3 CARA EFEKTIF, Mengetik 10 Jari dengan Cepat untuk Pemula, Begini Caranya!

Hallo semuanya, apakabar? Semoga semuanya sehat selalu, amiin. pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang cara mengetik 10 jari dengan mudah khususnya bagi anak-anak atau pemula, berikut ulasannya.

Cara Mengetik 10 Jari dengan Mudah & Cepat

Teknik Mengetik Dengan Cepat
inspirilo.com

Kecepatan adalah hal yang paling utama di masa sekarang ini, entah itu dari pola pikir internet maupun yang lainnya, tak dapat terhindarkan dengan kecepatan mengetik seseorang.

Di era modern sekarang ini banyak orang yang membutuhkan seorang penulis atau “tukang ngetik” sebagai salah satu acuan dalam memilih karyawannya. Semakin cepat dan akurat ia mengerjakan ketikanya maka pekerjaan yang ia lakukan akan semakin cepat pula selesainya.

Bagi pemula, mengetik menggunakan 10 jari yang berirama sangat sulit untuk dilakukan, biasanya orang-orang banyak yang menggunakan hanya 2 jari ataupun satu jari dalam mengetik sebuah tulisan.

Meskipun bisa di lakukan namun hal tersebut kurang efektif kalau dilakukkan secara berkala, karena jari tangan seseorang yang bergerak hanya salah satu jari saja.

Pertanyaanya, bagaimana cara Anda memanfaatkan semua jari untuk melakukan pengetikan?. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan semua jari tangan manusia.

Hal tersebut bertujuan agar semua jari bisa difungsikan secara bersamaan. Kecepatan dan keakuratan pengetikan mejadi pokok bahasan kali ini, sehingga mampu meminimalisir kemungkinan kesalahan dalam melakukan pengetikan.

Dalam melakukan cara mengetik menggunakan 10 jari ini, sebaiknya Anda kurangi terlebih dahulu kebiasaan buruk dalam mengetik, seperti mengetik dengan mengandalkan salah satu jari saja.

Umumnya, kebiasan buruk tersebut datang saat seseorang baru pertama kali mengetik. Untuk itu kami akan membahas tentang cara mengetik secara benar dan mudah, berikut ulasannya :

1. Menempatkan Posisi Jari-jari Tangan Pada Tombol Keyboard

Suatu hal yang vital dalam dunia pengetikan yaitu penempatan jari pada keyboard. Jika seseorang hanya melakukan pengetikan dengan 2 jari maka hal itu kurang optimal.

Penempatan jari-jari pada keyboard merupakan hal dasar yang harus diketahui setiap orang, baik yang sudah ahli maupun seorang pemula dalam mengetik.

Oleh sebab itu, kami akan memberikan informasi tentang cara penempatan posisi jari yang benar dalam teknik mengetik.

A. Posisi jari tangan kiri pada Keyboard

  • Tempatkan jari telunjuk berada di tombol huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5.
  • Tempatkan jari tengah berada di tombol huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Tempatkan jari manis berada di tombol huruf S, W, X, dan angka 2.
  • Tempatkan jari kelingking berada di tombol huruf A, Q, Z, 1, Alt dan selain itu, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, serta tombol jendela / Windows.
  • Dan posisi Ibu Jari kiri berada di spasi,
Tempatkan Posisi Jari Tangan dengan Benar
msoffice.id

B. Posisi jari tangan kanan pada Keyboard

  1. Tempatkan jari telunjuk di tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6.
  2. Tempatkan jari tengah di tombol huruf K, I, (,), (<) dan 8.
  3. Tempatkan jari manis di tombol huruf L, O, 9, dan titik (.) serta Alt.
  4. Tempatkan jari kelingking  tombol berada di keyboard yang ada di sebelah kanan, selain yang telah disebutkan di tai, yaitu mulai dari tanda titik dua (:), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( ] } / [ { ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ), tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  5. Dan untuk ibu jari /Jempol berada di tombol Spasi.

Intinya antara jari tangan kiri dan jari tangan kanan tidak saling bersilang, menempatkan jari-jari tangan sesuai dengan area yang sudah disebutkan tadi.

Area tangan kanan berada di huruf J sampai di CTRL kanan, sedangkan area posisi tangan kiri berada di huruf F sampai dengan tombol windows.

Dalam ilustrasi gambar penempatan tangan pada keyboard dibawah ini, bisa Anda lihat area tombol yang akan diketik menggunakan jari-jari sesuai warna.

Cara Mengetik dengan 10 Jari
dewailmu.id

 

 

C. Teks Penguji Akurasi 10 Jari Pada Keyboard

Ketika sudah tau dimana tempat posisi jari pada keyboard, tahap selanjutnya adalah menguji akurasi atau ketepatan memposisikan setiap jari pada tombol keyboard.

Untuk menguji akurasi atau ketepatan ini kita bisa menggunakan teks-teks yang lazim digunakan untuk hal tersebut. Berikut ini teks yang populer digunakan untuk ujicoba dalam mengetik kalimat…

the quick browns fox jum over the lazy dog
blowzy red vixens fight for a quick jump

The quick browns fox jum over the lazy dog
Blowzy red vixens fight for a quick jump

THE QUICK BROWNS FOX JUM OVER THE LAZY DOG
BLOWZY RED VIXENS FIGHT FOR A QUICK JUMP

The Quick Browns Fox Jum Over The Lazy Dog
Blowzy Red Vixens Fight For A Quick Jump

tHE qUICK bROWNS fOX jUM oVER tHE lAZY dOG
bLOWZY rED vIXENS fIGHT fOR a qUICK jUMP

Kalimat-kalimat diatas iallah kalimat yang umum digunakan untuk mengukur akurasi penempatan jari-jari tangan pada semua tombol huruf pada keyboard dengan menggunakan 10 jari.

Dalam ujian mengetik cepat, biasanya dapat diukur dengan durasi waktu. Teks diatas mungkin tidak cocok jika digunakan pada anak-anak.

Untuk mengukur akurasi atau ketepatan dalam posisi jari yang tepat untuk anak-anak cukup menggunakan teks-teks pendek sesuai area jari, misal seperti teks-teks pendek dibawah ini;

Contoh teks mengunakan jari tangan kiri

asd asd asd asd asd asd
asD asD asD asD asD asD
ASD ASD ASD ASD ASD ASD
Asd Asd Asd Asd Asd Asd

Contoh teks menggunakan jari tangan kanan

pol kol mio mio kio kio lip
Pol koL miO miO Kio kIo Lip
POL KOL MIO MIO KIO KIO LIP
Pol Kol Mio Mio Kio Kio Lip

Selain mengunakan teks Anda juga dapat menggukan aplikasi untuk belajar mengetik cepat, yaitu sebagai berikut :

2. Situs Untuk Belajar Mengetik Cepat 10 Jari

Aplikasi Untuk Belajar Mengetik Cepat 10 Jari
glints.com

Selain teks, atau kalimat yang sudah dirancang untuk mengakomodir ketepatan dalam menempatan jari tangan pada tombol keyboard, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pendukung untuk meningkatkan kemampuan mengetik cepat.

Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang berbayar, dan ada juga yang gratis. Ada yang bisa di instal di komputer dan digunakan secara offline, dan juga ada yang digunakan secara online.

Berikut beberapa aplikasi untuk belajar mengetik cepat:

  • Belajar mengetik 10 jari dengan situs Typing.com

Situs typing.com ini juga bisa menjadi pilihan untuk menguji kecepatan mengetik Anda. Tapi situs ini dapat digunakan jika terhubung dengan jaringan internet alias online.

Situs ini dapat dijadikan tempat belajar mengetik yang menarik, ada beberapa fitur yang diberikan secara gratis dan ada yang prabayar alias berlangganan, untuk sekedar memberi wawasan kepada siswa pada saat praktik belajar mengetik.

  • Belajar mengetik 10 jari dengan situs KidzType.com

Situs KidzType juga dapat menjadi pilihan Anda berikutnya untuk menguji kecepatan mengetik. Sejatinya situs ini dibuat khusus untuk melatih anak-anak dalam menggunakan keyboard dengan aneka games yang khusus untuk mengasah kecepatan dan ketepatan dalam mengetik.

  • Belajar mengetik 10 jari dengan situs slimekids.com

Situs slimekids juga menjadi alternatif selanjutnya untuk belajar mengetik cepat, terutama untuk anak-anak. Dalam situs ini banyak tersedia aneka games yang sudah di sediakan dan sangat mudah untuk dipahami oleh anak-anak.

Jadi situs ini bisa direkomendasikan sebagai salah satu situs pavorit untuk belajar mengetik bagi anak-anak, tidak hanya untuk anak-anak orang dewasapun juga dapat menggunakan situs ini untuk menguji kecepatan dalam mengetik.

  • Belajar mengetik 10 jari dengan situs ultrakey.com

Situs yang keempat adalah situs ultrakey.com, disitus ini anak-anak bisa belajar mengetik dan meningkatkan kemampuannya.

Berbeda dari situs lainnya situs ini bebas dari games, Artinya tidak ada games disini. Anak-anak akan belajar lebih serius lagi dalam melatih ketepatan jari-jarinya dalam mengetik.

  • Belajar mengetik 10 jari dengan situs typingtutor-online.com

Situs typingtutor-online.com berfungsi sama dengan situs-situs lainnya, bedanya belajar mengetik di situs ini sedikit lebih serius dan penuh dengan kejutan.

Disitus ini petunjuk yang harus di gunakan tidak langsung di beritahu melainkan di arahkan ke link lainnya untuk memberi petunjuk selanjutnya. Pokoknya banyak deh kejutannya dan Anda perlu sedikit lebih serius dalam mengisinya.

Selain situs-situs diatas, masih banyak situs serupa dengan fitur yang sama persis. Dan secara umum fungsinya dibuat untuk melatih ketepatan dan kecepatan mengetik.

Selain situs sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa Anda unduh dan instal di komputer serta bisa digunakan untuk kebutuhan belajar mengetik, baik yang gratisan maupun yang prabayar.

3. Posisi Badan Pada Saat Mengetik

Posisi Badan Pada Saat Mengetik
usaha321.net

Kini saatnya Anda memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, yaitu mengamankan posisi badan dari hal-hal yang tidak diinginkan saat sedang belajar mengetik. Anda juga harus memperhatikan posisi badan pada saat mengetik.

A. Posisi duduk yang baik pada saat mengetik menggunakan komputer

Beberapa hal yang berkaitan dengan posisi duduk pada saat mengetik:

  • Punggung santai tapi tidak membungkuk, yaitu posisi punggun tetap tegak selama mengetik, tidak membungkuk, untuk waktu yang lama biasanya posisi punggung akan berubah lantaran merasa pegal dan lain sebagainya untuk itu Anda sesekali harus bangun dari tempat duduk dan memperbaiki posisi punggung Anda.
  • Perhatikan kepala kita, kepala jangan terlalu condong ke depan.
  • Posisi paha juga harus diperhatikan posisi yang baik adalah horizontal atau sejajar dengan lantai.
  • Telapak kaki berada di tanah,
  • Bantalan kursi seharusnya bisa menopang punggung bagian bawah, sehingga punggung tetap tegak.
  • posisi duduk secara berkala selama bekerja, karena duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan ketidaknyamanan, sesekali bangun mencari udara segar kemudian duduk kembali.
  • Jangan lupa sediakan air mineral yang cukup didekat Anda.

B. Posisi Meja juga harus diperhatikan

Posisi meja yang baik setidaknya harus seperti kriteria dibawah ini;

  • Tempatkan keyboard pada posisi yang membuat lengan terasa rileks.
  • Posisi siku dengan meja sebaiknya membentuk sudut 90 derajat.
  • Untuk pergelangan tangan usahakan selalu posisi netral, lurus dan nyaman.
  • Sebaiknya pada saat mengetik, pergelangan tangan berada pada posisi yang tetap, namun bisa menjangkau tombol keyboard dengan jari.
  • Tempatkan mouse dekat dengan keyboard, sehingga tak perlu menggerakan tangan terlalu jauh untuk menjangkau mouse tersebut.

C. Perhatikan setelan Monitor

Monitor juga merupakan bagian penting yang berdampak terhadap kesehatan penggunanya. Untuk itu perhatikan beberapa setingan monitor berikut ini;

  • Pastikan layar monitor selalu dalam kondisi bersih, sehingga tak ada noda yang menghalangi pandangan mata.
  • Jangan lupa mengatur setelan brighthness dan kontras layar secukupnya sehingga nyaman bagi mata, jangan terlalu terang, dan jangan pula terlalu redup.
  • Mengatur posisi letak layar monitor agar tak memantulkan cahaya yang menyilaukan mata, jangan sampai layar monitor memantulkan cahaya lampu atau matahari.
  • Mengatur juga posisi bagian atas layar agar sejajar atau sedikit di bawah pandangan mata, jangan sampai posisi layar letaknya diatas mata kita.
  • Jarak aman menurut para ahli antara monitor dan mata kita yaitu antara 50-60 cm.

Demikian artikel kali ini mengenai Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Pemula, semoga saja bermanfaat bagi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *