Pentingnya Mempunyai Sifat Jujur

Dari kecil orang tua saya selalu mengajari saya untuk berbuat jujur kepada semua orang, entah itu muslim maupun nonmuslim. Sampai sekarang kejujuran adalah hal yang paling penting dalam kehidupan saya sehari-hari.

Kejujuran itu Penting

From : artikel.masjidku.id

From : artikel.masjidku.id

Mungkin ada yang belum tahu di antara kita tentang pengertian dari kata jujur, mari kita pelajari lebih dalam lagi.

Pengertian jujur adalah sikap seseorang yang menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya secara benar dan apa adanya, tidak menambah-nambah maupun tidak mengurang-ngurangi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa jujur merupakan sifat yang disampikan sebenar-benarnya seusai kenyataan, jika tidak disampaikan sesuai dengan kenyataan itu namanya bukan jujur melainkan sebuah kebohongan atau dusta.

Sifat jujur sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap individu . Wajib hukumnya bagi kita untuk selalu berusaha jujur dalam hal apapun, lisan,perbuatan.

From : fuki.cs.ui.ac.id

From : mishba.com

Sifat jujur ini adalah dasar dan sebuah patokan sebuah kepercayaan. Jika kita seklai dapat dipercaya, orang lain akan mempercayai kita dan menilai kita seterusnya baik. Tapi jika sekali mengingkari, kepercayaan orang lain terhadap kita akan menurun bahkab bisa hilang, untuk memperbaikinya juga membutuhkan waktu yang lama.

Dalil tentang berkata jujur dan jangan bohong

عَنْ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْد رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِيْ إِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيْقًا ، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إِلَى الْفُجُوْرِ ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ ،وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا

Artinya : Dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).’"

diriwayatkan oleh :

Ahmad (1/384); Al-Bukhari (no.6094) dan dalam kitab Al-Adabul Mufrad (no.386); Muslim (no. 2607 (105))); Abu Dawud (no. 4989); At-Tirmidzi (no. 1971); Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf (VIII/424-425, no. 25991); Ibnu Hibban (no. 272-273-at-Ta’lîqâtul Hisân); Al-Baihaqi (X/196); Al-Baghawi (no. 3574); At-Tirmidzi berkata, “Hadits ini hasan shahih."
Sumber: https://almanhaj.or.id

Menjaga kepercayaan yang diberikan oleh seseorang tidaklah mudah untuk didapat unutuk yang kedua kalinya. Oleh sebab itu jangan kita sekali-kali mendustai seseorang yang sudah mempercayai kita.

Berusaha untuk selalu jujur adalah hal yang paling tepat. Namun terkadang situasi dan kondisi dapat membuat sifat jujur ini pudar bahkan sengaja melupakannya.

bagaimana untuk menghindari hal tersebut ?

Untuk menghindari hal tersebut kunci utama untuk selalu jujur adalah ada pada diri kita masing-masing dan niat,buktikan dan pastikan bahwa kita orang baik yang mampu memegang kejujuran,kepercayaan itu.

From : tonisolih.com

From : tonisolih.com

Percayalah bahwa sifat jujur itu tidak akan merugikan pemiliknya. Malah kejujuran akan sangat bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Di zaman sekarang ini orang jujur sangat sulit dicari karena seiring berjalannya waktu orang-orang banyak yang mementingkan jabatan, kekuasaan,uang dll. dan lebih memilih dikendalikan hawa nafsu yang selalu merasa kurang dan kurang.

Manfaat-manfaat Kejujuran

Manfaat akan diperoleh orang yang bersifat jujur :

  1. Menjadi Orang yang Dapat Dipercaya
    From : fuki.cs.ui.ac.id

    From : fuki.cs.ui.ac.id

    Orang yang mau berusaha melakukan kejujuran, kelak ian akan menjadi orang yang dapat dipercaya oleh banyak orang-ornag di sekitarnya. Dengan kejujuran tersebut seseorang akan di hormati yang tanpa di sadari kedatangannya, seperti di beri suatu kedudukan di tempat tersebut maupun lainnya.

  2. Disayang Allah dan Orang Sekitar

    From : galerry

    From : galerry


    jika kita sudah merasa memiliki sifat kejujuran, jangan khawatir tidak mempunyai kawan. kawan atau teman orang yang baik akan banyak, karena sifat jujur hanya di miliki oleh orang baik. Dan akan lebih enak jika kita mau berbisniss atau kerjasama. Akan jauh berbeda halnya jika dengan orang yang bersifat bohong.

  3. Dimudahkan Dalam Berbagai Hal
    Sebelummnya sudah saya singgung di atas bahwa orang jujur di sayang allah dan orang, oleh sebab itu jika orang jujur membutuhkan pertolongan pasti banyak yang membantu, allah juga akan memudahkan jalan untuknya.

    From : pixabay.com

    From : pixabay.com

    Jadi apapun kesulitan itu akan jadi mudah di selesaikan jika kita memounyai sifat jujur.

Leave a Reply