. Dan dari perkembangan terakhir nya, Novel bagus ini telah diterbitkan di berbagai negara/benua dalam berbagai bahasa.

Apa yang Menarik Dari Novel laskar Pelangi?

Secara garis besar novel ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh si penulis sendiri. Buku “Laskar Pelangi" Menceritakan tentang kisah masa kecil anak-anak desa dari suatu komunitas melayu yang bisa dikatakan sangat miskin di Belitung. Kisah orang-orang ‘kecil’ yang berusaha untuk memperbaiki masa depan mereka.

Dimulai dari kisah miris dunia pendidikan di indonesia dimana sebuah terdapat sekolah yang kekurangan murid hendak ditutup.

Tepatnya di SD Muhammadiyah Belitung. Pada saat itu adalah saat yang menegangkan bagi kesembilan murid yang bersekolah di SD Muhammadiyah ini. Kesembilan Murid Tersebut adalah Ikal, Sahara, Lintang, A kiong, Kucai, Syahdan, Borek, A ling dan terepani.

Mereka tengah cemas karena SD Muhammadiyah yang mereka tempati akan ditutup jika murid yang bersekolah di SD tersebut tidak genap sepuluh. Mereka sangat cemas. SD Muhammadiyah adalh SD tertua di desa Belitung, Sehingga jika ditutup akan kasihan pada keluarga mereka karena tidak mampu menyekolahkan anak-anaknya yang ingin bersekolah. Disinilah perjalanan mereka dimulai.

Pada saat semua murid telah gelisah datanglah Harun, Seorang yang memiliki keterbelakangan mental. Ia adalah seorang pahlawan karena ia menyelamatkan ke sembilan temannya yang ingin terus bersekolah serta menyelamatkan berdirinya SD Muhammadiyah belitung tersebut.

Alhasil karena murid yang terdaftar disekolah tersebut genap 10, sekolah dengan bangunan seadanya tersebut tetap diizinkan beraktifitas seperti sekolah pada umumnya. Ke sepuluh murid tersebut adalah murid para laskar pelangi. Sebuah nama yang diberikan oleh guru mereka yang bernama Bu Mus, oleh karena kegemaran mereka terhadap keindahan pelangi.

Tokoh dalam novel ini ialah Lintang, Ikal, Mahar, Sahara, Syahdan, A kiong, Borek, Kucai, Trapani, A ling, Harun, Bu silmah, Pak Harfan, Flo. Mereka semua adalah sahabat yang kisahnya mempesona dunia lewat tangan dingin sang penulis.

Sudut pandang dalam menceritakan ini menggunakan orang pertama pelaku utama yakni “Aku". Aku disini yang dimaksud adalah si Ikal. Ia adalah anak yang pandai walau berada di peringkat kedua setelah Lintang, murid terpandai dalam kelas mereka.

Buku laskar pelangi bercerita tentang keseharian mereka di lingkungan sosial dan di sekolah. Mereka adalah anak-anak kampung yang memiliki tekad luar biasa. Perjalanan mereka Di sekolah dipenuhi dengan kejadian-kejadian tak terduga dan di SD muhammadiyah inilah ikal dan teman-temannya memiliki segudang kenangan yang menarik.

Seperti kisah percintaan antara Ikal dengan A ling. Ikal jatuh cinta pada kuku A ling yang sangat indah, Ia tidak pernah menjumpai kuku seindah itu. Lalu ikal tahu bahwa pemilik dari kuku indah itu adalah A ling, Ikalpun jatuh cinta padanya, Namun pertemuan mereka harus berakhir karena A ling pindah untuk menemani bibinya yans sendirian.

Stelah itu secara perlahan mereka menemukan keunggulan dalam diri masing-masing dan persahabatan. Ini yang mungkin menjadi titik fokus sang penulis (Andrea Hirata).

Tokoh Ikal ini memiliki kegemaran yang besar pada sastra.Hal ini terlihat dari kegemarannya menulis puisi. Lain lagi dengan Lintang. Ia digambarkan sebagai anak yang memiliki kejeniusan luar biasa.

Orang tuanya bekerja sebagai nelayan miskin yang tidak hanya memiliki perahu. Mereka juga memiliki keluarga yang banyak yakni 14 kepala. Dari kejeniusan nya lintang sangat menyukai matematika. Tapi, Cita-citanya menjadi seorang ahli matematika harus terpangkas karena tuntutan untuk membantu orangtua menafkahi keluarga. Terlebih saat ayahnya meninggal ia harus bekerja keras untuk mencari nafkah pada keluarganya.

Tokoh berikutnya adalah Mahar pria tampan bertubuh kurus ini mempunyai bakat dalam bidang seni. Hal ini dapat dilihat dari Kejadian di sekolah tentang mahar yang menemukan ide untuk perlombaan semacam karnaval.

Mahar menemukan ide untuk menari dalam acara itu. Mereka semua para Laskar Pelangi menari seperti orang kesetanan, karena aksesoris yang mereka kenakan adalah kalung yang terbuat dari tumbuhan langka dan hanya di Belitung, yaitu merupakan tumbuhan yang bisa membuat seluruh badan gatal.

Alhasil mereka semuapun menari seperti orang yang kesurupan, akan tetapi karena ide cemerlang inilah SD Muhammadiyah dapat memenangkan perlombaan tersebut.

Kenangangan-kenagan indah pun terukir namun setelah kedatangan flo, seorang anak kaya raya pindahan dari SD PN, ia masuk dalam kehidupan laskar pelangi. Kedatangannya di SD Muhammadiyah yang membawa pengaruh buruk bagi kawan-kawannya terutama Mahar; yang duduk satu meja dengan flo. Sejak kedatangan flo tersebut nilai Mahar seringkali turun dan jeleh sehingga membuat bu Mus Marah.

Hari-hari mereka selalu diwarnai dengan canda, tawa maupun tangis. Namun, dibalik itu semua keceriaan mereka, ada seorang murid anggota dari laskar pelangi yang bernama Lintang yang perjuangannya terhadap pendidikan sangatlah luar biasa.

Lintang rela menempuh perjalanan 80 Km untuk pulang dan pergi mulai rumahnya ke sekolahnya, selain itu ia juga harus melewati sebuah danau yang ada buaya di dalamnya. Lintang adalah seorang murid yang sangat cerdas. Terbukti pada waktu ia, ikal dan sahara tengah berada dalam perlombaan cedas cermat. Mereka dapat menantang sekaligus mengalahkan Drs. Zulfikar, yaitu guru sekolah kaya PN yang berijazah dan terkenal dengan jawabannya yang menghantarkan ia mereka menjadi pemenang lomba cerdas cermat.

Lintang dan teman-teman membuktikan bahwa bukan karena fasilitas yang menunjang yang dapat membuat seorang menjadi sukses maupun pintar, akan tetapi kerja kelas dan kemauan lah yang dapat mengabulkan setiap impian.

Beberapa hari kemudian, Usai perlombaan tersebut lintang tidak masuk sekolah hingga pada suatu hari mereka, teman-teman lintang dan Bu Mus mendapat surat dari lintang yang isinya, Lintang tidak bisa melanjutkan sekolah kembali karena ayahnya meninggal dunia, Pasti saja hal tersebut menjadi sebuah kesedihan yang mendalam bagi anggota team laskar pelangi.

Beberapa tahun kemudian, saat anggota laskar pelangi sudah dewasa, mereka mendapat banyak mendapat pengalaman yang sangat bernilai dari setiap kisah di SD Muhammadiyah, Tentang sebuah persahabatan, Perjuangan, ketulusan serta sebuah mimpi yang harus mereka gapai, pada akhirnya ikal bersekolah di paris, sedangkan mahar dan kawan-kawan lainnya menjadi seorang yang dapat membanggakan Belitung.

Dalam Contoh sinopsi novel laskar pelangi ini hanya menyuguhkan secuil kisah dalam laskar pelangi. Dan membuat tulisan dengan paragraf supaya lebih enak dibaca. Jika anda ingin mengetahuinya lebih dalam tentang laskar pelangi bisa tu membaca buku novelnya secara utuh.

Resensi Unsur Intrinsik Novel Laskar Pelangi

anggota team laskar pelangi dan bu Mus

From: sepeda.wordpress.com

Sinopsis novel laskar pelangi- Adapaun yang membangun Unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra salah satunya novel adalah sebagai berikut :

1.Tema

Dalam novel laskar pelangi ini tema utamanya adalah pendidikan. Akan tetapi uniknya tema pendidikan ini diselingi dengan kisah persahabatan yang sangat erat dan penuh makna antara anggota laskar pelangi. Selain itu tema pendidikan ini juga dipadukan dengan tema ekonomi. Tapi tema pendidikan lah yang lebih menonjol dalam novel ini.

2. Alur (Plot)

a. Pengenalan Situasi Cerita

Cerita mulai dengan dibukanya penerimaan siswa baru di SD Muhammadiyah yang ada di kampung gantung, Belitong timur, Sumatera Selatan. Sebuah wilayah yang kaya akan sumber daya alamnya yakni timah.

Belitong merupakan wilayah yang menjadi tempat penambangan timah terbesar dan menghasilkan banyak sekali manfaat dan keuntungan. Walu begitu, kehidupan di sana seperti terpetak-petak antara si kaya dan si miskin.

Pada pagi itu, satu demi satu calon murid yang didampingi oleh orang tuanya berdatangan mendaftarkan diri di sekolah seadanya yang mungkin sudah tak layak pakai untuk tempat belajar-mengajar.

b. Menuju Konflik

Dalam novel Laskar pelangi ini, banyak bermunculan konfik-konflik. Namun konflik yang pertama muncul yaitu saat suasana mulai tegang karena ternyata pendaftaran tidak mencukupi batan minimum murid yang disyaratkan oleh Depdikbud Sumsel. Jika calon murid yang mendaftar kurang dari sepuluh anak, maka SD Muhammadiyah terpaksa harus di tutup.

c. Puncak Konflik

Puncak konfliknya adalah setelah di tunggu hingga siang, ternyata jumla murid yang daftar tidak lebih dari sembilan orang, Jumlah tersebut tentu saja belum mencukupi persyaratan dari Depdikbud.

Hal ini tentu saja membuat cemas pak Harfan (kepala sekolah) dan Bu Muslimah (guru). Sampai pada akhirnya pak Hargan memutuskan untuk memberikan pidato dan mengumumkan bahwa penerimaan murid baru dibatalkan.

Selanjutnya masalah-masalah lain bermunculan dari masing-masing tokoh. Akan tetapi, selanjutnya secara garis besar melibatkan hampir seluruh tokoh ialah pada saat akan diadakannya lomba karnaval antar sekolah.

d. Penyelesaian Konflik

Ketika hampir saja pak Harfan memulai pidatonya guna memberitahukan bahwa penerimaan murid baru di SD Muhammadiyah dibatalkan, seorang ibu muncul untuk mendaftarkan anaknya yang bernama harun, mengidap keterbelakangan mental.

Tentu saja kedatangan harun dan ibunya ini memberikan harapan kepada pak Harfan, Bu Muslimah dan para calon murid serta orang tuanya. Harun sebagai pahlawan telah menggenapi jumlah murid sehingga SD Muhammadiyah tidak jadi di tutup.

Sekolah yang jika malam digunakan untuk sebagai kandang ternak ini akhirnya memulai kegiatan belajar-mengajar meski dengan fasilitas seadanya. Tiba waktunya untuk mengikuti karnaval antar sekolah.

Keikutsertaan SD Muhammadiyah sempat di permasalahkan karena ketidak adaan dana dan sikap pesimistis yang muncul. Namun, Bu Muslimah bersikeras untuk mengikutkan murid-muridnya. Karena nilai keseniannya paling tinggi dan dianggap sebagai murid yang jenius, Mahar pun ditunjuk sebagai ketua untuk mengomando persiapan karnaval. Dengan ide cemerlang dan kejeniusan nya, Mahar berhasil menggiring teman-temannya merebut piala kemenangan.

Setelah itu SD Muhammadiyah kembali mengikuti perlombaan. Kali ini adalah lomba cerdas cermat. Bu Muslimah, ikal dan teman-teman sempat khawatir karena tidak lama perlombaan akan segera di mulai namun ujung tombak tim mereka belum datang juga.

Untungnya walau hampir terlambat, akhirnya yang dinanti-nanti datang (Lintang). Awalnya tim dari SD Muhammadiya tertinggal angka saat melawan SD PN dan SD Negeri. Tapi pada saat memasuki soal yang berbau angka SD Muhammadiyah mengejar ketinggalan dan berhasil merebut piala kemenangan untuk yang kedua kalinya.

3. Latar Cerita

a. Latar Tempat

Latar novel yang digambarkan dalam novel ini adalah di sebuah sekolah yakni SD Muhammadiyah yang terletak di Kampung Gantung, Belitong Timur, Sumatera Selatan. Tapi ada pula yang latar tempatnya di rumah, gua, pohon, tepi pantai pasar dll. Namun masih di kawasan Belitong.

b. Latar Waktu

Dikarenakan novel Laskar pelangi ini merupakan novel yang menceritakan tentang kisah nyata meski ada campuran imajinasi, maka latar waktu yang disampaikan pun jelas yaitu pada tahun 1974.

c. Latar Suasana

Latar suasana yang tergambar dalam novel ini beraneka ragam dikarenakan konflik-konflik yang muncul juga beraneka ragam. Ada kalanya senang, cemas, dan sedih. Berikut ini adalah beberapa penggalan yang menjelaskan latar suasana dalam novel laskar pelangi ini :

  • Suasana Senang

Salah satu penggalan cerita yang menggambarkan latar suasana senang adalah saat tim cerdas cermat SD Muhammadiyah berhasil menjadi juara dan membawa piala kemenangan.

  • Suasana Sedih

Salah satu penanggalan cerita yang menggambarkan suasana sedih adalah ikal, kawan-kawan dan Bu Muslimah berpisah dari Lintang karena memutuskan untuk berhenti sekolah karena harus menafkahi keluarganya yang ditinggal mati ayahnya.

  • Suasana Cemas

Salah satu penggalan cerita yang menggambarkan suasana senang adalah saat pak Harfan, Bu Muslimah dan calon siswa SD Muhammadiyah beserta orang tuanya menanti untuk menggenapkan calon murid yang mendaftar supaya sekolah tidak jadi ditutup.

4. Penokohan (watak tokoh)

Tokoh-tokoh yang berperan di dalam novel laskar pelangi yaitu :

1) . Ikal

Adalah tokoh ‘Aku’ dalam novel ini. Diceritakan dalam novel ini ikal adalah murid yang selalu menempati peringkat kedua setelah lintang, merupakan anak terpintar dalam novel laskar pelangi.

Ikal sangat berminat pada bidang sastra, terlihat dari kegiatan kesehariannya yang senang menulis puisi. Ia jatuh cinta pada A Ling yaitu sepupu dari A Kiong, yang pertama kali bertemu di sebuah toko kelontong bernama Toko Sinar Harapan. Yang pada akhirnya hubungan merka berdua terpaksa berakhir dikarenakan jarak, akibat kepergian A Ling ke Jakarta untuk menemani bibinya yang sendiri.

2). Lintang

Adalah teman sebangku Ikal yang memiliki pemikiran luar biasa jenius. Ayahnya memiliki pekerjaan sebagai nelayan miskin yang tidak mempunyai perahu dan harus menanggung kehidupan 14 anggota keluarganya.

Dalam kisahnya lintang adalah murid yang sangat bersemangat untuk bersekolah semenjak hari pertama di sekolah. Ia harus menempuh jarak 80 km untuk bolak-balik dari rumah untuk sampai ke sekolahnya.

Ia juga tipe murid yang selalu aktif dalam kelas dan mempunyai cita-cita seorang ahli matematika. Sekalipun ia murid paling jenius, pria kurus berambut ikal ini pernah salah dalam membawa peralatan sekolahnya. Sekolah dan cita-cita mulianya terpaksa ditinggalkan karena ia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan keluarganya semenjak ayahnya meninggal dunia.

3). Sahara

Adalah satu-satunya gadis yang dalam novel laskar pelangi. Ia gadis yang keras kepala berpendirian kuat dan sangat patuh terhadap agama. Ia juga merupakan gadis yang ramah dan pintar, sahar juga sangat menjunjung nilai kejujuran.baik hati kepada siapa saja kecuali A kiong diceritakan bahwa Sahara bertengkar dengan A Kiong yang tidak pernah sepemikiran atau sependapat dengannya.

4). Mahar

Adalah pria tampan bertubuh kurus diceritakan ia merupakan anggota laskar pelangi yang mempunyai minat dan bakat besar dalam bidang seni. Terlihat ketika tanpa sengaja Bu Muslimah menunjukknya untuk bernyanyi di depan kelas saat pelajaran seni suara.

Pria yang menyayangi okultisme ini seringkali dipojokkan kawan-kawannya. Pada saat dewasa, Mahar sempat menganggur menunggu nasib menyapanya dikarenakan tidak bisa pergi kemanapun lantaran ibunya yang sakit-sakitan di rumah.

Namun, nasib baik menyapanya dan ia diajak seorang petinggi untuk membuat dokumentasi permainan anak tradisional setelah membaca artikel yang ditulisnya dalam sebuah majalah, dan akhirnya ia sukses meluncurkan sebuah novel yang bertemakan tentang persahabatan.

5). A Kiong

Adalah anak hokian, satu-satunya murid keturunan dari keluarga tionghoa, ia adalah pengikut sejati mahar sejak mulai dari kelas satu. Baginya mahar adalah sahabatnya yang paling agung. Sifatnya begitu polos dan selalu mempercayai apa yang diucapkan oleh mahar.

Selain itu A Kiong mempunyai rasa persahabtan yang tinggi, baik hati dan suka menolong pada siapapun kecuali sahara. Tapi, malau A kiong sering bertengkar dengan sahara, ternyata mereka berdua memiliki rasa saling mencintai satu sama lain.

6). Syahdan

Adalah anak nelayan yang ceria, namun syahdan dalam novel ini jarang menonjol. Kalau ada apa-apa ia pasti yang tidak diperhatikan. Seperti ketika bermain sandiwara, syahdan hanya kedapatan menjadi tukang kipas putri dan itupun masih banyak kekurangannya.

Syahdan merupakan saksi cinta pertama ikal, ia dan ikal ditugaskan untuk membeli kapur di toko Sinar Harapan semenjak ikal jatuh cinta terhadap A Ling. Syahdan ternyata mempunyai cita-cita yang tak pernah terbayang oleh teman-teman laskar pelangi lainnya yaitu menjadi Aktor.

Dengan kerja kerasnya akhirnya ia menjadi aktor sungguhan meski hanya mendapat peran kecil seperti jin atau tuyul. Setelah syahdan bosan dengan dunia aktor, ia pergi dan kursus komputer, Dan pada akhirnya ia sukses menjadi network designer.

7). Kucai

Adalah ketua kelas sepanjang generasi laskar pelangi. Ias sempat frustasi ketika menjadi ketua kelas karena teman-temannya sulit di atur, meski begitu pria ini selalu terpilih menjadi ketuia kelas , pada akhirnya ia menerima keputusan itu.

Kucai menderita rabun jauh karena kekurangan gizi dan pengelihatannya melenceng 20 derajat, sehingga jika ia menatap marah ke arah borek, akan terlihat ia sedang memperhatikn Trapani.

Pria ini adalah orang yang banyak bicara dan susah di atur, sejak kecil terlihat bisa menjadi seorang politikus yang pada akhirnya diwujudkan sat ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPRD Belitong.

8). Borek

Adalah pria berbadan besar berotot. Ia selalu menjaga citranya sebagai anak laki-laki maco. Waktu dewasa ia menjadi kuli di toko milik A Kiong dan Sahara

9). Trapani

Adalah pria tampan yang pandai yang cerdas dan baik hati ini sangat menyayangi ibunya. Apapun yang ia perbuat harus selalu didampingi dengan ibunya, seperti ketika mereka akan tampil sebagai band yang dipimpin oleh mahar.

Ia tidak mau tampil jika tidak ditonton oleh ibunya, laki-laki yang bercita-cita mulia menjadi guru ini berakhir di rumah sakit jiwa karena terlalu ketergantungannya terhadap ibunya.

10). Harun

Adalah laki-laki yang memiliki keterbelakangan mental ini mulai ber sekolah dasar ketika ia berumur 15 th. Pria jenaka ini senantiasa menceritakan tentang kucingnya yang berbelang tiga dan melahirkan anak tiga yang masing-masing berbelang tiga pada tanggal 3 pada sahara dan senang sekali menanyakan kapan libur lebaran pada Bu guru Muslimah. Ia menyetorkan tiga buah botol kecap ketika diberi tugas mengumpulkan karya seni kelas 6.

5. Tokoh-tokoh lain novel laskar pelangi

1). Bu Muslimah

Nama lengkapnya adalah N.A. Muslimah Hafsari Hamid binti K.A Abdul Hamid. Ia adalah ibunda guru baga Laskar pelangi. Perempuan lembut ini adalah seorang pengajar pertama laskar pelangi dan merupakan guru yang paling berharga bagi mereka.

2). Pak Harfan

Nama lengkapnya adalah K.A Harfan Efendy Noor bin K.A. Fadillah Zein Noor. yaitu kepala sekolah SD Muhammadiyah. Ia adalah seorang yang sangat baik hati dan penyabar kepada seluruh muridnya meski, pada awalnya para murid-murid takut melihatnya.

3). Flo

Nama aslinya adalah Floriana, seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya raya. Ia merupakan murid pindahan dari sekolah PN yang kaya sekaliigus tokoh terakhir yang muncil sebagai anggota dari laskar pelangi.

Pertama kali masuk sekolah , ia sempat membuat keributan dengan mengambil alih tempat duduk Trapina sehingga Trapina yang malang terpaksa pindah. Ia melakukannya dengan alasan ingin duduk disebelah mahar dan tidak mau didebat.

4) A Ling

Adalah cinta pertama kali ikal yang merupakan saudara sepupu dari A Kiong. A Ling yang cantik dan tegas ini terpakasa harus berpisah dengan ikal karena ia harus menemani bibi di jakarta yang tinggal sendiri.

6. Sudut Pandang yang Digunakan

Sudat pandang yang dipakai dalam novel laskar pelangi ini ialah sudut pandang orang pertama pelaku utama karena dalam perceritaan novel penulis memakai kata ‘Aku’. Tokoh ‘Aku’ di dalam novel ini dikisahkan paling dominan sehingga si tokoh ‘aku’ bisa dibilang sebagai tokoh atau pelaku utama.

7. Amanat

Banyak sekali amanat yang terdapat dalam novel laskar pelangi ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Jangan mudah putus ada oleh suatu keadaan

Keadaan boleh saja serba kekurangan, tapi kekurangan bukanlah menjadi alasan untuk tidak berusaha. Justru jadikanlah kekurangan itu sebagai motivasi untuk lebih baik.

Dalam novel ini diceritakan tentakan tentang kehidupan dunia pendidikan yang keadaannya serba kekurangan, akan tetapi tokoh-tokoh yang digambarkan didalamnya tidak mudah menyerah dengan keadaan seperti itu.

Malah, mereka tetap bersemangat bersekolah dan mengikuti kegiatan belajar mengajar. Karena kekurangan bukan alasan untuk tidak belajar.

  • Jauhi Sifat Pesimis

Disaat menengadahkan perasaan pada orang-orang yang ada di atas kita, bukan berarti kita harus merasa lemah dan kecil dihadapan mereka. Kita boleh ada dibawah, Namun bukan berarti kia tidak bisa seperti orang yang ada di atas kita.

Menengadahkan perasaan keatas seharusnya dijadikan cambuk semangat untuk bisa seperti orang-orang itu atai bahkan bisa lebih baik lagi dari orang tersebut. Contoh yang digambarkan dalam novel ini yaitu mencertakan sebuah sekolah Desa, dengan kondisi seadanya yang selalu optimis untuk bisa menjadi lebih baik lagi dari sekolah yang dari awal memang sudah baik (SDN PN).

  • Sebagai guru haruslah dengan ikhlas mengajar dan berdedikasi tinggi pada pendidikan

Dalam novel ini dikisahkan oleh seorang guru yang begitu tinggi dedikasinya pada dunia pendidikan. Guru diibaratkan kompas yang menunjukkan kemana siswa-siswinya akan pergi. Bu Muslimah adalah sosok guru teladan yang dengan segenap kekuatannya berjuang untuk memajukan pendidikan di sebuah desa kecil.

Unsur Ekstrinsik Novel Laskar Pelangi

laskar pelangi penokohan watak

From: lifeportraitsofme.wordpress.com

Dalam novel ini selain unsur intrinsik, novel laskar pelangi juga kental dengan unsur ekstrinsik. Yang terdapat dalam novel tidak lepas dari latar belakang kehidupan si pengarang entah itu dari segi budaya, kepercayaan, lingkungan tempat tinggal dsbg. Berikut adalah beberapa unsur ekstrinsik yang dibahas dalam novel ini :

a. Latar Belakang Tempat Tinggal

Lingkungan tempat tinggal pengarang yang mempengaruhi psikolohi penulisan novel. Apalagi novel laskar pelangi ini merupakan adaptasi dar cerita nyata yang di alami oleh pengarang secara langsung.

Letak tempat tinggal pengarang yang jauh berada di kampung Gantung, Belitong Timur, Sumatera Selatan ternyata memang dijadikan latar belakang tempat bagi penulisan novel ini.

b. Latar Belakang Sosial dan Budaya

Dalam novel ini banyak sekali mengandung unsur-unsur sosial dan budaya masyarakat yang bertempat di Belitong. Adanya perbedaan status antara kelompok buruh tambang dan kelompok pengusaha yang dibatasi oleh tembok tinggi merupakan latar belakan sosial dari novel ini.

Dimana interaksi antara kedua kelompok ini memang ada dan saling ketergantungan. Kelompok buruh tambang membutuhkan uang untuk melanjutkan kehidupannya, sedangkan kelompok pengusaha membutuhkan tenaga para buruh tambang untuk menjalankan usahanya.

c. Latar Belakang Agama (Religi)

Latar belakang agama atau religi si pengarang sangat terlihat seperti pantulan cermin dalam karya novel laskar pelangi ini. Nuansa keislamannya begitu padat. Dalam beberapa penggalan cerita, pengarang sering menyelipkan pelajaran-pelajaran seputar keislaman.

e. Latar Belakan Ekonomi

Sebagai masyarakat Belitong mengabdikan dirinya terhadap perusahaan-perusahaan timah. Diceritakan dalam novel ini bahwa belitong adalah pulau yang kaya akan sumber daya alamnya. Akan tetapi, tidak semua masyarakat belitong dapat menikmati kekayaan alam itu.

PN monopoli hasil produksi, sementara masyarakat termarginalkan dalam tanah mereka sendiri. Latar belakang ekonomi dalam novel ini diambil dari kacamata masyarakat belitong kebanyakan yang tingkat ekonominya dalam tingkatan rendah. Padahal sumber daya alamnya tinggi.

f. Latar Belakang Pendidikan

Didalam novel ini terdapat banyak sekali nilai-nilai edukasi yang disampaikan si pengarang. Pengarang tidak hanya menceritakan, namun juga menyajikan berbagai ilmu pengetahuan yang diselipkan dalam ceritanya.

Begitu banyak cabang ilmu pengetahuan diselipkan yakni seperti sains (kimia,fisika, astronomi, biologi). Pengarang sangat gemar memasukkan istilah-istilah asing ilmu pengetahuan yang tercurah dalam novel ini. Hal ini menandakan bahwa pengarang mempunyai tingkat pengetahuan yang tinggi.

Kelemahan Novel Laskar Pelangi

Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah dalam cerita-ceritanya. Hal ini menyebabkan pembaca kurang nyaman dalam membaca. Apalagi glosarium ditempatkan di bagian belakang novel. Hal ini yang menambah ketidak praktisan dalam memahami istilah-istilah ini. Selain itu, imajinasi pembaca dapat terhambat jika mereka tidak memahami istilah-istilah tersebut.

Keunggulan Novel Laskar Pelangi

Keunggulan novel ini ialah menceritakan tentang persahabatan dan setia kawan yang sangat erat dan juga mencakup betapa pentingnya pendidikan yang begitu mendapalam seta kisahnya yang begitu memotivasi.

Kesimpulan Novel Laskar Pelangi

Dari novel laskar pelangi yang dibuat oleh Andre Hirata ini, saya bisa mengambil beberapa pelajaran yang sangat bernilai dalam hidup ini, salah satunya kita harus benar-benar menghargai yang namanya hidup, mensyukuri apapun pemberian tuhan, dan tidak pantang menyerah bila menginginkan sesuatu serta tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini selagi kita mau berusaha.

Dan satu hal lagi, pintar tidak menjamin 100 % kita untuk meraih kesuksesan. Saya dapat mengambil kesimpulan dari novel ini, bahwa semua kehidupan manusia sudah ada yang mengaturnya yaitu tuhan swt. Apapun pekerjaan yang kita lakukan di dunia ini tidak lepas dari campur tangan tuhan Swt.

berikut adalah film novel laskar pelangi :

film dari novel laskar pelangi karya Andrea Hirata yang diterbitkan pada tahun 2005, film yang menurut saya pembangun motivasi betapa penting dan betapa perlunya kesadaran dalam hidup ini, kesadaran dalam sebagai seorang murid kesadaran sebagai seorang guru.

Motivasi Film Novel Laskar Pelangi

film laskar pelangi yang dapat memotisi kita

From: Kata Kata Bijak.com

Dalam film novel laskar pelangi ini terdapat banyak pesan, kesan yang dapat kita ambil seperti motivasi-motivasi kehidupan yang baik untuk kamu khusunya yang masih belajar untuk mempunyai semangat sepeti “Laskar pelangi” seperti berikut:

1. Uang Bukanlah Segalanya

Dari cerita sinopsis novel laskar pelangi, saya termotivasi bahwa untuk dapat meraih sebuah cita-cita dan pendidikan yang setinggi-tingginya dengan kondisi yang serba kekurangan.

Kita harus selalu tetap semangat berjuang, yakin bahwa kita bisa meraih itu, berusaha dengan keras dan berdo’a serta jangan mudah putus asa untuk meraih cita-cita dan pendidikan tersebut walau kondisi serba kekurangan.

Ternyata, dalam hal ini uang bukanlah segalanya, uang tidak dapat menentukan atau memastikan kita meraih kesuksessan, uang adalah faktor pendukung, intinya uang bukanlah faktor utama keberhasilan seseorang untuk meraih cita-cita atau pendidikan tinggi itu, melainkan dengan semangat yang tinggi dan kerja keraslah anda dapat meraih kesuksessan, itulah yang menjadi faktor utama untuk meraih kesuksessan.

2. Pendidikan/Ilmu itu Penting

Dalam sinopsis novel laskar pelangi ini, saya termotivasi dan memiliki pendapat bahwa, pendidikan itu sangatlah penting untuk semua orang baik ilmu agama maupun ilmu umum semuanya saling berkaitan dan saling melengkapi satu sama lain.

Berpendidikan bukan hanya untuk orang yang mampu dan memeliki uang saja namun semua bisa semua mampu. Maka dari itu, saya sangat termotivasi dan terinspirasi dari sosok Bu Muslimah yang berprofesi sebagai seorang guru yang menunjukkan semangat juangnya dalam mengusahakan dan memberi semangat kepada anak-anak Laskar pelangi yang rata-rata mempunyai latar belakang serba kekurangan, supaya tetap dapat bersekolah walau banyak kesulitan yang dihadapi.

3. Sadar dan bersyukur

Dari novel laskar pelangi ini, saya termotivasi untuk selalu berusaha keras, tidak putus asa dan tetap semangat untuk menggapai cita-cita yang diharapkan. Karena dari dari novel laskar pelangi, murid-murid yang bersekolah di SD Muhammadiyah mempunyai latar belakang yang serba kekurangan, sekolah yang mau roboh (tidak nyaman) dan fasilitas yang tidak memadai.

Namun, dari semua kekurangannya mereka dapat mengukir sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Sedangkan kita yang bersekolah di daerah perkotaan dengan fasilitas yang cukup memadai, sekolah sebagai tempat belajar mengajar yang nyaman, dan ekonomi yang berkecukupan.

Sudah seharusnya kita juga dapat meraih prestasi, menggapai cita-cita dan menggapai keberhasilan yang lebih baik lagi. Kita harus mensyukuri semua itu, banyak anak-anak diluar sana yang kurang beruntung dan tidak mempunyai peluang untuk melanjutkan pendidikan secara layak karena keterbatasan ekonomi.

4. Mengajari Kita untuk Selalu Ikhlas dalam Segala Hal

Dari sinopsis novel laskar pelangi ini saya termotivasi pada Bu Muslimah sebagai guru yang teladan dan juga dengan pengabdian Bu Muslimah terhadap pendidikan yang diberikan kepada anak-anak laskar pelangi tanpa imbala, ia rela berkorban baik waktu maupun pikiran hanya untuk terus melihat anak-anak tersenyum.

Sosok Bu Muslimah sebagai guru patut di teladani karena bagi para guru/pendidik janganlah mudah putus asa, walau dengan upah yang terbatas dan fasilitas yang kurang memadai, sebagai guru/pendidik harus bekerja keras dan memiliki semangat juang yang besar untuk senyuman (keberhasilan) anak didiknya yang dimana itu sebenarnya menjadikan suatu kebanggaan tersendiri apabila melihat anak didiknya menjadi seseorang yang berguna dan sukses.

5. Menjadikanmu Tahu

Dari sinopsis novel laskar pelangi ini saya termotovasi dari salah satu kisah anak anggota laskar pelangi , bernama harun yang memiliki keterbelakangan ia tidak malu atau malas untuk bersekolah dengan kekurangan yang dimiliki. Dari sini saya menjadi sadar sebagai manusia biasa tidak boleh membeda-bedakan sesama manusia yang mempunyai kelebiha atau kekurangan khususnya dalam hal fisik karena di hadapan tuhan SWT. kita adalah sama yang membedakan hanyalah amal perbuatan yang kita lakukan

6. Belajar untuk menjadi yang lebih baik

Dari sinopsis novel laskar pelangi diceritakan bahwa kondisi Sekolah SD Muhammadiyah yang paginya untuk belajar dan malamnya untuk istirahat ternak, bangunanannya yang sudah mau roboh,bisa dibilang jika bangunan tersebut sudah tidak layak untuk ditempati untuk tempat belajar mengajar.

Namun dengan kondisi yang demikian sekolah tersebut dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang membanggakan. Maka perlu dijadikan perhatian khusus untuk pemerintah dalam membangun fasilitas pendidikan seperti sekolah dan sistem pendidikannya supaya diperbaiki, sehinnga para generasi peneris banga in dapat belajar dengan nyaman untuk masa depannya yang lebih baik.

7. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang dilahirkan bodoh

Dari sinopsis novel laskar pelangi ini saya terinspirasi dan termotivasi bahwa setiap orang mempunyai sebuah potensi/kecerdasan yang berbeda-beda seperti ikal yang pandai dalam bidang sastra, lintang si anak jenius yang cerdas dalam matematika, Mahar yang pandai dalam bidang seni terutama menyanyi.

Dari semua itu janganlah menyamaratakan semua potensi/kecerdasan dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang dan janganlah menilai kepandaian seseorang dari beberapa nilai pelajaran yang kurang bagus. Karena tidak ada seseorang di dunia ini yang terlahir bodoh, hanya orang bodohlah yang bisa menilai seseorang itu bodoh.

 

“Sekian dari saya, semoga bermanfaat , menginspirasi dan menambah wawasan bagi untuk kita semua kaminn”

Leave a Reply