√Tips untuk mengetahui Kecepatan Internet di PC dan Smartphone dengan Mudah, cepat, dan praktis!

Internet cepat iallah kebutuhan pokok di era zaman sekarang ini. Internet cepat dibutuhkan semua orang dalam segala lini kehidupan, mulai dari proses belajar mengajar, pekerjaan, hingga hiburan seperti streaming film atau bermain game online.

Tips Cek Kecepatan Internet

Cara Mengetahui Kecepatan Internet

minim.co

Penasaran ingin mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang Anda miliki? Tidak perlu ribet harus menghubungi operator penyedia internet, pasalnya kini Anda dapat mengecek kecepatan internet sendiri lho.

Cara mengetahui kecepatan internet yang akan bukubiruku.com bahas kali ini sangatlah mudah loo!.  Bisa dibilang mengetahui kecepatan internet sangat penting.

Sebab, Anda bisa mengestimasi kira-kira bisa untuk mendownload di kecepatan internet saat ini atau tidak. Nah, sebab itu Kami akan memberikan tutorial cara untuk mengetahui kecepatan internet paling simple.

Stay tune di artikel ini ya!

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di PC & Laptop

Mungkin beberapa dari Anda sering kali melakukan browsing internet melalui PC & Laptop. Nah, tak jarang juga terkadang saat browsing internet tiba-tiba mengalami gangguan serta internet lemot.

Maka dari itulah, Anda bisa mengeceknya dengan cara-cara berikut ini :

1. SpeedOf.Me

SpeedOf.Me

lifewire.com

Di situs resminya dijelaskan bahwa SpeedOf.Me dipublikasikan pada bulan Desember 2011. Saat itu, pengembang situs ini menguji kecepatan broadband HTML5 yang pertama.

SpeedOf.Me dirancang untuk bekerja pada semua browser yang sudah mendukung HTML5, mulai dari perangkat iPhone, Android, dan Windows, serta browser desktop.

Untuk mengetes dari kecepatan internet, Anda cukup masuk ke https://speedof.me dan tunggu beberapa saat.

Keunggulannya, tak perlu menggunakan Flash/Java, cukup dengan memanfaatkan teknologi HTML5. SpeedOf.Me juga memiliki tingkat akurasi tinggi dan bisa dijalankan tanpa harus menginstal aplikasi apa pun.

2. Speed.io

speed.io

codbo2z.de

Speed.io merupakan tes kecepatan DSL modern untuk menganalisis akses internet broadband. Speed.io memiliki hampir 5000 server di seluruh dunia.

Website ini akan menguji kecepatan unduhan, unggahan, jumlah koneksi maksimal per menit, dan ping (waktu respons antara komputer dan internet).

Semua pengujian dilakukan dalam browser melalui HTTP (TCP), tanpa perangkat lunak yang harus diinstal.

Caranya cukup mudah yaitu buka situs https://www.speed.io/ klik tombol mulai dan tunggu sebentar. Hasilnya akan muncul beberapa saat kemudian. Mudah, bukan?

3. SpeedCheck.org

SpeedCheck.org

techviral.net

Dengan SpeedCheck, Amda bisa menguji kecepatan internet secara akurat dan otomatis. Perangkat yang bisa diuji yaitu ponsel, tablet, dan komputer, serta lewat browser yang tersedia di tiap device.

Untuk menampilkan hasil yang akurat pada perangkat seluler, disarankan untuk menginstal aplikasi yang tersedia untuk iOS maupun Android.

Mengapa demikian? karena browser di perangkat seluler mempunyai kinerja yang buruk. Caranya Anda bisa mengakses lewat browser dengan mengunjungi sistus https://www.speedcheck.org/ klik “Start”.

4. HighSpeedInternet.com

HighSpeedInternet.com

jalantikus.com

HighSpeedInternet.com yaitu situs untuk menguji kecepatan internet yang ke-empat. Agar akurat, mereka menyarankan untuk mengujinya sebanyak 3-4 kali.

Tak perlu mengunduh atau menginstal apa pun, cukup Anda kunjungi  situs https://www.highspeedinternet.com/tools/speed-test dan klik “Start Speed Test”. Setelahnya, akan otomatis menghitung kecepatan rata-rata download dan upload.

5. Via speedtest.net

Via speedtest.net

lifewire.com

Untuk mengecek kecepatan internet yang dikoneksikan ke PC atau Laptop, Anda bisa menggunakan web dari speedtest.net.

Tidak perlu ribet dan juga banyak langkah. Anda hanya cukup mengunjungi situs web speedtest.net saja. Klik di sini untuk mengunjungi speedtest.

Setelah Anda mengunjungi speedtest, maka akan muncul kata “GO”, Anda hanya perlu mengklik satu kali pada tulisan “GO’ tersebut. Secara otomatis, speedtest.net ini akan mengecek kecepatan internet Anda..

Pada saat ingin mengecek kecepatan internet, disarankan untuk tidak sedang membuka web browser lainnya agar hasilnya lebih akurat.

6. METER.net

meter.net

vivintsolar.com

Pertama kali berdiri di tahun 2001 di bawah domain zacatek.cz dan beralamatkan di http://www.meter.net/.

Lalu, di tahun 2004 memiliki domain sendiri dan beralamatkan di Rychlost.cz. Di tahun 2005 berganti alamat menjadi Bandwidth-test.net dan berubah lagi menjadi Meter.net di tahun 2014.

Sama seperti website yang lain, untuk menguji kecepatan internet cukup dengan mengklik “Start test”.

Lalu, hasil akan segera muncul dalam hitungan detik. Untuk mengetahui hasil yang lebih rinci, klik “Shows Detail of This Test”.

Anda juga dapat cara cek tagihan IndiHome Anda dengan 3 Cara Cek Tagihan IndiHome Bulanan Online Terbaru 2020 Dan cara Bayarnya.

7. FAST.com

FAST

fast.com

FAST.com merupakan website yang bisa memberikan perkiraan kecepatan internetmu saat ini. Fokus utama dari FAST.com yaitu kecepatan download karena ini hal yang paling relevan bagi orang yang menikmati konten di internet.

Cara mengetahuinya sangat mudah, cukup masuk ke https://fast.com lalu situs ini akan secara otomatis menghitung kecepatan internetmu.

FAST.com bisa menguji kecepatan internet secara global di perangkat apa pun, mulai dari ponsel, laptop, hingga smart TV dengan browser. Caranya juga sama dengan situs yang lain.

8. Via CBN Speedtest

Via CBN Speedtest

speedtest.cbn.id

Masih dengan cara mengetahui kecepatan internet secara mudah dengan menggunakan PC & laptop. Kali ini CBN Speedtest menjadi salah satu situs yang menyediakan jasa untuk mengecek kecepatan internet berikutnya.

Anda bisa membuka situsnya. Namun sebelumnya, pastikan bahwa laptop & PC Anda sudah menggunakan Adobe Flash Player.

Sebab, CBN Speedtest hanya bisa digunakan untuk PC & Laptop yang sudah dipasang Adobe Flash Player.

Setelah Anda mengunjungi situs CBN Speedtest, maka akan tertera tulisan “Begin Test.” Anda bisa langsung klik pada bagian “Begin Test” dan secara otomatis CBN Speedtest akan melakukan pekerjaannya untuk mengecek seberapa kencangnya kekuatan internet Anda.

9. AT&T Speed Test

AT&T Speed Test

forums.att.com

Siapa yang tidak kenal dengan AT&T? Ini merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia sekaligus penyedia layanan telepon seluler terbesar di Amerika Serikat melalui AT&T Communications.

Untuk menguji kecepatan internet, cukup kunjungi https://www.att.com/support/speedtest/ dan klik tombol “Start”.

Dalam sekejap, hasilnya akan keluar. Anda bisa mengetahui kecepatan Download, upload, serta data ping.

10. Via Indihome Speedtest

Via Indihome Speedtest

indihomesolution.com

Cara untuk mengetahui kecepatan internet lainnya kini hadir dari Indihome. Tidak jauh berbeda dengan speedtest.net, Indihome juga memberikan hasil yang cukup akurat untuk mengetahui seberapa cepat internet yang dimiliki oleh Anda.

Caranya pun sangat mudah dan tidak ribet. Pertama, Anda hanya perlu mengunjungi situs web Indihome Speedtest. Anda bisa klik di sini untuk mengunjungi situs Indihome Speedtest.

Ketika Anda sudah memasuki halaman Indihome Speedtest, maka akan menampilkan tulisan “GO” besar berwarna merah. Klik tulisan “GO” untuk mengecek kecepatan internet Anda.

Kemudian secara otomatis Indihome Speedtest akan mengecek sebarapa kencang internet yang Anda miliki. Anda hanya perlu menunggu sampai pengecekan selesai.

11. Via Bandwidth Place

Via Bandwidth Place

carisinyal.com

Cara mengetahui kecepatan internet menggunakan Bandwidth Place ini juga tergolong sangat mudah.

Anda hanya perlu mengunjungi situs Bandwidth Place dengan klik di sini. Setelah Anda masuk ke dalam situsnya maka akan muncul tulisan “Start.” Klik “start.”

Setelah Anda mengklik “Start” Anda hanya perlu menunggu hasilnya. Bandwidth Place akan memberikan hasil berupa kecepatan download, upload, dan ping pada internet Anda.

12. Via Ping-test net

ping test net

pcmag.com

Ping-test net juga memberikan fasilitas dimana Anda bisa mengecek kecepatan internet secara mudah. Situs web ini memberikan hasil kecepatan internet baik berupa kecepatan download, upload dan juga ping.

Anda hanya perlu mengeklik di sini untuk mengecek kecepatan internet Anda. Untuk mengetahui kecepatan internet, Anda bisa langsung mengklik simbol “start” yang berada di bagian tengah.

Nah, di sini Anda hanya tinggal menunggu hasil dari pengecekan kecepatan internet yang dilakukan oleh Ping-Test net.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di HP

Selain Anda bisa menggunakan beragam situs web untuk mengetahui kecepatan internet, ternyata PlayStore juga sudah menyediakan beragam aplikasi untuk mengecek kecepatan internet Anda.

Anda hanya perlu mengunduh dan menginstall aplikasinya saja. berikut daftar aplikasi untuk cara mengetahui kecepatan internet melalui HP :

1. Internet Speed Test

aplikasi Internet Speed Test hp

haidunia.com

Aplikasi yang pertama yaitu Internet Speed Test. Dengan klik satu kali Anda langsung bisa mengetahui seberapa cepat internet Anda.

Ya, begitulah cara kerja dari aplikasi Internet Speed Test. Aplikasi yang dibuat oleh Yuhi Development, LLC ini menawarkan fasilitas berupa pengecekan kecepatan internet.

Caranya sangat mudah, tentu pertama-tama Anda harus menginstal aplikasi Internet Speed Test di sini.

Kemudian Anda bisa masuk ke dalam aplikasinya dan klik “start” untuk mengetahui kecepatan internet. Internet Speed Test akan memeberikan hasilnya dengan cepat.

2. FAST Speed Test

FAST Speed Test

techradar.com

Ingat situs web di atas yang bernama Fast.net? Nah, Fast net kali ini hadir sebagai aplikasi untuk mengetahui kecepatan internet di hp Anda.

Aplikasi ini dibesut oleh Netflix dengan sebutan FAST Speed Test. Tak jauh berbeda dengan versi web-nya. Dengan aplikasi FAST Speed Test ini Anda tidak perlu mengklik apapun.

Anda hanya perlu menunggu hasil tes kecepatan internet saja. Secara otomatis, hasil kecepatan internet akan muncul berupa kecepatan mendownload.

Anda juga dapat mempecrcepat internet wifimu dengan 10+ Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop dan PC | Internet Ngebuttt !!

3. V-SPEED Speed Test

V-SPEED Speed Test

carakoneksi.co

V-SPEED Speed Test juga hadir sebagai salah satu aplikasi untuk mengecek kecepatan internet di Hp Anda.

Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 200.000 kali pengguna di PlayStore ini menawarkan kemudahan dalam mengecek kecepatan internet Hp Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda akan menerima hasil tes kecepatan internet berupa kecepatan download dan juga upload. Bahkan, aplikasi V-SPEED Speed Test ini menyediakan fasilitas untuk mencari sinyal WiFi juga lho.

4. Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla

suatekno.id

Seperti yang diketahui bahwa Speedtest juga hadir di website untuk mengecek kecepatan internet di PC / laptop. Nah, kali ini Speedtest hadir dalam bentuk aplikasi Hp. Anda dapat mengetahui kecepatan mendownload juga mengupload.

5. Speed Test

Speed Test

apkpure.com

Tak mau kalah, Cheetah Mobile juga mengembangkan sebuah aplikasi untuk mengetahui kecepatan internet.

Aplikasinya ini diberi nama Speed Test. Dalam aplikasinya, Speed Test mampu untuk mengecek kecepatan internet secara real-time.

Anda akan mendapatkan hasil kecepatan internet berupa kecepatan download, upload dan juga berapa banyak ping yang dilakukan oleh internet.

Selain itu juga, Speed Test mampu untuk mengecek kecepatan internet WIFi yang ada di sekitar Anda lho. Cukup canggih bukan?

Nah, itulah cara tes kecepatan internet melalui pc/laptop dan Android. Simpel, praktis, dan tak berbayar alias gratis! Selamat mencoba.

Leave a Reply

%d bloggers like this: