√Pengertian Teks Persuasif, Ciri-Ciri, Struktur, Langkah dan Contohnya

Pernahkah kamu terbujuk dan membujuk seseorang untuk melakukan sesuatu? Jika ya, kegiatan inilah contoh pengaplikasian dari apa yang disebut teks persuasif. Pada kesempatan kali ini Bukubiruku.com akan mengulas tentang apa itu teks persuasif beserta contohnya.

Pengertian Teks Persuasif

Teks Persuasif

kelaspintar.id

Teks persuasif adalah sebuah teks yang bersifat membujuk seseorang. Jadi, dalam teks persuasif ini berisi tulisan yang bertujuan meyakinkan pembaca agar tertarik dan mengambil tindakan tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Teks yaitu sebuah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang. Jadi Teks adalah lembaran tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya.

Sedangkan, persuasif menurut KBBI merupakan bersifat membujuk secara halus (supaya sesorang menjadi yakin). Jadi, pengertian teks persuasif iallah teks yang bersifat membujuk agar orang yakin.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan, Teks persuasif merupakan teks yang menyajikan sudut pandang tertentu untuk membujuk si pembaca.

Teks persuasif mempunyai tujuan untuk meyakinkan si pembaca bahwa ide, gagasan, atau pendapat di dalam tulisan tersebut benar dan terbukti sehingga si pembaca melakukan apa yang menjadi ajakan dari tulisan di teks tersebut.

Hal itulah yang membuat kalimat persuasif ini banyak dijadikan kedalam iklan atau imbauan khusus. Untuk memahami lebih dalam lagi tentang Teks persuasif, Anda perlu juga mengenali ciri-ciri, struktur, langkah-langkah hingga contohnya.

Berikut ini penjelasan singkat  tentang Teks persuasif.

Ciri-Ciri Teks Persuasif

  • Membuat si pembaca dapat lebih percaya dengan penjelasan yang dibawakan.
  • Berupaya dapat menimbulkan suatu kesepakatan atau penyesuaian lewat kepercayaan penulis dengan pembaca.
  • Isi Teks mengandung fakta dan bukti sebagai faktor yang kuat dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk ajakan/bujukan.
  • Tulisan di dalam teks memiliki tujuan untuk mendorong atau mempengaruhi pada suatu hal.
  • Memperlihatkan berbagai fakta serta data sebagai penguat argumentasi atau dalil tersebut.
  • Berupaya dapat menghindari konflik, yang mana hal ini di lakukan agar pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan.
  • Sedangkan untuk bahasa yang di gunakan dibuat provokatif, menarik serta antusias. Hal ini agar si pembaca dapat lebih yakin lagi.

Struktur dan Kaidah Menulis Teks Persuasif

Struktur Menulis Teks Persuasif

dosenpintar.com

Struktur Teks Persuasif

1. Pengenalan Isu

Pengenalan isu berupa pengantar atau awalan pada teks yang bertujuan mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas dalam teks tersebut.

2. Rangkaian Argumen

Rangkaian argumen berupa pendapat-pendapat dari penulis tentang isu yang sudah dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga sudah dikemukakan mengenai data atau fakta yang mendukung argumen tersebut.

3. Pernyataan Ajakan

Pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para si pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan dapat berupa tersirat ataupun tersurat yang ada didalam teks.

4. Penegasan Kembali

Penegasan kembali bertujuan untuk memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya.

Kaidah Menulis Teks Persuasif

  1. Menggunakan kata-kata bujukan, seperti, harus, penting, sepantasnya sudah semestinya,, dan kata-kata bujukan lainya.
  2. Menggunakan kata-kata istilah yang sesuai dengan topik yang dibahas.
  3. Menggunakan kata-kata penghubung yang bersifat argumentatif, seperti sebab, jika karena, dengan akibatnya, oleh karena itu, dan kalimat penghubung argumentatif lainnya.
  4. Serta menggunakan kata-kata kerja yang bersifat imperatif, seperti jadikanlah, waspadalah, hendaknya, dan kata kerja imperatif lainya.

Langkah Langkah Menulis dan Menyusun Teks Persuasif

Langkah-langkah dalam menulis teks persuasif adalah tahapan mengungkapkan pikiran seseorang yang dituangkan ke dalam sebuah teks.

Kemdikbud menyatakan bahwa langkah-langkah menulis teks persuasif terdiri dari poin-poin berikut ini.

  • Menyusun rincian yang berisi pengenalan isu dan rangkaian pendapat atau argumentasi.
  • Menentukan tema yang berisi dorongan atau bujukan utama.
  • Mengembangkan teks dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya.
  • Serta mengumpulkan bahan penguat pendapat atau argumentasi berupa data dan fakta.

Sementara itu ada pendapat lain dari Suparno dan Yunus (2008, hlm.150), berpendapat bahwa ada beberapa langkah untuk menyusun teks persuasif, yakni:

  • Menentukan tema atau topik teks.
  • Menentukan tujuan berdasarkan suatu permasalahan yang akan dibawakan.
  • Mengumpulkan data yang mendukung keseluruhan gagasan teks. Data dapat diperoleh dari pengalaman empiris atau pengamatan (observasi) kita sendiri pula.
  • Membuat kerangka teks, kerangka teks disusun berdasarkan struktur dan kalimat-kalimat utamanya.
  • Mengembangkan kerangka menjadi teks sempurna.
  • Membuat judul teks.

Menariknya, judul teks justru berada di akhir tahap. Hal ini memang salah satu teknik yang sering digunakan oleh seorang penulis profesional seperti jurnalis. Mengapa  begitu? Karena judul sangat menentukan ketertarikan utama dari suatu teks.

Contoh Teks Persuasif Beserta Strukturnya

Berikut ini merupakan contoh teks persuasif beserta strukturnya dari Bukubiruku.com. Anda juga dapat membuat teks persuasif sendiri sesuai dengan kreativitas Anda sendiri.

Contoh Teks Persuasif Tentang Saling menolong persahabatan

Marilah Saling Tolong Menolong

Pembuka:

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Setiap individu membutuhkan individu yang lain dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Tidak ada individu yang akan mampu melakukan semua kegiatannya sendiri. Hal tersebut sudah menjadi kondisi alamiah dari setiap individu.

Penjelas:

Individu ditakdirkan hidup saling berdampingan antara yang satu dengan yang lainnya. Misalnya masyarakat kota yang membutuhkan berbagai kebutuhan pokok dari masyarakat desa.

Contoh kebutuhan pokok yang masyarakat kota butuhkan yaitu beras dan berbagai jenis bahan makanan lainnya. Begitu juga masyarakat pedesaan yang membutuhkan banyak produk yang dihasilkan masyarakat kota seperti perabot rumah tangga, barang-barang elektronik, dan lain sebagainya.

Penutup:

Jelas terlihat bahwa antara satu individu akan membutuhkan individu yang lain dalam memenuhi kebutuhan mereka masing-masing. Oleh sebab itu, marilah kita saling tolong menolong antar sesama agar tercipta kehidupan yang harmonis lagi.

Contoh Teks Persuasif singkat Tentang Lingkungan

Mari Peduli Lingkungan!

Pembuka:

Limbah rumah tangga adalah salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Banyak orang yang belum sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Sehingga masih banyak orang-orang dengan seenaknya membuang sampah limbah rumah tangga di sembarang tempat.

Jumlah limbah rumah tangga yang jumlahnya selalu bertambah setiap harinya membuat kondisi menjadi semakin buruk jika tidak adanya penanganan yang tepat.

Banyaknya limbah rumah tangga yang dibuang di sembarang tempat maka akan menimbulkan masalah serius. Contoh dampak buruk yang dapat ditimbulkan seperti pencemaran lingkungan, timbul berbagai penyakit, banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.

Sehingga perlu penanganan dalam mengatasi masalah tersebut. Kesadaran dari setiap individu dalam kebersihan lingkungan menjadi faktor yang penting dalam menjaga lingkungan.

Penjelas:

Contoh macam-macam dari limbah rumah tangga yang mengganggu yaitu sisa air sabun, sampo, deterjen, sisa-sisa makanan, sisa-sisa sayuran, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat juga limbah rumah tangga berupa barang-barang bekas seperti perkakas rumah tangga atau alat-alat elektronik yang sudah rusak dan sudah tidak terpakai lagi. Limbah-limbah ini akan dapat mencemari lingkungan jika dibuang di sembarang tempat.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Untuk menghindari bahaya limbah rumah tangga yang berasal dari sisa-sisa deterjen dapat dilakukan dengan cara memakai produk yang lebih ramah lingkungan.

Sedangkan untuk limbah yang dapat di daur ulang, dapat dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Misalnya sisa sayuran dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos untuk menyuburkan tanah.

Penutup:

Dampak buruk limbah dan beberapa upaya menanggulangi telah disampaikan di atas. Upaya tersebut memang bukan cara-cara ajaib yang begitu saja dapat menyelematkan lingkungan sekitar.

Namun setidaknya dapat meminimalisir dampak buruk dari limbah rumah tangga di lingkungan kita. Demi kesehatan lingkungan dan kesehatan diri sendiri, mari kita mulai memperhatikan lingkungan dengan memperhatikan sisa limbah rumah tangga yang kita hasilkan sendiri.

Contoh teks persuasif pendidikan

Keselarasan Antara Pendidikan di Sekolah dan di Rumah

Dalam hal mendidik telah dikenal istilah Guru, dalam dunia pendidikan guru adalah orang yang memberikan ilmunya kepada orang lain atau bisa disebut murid. Guru menjadi tokoh utama dalam pendidikan, tidak hanya itu guru juga seorang tokoh pendidikan.

Seorang filsuf legendaris seperti Plato mengatakan bahwa pendidikan adalah suatu proses yang dijalani seumur hidup, karena seperti yang kita tahu pendidikan bisa dilakukan dari kecil hingga dewasa. Pendidikan tidak membatasi umur manusia tapi tentang siapa yang mau.

Di sekolah peserta didik akan di bimbing oleh seorang guru, keaktifan anak saat berada di sekolah juga bisa dipengaruhi oleh faktor orang tuanya.

Orang tua disebut sebagai pendidik dalam rumah, yang tugasnya membimbing serta menjadi pengawas anak-anak nya. Dengan bimbingan dan didikan yang sesuai sudah dipastikan seorang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Berdasarkan hal tersebut maka keselarasan antara pendidikan di sekolah dan di rumah menjadi sangat penting. Terapkan selalu pendidikan di mana pun dan kapanpun, bimbinglah anak-anak Anda dengan sabar dan telaten agar menjadi anak yang bermanfaat bagi sesama.

Contoh teks persuasif tentang kesehatan singkat

Membiasakan Sarapan

Pembuka:

Apakah Anda termasuk orang yang sering melewatkan sarapan? Mulai dari sekarang cobalah untuk selalu menyantap sarapan pagi Anda sebelum beraktivitas seharian. Tubuh yang tidak diberi asupan akan terasa lemas sepanjang hari karena tidak ada yang dapat diuraikan menjadi energi.

Penjelas:

Jika kebiasaan ini terus terulang dan anda selalu melewatkan sarapan pada pagi hari maka akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah meski sudah makan. Aktivitas yang Anda lakukan juga akan terganggu karena kurangnya performa tubuh disebabkan asupan yang tidak terpenuhi hal ini juga menyebabkan mudah sakit.

Pada pagi hari, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat sesuai kebutuhan tubuh. Makan secukupnya akan membantu pengoptimalan kerja organ, makan makanan terlalu banyak akan menyebabkan mudah mengantuk. Jadi, makanlah secukupnya dengan begitu Anda akan merasa segar saat beraktivitas.

Penutup:

Oleh karena itu, biasakan hidup sehat mulai sekarang dimulai dari sarapan di pagi hari dan memakan makanan yang sehat.

Ingat! Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Contoh teks persuasif politik

Golput Bikin Bingung

Pembuka:

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih risih dengan golongan putih (golput). Ada pandangan bahwa golput adalah bentuk apatisme atau pembangkangan. Pandangan tersebut kurang benar.

Penjelas:

Warga memilih golput karena beberapa alasan. Bisa jadi akses dan fasilitas saat pemilihan umum tidak merata, sehingga sebagian warga tidak dapat memakai hak pilihnya. Namun golput juga bisa didasari oleh pilihan sadar.

Golput muncul dari kekosongan sosok yang dirasa mampu untuk memimpin. Setelah melacak jejak, mempelajari visi dan misi calon wakil rakyat atau pemerintah, rupanya tidak ada yang sesuai dengan suaranya. Besarnya jumlah golput juga menandakan ada sesuatu yang salah dengan sistem yang ada dalam suatu negara.

Penutup:

Maka, golput tidak serta merta menjadi apatis atau apolitis. Mereka memilih untuk tidak memilih. Sebagai warga negara yang baik, kita seharusnya menghargai perbedaan tersebut. Jangan saling mencaci atau merasa paling benar. Mari ambil peran masing-masing dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai teks persuasif beserta contohnya. Selamat mencoba membuat teks persuasif dengan karya sendiri.

Leave a Reply

%d bloggers like this: