Tahukah Kamu Sejarah Lahirnya Hari Perempuan Internasional di Dunia??

Hari Perempuan Internasional 2017 – Indonesia merupakan sebuah negara yanbg kaya akan suku bangsa dan budaya. Begitu juga dengan hari-hari penting seperti  setiap tanggal 21 April ada hari Kartini kemudian di tanggal 22 Desember ada Hari Ibu, kemudian pada di hari ini tepatnya pada 8 Maret seluruh perempuan di dunia tengah merayakan Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day.

Hari Perempuan Internasional

hari perempuan sedunia
citraharapan.com

Hari Perempuan Internasional merupakan sebuah hari besar yang dirayakan oleh kaum perempuan seluruh dunia untuk menghormati, menghargai keberhasilan kaum perempuan dalam berbagai bidang, terutama bidang ekonomi, politik, dan sosial.

Perayaan hari perempuan ini satunya untuk memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada tahun 1911 yang mengakibatkan hingga 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

Hari Perempuan Internasional 2017

hari perempuan internasional 2017
jpw.gov.my

Adapun peristiwa lain yang terjadi pada 8 Maret 1857 di New York City. Kala itu, kaum perempuan dari pabrik pakaian tekstil mengadakan protes karena apa yang mereka rasakan kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang minim.

Para pengunjuk rasa kemudian diserang dan dibubarkan oleh pihak kepolisian. Kaum perempuan ini kemudian membentuk serikat buruh pada bulan yang sama dua tahun kemudian setelah peristiwa tersebut.

Di tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja inilah gagasan perayaan “International Women’s Day” ini tercetuskan.

Namun, sekitar tahun 1910 dan 1920-an, peryaan ini sempat lenyap tanpa alasan yang jelas. Perayaan ini dihidupkan kembali dengan bangkitnya feminisme pada th 1960-an. Lalu, pada tahun 1975, PBB mulai mensponsori peringatan Hari Perempuan Sedunia ini.

Hari Perempuan Sedunia

Seiring dengan berjalannya waktu, peringatan ini semakin menggema karena semakin banyak perempuan-perempuan yang merayakannya di berbagai negara.

Para perempuan di berbagai negara mengadakan berbagai acara yang diharapkan dapat memotivasi para kaum perempuan untuk lebih mengembangkan dirinya sesuai dengan bidang yang diminatinya.

Hari Wanita Sedunia

hari wanita sedunia
mforum.cari.com.my

Dan setiap tahunnya, Hari Perempuan Sedunia selalu memiliki tema, untuk tahun 2013 lalu tema yang diangkat adalah A Promise is a Promise: Time for Action to End Violence Against Women.

Inti tema tersebut adalah menyoroti janji-janji pemerintah dan berbagai organisasi  negara untuk menghentikan kekerasan yang sering terjadi pada perempuan di seluruh dunia, melihat banyaknya peristiwa kekerasan yang menimpa perempuan akhir-akhir ini.

Seperti kasus di India, mahasiswi kedokteran yang diperkosa secara brutal hingga akhirnya ia meninggal dunia di Rumah Sakit karena luka-luka. Hal tersebut menimbulkan debat nasional tentang perlakuan pada perempuan. Dan masih banyak kasus-kasus kekerasan lainnya yang menimpa perempuan.

Semoga saja di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya, tidak ada lagi tindakan kekerasan terhadap perempuan dan peringatan Hari Perempuan internasional ini bisa memberi perubahan besar bagi semua perempuan yang berada di mana pun.

Selamat Hari Perempuan internasional !!

Travel Malang Juanda Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *