Resensi Novel Pada Sebuah Episode Karya Moh. Irmawan Jauhari

Resensi adalah Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dinilai dapat berupa buku dan karya seni film dan drama. Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Bagian-bagian resensi

resensi novel pada sebuah episode

bukubiruku.com

1. Judul

“Pada Sebuah Episode”

2. Identitas Buku

a. Penulis/Pengarang

Moh. Irmawan Jauhari

b. Judul

Pada Sebuah Episode

c. Penerbit

Mitra Karya

d.Tahun Terbit

Cetakan Pertana, Mei 2019

e. Tebal/Buku/Jumlah/Halaman

275 Halaman

f. Harga

Rp-

Isi Resensi novel pada sebuah episode

Resensi novel pada sebuah episode moh irmawan

bukubiruku,com

Ini adalah kisah perjalanan seorang mahasiswa yang berasal dari Dusun kecil dengan masyarakat yang masih hidup dengan pola berfikir tradisional. Kondisi kehidupan yang kolot dengan mindset yang terlalu fatalis tidak melunturkan semangatnya untuk berjuang melakukan perubahan menuju idealisme kehidupan di masyarakat yang sesungguhnya.

Dialah Johar, sang pejuang idealisme berfikir dan bertindak. Perjuangannya dalam mengayomi hak-hak masyarakat yang seringkali di abaikan oleh sekelompok pihak tertentu mengundang beberapa perhatian wanita di sekelilingnya. Idealisme berfikir dan usahanya dalam memperjuangkan perubahan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik mengakibatkan Johar jarang masuk kuliah. Hal ini kemudian menjadi paradox bagi johar mengingat tuntutan orangtuanya untuk segera menyelesaikan perkuliahan.

Novel sebuah episode bertabur wawasan yang luas berkat karakter gemar diskusi yang di miliki oleh tokoh utama, diantaranya tentang dialektika kampus, politik dan pemerintahan serta hukum yang berlaku di semesta alam dan yang terakhir adalah wawasan tentang uniknya warung kopi di tenpat penulis berasal.

Dialektika secara sederhana adalah logika gerak, atau logika pemahaman umum dari para aktivis dalam gerakan. Melalui dialektika dalam buku ini akan membuka wawasan kita tentang dunia kampus khsususnya perkuliahan.  Wawasan tentang politik dan pemerintahan juga tergambar jelas dalam buku ini.

“Bagaimana partai dan anggota dewan ibarat sekeping mata uang. Pada satu sisi membawa kebaikan, namun wajah bengis mereka juga terihat di sisi lainnya. Namun  pada intinya mereka tetap bertindak atas dasar kepentingan meskipun mereka berlindung atas nama kepentingan rakyat.”

kelebihan dan kekurangan novel pada sebuah episode

Resensi novel pada sebuah episode moh irmawan

bukubiruku.com

Perlu digaris bawahi bawasannya pembahasan kelebihan dan kekurangan dibawah ini adalah menurut saya pribadi, bila ada kurang setuju kita bisa sharing di kolom komentar di bawah. okay next

1. Kelebihan Novel

Kekuatan novel ini terletak pada sentuhan secara tidak langsung kepada pembaca untuk sama-sama peduli dan memperjuangkan indealisme hidup dan hak-hak masyarakat, Novel ini wajib di baca bagi para generasi muda yang terlena dengan individualisme dan apatisme terhadap lingkungan sekitar.

  1. Dapat menjadi cerminan pembaca agar dapat mengambil contoh betapa pentingnya kepedulian terhadap masyarakat
  2. Dapat memicu pembaca agar memahami pentingnya manajemen waktu sehingga meskipun memiliki kesibukan dengan organisasi kampus tidak melupakan kewajibannya sebagai mahasiswa.
  3. Terdapat banyak nilai yang patut untuk di contoh agar menjadi lebih baik dari sebelumnya
  4. Menyampaikan informasi kepada kita bahwa mengikuti organisasi kampus itu penting tetapi mengikuti perkuliahan jauh lebih utama.

2. Kekurangan Novel

Kekurangan novel ini menurut saya adalah, ada beberapa bagian dari sub novel ini yang memuat informasi yang kurang penting, yakni di bab “warung kopi mbah Yem” dan “Hanif minta nikah”. Kedua bagian dari bab ini menurut saya tidak terlalu penting untuk di ceritakan karena warung kopi hanya memuat informasi tentang perbedaan dari beberapa warung kopi di daerah asal penulis. Begitu juga dengan bab Hanif minta nikah, menurut saya minim sekali informasi penting untuk pembaca dalam bagian bab tersebut.

3. Penutup

Dari novel yang di buat oleh Moh Irmawan Jauhari, saya dapat mengambil beberapa pelajaran hidup yang penting, salah satunya kita benar-benar harus pintar mengatur waktu. Penting untuk membedakan yang mana kebutuhan dan mana keinginan, yang mana yang harus lebih di prioritaskan. Disamping itu, yang paling penting adalah bagaimana kita menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan di sekitar kita. Karena bagaimanapun sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya.

Demikianlah pembahasan tentang resensi novel pada sebuah episode yang dapat saya tuliskan, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: