> Pengertian Seni Rupa Menurut para ahli, Murni, Terapan, 2 dimensi, Kontemporer

Saat kalian melihat suatu lukisan yang membuat kesan tersendiri pada diri kalian, kalian akan bilang “Oh sungguh indah sekali lukisannya”.

Atau saat kalian melihat wanita dengan paras yang cantik, kalian juga pasti bilang “ Sungguh indah sekali parasmu”.

Lalu apakah sesuatu yang indah itu juga bisa dikatakan seni?

Pengertian Seni Rupa

nettik.net

Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa beserta contohnya

quipper.com

Seni rupa (fine art) adalah seni yang diwujudkan dalam bentuk rupa jadi tidak hanya menunjukkan keindahan tapi sebenarnya seni rupa itu juga memmiliki banyak jenis. Mari Kita bahas pengertian seni dibawah ini.

Pengertian Seni Rupa adalah suatu cabang seni yang menghasilkan karya seni yangmana bentuk dan kualitasnya dapat dirasakan oleh panca indera manusia, khususnya indera penglihatan dan indera peraba yang menjadi tolak ukur dari seni itu sendiri.

Ada juga pendapat yang mengatakan pengertian seni rupa adalah suatu ilmu yang menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum karena dapat memiliki bentuk dan wujud nyata dan dapat dilihat.

Bagi sebagian orang, karya seni ini dapat menjadi wadah pengungkapan ekspresi dan dapat dijadikan suatu hiburan tersendiri hanya dengan membuat atau bahkan hanya melihat atau menyentuhnya saja.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Seni Rupa Menurut Para Ahli

dictio.id

  1. La Mery, seorang ahli seni rupa 2 dimensi yang berasal dari prancis. Dia mengungkapkan bahwa seni rupa adalah penglihatan ekspresi secara simbolis dalam wujud dan bentuk yang lebih tinggi dan lebih indah yang dinetralisir menjadi sebuah wujud indah sebagai bentuk pengekspresian diri dan emosi.
  2. Haukin. menyatakan bahwa, seni rupa itu wujud ekspresi jiwa seseorang yang di imajinasikan pada sebuah bentuk indah yang diungkapkan dan dapat dinikmati oleh orang dalam pertunjukan atau pameran seni.
  3. Kamala devi chattopadhayaya. seorang reformis asal india yang juga berjuang untuk kemajuan seni di negeranya menyebutkan seni rupa adalah sebuah desakan ekspresi diri pada sebuah bentuk yang menjadikan seseorang mampu untuk meluapkan apa yang sedang dirasakannya sehingga mampu dirasakan banyak orang yang melihat karya tersebut.
  4. Coorig hartong. tokoh wanita asal belanda yang cukup banyak berperan pada dunia seni terutama seni tari memberikan definisi bahwa seni rupa adalah seni yang menjadi sebuah bentuk untuk pengekspresian diri dan emosi yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh banyak orang.
  5. Sussane K langer. Seorang filsuf terkenal yeng berasal dari amerika memberikan definisi Seni rupa adalah sebuah bentuk karya manusia yang indah yang dapat dinikmati dengan rasanya oleh orang lain melalui bentuk indah tertentu.
  6. Kottak, seni sebagai kualitas, hasil ekspresi, atau alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.
  7. J.J Hogman, Kesenian adalah sesuatu yang mempunyai unsur ide, aktifitas, dan artefak.
  8. Plato dan Rousseau, seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.
  9. Schopenhauer, seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak
  10. William A. Haviland, Kesenian ialah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok massyarakat dengan kebudayaan tertentu.
  11. Irving Stone, Kesenian ialah kebutuhan pokok, seperti roti atau anggur atau mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian ialah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya keroncongan minta makan.
  12. Alexander Baum Garton, Seni ialah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif serta menjadikan setiap orang yang melihat atau mendengarnya merasa bahagia.
  13. Emmanuel Kant, Seni ialah suatu impian yang tidak bisa direalisasikan dengan rumus-rumus tertentu.
  14. Leo Tolstoy, Seni ialah ungkapan perasaan pencipta yang lalu diungkapkan pada orang lain dengan harapan agar mereka bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.
  15. Drs. Popo Iskandar, Seni ialah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.
  16. Prof. Drs. Suwaji Bastomi, Seni ialah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
  17. Akhdian Karta Miharja, Seni ialah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.
  18. Prof. Drs. Suwaji Bastomi, Seni ialah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
  19. Ki. Hajar Dewantara, Seni ialah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia. 
  20. Kuntjaraningrat, Kesenian ialah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa Dimensi 3 Dimensi

youtube.com

Seni rupa 3 dimensi merupakan seni rupa yang memiliki 3 sisi yaitu sisi panjang, sisi lebar dan tinggi

Atau bisa disimpiulkan bahwa karya seni yang memilki volume dan ada di dalam sebuah ruang. Sedangkan seni rupa 2 dimensi hanya memiliki dua sisi, yaitu sisi panjang dan sisi lebar, yang menjadi pembeda antara seni rupa 3 dimensi dan 2 dimensi ada di unsur ruang tersebut.

Unsur-unsur yang ada di dalam seni rupa 3 Dimensi seprti Mempunyai panjang, lebar, tinggi, Menempati ruang dan bisa dilihat dari segala sudut pandang

Pembuatan karya seni rupa 3 Dimensi terbagi menjadi dua bagian, berdasarkan fungsi dan tujuan seni rupa tersebut yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

A. Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah suatu cabang karya seni yang menghasilkan karya yang menitik beratkan pada keindahan untuk dinikmati saja, atau diekspresikan sebagai ekspresi jiwa seperti lukisan.

Seni Rupa Murni

youtube.com

Dalam pembuatannya, seni rupa murni berfokus pada nilai keindahan atau estetisnya saja dan kurang memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam karya yang dibuat.

Seni rupa murni memiliki nilai keindahan yang tinggi dalam pembuatannya. Meskipun fungsinya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja tapi tak sedikit dari seni rupa murni yang bisa menambah keindahan ketika dipajang atau dijadikan hiasan dinding rumah ataupun kantor.

Dari pengertian seni rupa murni yang telah kita bahas tadi, maka fungsi dari seni rupa murni adalah sebagai hiasan atau pajangan saja karena kegunaan dari seni rupa hanya factor pendukung saja yang kurang diperhatikan.

Fungsi seni rupa murni hanya berpaku pada penghias belaka dan tidak bisa digunakanuntuk membantu dan mempermudah kehidupan kita.

Contoh Seni Rupa Murni seperti : Relief, Patung, seni grafis, Fotografi, dll

B. Pengertian seni rupa terapan

Seni Rupa Terapan

hamparan.net

Seni rupa terapan. Ini adalah Bentuk kedua dari seni rupa yang didasarkan dari kegunaannya.

seni rupa terapan atau dalam bahasa Inggris disebut applied art merupakan seni rupa yang memiliki kegunaan secara praktis dalam kehidupan manusia.

Seni rupa terapan juga bukan berarti hanya memiliki kegunaan praktis saja tapi disamping kegunaannya seni rupa terapan juga mengunggulkan keindahannya juga.

Maka kesimpulannya seni rupa terapan adalah seni rupa yang memiliki kegunaan secara praktis dan juga memiliki keindahan yang dapat dinikmati oleh manusia.

Contohnya: Meja, Kursi, Vas Bunga, dll

Seni Rupa 2 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi

poscampur.org

Seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni rupa yang hanya mempunyai 2 sisi saja yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan

jadi seni rupa adalah kesenian yang sangat luas maka semakin meyakinkan bahwa salah satu cabang nya yaitu seni rupa dua dimensi yang juga memiliki beberapa ragam contoh dalam setiap karya seni.

Seperti Lukisan, Poster, Batik, dll.

Pengertian pameran seni rupa

Pameran Seni Rupa

soloevent.id

Pameran adalah kegiatan untuk menunjukkan atau menampilkan suatu karya dalam usaha memperkenalkan produk yang berupa barang, jasa, atau prestasi kepada masyarakat umum.

Pameran secara umum artinya proses akhir dari berolah seni (rupa) yang disajikan atau ditampilkan pada masyarakat umum.

Kegiatan pameran melibatkan banyak orang dan kerja sama yang kompak untuk mencapai sukses.

Pameran juga digunakan untuk menampilkan karya seni rupa, sedangkan untuk karya seni musik, tari, dan teater dnegan menggunakan istilah pergelaran, penyajian atau pertunjukan.

Seni Rupa Modern

Seni Rupa Modern

bantarabudaya.com

Pengertian seni rupa modern diartikan sebagai seni rupa yang terwujud dari ide dan dengan wujud yang tidak terbatas pada budaya atau aturan-aturan dari suatu daerah.

Seni rupa modern merupakan hasil karya seni rupa yang tercipta dari kreativitas dan inovasi dari para seniman.

Karya-karya dalam seni rupa modern juga menekankan beberapa unsur antara lain unsur eksperimen, pembaruan, kebaruan dan orisinalitas.

Adanya diciptakan dengan ide dan wujud yang tidak terbatas pada pakem tertentu, seni rupa modern tetap mengandung filosofi dan disesuaikan dengan aliran-aliran seni rupa yang ada.

Seni rupa modern lahir akibat adanya dorongan untuk tetap menjaga nilai estetik yang terus berubah dan terancam oleh berbagai permasalahan. Seni rupa modern juga melahirkan “Conceptual Art” atau “Seni Konseptual”.

Conceptual Art adalah suatu usaha menempatkan ide, konsep dan gagasan sebagai masalah utama dalam menciptakan karya seni. Adapun bentuk objek dan material yang menjadi unsur seni rupa hanya dianggap sebagai efek samping dari konsep tersebut.

Seni Rupa Kontemporer

Seni Rupa Kontemporer

dictio.id

Kontemporer berasal dari kata “Co” yang berarti “bersama” dan “tempo” yang berarti “waktu”. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti “pada waktu yang sama”, “semasa”,”pada masa kini”,”dewasa ini atau kekinian”.

Seni rupa kontemporer juga dapat diartikan seni rupa yang terikat pada berbagai konteks ruang dan waktu yang menyertai seniman, audiens dan medannya.

Istilah kontemporer sendiri berasal dari Bahasa Inggris “contemporary” yang berarti apa-apa atau mereka yang hidup pada masa yang bersamaan (D. Maryanto, 2000).

Jadi seni rupa kontemporer ialah cabang seni rupa  yang terpengaruh oleh dampak modernisasi , tidak terikat oleh zaman dan selalu mengikuti trend yang berlaku pada saat itu seiring berjalannya waktu.

Meskipun begitu istilah “seni rupa kontemporer” tidak dapat diartikan begitu saja sebagai seni masa kini seperti yang dijelaskan di atas. Definisi seni rupa kontemporer di dunia masih menimbulkan perdebatan apalagi karena tidak adanya ciri khusus yang dominan dan dapat dirujuk untuk menunjuk pada suatu praktik atau bentuk seni yang baku.

Hal itu sangat wajar karena bentuk seni rupa ini sendiri masih dalam tahap perkembangan, bahkan berkembang dengan kita baik sebagai seniman, kritikus maupun hanya sekedar penikmat

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: