Bacaan Doa Qunut Subuh, Nazilah, dan Qunut Lengkap beserta latin dan artinya

Do’a Qunut – Sebelum kita masuk dalam pembahasan inti tentang do’a qunut, terlebih kita membahas dahulu tentang  hakekat makna sholat secara konvensional.

Sholat merupakan sebuah do’a. Hal ini merupakan arti  sholat jika ditinjau dari segi bahasa. Sedangkan menurut syariat, sholat merupakan suatu ibadah yang terdiri atas beberpaucapan dan perbuatan tertentu yang diawali dengan takbiratul ikhram (mengucapkan Allahu Akbar) dan diakhiri dengan salam.

Bacaan Doa Qunut Subuh

orang berdoa kepada allah

menitone.com

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari musibah. MUI mengajak kita untuk memperbanyak doa, memohon ampun kepada Allah SWT, dan meninggalkan permusuhan.

Salah satu doa yaiitu doa qunut dalam sholat subuh. Doa ini dibaca saat Rakaat kedua salat Subuh, pada waktu I’tidal berdiri tegak dari rukuk setelah membaca “Rabbana lakal Hamdu..” Lalu membaca doa ini :

bacaan doa qunut subuh

tribunnews.com

“ALLAHUMMAH DIINII FIIMAN HADAIT. WA ‘AAFINII FIMAN AAFAIT. WATAWALLANII FIIMAN TAWALLAIT. WABAARIKLII FIIMAA A’THAIT. WAQINII BIRAHMATIKA SYARRA MAA QADLAIT. FA INNAKA TAQDLII WALAA YUODLAA ‘ALAIK. WA-INNAHU LAA YADZILLU MAN WAALAIT. WALAA YA’IZZU MAN AADAIT. TABAARAKTA RABBANAA WATA ‘AALAIT. FALAKAL HAMDU ‘ALAA MAA QADLAIT. ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU I LAIK. WASHALLALLAAHU’ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN NABYYIL UMMIYYI WA-‘ALAA AALIHI WASHAHBIHII WASALLAM.”

Artinya :

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.”

“Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala Puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas Nabi Muhammad beserta keluarganya.”

Bacaan Doa Qunut Nazilah

Bacaan Doa Qunut Nazilah

fimadani.com

Nazilah berarti  ‘Petaka’, atau musibah yang menimpa seseorang. Rasulullah membaca doa qunut nazilah selama satu bulan, setelah mendapatkan musibah. Sebuah kabar yang membuat Nabi Muhammad sangat bersedih. Berikut ini adalah doa qunut nazilah yang Rasulullah bacakan, setelah ditimpa musibah terbunuhnya para sahabat rombongan.

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ

Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruka, wa nastahdika wa nu’minu bika wa natawakkalu alaika, wa nutsni alaikal khaira kullahu nasykuruka wa la nakfuruka, wa nakhla’u wa natruku man yafjuruk. Allahumma iyyaka na’budu, wa laka nushalli wa nasjud, wa ilaika nas’a wa nahfid, narju rahmataka wa nakhsya adzabak, inna adzabakal jidda bil kuffari mulhaq.

Artinnya : “Ya Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan sholat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

Bacaan Doa Qunut Sholat  Witir

doa

okezone.com

Seperti diketahui 10 hari terakhir Ramadhan jatuh pada Kamis (14/5/2020) atau tanggal 21 Ramadhan 1441 H. Kini Ramadhan sudah masuk hari ke 26. Dalam hitungan hari, Ramadhan akan segera berakhir.

Setiap 10 hari terakhir disunahkan membaca doa qunut  di rokaat kedua Shalat Witir.  Berikut qunut witir berjamaah dan doa dzikir tarawih selengkapnya.

اللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ. وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ. وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ. وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ

وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ. إِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ. وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ. وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

‘Alloohummah dinii fiiman hadait. Wa ‘aafinii fiiman ‘aafait. Wa tawallanii fiiman tawallait. Wa baariklii fiimaa a’thoit.

Wa qinii syarro maa qodloit. Innaka taqdli wa laa yuqdlo ‘alaik. Wa innahu laa yadzillu maw waalait. Wa laa ya’izzu man ‘aadait. Tabaarokta wa ta’aalait.’

“Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku.

Jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Mahasuci Engkau, wahai Rabb kami Yang Mahatinggi.”

 Tata Cara Doa Qunut

doa qunutt

nasihatsahabat.com

Doa qunut merupakan doa yang disunahkan kepada kaum umat islam untuk dikerjakan dan dibaca setelah membaca doa i’tidal pada rakaat terakhir. Sementara itu, doa qunut juga di sunnnahkan untuk dibaca saat mengalami musibah / bencana baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan. Jika bencana itu sudah menghilang maka membaca doa qunut tidak disunahkan untuk dibaca kembali.

Tata cara doa qunut salat subuh, dilakukan setelah iktidal rakaat kedua sebelum sujud. Lafalnya tercantum dalam kitab Al-Adzkar oleh Imam Nawawi.

Secara umum, doa qunut nazilah disunnahkan untuk dibaca pada saat shalat wajib sendiri atau ketika setelah selesai shalat berjamaah. Pada saat membaca doa qunut ini, maka umat Islam dianjurkan untuk menengadahkan tangan ke langit sebagaimana ketika kita memanjatkan doa sehari-hari.

“Sunnah mengangkat kedua tangan dalam qunut (nazilah) dengan menghadapkan kedua telapak tangan ke langit saat meminta kebaikan dan membalik telapak tangan hingga mengarah ke bumi saat berdoa tolak bala. Hal ini berlaku pada semua doa. Tidak disunnahkan mengusap muka setelah doa di dalam shalat. Afdhalnya justru tidak mengusap muka ketika shalat, lain soal kalau di luar shalat” (Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Darul Kutub Al-Ilmiyah).

Sementara itu, doa qunut witir ini dibaca pada saat rakaat ketiga sebelum rukuk dalam setiap shalat sunnah. Lain halnya dengan doa qunut Subuh yang dibaca pada rakaat kedua shalat Subuh. Sama halnya dengan doa qunut nazilah, membaca doa qunut witir dan Subuh juga dapat dilakukan dengan cara menengadahkan tangan ke langit.

Hukum Doa Qunut

Membaca Al-Quran

merdeka.com

Dari segi hukum, terdapat perbedaan hukum dalam membaca doa qunut tersebut. Sebagai kaum ulama tentu mereka semua mempunyai ijtihadnya sendiri-sendiri, dan ini tentu bukanlah sesuatu yang asing . Adapun perbedaan mengenai masalah membaca doa qunut ini diantararanya adalah sebagai berikut:

Pertama, Bacaan qunut subuh disunnahkan untuk dibaca secara terus menerus. Kaum ulama yang memegang hukum ini adalah beliau Imam Malik, Imam Syafi’i, Ibnu Abi Laila, dan al-Hasan bin Shalih.

Kedua, Pendapat yang menyatakan bahwa doa qunut sudah tidak disyariatkan kecuali doa qunut nazilah, maka diperbolehkan untuk membacanya di waktu sholat. Ulama yang berpendapat seperti ini adalah beliau Imam Ahmad, al-Laits bin Sa’d, dan Yahya bin Yahya Al-Laitsy.

Ketiga, Bacaan qunut sudah tidak disyariatkan, atau sudah terhapus hukumnya (mansukh). Ulama-ulama yang berpendapat seperti ini adalah beliau Imam Abu Hanifah, Sufyan ats-Tsauri, serta ulama-ulama yang berasal dari Kufah.

Manfaat dan Keutamaan Doa Qunut

berdoa untuk keselamatan

pinterest.com

Jika kita melihat dari arti doa qunut di atas, tentu saja manfaat dari membaca doa qunut ini sangatlah banyak, karena mengandung berbagai macam hal yang positif yang menyangkut diri kita, orang-orang di sekitar kita, bahkan sampai pada nabi kita Muhammad saw.

Manfaat – manfaat tersebut adalah:

1. Permohonan agar tetap diberikan petunjuk oleh-Nya
2. Permohonan agar tetap diberikan kesehatan
3. Agar senantiasa diberikan sesuatu yang penuh barokah dari-Nya
4. Agar senantiasa tetap dalam perlindungan Allah dari segala mara bahaya yang mengancam dirinya
5. Permohonan agar senantiasa diberikan ampunan oleh-Nya.
6. Tetap percaya dan yakin bahwa semua keputusan ada dalam genggaman-Nya, sebagai manusia kita hanyalah bisa berusaha

Semoga dengan penjelasan yang singkat mengenai doa qunut diatas bisa menambah wawasan kita semuanya dan bisa membuat diri kita lebih semangat lagi dalam berdoa, dalam beribadah maupukun dalam bekerja. Amiin

Leave a Reply

%d bloggers like this: