5 ALat Musik Tifa, Sejarah, Fungsi, Gambar, Bentuk Alat Musik Tifa

Alat Musik Tifa- Merupakan salah satu alat musik tradisional indonesia yang berasal dari daerah Maluku dan Papua dengan cara memainkannya adalah dengan cara di pukul.

ALat Musik Tifa

mengenal lebih jauh tentang alat musik Tifa, Alat Musik Tifa adalah salah satu alat musik yang berasal dari Indonesia bagian timur, khususnya daerah Maluku dan Papua.

Gambar alat musik tifa :

alat musik tradisional tifa
Negeriku Indonesia.com

Alat musik Tifa ini merupakan  sejenis alat musik  bentuknya menyerupai gendang atau tabung yang cara memainkannya di pukul terbuat dari kayu terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya supaya tercipta suara yang nyaring dan indah.

Jika dilihat sekilas memang alat musik tifa ini bentuknya hampir sama dengan alat musik Gendang, bedanya suara alat musik Tifa ini terdengar lebih ringan. Tifa merupakan salah satu alat musik yang terkenal di kalangan masyarakat Maluku dan Papua.

Alat musik ini umumnya sering digunakan untuk mengiringi upacara adat  seperti tari Lenso dari Maluku, pertunjukan musik, atau tarian tradisional.

Sejarah Alat musik Tifa

Sejarah mengenai adanya alat musik Tifa ini sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti. Namun, diperkirakan bahwa alat musik Tifa ini sudah ada di daerah Papua dan Maluku sejak jaman dahulu kala.

Gambar alat musik tifa :

alat musik tifa dan asal usulnya
Dunia Kesenian.com

Hal dapat dibuktikan dari berbagai ritual dan tarian tradisional masyakat di sana yang sudah ada sejak jaman dahulu, dan menggunakan Tifa sebagai pengiringnya.

Selain itu, dikarenakan letak pulau Papua dan Maluku yang saling berdekatan inilah yang memungkinkan terjadinya persamaan diantara budaya mereka, salah satunya adalah alat musik seprti alat musik tifa ini.

Bahan Alat Musik Tifa

Alat musik tifa dibuat dari sebatang kayu yang bagian tengahnya dilubangi (seperti tabung) sehingga membentuk lubang dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi.

Gambar alat musik tifa :

sejarah alat musik tifa
Negeriku Indonesia.com

Penutup sisinya biasa digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknyapun dan desain biasanya dibuat dengan hiasan ukiran. Setiap suku di Maluku dan Papua memiliki tifa dengan ciri khasnya masing-masing.

Bentuk Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa pada dasarnya adalah alat musik yang terbuat dari kayu menyerupai tabung dan bagian tengahnya dilubangi. Kemudian salah satu sisinya ditutup dengan kulit hewan yang sudah dikeringkan seperti kulit rusa.

Gambar alat musik tifa :

alat musik tifa
Negeriku Indonesia.com

Selain itu pada bagian body Tifa biasanya diukir dengan bentuk ukiran khas daerah masing-masing antara maluku dan papua. Bentuk alat musik Tifa ini jika dilihat sekilas hampir sama dengan Gendang, namun ukuran dan suaranya sedikit berbeda.

Jenis Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa di daerah Maluku dan di daerah Papua pada dasarnya sangat berbeda, terutama pada segi bentuk. Alat musik Tifa di daerah Maluku berbentuk tabung biasa dan tidak memiliki pegangan.

Gambar alat musik tifa :

cara memainkan alat musik tifa
[email protected]

Sedangkan Tifa di daerah Papua biasanya pada bagian tengah lebih melengkung dan memiliki pegangan pada bagian tengah. Alat musik Tifa juga dibagi menjadi beberapa jenis.

Beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti :

  1. Tifa Jekir
  2. Tifa Jekir Potong
  3. Tifa Dasar
  4. Tifa Potong
  5. Tifa Bas

yang biasanya membedakan antara jenis tifa diatas adalah adalah warna suaranya, sehingga saat dimainkan bersama harus disesuaikan dengan suara dan iramanya masing-masing.

Alat musik tifa dari daerah Maluku memiliki nama lain tersendiri, seperti tihal atau tahito  yang digunakan di wilayah-wilayah Maluku bagian Tengah.

Sedangkan, di pulau Aru, tifa  juga memiliki nama lain yaitu titir. Jenisnya ada yang berbentuk menyerupai drum dengan tongkat seperti yang digunakan di Masjid. Badan kerangkanya terbuat dari kayu yang dilapisi dengan rotan sebagai pengikatnya dan bentuknya berbeda-beda berdasarkan daerah asalnya.

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Memainkan alat musik Tifa biasanya disesuaikan dengan jenis Tifa yang dimainkan. Ada yang menggunakan alat pukul, ada juga yang hanya dimainkan menggunakan tangan kosong.

Gambar alat musik tifa :

cara memainkan alat musik tifa papura
Budaya Indonesia.com

Tidak jauh beda dengan alat musik Gendang,  Tifa juga merupakan jenis alat musik yang memiliki satu suara. Sehingga saat dimainkan bersama alat musik lain, Tifa menjadi suara utama dan pengatur irama.

tapi, apabila dimainkan dengan jenis Tifa lainnya, maka harus disesuaikan. Karena setiap jenis Tifa biasanya mempunyai suara yang berbeda antara satu dengan yang lain, sehingga harus dipadukan agar menjadi suatu irama yang baik dan enak untuk didengarkan.

Video Festival Tifa Alat Musik Tradisional Papua

Fungsi Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa di daerah Papua dan di daerah Maluku memiliki fungsi yang sama. Tifa biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengiringi upacara adat, pengiring tarian tradisional, atau pengiring lagu. yang diiringi juga dengan alat musik lain seperti totobuang, tarian tradisional suku Asmat dan tari Gatsi.

Untuk mengiringi acara diatas biasanya jenis Tifa yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan, terutama saat mengiringi tarian tradisional. Sebab dalam tarian tradisional jenis musik sangat mempengaruhi gerak dan penampilan tariannya.

Perkembangan Alat Musik Tifa

Sampai saat ini alat musik Tifa masih terus dilestarikan dan dipertahankan oleh masyarakat papua dan maluku. Alat musik satu ini masih sering digunakan untuk mengiringi berbagai acara seperti tarian tradisional, upacara adat, pertunjukan musik dan lain-lain.

Gambar alat musik tifa :

alat musik tifa sejarah
Berita Baik.com

Dalam perkembangannya, berbagai variasi dan kreasi dalam memainkan alat musik Tifa juga sering dilakukan di beberapa pertunjukannya. Hal ini tentu dilakukan supaya terlihat menarik, namun harus menyesuaikan dengan gerakan tari atau lagu yang diiringinya.

Perkembangan alat musik Tifa kini tidak hanya dikenal oleh masyarakat di Maluku dan Papua saja, Tifa kini juga mulai dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia, dan luar negri umumnya.

Artikel Terkait : Keragaman Budaya di Indonesia Lengkap

Demikianlah pengenalan tentang Alat Musik tifa dari maluku dan papua yang dapat kami bahas, Semoga bermanfaat dan menambah wawasam anda tentang kesenian tradisional di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *