50+ Jenis ikan hias air tawar dan ikan yang hidup di air tawar Serta Penjelasannya

ikan yang hidup di air tawar

From : tropizaquarium.com

Ikan yang hidup di air tawar adalah ikan yang menetap, tingggal dan berkembang di air yang banyak mengandung larutan garam (salinitas) kurang dari 5 per mil (0-5%0) seperti danau, sungai, waduk.. Menurut kartamihardja, et.al. (2007), luas wilayah daerah perairan daratan indonesia mencapai 54 juta ha.

Indonesia juga dikenal sebagai sumber rempah dan kekayaan lautnya, terutama ikan yang cukup besar serta jenis-jenisnya yang beragam. Diperkirakan hingga 16% spesies ikan yang ada di dunia hidup di perairan indonesia, diantaranya merupakan ikan yang hidup di air tawar.

Indonesia salah satu negara ASEAN mempunya banyak sekali ikan air tawar dari yang ukuran kecil seperti : ikan arwana dan ikan wader, smapai yang ukurannya besar seperti : ikan Gigas dan ikan Arapaima.

Ikan-ikan tersebut di manfaatkan oleh manusia, bukan hanya untuk kepeningan konsumsi saja, tapi juga untuk binatang peliharaan,selain itu yang mempunyai kecantikan tersendiri di jadikan sebagai ikan hias, baik di pelihara di kolam maupun di aquarium.

Berikut Jenis-jenis Ikan Hias air tawar dan Ikan yang hidup di air tawar

Kami menyusunnya mulai dari alfabet A sampai Z beserta gambar, nama latin dan jenis ikan (ikan konsumsi / ikan hias). semua kami susun sedemikian rupa agar anda lebih mudah mengenlai ikan tersebut dengan baik :

1. Ikan Arwana (scleropages formosus) = Ikan hias

jenis ikan arwana

From : wallpapers-kid.com

Ikan hias air tawar arwana Adalah jenis ikan air tawar yang dapat kita jumpai di Asia Tenggara. Arwana asia juga disebut dengan ” ikan naga”, karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari mitologi tionghoa.

ciri-ciri ikan arwana :

  1. badan panjang
  2. sirip dubur terletak dibagian belakang badan
  3. mempunyai dua sungut yang berada di bawah bibir
  4. warnanya berfariasi ada yang : putih, ke perak-perakan, semi merah.

Kedua Sungut tersebut berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui keberadaan atau posisi mangsa, gerakan ikan arwana yang anggun dan sisiknya yang berkilau menambah indah sosok arwana.

Ikan arwana juga termasuk ikan yang dilindungi karena pemburuab dan perdagangan bebas membuat populasinya semakin menurun. Hal inilah yang menyebabkan harga ikan arwana tidak murah alias mahal, namun walau harganya yang terbilang cukup mahal tidak menyurutkan permintaan oleh banyak orang karena keindahannya.

Berikut adlah video keindahan ikan arwana :

2. Ikan Arapima (Arapima Gigas) = Ikan Konsumsi

ikan air tawar arapima

From : irwansuwendi.wordpress.com

Ikan air tawar arapima Adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari sungai Amazon ( Amerika serikat ).

Ciri-ciri ikan arapima :

  1. memiliki badan yang lebar
  2. bersisik
  3. berwarna abu-abu
  4. kepalanya yang runcing.

Tubuhnya yang besar membuatnya seperti predator memakan ikan-ikan kecil dan kadang juga menyergap burung-burung yang sedang berada di dekat permukaan air.

Ikan arapima dapat tumbuh mencapai 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini ikan arapima sudah jarang di temui karena sering di tangkap dan di konsumsi atau diekspor ke luar negeri.

3. Ikan Baung (Hemibagrus Nemurus) = Ikan Konsumsi

ikan air tawar baung

from : irwansuwendi.wordpress.com

Ikan air tawar baung Adalah jenis ikan air tawar yang termasuk dalam marga Hemibragus,dari suku Bagridae. Ikan ini masih satu kerabat dengang ikan lele (bangsa siluriformes) yang menjadikan ikan ini sekerabat dengan ikan lele adalah adanya sungut dan pati di mulutnya.

Ciri-ciri umum ikan baung :

  1. kepala kasar
  2. sirip lemak punggung samma panjang sengan sirip dubur
  3. bibir tidak begerigi yang dapat digerakkan
  4. pinggiran ruang mata bebas,
  5. daun-daun ingsang terpisah.

Langit-langit bergerigi, lubang hidung berjauhan, yang dibelkang dengan satu sungut hidung. Sirip punggung berjari-jari keras dan tajam. Ikan baung ini tidak bersisik, mulutnya tidak dapat disembulkan, biasanya tulang rahang bagian atas bergerigi, 1- pasang sungut dan umunya berupa sirip tambahan.

Ikan baung dapat dari perairan muara sungai sampai bagian hulu sungai, ikan ini juga suka berkelompok di dasar perairan yang lunak dengan aliran air yang tenang. Ikan baung lebih mnyukai tempat-tempat yang tersembunyi dan tidak aktif keluar sarang sebelum petang.

Jika hari sudah mulai petang ikan baung akan keluar dari sarangnya dan mencari makanan , tetapi mencari makan tetap di area sarangnya jika ada bahaya ia akan langsung masuk kesarangnya lagi.

4. Ikan Belida (Notopetrus Chitala) = Ikan hias + Ikan Konsumsi

ikan air tawar belida

From : seriouslyfish.com

ikan hias air tawar belida adalah jenis ikan air tawar yang dapat kita temuia di Kalimantan, Sumatra, Jawa dan Semanjang Malaya, meskipun sekarang sudah sulit diteemukan karena rusaknya mutu sungai dan penangkapan.

ciri-ciri ikan belida :

  1. Berukuran sedang
  2. panjang maksimal 100 cm dan berat rata-rata 0,6-1 kg, di habitat aslinya bisa mencapai 2-4 kg
  3. Bentuk badan pipih
  4. Bagian kepala terlihat kecil
  5. Dibagian tengkuknya terlihat bungkuk
  6. Rahang ata letaknya jauh di belakang mata
  7. Badan tertutup oleh sisik yang berukuran kecil
  8. Sisik pada bagian punggung berwarna kelabu sedangkan dibagian perutnya berwarna putih keperakan.

Ikan ini merupakan salah satu bahan baku untuk pembuatan pempek, tekwan, model, kerupuk, kemplang, dan makanan khas lainnya dari kota palembang yang juga terkenal dengan kerajinan songket palembang-nya. Selain ikan ini adalah jenis ikan konsumsi karena keunikkannya membuatnya di pelihara di kolam atau di aquarium sebagai ikan hias.

5. Ikan Betok (Anabas testu dineus) = Ikan konsumsi

ikan air tawar betok

from : amazon-exotic-import.de

Ikan air tawar betok adalah jenis ikan air tawar yang umumnya dapat kita jumpai di rawa-rawa, sawah, sungai, dll.

Ciri ciri ikan betok :

  1. Ukuran panjang tubuh makasimum 25 cm
  2. Kepala yang besar
  3. Tubuh gemuk memanjang
  4. Sisik keras dan kaku
  5. Sisi bagian atas tubuh gelap kehitaman agak kecoklatan atau kehijauan
  6. Sisi bagian samping tubuh kekuningan terutama bagian perut, dengan garis-garis gelap melintang yang samaa dan tidak beraturan

Ikan ini memangsa aneka jenis serangga dan hewan-hewan air yang berukuran kecil. ikan betok jarang di pelihara orang, lebih sering di tangkap sebagai ikan liar untuk keperluan konsumsi.

6. Ikan Belut (monopterus Albus) = Ikan konsumsi

ikan air tawar belut

From : amazon-exotic-import.de

Ikan air tawar belut adalah jenis ikan air tawar yang memiliki nila ekonomi dan ekologi. Secara ekonomis ikan belut mempunyai nilau jual yang tinggi, Selain rasanya yang enak ikan belut juga memounyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Secara ekologi ikan air tawar belut dapat dijadikan indikator pencemaran lingkungan, Hal ini dikarenakan ikan belut mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Lenyapnya belut merupakan tanda kerusakan lingkungan yang sangat parah telah terjadi. Ikan belut umumnya mudah di jumpai di lingkungan sawah, dan rawa.

Ciri-ciri ikan Belut :

  1. Bentuk seperti ular
  2. Kulitnya licin
  3. Tanpa sisik
  4. Berwarna kecoklat-coklatan
  5. Ketika dewasa panjang tubuhnya bisa mencapai 45-50 cm
  6. Brntuk ekor lancip
  7. Bentuk mata kecil
  8. Termasuk ikan Hermaprodit ( dapat berganti kelamin)

Ikan belut juga merupakan predator ganas di lingkungannya, makanannya ikan kecil, krustasea, dan cacing. aktif di malam hari. Ikan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara, dapat juga menyerap oksigen dari kulitnya. ikan ini dapat hidup berbulan-bulan tanpa air asalkan lingkungannya tetap bhasa.

7. Ikan Betutu (oxyeleotris marmoto) = Ikan Konsumsi + Ikan hias

ikan air tawar betutu

From : amazon-exotic-import.de

Ikan hias air tawar betutu adalah jenis ikan air tawar yang bertubuh kecil, ikan ini banyak kita jumpai di Asia tenggara hingga Nusantara, ikan ini sangat digemari pemancing karena tarikannya yang kuat dan secara tiba-tiba.

Ciri-ciri ikan betutu :

  1. Tubuh memanjang, bagian depan silindris dan bagian blekang yang pipih
  2. Pada umumnya memiliki panjang maksimum 5-6 kali tinggi badan
  3. Kepala gepang
  4. Panjang ikan ¼ – 1/3 dari panjang total
  5. Bentuk moncong meruncing
  6. Rahang bagian bawah lebih kedepan ketimbang rahang bagian atas
  7. Gigi terdiri dari beberapa deret, pada deret terluar ukurannya lebih besar
  8. Bersisik, sisiknya kecil-kecil dan teratur rapi
  9. warnanya kecoklat-coklatan

Dari beberapa orang yang baru mengenalnya ikan betutu sering kali disamakan dengan ikan gambus karena sepintas memang ada keserupaan “senada tapi tak sama”. Ikan betutu juga dapat konsumsi karena rasanya yang enak, gurih dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan di dalamnya.

Baca juga: Bisnis Jual Ikan Asin Segar Omset Berkah Tiap Bulan

8. Ikan Brek (Puntius Orphoides) = Ikan Konsumsi

ikan air tawar brek

From : raizabdullah.blogspot.com

Ikan air tawar brek adalah jenis ikan air tawar yang mudah di jumpai karena menyebar luas di Indocina dan Kepulauan Sunda.

Ciri-ciri ikan brek :

  1. Bertubuh sedang
  2. Panjang total mencpai 250 mm
  3. Gurat sisi antara 31-34 buah
  4. Bersisik
  5. Berwarna ke perak-perakan
  6. Batang ekor dikelilingi 16 sisik
  7. Jari-jari keras
  8. Sirip ekor dengan tepi atas dan bawah berwarna hitam

Ikan brek merupakan ikan yang banyak di jadikan sebagai konsumsi, dan tidak sedikit pemancing yang mngincarnya karena dagingnya yang super enak dan tidak perlu ribet untuk mengolahnya.

9. Ikan Biawan (Atlantic pomfret) = Ikan Konsumsi

ikan hias air tawar biawan

From: duniaair3.com

Ikan air tawar jenis biawan adalah ikan yang hidup di air tawar yang berasal dari hawai dan dari daerah dari kawasan-kawasan indonesia. Dari bentuk tubuh dan warnanya ikan ini sangat mirip dengan ikan piranha.

Ciri- ciri ikan biawan :

  1. Bersisik
  2. Warna tubuh bagian atas abu-abu gelap sedangkan bagian bawah berwarna keperakan
  3. Sirip anu dan sirip bagian bawah sirip ekor berwarna kemerahan

ikan biawan merupakan ikan omnivora, walau tergolong ikan omnivora, ternyata pada saat kecilnya (larva), pada masa benih ikan biawan memakan zooplankton.

10. Ikan Bilis (Mystacoleucus padangensis) = Ikan Konsumsi

ikan air tawar bilis

From : raizabdullah.blogspot.com

ikan air tawar bilis atau lebih dikenal dengan ikan teri adalah jenis ikan air tawar yang menyebar terbatas (endemik) di pulau sumatra terrutama di danau Maninjau dan danau Singkarang serta sungai-sungai kecil yang berada di sekitarnya.

Ciri-ciri ikan bilis :

  1. Berukuran kecil total panjang sekitar 146 mm atau 5 cm
    ikan bilis kecil

    From : fredikurniawan.com

  2. Moncong dengan dua sungut kecil yang hampir tak kelihatan
  3. Bersisik dengan gurat sisi 37-39 buah
  4. Terdapat duri kecik yang mengarah ke depan di muka sirip punggung, yang kadang tersembunyi di bawah sisik.

Ikan bilis merupakan ikan penghuni danau namun di kala hendak memijah ikan ini akan bermigrasi ke arah hulu. makanan faforit ikan ini adalah plankton, zooplankton akan tetapi ikan bilis ini juga mau makan bahan nabati lain yang jatuh ke air.

ikan ini biasa hidup di sungai yang suhu airnya relatif rendah antara 24-26 ºC, dan dasar sungai yang berbatu krikil dan atau pasir.

11. Ikan Cupang (Betta sp.) = Ikan Hias

ikan air tawar cupang

From : archive.kaskus.co.id

ikan hias air tawar cupang adalah ikan air tawar yang mudah kita jumpai di beberapa negara Asia Tenggara seperti : Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Ciri-ciri ikan cupang :

  1. Bentuk siri dan ekornya menjumbai panjang
  2. Struktur tulang sirip dan ekor menunjukkan karakteristik yang khas
  3. Warna tubuhnya terang alias tidak kusam
  4. Memiliki Varian warna yang menarik dan atraktif

ikan ini cukup populer sebagai ikan hias karena warna dan bentuknya yang indah, ikan cupang juga merupakan ikan yang mampu bertahan hidup dalam kurun waktu yang lama, sehingga jika ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air yang sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara. ikan cupang ini masih kuat bertahan hidup.

12. Ikan Dokun (Barbodes Lateristriga) = Ikan Konsumsi

ikan air tawar dokun

FRom : iftfishing.com

Gambar Ikan air tawar dokun atau yang biasa dikenal dengan nama ikan wader adalah jenis ikan anggota suku Cyprinidae anak suku Cypininae. ikan wader banyak menyebar di sungai-sunga mudah untuk kita temukan.

Ciri ciri ikan air tawar air tawar dokun atau wader :

  1. Memiliki tubuh yang ramping
  2. Memiliki warna keperakan
  3. Pada tubuhnya ada garis mendatar yang warnanya kebiruan

Ikan yang mudah kita temui di sungai-sungai ini bertubuh kecil sampai sedang, panjang tubuh total mencapai sekitar 20 cm. ikan ini dikenal sebagai ikan konsumsi (sebagai ikan wader atau ikan seluang) di dalam maupun di luar negri karena rasanya yang istimewa.

13. Ikan Discus (Symphysodon spp.) = Ikan Hias

ikan hias air tawar discus

From : hiasieda.com

Ikan hias air tawar jenis dicus adalah satu dari tiga spesies ikan air tawar chichlid yang berasal dari lembah sugai Amazon.

Ciri-ciri ikan discus secara umum adalah :

  1. Benruk badannya pipih dan meyerupai lingkaran jika dilihat dari samping
  2. Pola waran di sepanjang tubuhnya yaitu garis-garis pendek dengan garis warna yang berbeda-beda sesuai dendan jenis ikan discus

Lokasi habitat ikan discus mendiami sungai-sungai dan tasik-tasik di dataran banjir di tanah rendah lembangan Sungai Amazon. yang Dimana ikan ini merupakan sebagian daripada kepelbagian ikan Neotropical.

Berikut penampilan keindahan ikan discus :

14. Ikan Gabus (Channa Striata) = Ikan konsumsi

ikan air tawar gabus

From : darsatop.lecture.ub.ac.id

Ikan air tawar gabus adalah jenis ikan air tawar yang dikenal sebagai ikan predator yang hidup di air tawar. ikan gabus bisa kita dapati di saluran-saluran air, dananu, hingga sawah-sawah.

Ciri-ciri ikan air tawar gambus :

  1. Memiliki kepala yang berukuran besar dan lumayan gepeng
  2. Mempunyai sisik besar di atas kepala
  3. Tubuh berbentuk bulat lonjong memanjang
  4. Sirip ikan membulat di ujung ekor
  5. Berwarna coklat gelap

Ikan ini dapat tubuh hingga mencapai 1 meter, seringkali ikan ini terbawa banjir ke parit-parit sekitar rumah, ikan gabus termasuk ikan yang kuat bertahan hidup bahkan ikan gambus bisa berjalan di daratan, biasanya di temui di malam hari di musim kemarau untuk mencari sumber air.

15. Ikan Genggehek (Mystacoleucus Marginatus) = Ikan Konsumsi

ikan air tawar gengghek

From : wikipedia.org

Ikan air tawar genggehek lebih mirip dengan wader adalah jenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae, ikan yang umumnya hidup di sungai ini tertutama di bagian dalam (kedung,lubuk) dalam danau atau danau.

ciri – ciri ikan air tawar Gengghek :

  1. Tubuh lebih gemuk dari ikan wader
  2. Memilik warna abu-abu kehijauan
  3. Terdapat dua bintik pada pangkal sirip panggung

Habitat as al ikan gengghek berada di daerah perairan tawar di Kepulauan sunda dan di Indhochina, makanan utama ikan ini bergantung pada kondisi lingkungan seperti : serangga, tumbuhan air, zooplankton, tumbuhan air, krutasea, dan fitoplankton.

16. Ikan Guppy (Poecilia reticuluta) = Ikan hias

ikan air tawar guppy

From : archive.kaskus.co.id

ikan air tawar gupy adalah salah satu jenis ikan hias air tawar aquarium yang paling populer di dunia. Ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan dan beranakpinak, di banyak daerah di indonesia.

Ciri-ciri ikan air tawar gupi :

  1. Ukuran ikan ini mayoritas kecil, jenis betina lebih besar dari pada jantan
  2. Warnanya bervariasi seperti : merah, kekuningan, kebiruan dan silver
  3. Umumnya memiliki panjang total 2-6 cm.
  4. ekornya yang berbecak kehitaman yang indah

Ikan guppy merupakan ikan yang mudah bertelur jadi tidak sedikit orang yang membudidayakannya, masa kehamilan ikan gupy berkisar antara 21-30 hari (biasanya 28 hari) bergantung pada suhu air. Suhu air yang cocok adalah 72 °F (27 °C )

Berikut video penampilan ikan guppy :

17. Ikan Gurame (Osphironemus goramy) = Ikan Konsumsi

ikan air tawar gurame

From : hkti.org

Ikan air tawar gurami adalah jenis ikan yang cukup populer dan banyak disukai sebgai ikan konsumsi di Asia selatan dan di Asia tenggara.

Ciri – ciri ikan gurami :

  1. Memiliki ukuran bentuk pipih dan lonjong dengan mulutnya yang kecil dan bisa di moncongkan
  2. Pada bagian rahangnya memiliki gigi-gigi kecil, gigi bagian depan leboh besar
  3. Memiliki sisi pada bagian kepala yang agak kasar sedangkan pada tubuh memiliki sisik yang realtif besar
  4. Gurami yang masih muda memiliki 8 gari tegak
  5. Pada bagian dasar sirip dada ada bintik hitam
  6. Tubuh bagian atas sirip dubur terdapat bintik hitam dengan bintikan pinggiran berwarna perak atau kuning

Dibanding ikan gurami sebagai ikan hias ikan gurami banyak di gemari seagai ikan konsumsi, dagingnya yang padat durinya besar, dan rasanya enak.

Menu ikan gurami hampir selalu bisa di jumpai di setiap restoran. Untuk diajadikan berbagai macam masakan terutama menu masakan gurami asam-manis dan gurami bakar, Namun harga yang dibandrol setara dengan berbagai kelezatan ikan gurami alias mahal.

18. Ikan Hampala (Hampala macrolepidato) = Ikan konsumsi

ikan air tawar

From : wikipedia.org

Ikan air tawar hampala adalah ikan yangg beranggotakan suku kerabat ikan Mas (Cyprinidae). Ikan ini dapat kita jumpai di Asia Tenggara dan Indonesia bagian barat.

Ciri-ciri ikan air tawar Hampal :

  1. Memiliki bentuk yang menyerupai ikan mas
  2. Mulut ikan hampala lebih lebar daripada ikan mas
  3. Tidak memiliki gigi
  4. Warna kuning keperak-perakan
  5. Panjang ikan rata-rata 10-20 cm, bisa mencapai 40 cm dengan berat bisa mencapai 5 kg

Ikan hampala merupakan salah sati ikan yang disukai oleh para castinger, itu karena ikan hampala terkenal dengan keganasannya dan mempunyao tenaga uang kuat.

19. Ikan Jelawat (Leptobarbus hoevenii) = Ikan Konsumsi

ikan hias air tawar jelewat

From : umpanmancingikan.blogspot.com

Ikan air tawar jelewat adalah salah satu jenis ikan air tawar yang asli berasal dari Pulau Kalimantan dan Semanjung Malaya, Ikan jelawat sangat populer sebagai bahan pangan yang cukup populer dan dihargai.

Ciri-ciri ikan jelewat :

  1. Ukurannya cukup besar bisa mencapai 60 cm
  2. Memiliki tubuh agak bulat dan memanjang
  3. Kepala bagian atas agak mendatar
  4. Mulut berukuran sedang
  5. Garis literal tidak putus
  6. Bagian perut berwarna putih keperakan dan bagian punggung berwarna perak kehijauan

Ikan air tawar jelewat merupakan ikan yang mudah terdapat di perairan umum Sumatra dan kalimantan sera kawasan Asia Tenggara lainnya seperti malaysia, Kamboja, Vietnam, dan Thailand.

20. Ikan Jeler (Nemacheilus chrysolaimos) = Ikan Konsumsi

ikan air tawar jeler

From : archive.kaskus.co.id

Ikan air tawar jeler adalah jenis ikan yang bertubuh kecil, anggota dari suku Balitoridae, Ikan ini bisa temui di sungai-sungai, ikan ini diketahui banyaj menyebar di pulau Jawa bagian barat.

Ciri-ciri ikan jeler :

  1. Ukuran tubuh yang relatif kecil
  2. Tidak memiliki lembar sirip ekor
  3. Tidak bersisik
  4. Terdapat 9-18 garis vertikal pita berwarna gelap yang tidak teratur di seluruh tubuhnya
  5. Kepala berwarna kecoklatan
  6. Warna ikan ini kekuningan
  7. Mempunyai tiga sungut pendek di sekitar mulut

21. Ikan Kapar (Belontia hasselti) = Ikan hias+Ikan konsumsi

ikan air tawar kapar

From : dunia-abde.blogspot.com

Ikan hias sekaligus ikan konsumsi air tawar kapar adalah jenis ikan yang mudah di temukan dari perairan gambut, ikan kapar sering dikonsumsi secara lokal dan kadang juga diperdagangkan sebagai ikan hias.

Ciri-ciri ikan kapar :

  1. Tubuh relatif pi[ih dan agak melebar
  2. Panjang keseluruhan mencapai 19,5 cm
  3. Mulutnya meruncing
  4. Warna relatif gelap dan putih,keperakan pada bagian perut
  5. Mempunyai juntai sirip perut yang tidak terlalu panjang

Ikan kapar banyak menyebar secara alami di Singapura, Semenanjung Malaya, dan kepulauan Sunda besar, Umumnya ikan ini dikonsumsi dengan cara penangkapan di jala atau di pancing.Namun akhir-akhir ini ikan kapar juga diminati sebagi ikan hias.

22. Ikan Keperas (Anematichthys apogon) = Ikan konsumsi

ikan air tawar keperes

From : satwapedia.com

Ikan air tawar kaparas adalah ikan yang beranggotakan suku Cypirinidae (seperti ikan mas). Daerah penyebaran ikan keperas cukup luas di Indonesia bagian barat dan Asia Tenggara.

Ciri-ciri ikan keperas :

  1. Memiliki warna cokelat kekuningan
  2. Bagian punggung coklat kegelapan
  3. Bersisik dengan bintik berwarna gelap
  4. Ada satu bintik besar yang terdapat pada bagian ekor

Ikan keperas menghuni kanal, sungai-sungai baik kecil maupun besar, parit, danau dan waduk, pada umumnya perairan yang airnya tenang atau yang mengalir lebih lambat menjadi tempat yang paling di sukai oleh ikan ini.

23. Ikan Koi (Cyprinus carpio) = Ikan hias

ikan air tawar koi

From : satwapedia.com

ikan hias air tawar adalah ikan yang berasal dari bahasa jepang yang mempunyai arti Karper. Di jepang sendiri ikan koi menjadi semacam lambang atau simbol cinta dan persahabatan. Hal ini karena ikan koi merupakan homofon untuk kata lain yang bermakna cinta atau kasih sayang.

Ciri – ciri ikan koi :

  1. Ukuran tubuh yang relatif besar
  2. Memiliki dua sungut di dekat mulutnya
  3. Memiliki banyak varian warna Merah, kuning, putih
  4. Kebanyakan ikan koi memiliki bercak yang membuatnya lebih indah

Ikan koi biasa dipelihara banyak orang sebagai ikan hias dengan tujuan keunikan dan keindahannya, baik di pelihara di dalam rumah maupun di luar rumah.

24. Ikan Lempam / Tengadak (Barbonymus schwanenfeldii) = Ikan konsumsi

ikan hias air tawar lampan

From : dangarumbia.wordpress.com

Ikan air tawar lempam atau sering disebut ikan tengadak adalah jenis ikan yang masih satu kerabat dengan ikan Mas (Cyprinidae).

Ciri -ciri ikan tengadak :

  1. Berukuran Sedang
  2. Bentuk badan bulat telur memanjang jika dilihat dari samping
  3. Warna tubuh putih keperakan dengan garis tengkuk yang melengkung hingga ujung sirrp dorsal
  4. Moncon menumpul
  5. Terdapat dua pasang sungut di atas dan disudut mulutnya

Ikan tengedak banyak menyebar mulai dari Semanjung Malaya, Sumatra, Kalimantan dan Thailand. Habitat ikan tengedak adalah di kanal-kanal, parit dan di sungai-sungai besar maupun sungai kecil, ikan ini lebih dominan memakan tumbuhan.

25. Ikan Lais (Cyptopterus) = Ikan konsumsi

ikan air tawar lias

From : endah-dwira.blogspot.com

Ikan air tawar lais banyak di jumpai di perairan dunia khususnya di indonesia. hidup di daerah sungai terutama di daerah yang airnya deras dan di daerah hilir atau muara.

Ciri-ciri ikan Lais :

  1. Mempunyai bentuk tubuh yang panjang dan agak pipih
  2. Memiliki gigi yang tajam
  3. Mulutnya lebar menghadapa ke arah atas
  4. Warna tubuh tengkuk dan permukaan kepala berwarna kecoklatan
  5. Perut berwarna keputihan

26. Ikan Lele (Clarias batracus) = Ikan konsumsi

ikan air tawar lele

From : jelajahinformasi.com

Ikan air tawar lele adalah jenis ikan air tawar yang secara ilmiah mempunyai banyak spesies tidak heran jika lele di Nusantara mempunyai banyak sebutan seperti : ikan kalang (Sumatra barat) , suengko (Aceh), ikan sibakut (Karo) dan masih banyak sebutan yang lain.

Ciri-ciri ikan lele :

  1. Tubuhnya licin
  2. Bentuk tubuh agak pipih memanjang
  3. Memiliki kumis yang banyka dan panjang di sekitar mulut
  4. Warna dari bagian kepala sampai ekor hitam gelam
  5. Sedang warna tubuh bagian perut putih

Ikan lele banyak ditemukan di air asin atau air payau, pengecualian untuk lele yang memang bersuku dan bermaga yang berbeda (Arridae). Habitat hidup ikan lele di rawa, sungai dengan arus air perlahan, waduk, telaga, dan sawah yang tergenang air.

27. Ikan Louhan (Amphilopus trimaculatus) = Ikan hias

ikan air tawar louhan

From : satwapedia.com

Ikan hias air tawar louhan adalah jenis ikan hias terkenal yang banyak di pelihara di aquarium maupun di kolam, karena warna sisiknya yang indah dan benjolan kepala yang khas berjuluk “Benjol kelam”.

Ciri – ciri ikan louhan :

  1. Mata sedikit menonjol
  2. Memiliki benjolan pada kepala
  3. Memiliki varian warna yang banyak
  4. Bentuk tubuh bulat telur memanjang

Ikan louhan pertama berasal dari Malaysia dan Taiwan Namun saat ini sudah banyak orang yang memelihara ikan ini, orang Malaysia yang banyak mengagumi ikan dengan kepala menonjol ditemukan pada bagian barat negara mereka.

28. Ikan Lundu/Keting (Mystus alasensis) = Ikan konsumsi

ikan air tawar ketting

From : rasboras.com

Ikan air tawar lundu adalah jenis ikan yang tegolong dalam marga Mytus. Ikan ludu memiliki banyak nama lokal seperti : ndaring, keting, sengat, ririgi dan masih banyak lagi tergantung dengan spesies dan daerahnya.

Ciri-ciri ikan lundu :

  1. Mempunyai tiga buah patil
  2. Memiliki kumis di sekitar mulutnya
  3. Tidak bersisik tekstur kulit halus, licin
  4. Ukuran kecil
  5. Warna tubuh bagian kepala sampai ekor berwarna kecoklatan
  6. Perut berwarna keputihan

Di alam liar ikan ludu banyak di temui di sungai sumatra, kamboja, Laos dll. Tumbuh total mencapai 19,8 cm dan makanan faforitnya zooplankton dan larva serangga di alam liar.

29. Ikan Lunjar Padi (Rasbora argyrotaenia) = Ikan konsumsi

ikan air tawar padi

From : www.rasboras.com

Ikan air tawar lunjar padi adalah jenis ikan yang beranggotakan suku Cyorinidae anak suku dari Rasborinae. Ikan ini juga mempunyai nama sebutan seperti : Lunjar pari, lunjar andong, cecerah.

Ciri-ciri ikan lujar padi :

  1. Tubuhnya kecil
  2. Bersisik pada seluruh tubuhnya
  3. Warna dari kepala samapai bagian ekor berwarna kekuningan
  4. Warna bagian perut keperakan

Ikan lujar padi bisa ditemukan di daerah Asia tenggara dan Afrika. Ikan lujur padi hidup dan berkembang biak di rawa dan di sungai yang berair tenang dan berarus pelan.

30. Ikan Mengkreng (pegasius nasutus) = Ikan konsumsi

ikan hias air tawar mengkreng

From : fishclopedia.blogspot.com

Ikan air tawar mengkreng adalah jenis ikan yang masih satu kerabat dengan ikan parin yang termasuk dalam genus (pegasius) ikan ini banyak di budidayakan untuk dimanfaatkan sebagai konsumsi.

ciri-ciri ikan Mengkreng :

  1. Memiliki kumis
  2. Tidak bersisik
  3. Ukuran tubuh besar
  4. Moncong terbilang lancip dan besar
  5. Warna tubuh dari kepala hingga ekor keabu-abuan sedangkan bagian perut lebih kepada warna putih

Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga banyak di ekspor ke negara-negara lain sebagai ikan konsumsi.

31. Ikan Mas (Cyprinus carpio) = Ikan konsumsi+ikan hias

ikan air tawar mas

from : umpanikan123.blogspot.com

Ikan hias air tawar mas adalah jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan sudah menyebar banyak di seluruh indonesia.

Ciri – ciri ikan mas :

  1. Bersisik penuh
  2. Mempunyai empat kumis di sekitar mulutnya
  3. Warna banyak farian

Di indonesia ikan mas mulai dipelihara pada tahun 1920-an. Ikan mas yang berada di indonesia merupakan ikan yang dibawa dari negara Eropa, China, jeppang dan Taiwan.

32. Ikan Masik (Labiobarbus fasciatus) = Ikan konsumsi

ikan air tawar masik

From : adearisandi.wordpress.com

Ikan air tawar masik adalah jenis ikan yang beranggotakan suku cyprinidae (kerabat ikan mas). Ikan mask banyak ditemukan di daerah Sumatera, semenanjung malaya dan Kalimanan.

  1. Bersisik
  2. Sirip dorsal yang panjang
  3. Memiliki dua pasang sungut yang berada di sekita mulutnya
  4. Warna ikan dari kepala hingga ekor kecoklatan sedangkan bagian perut keperakan

Ikan masik merupakan ikan yang diambil manfaatnya untuk di konsumsi dan bernilai jula tinggi, ikan masik di jual dengan keadaan segar alias baru di tangkap.

33. Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus)

ikan air tawar mujair

From : budidarma.com

Ikan air tawar mujair banyak penyebaran alaminya di perairan Afrika dan di indonesia. Ikan mujair memiliki toleransi yang besar terhadap kadar garam sehingga bisa hidup juga di air payau.

Ciri-ciri ikan mujair :

  1. Berukuran sedang
  2. Panjang total dari kepala hingga ekor bisa mencapai 40 cm
  3. Bentuk badan pipih
  4. Warna tubuh keabu-abuan, kekuningan

Ikan mujair juga termasuk ikan peridi. ikan ini akan berkembang biak pada umur sekitar 3 bulan, sesudah itu bisa berkembang biak setiap 1½ bulan sekali.

34. Ikan Nilem (Osteochilus vittatus) = Ikan konsumsi

ikan air tawar nilem

From : budidarma.com

ikan air tawar nilem adalah ikan yang beranggotakan suku Cyprinidae. Penyebaran ikan mujair diketahui di Asia tenggara,Thailand, Tonkin dan Jawa.

Ciri-ciri ikan nilem :

  1. Berukuran sedang
  2. Panjang total mencapai 260 mm
  3. Moncong membulat tumpul
  4. Sungut rostral lebih pendek
  5. Awal sirip dorsal kurang lebih sejajar dengan gurat sisi ke 8 atau ke 9
  6. Bersisik

Ikan nilem merupakan ikan herbivora dan ikan konsumsi banyak di budidayakan terutawa di Jawa, sekarang nilem juga dikonstribusikan di beberapa danu yang berada di Sulawesi.

35. Ikan Patin (Pteropangasius) = Ikan konsumsi

ikan air tawar patin

From : hkti.org

Ikan air tawar patin adalah jenis ikan yang tfamilia Pangasiidae. kelompok ikan ini banyak yang bernilau jual tinggi seperti patin dan patin silam.

Ciri-ciri ikan patin :

  1. Tidak bersisik
  2. Ukuran tubuh besar
  3. Moncong terbilang bulat dan besar
  4. Warna tubuh dari kepala hingga ekor keabu-abuan sedangkan bagian perut lebih kepada warna putih

Beberapa jenis dari ikan patin yang hidup di Sungai mekong banyak dikenal memiliki ukuran yang bersar dan panjangnya bisa mencapai 2 meter lebih.

36. Ikan Pelangi ( Glossolepis incisus ) = Ikan hias

ikan air tawar pelangi

From : hkti.org

Ikan hias air tawar pelangi adalah jenis ikan yang hidup endemik di danau Sentani papua. Ikan ini sudah di banyak di kenal di daerah Eropa untuk di jadikan ikan hias baik di aquarium ataupun di kolam

Ciri – ciri ikan pelangi :

  1. Ukurannya lumayan kecil
  2. Bersisik
  3. Memiliki banyak farian warna
  4. Panjang ikan maksimal mencapai 15 cm

Ikan jenis ini hanya mudah di temudi di daerah Danau Sentani, danau sentani sendiri terletak ~+mn~ 2o km barat jayapura.

37. Ikan Piranha ( Pygocentrus nattereri) = Ikan konsumsi

ikan air tawar piranha

From : kaskus.co.id

Ikan air tawar piranha adalah jenis ikan yang hidup di sungai-sungai di Amerika selatan khusunya di Sungai Amazon.

Ciri-ciri ikan piranha :

  1. Gigi tajam
  2. Pemakan daging
  3. Brntuk mukut bulat
  4. Memiliki banyak farian warna

Ikan piranha terkenal dengan gigi tajam jika di film-film ikan ini tekesan negatif namun sebenarnya ikan ini tak seberbahaya itu bahkan tidak sedikit orang yang memliharanya di rumah.

38. Ikan Sapu-Sapu (Pterygoplichthys sp) = Ikan hias

ikan air tawar sapu

From : meldyiam.blogspot.com

Ikan air tawar sapu-sapu adalah jenis ikan air tawar yang berasal dari amerika tropis. Termasuk dalanm family Loricariidae.

Ciri -ciri ikan sapu-sapu :

  1. Ikan sapu-sapu ukurannya bisa mencapai 30 cm
  2. Mulut di posisi bawah yang membuatnya sering menempel pada bidang
  3. warna dari bagian kepala hingga bagin ekor abu-abu gelap sedangkan pada bagia perut keperakan
  4. Tidak bersisik
  5. Mempunyai bercak-bercak hitam pada tubuhnya

Banyak orang yang memelihara ikan ini untuk di jadikan ikan pembersih seperti di aquarium. Ikan ini pemakan segala namun makanan faforitnya adalah alga, sisa-sisa tumbuhan air.

39. Ikan Semah (Tor spp., syn.Labeobarbus) = Ikan konsumsi+ Ikan hias

ikan air tawar semah

From : tips-ukm.com

Ikan air tawar semah adalah jenis ikan yang berasal dari Indo-Australia dan anak dari benua India, Ikan semah memiliki banyak sebutan nama diantaranya adalah ; Tambara (Jawa), Sapan (Kalimantan), Curong (bahasa toba).

Ciri – ciri ikan semah :

  1. Bentuk kepala simetris
  2. Bersisik
  3. Garis rusuk sempurna
  4. Terdiri dari ~+mn~ 22 keping sisik yang terletak di atas sirip dada dan melewati pertengahan ekor
  5. Sirip bagian punggung terdiri atas 1 jari-jari keras licin dan 8 jari-jari lemah bercabang
  6. Permukaan punggung ikan sepam ini bertepatan dengan permukaan sirip perut
  7. Sirip bagian dubur dengan 5 jari-jari lemah bercabang dan lebih rendah dari sirip punggung
  8. Mata tak berkelopak
  9. Memiliki 4 helai sungut mengelilingi mulut

Ikan yang masih satu kerabat dengan ikan mas ini merupakan ikan yang populer sebagai bahan konsumsi kelas tinggi, yang biasa di jumpai di indonesia adalah jenis ikan semah biasa atau kancra bodas (Tor douronesis)

40. Ikan Sepat (Trichogaster) = Ikan konsumsi

ikan air tawar sepat

From : tips-ukm.com

Ikan air tawar sepah adalah jenis ikan yang termasuk beranggotakan suku gurami. Di indonesia ikan sepat lebih dikenal sebagai ikan konsumsi, walau beberapa jenis dari ikan sepat diperdagangkan sebagai ikan hias

Ciri-ciri ikan sepat :

  1. Tubuh pipih jorong
  2. Moncong runcing
  3. mulut kecil
  4. Bersisik kecil-kecil
  5. Bersusun miring dalam aneka ukuran
  6. Gurat sisi sempurna
  7. Berbentuk tabung yang kadang agak melendung
  8. Sirip punggung (dorsal) terletak jauh ke belakang

Ikan sepat memiliki nilai ekonis yang tinggi terutama sebagai sumber pangan di daerah pedesaan. Selain di jual dalam keadaan segar di pasar, ikan sepa juga sering di awetkan untuk dijadikan ikan asin.

41. Ikan Sepatung/Ketoprak (Pristolepis fasciata) = Ikan konsumsi

ikan hias air tawar sepatung

From : binatang.mewarnaigambar.web.id

Ikan air tawar sepatung adalah jenis ikan yang beranggotakan suku Nandidae. Ikan ini banyak ditemukan di Asia tenggara, dan Indonesia.

Ciri – ciri ikan Sepatung :

  1. Ukuran kecil hingga sedang
  2. Panjang setandart (SL, standard length) mencapai sekitar 210 mm
  3. Bentuk atas kepalanya menaik dan lurus dari moncong hingga mendekati punggung
  4. Agak lekuk tenteng mata
  5. Pada sirip punggung terdapat garis-garis miring

Pada daerah pedalaman umumnya ikan ini di tangkap dengan jala atau di pancing sebagai ikan konsumsi. Eropa adalah pengimpor pertama kali jenis ikan ini pada tahun 1968 dari singapura yang dimmasukkan ke negeri Jerman.

42. Ikan Sidat (ordo Anguilliformes) = Ikan konsumsi

ikan air tawar sidat

From : hkti.org

ikan air tawar sidat adalah jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh seperti ular , ikan sidat masuk dalam Ordo Anguilliformes yang terdiri dari 4 subordo, 19 fami, 110 genera, dan 400 spesies. Kebanyakan hidup di laut namun ada pula yang hidup di air tawar.

Ciri – ciri ikan sidat :

  1. Bentuk tubuh memanjang yang dilapisi sisik kecil berbentukmemanjang
  2. Susunan sisik tegak lurus terhadap panjang tubuhnya
  3. Sirip bagian anus menyatu dan berbentuk seperti jari-jari yang melemah
  4. Sirip dada terdiri atas 13 – 18 jari-jari sirip (suitha dan Suhaeri, 2008)

Ikan sidat atau yang biasa disebut ikan unagi bagi masyarakat jepang dan masih dalam satu keluarga dengan ikan belut. Ikan sidat memiliki daya ekonomis yang tinggi oleh sebab itu tidak sedikit orang yang membudidayakan ikan ini untuk dijadikan ikan konsumsi.

43. Ikan Sumatra (Puntius tetrazona) = Ikan hias

ikan air tawar sumatra

From : Ikan Sumatra

Ikan hias air tawar sumatera adalah jenis ikan kecil yang beranggotakan suku Cyprinidae. Ikan ini banyak dperdagangkan sebagai ikan hias.

Ciri – ciri ikan sumatera :

  1. Ukuran tubuh kecil
  2. Panjang total dari kepala hingga ekor hingga 70 mm
  3. Tubuh berwarna kekuningan dengan empat pita tegak berwarna gelap
  4. Gurat sisi tak sempurna, 22-25 buah dengan hanya 8-9 sisik
  5. Batang ekor dikelilingi 12 sisik

Ikan sumatera secara alami banyak menyebar di Semenanjung Malaya, Sumatra dan Kalimantan, Ikan ini sering ditemui pada sungai-sungai dangkal dengan arus sedang baik jernih maupun keruh. Ikan sumatra menyukai pH antara 6.0–8.0, kesadahan air antara 5–19 dGH, dan kisaran temperatur air antara 20–26 °C

44. Ikan Sili (Macrognatus armatus) = Ikan hias

ikan hias air tawar sili

From : ffish.asia

Ikan hias air tawar sili adalah ikan hias yang cukup populer di negeri paman sam.

Ciri – ciri ikan sili :

  1. Bentuk badan panjang seperti belut
  2. Bentuk pipih memanjang
  3. Bentuk mulut lancip

Sebaran ikan sili bisa ditemukan di beberapa negara Asia tenggara, Indonesia, Malaysia, Kamboja dll. Ikan sili lebih menyukai habitat perairan sungai yang arusnya lambat dan bebatuan yang halus.

45. Ikan Tapah (Wallago attu) = Ikan konsumi

ikan air tawar toman

From : arwanahias.blogspot.com

Ikan air tawar tapah adalah jenis ikan pemakan daging (karnivora) dan memiliki ukuran tubuh yang besar besar berasal dari Asia tropika.

Ciri – ciri ikan tapah :

  1. Tidak memiliki sirip lemak
  2. Tidak mempunyai duri pada sirip punggung
  3. Sirip duburnya sangat panjang
  4. Tubuh pipih degan ukuran maksimum mencapai 180 cm, dan berat mencapai 96 kg

Ikan tapah adalah salah satu ikan yang ekonomis yang penting, ikan ini sangat digemari oleh banyak orang karena ukurannya yang besar dan dagingnya yang lembut dan gurih.

46. Ikan Tawes (Barbonymus gonionotus) = Ikan konsumsi

ikan air tawar tawes

From : arwanahias.blogspot.com

Ikan air tawar tawes adalah jenis ikan yang beranggotakan suku Cyprinidae. Ikan tawes merupakan salah satu jenis yang populer dikembangkan dalam akuakultur sebagai ikan konsumsi.

Ciri – ciri ikan tawes :

  1. Ukruan tubuh sedang
  2. Panjang keseluruhan 330 mm
  3. Gurat sisi 29-31 buah
  4. 3 – 3½ sisik antara gurat sisi dengan sirip perut. Sirip dubur dengan 6½ jari-jari bercabang
  5. Warna ikan keperakan

Ikan merupakan salah satu ikan yang sangat di gemari masayarakat dalam hal konsumsi khususnya di Asia tenggara baik daratan maupun kepulauan.

47. Ikan Tembakang (Helostoma temminckii) = Ikan konsumsi

ikan air tawar tembakang

From : s594.photobucket.com

Ikan air tawar tembakang adalah salah satu jenis ikan yang berasal dari wilayah tropis, Tepatnya Asia tenggara.

Ciri – ciri ikan tembakang :

  1. Bentuk tubuh pipih vertikal
  2. Sirip punggung dan sirip analnya mempunyai bentuk dan ukuran yang hampir sama
  3. Sirip ekornya sendiri berbentuk hampir bundar atau mengarah cembung ke luar
  4. Sirip dadanya yang berjumlah sepasang juga berbentuk hampir bundar

Ikan ini merupakan ikan yang berhabitat wilayah periran tropis yang dangkal, berarus sedang dan banyak tanaman air. Di wilayah aslinya yaitu di Asia Tenggara, ikan ini dibudidayakan untuk diambil dagingnya

48. Ikan Toman (Channa micropeltes) = Ikan konsumsi

ikan air tawar toman

From : s594.photobucket.com

Ikan air tawar toman adalah jenis ikan yang memiliki bentuk tubuh seperti ikan gambus, Ikan toman tegolong ikan predator yang memangsa aneka jenis ikan lainnya serta hewan lain seperti serangga, dan kodok yang berada di sekitar lingkungannya.

Ciri-ciri ikan toman :

  1. Ukuran kepala besar
  2. Ukkuran mulut besar serta bergigi runcing tajam
  3. Tubuh bulat telur memanjang layaknya torpedo
  4. Bentuk ekor membulat

Ikan toman adalah salah satu jenis ikan air tawar yang digemari masayrakat sebagai ikan konsumsi, dagingnya yang putih, lembut, menjadikan ikan toman sebagai salah satu ikan faforit bagi masyarakat.

49. Ikan Wader/bintik dua (Puntius binotatus) = Ikan konsumsi

ikan air tawar wader

From : alamendah.org

Ikan air tawar wader adalah jenis ikan air tawar yang menyebar di indonesia bagian barat yaitu : Sumatra, Jawa, Bali dan Lombok.

Ciri – ciri ikan wader :

  1. Ukuran badan kecil dan sedang
  2. Panjang keseluruhan umumnya mencapai 100 mm
  3. Bersungut empat di ujung moncongnya
  4. Gurat sisi sempurna (tidak terputus) berjumlah 23-27
  5. Sirip dorsal (punggung) dengan 4 duri dan 8 jari-jari lunak; duri yang terakhir bergerigi di belakangnya

Ikan wader adalah ikan yang banyak di ambil manfaatnya sebagai ikan konsumsi yang disukai, namun hanya bernilai jual secara lokal. Di luar negri ikan ini juga mempunyai nilai komersial sebagai ikan hias.

50. Ikan Wadon Gunung (