Pengertian Sejarah Dengan Penjelasan Yang Menarik

Kita tidaklah asing dengan sejarah. Seperti yang dikatakan oleh bung karno mengenai jas merah (jangan pernah lupakan Sejarah), lalu Apa yang dimaksud dengan sejarah?

Pengertian Sejarah

pengertian sejarah secara lengkap

csus.id

Secara umum, Sejarah adalah suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dan dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan dan pada zaman itu.

Pengertian sejarah dapat juga diartikan sebagai suatu cabang ilmu pengetahuan yang melakukan kajian secara sistematis mengenai seluruh perkembangan dan proses perubahan serta dinamika kehidupan masyarakat yang terjai di masa lalu.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Sejarah menurut para Ahli

nci.ac.uk

Agar lebih mengetahui apa arti sejarah, maka kita dapat menyimpulkan dari pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah definisi sejarah menurut para ahli:

1. Aristoteles

Menurut Aristoteles, pengertian sejarah adalah suatu sistem yang bertugas untuk meneliti suatu kejadian sejak awal hingga akhir dan tersusun dalam bentuk kronologi serta mempunyai catatan, rekod-rekod, atau bukti-bukti yang konkret.

2. J. V. Bryce

Menurut J.V. Bryce, pengertian sejarah adalah catatan yang terwujud dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

3. Benedetto Croce

Menurut Benedetto Croce, sejarah adalah rekaman kreasi yang mencerminkan jiwa manusia di semua bidang baik teoritikal maupun praktikal. Kreasi spiritual ini senantiasa lahir dalam hati dan pikiran manusia jenius, budayawan dan pemikir tanpa diminta yangmana lebih mengutamakan tindakan mereka.

4. E. H. Carr

Menurut E. H. Carr, pengertian sejarah adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan masa lampau dan menjadi suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang telah diperolehnya..

5. John Tosh

Menurut John Tosh, sejarah adalah memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut di masa yang akan datang.

6. Nugroho Notosusanto

Menurut Nugroho Notosusanto, pengertian sejarah adalah berbagai peristiwa yang berkesinambungan dengan tujuan manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau. Sejarah berarti pula kisah mengenai segala peristiwa kisah dan disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa itu.

7. Muhammad Yamin

Menurut Muhammad Yamin, pengertian sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

8. Mohammad Hatta

Menurut Mohammad Hatta, pengertian sejarah adalah dalam wujudnya tentang masa lampau.

Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu, tetapi pemahaman masa lampau yang mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

Itulah pengertian sejarah menurut para ahli  yang telah kita bahas. Pada dasarnya konsep dari semua pengertian para ahli ini sama yaitu sama-sama menitikberatkan pada kejadian masa lampau yang nyata terjadi.

Seperti juga pengertian sejarah peradaban islam yaitu ilmu yang mempelajari pokok perkembangan serta kemajuan kebudayaan Islam dalam perspektif sejarah.

Pengertian sejarah menurut herodotus

Sejarah Herodotus

amazon.com

Setelah membahas pengertian mengenai pengertian sejarah. Saat ini peradaban juga telah ada waktu tersendiri untuk eksis di bumi dan waktunya juga terbsatas.

Kita pasti pernah dengar atau mengenal tentang peradapan Persia dan peradaban Romawi yang kini tinggal sejarah saja. Dan banyak hal juga yang terlupakan dan menghilang eksistensinya di peradaban saat ini

Mengenai sejarah Herodotus menjelaskan bahwa sejarah itu tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, namun bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.

Pengertian sejarah menurut Herodotus merupakan suatu informasi yang banyak dicari oleh banyak orang untuk menambah pengetahuan tentang apa yang dimaksud dengan sejarah itu.

Herodotus juga mengatakan bahwa sejarah itu merupakan satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban

Selain pengertian sejarah menurut pendapat Herodotus, ada banyak lagi ahli sejarah yang menyampaikan pendapatnya. Masing – masing dari para ahli tersebut ada yang berbeda pendapat dalam melahirkan teori mengenai sejarah.

Herodotus adalah seorang ahli sejarah pertama dunia berkebangsaan Yunani dan sering disebut dengan gelar The Father of History  ini menyampaikan beberapa potret tragedi mengenai eksistensi tokoh yang juga bisa diartikan banyak hal.

Bisa seorang pemimpin, seorang ulama, seorang guru bangsa, seorang pahlawan dan lain – lain. Mereka juga diberi waktu untuk dikenal dan berkarya kemudian mati, tinggal kenangan saja.

Potret tragedi selanjutnya yaitu tentang masyarakat atau kumpulan beberapa manusia. Yang kita kenal masyarakat dibawah kepemimpinan Fir’aun dan masyarakat dibawah kepemimpinan nabi Musa as.

Kini mereka tinggal sejarah saja. Dan menunjukkan bahwa tidak semua masyarakat eksis sampai keanak cucu, ada masyarakat yang benar – benar punah di telan zaman. Seperti yang kita tahu beberapa budaya yang ditinggalkan adalah seperti seni musik dan seni tari

Itulah sedikit mengenai sejarah menurut Herodotus, simpelnya kita jadi lebih mengetahui sejarahnya the father of History.

Pengertian Sejarah Menurut Ibnu Khaldun

Sejarah ibnu khaldun

nusantara.news

Nahh.. tanpa berlama – lama lagi, mari langsung saja kita uraikan apa sih pendapat Ibnu Khaldun mengenai sejarah.

Pengertian sejarah Menurut Ibnu Khaldun adalah “ Suatu Catatan mengenai masyarakat umat manusia ataupun peradaban dunia serta perubahan – perubahan yang terjadi terhadap watak masyarakat tersebut.”

Dari pengertian diatas, ada beberapa topik yang harus kita bahas untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai arti sejarah menurut ilmuwan yang mendapat gelar Pakar Sejarah ini oleh dunia.

Setidaknya, ada beberapa poin penting, pertama yaitu, “Catatan tentang masyarakat”. Dapat dimaksudkan bahwa sejarah mengandung unsur kumpulan informasi peristiwa atau kejadian mengenai keberadaan suatu masyarakat umat manusia.

Apa yang dikerjakan manusia, berkumpul untuk tujuan apa, dan meninggalkan budaya apa kepada generasi selanjutnya akan didapatkan jawabannya dengan mempelajari ilmu sejarah. Meski ada yang tidak tercatat perilaku manusia selalu tetap meninggalkan jejak untuk ditelusuri.

Kemudian, ada kalimat “perubahan – perubahan yang terjadi terhadap watak masyarakat tersebut.” Penjelasan mengenai kalimat ini adalah bahwa masyarakat bukan saja tercatat melakukan apa secara fisik, namun juga yang menjadi perhatian tentang perubahan watak masyarakat.

Jika dicermati, pendapat Ibnu Khaldun ini sangat relevan dengan esensi dari keberadaan manusia yang sebagai bagian dari kumpulan masyarakat.

Dimana manusia mempunyai potensi baik dan potensi buruk. Yang kedua potensi ini bisa dimanfaatkan manusia secara bebas. Perubahan penggunaan potensi itulah yang dinamakan sebagai watak yang prosesnya direkam oleh sejarah dunia.

Pendapat-pendapat  Ibnu Khaldun tentang arti sejarah disampaikannya dalam sebuah Kitab/Buku yang berjudul “Kitaab al-‘Ibar Wa Biiwan; al-Mubtada’ Wa al-Khabar fii Ayyaam al’Arab Wa al’Ajam Wa al-Barbar” atau sering disebut “Kitab Al Ibar” (Sejarah Ilmu).

Kitab tersebut diterbitkan di Mesir (Kairo) pada tahun 1284 yang isi kitabnya terdiri dari 7 jilid yang didahului oleh Jilid I yang terkenal yang berjudul “Muqqadimah”.

Demikian sejarah menurut Ibnu Khaldun dan penjelasannya yang semoga bisa membuat kita semakin mengenal tentang ibnu khaldun

Pengertian Sejarah Secara Etimologi dan Terminologi

Pengertian Sejarah Secara Etimologi dan Terminologi

bebasketik.com

Sejarah Secara Etimologi

Secara Etimologi sejarah berasal dari bahasa arab yaitu “ syajarotun” yang artinya pohon, para Ahli sepakat mengemukakan bahwa pengertian sejarah dihubungkan dengan pohon dikarenakan sejarah  memiliki keterkaitan atau hubunganya yang sama persis dengan kehidupan seseorang, kelompok atau kehidupan masyarakat, dan  bahkan perkembangan bagi suatu negara dan perkembanganya.

Sejarah Secara Terminologi

Sejarah merupakan suatu kajian yang berurutan dari masa-masa kebelakang saat manusia telah mengetahui tulisan sejarah pada saat peristiwa atau momen yang benar benar berlangsung pada saat lampau.

Prasejarah yaitu jaman di mana sejarah belum juga terjadi atau jaman dimana manusia belum mengetahui tulisan hingga manusia mengenal yangmana diwariskan dalam bentuk tulisan.

Prasejarah berarti beberapa pristiwa yang digunakan sebagai acuan sejarah pada masa dalam catatan sejarah sendiri.

Pengertian sejarah peradaban islam secara umum

Pengertian sejarah peradaban islam secara umum

lampionilmu.blogspot

Sejarah peradaban Islam merupakan kemajuan sejarah dalam perkembangan kebudayaan dalam Islamnya melalui perspektif peradaban islam itu sendiri.

Dalam lain pendapat dikatakan bahwa Sejarah Peradaban Islam merupakan kemajuan dan  tingkat kecerdasan akal yang dihasilkan dalam satu periode kekuasaan Islam, mulai dari periode Nabi Muhammad SAW sampai perkembangan kekuasaan Islam sekarang.

Jadi Sejarah Peradaban Islam merupakan hasil yang dicapai oleh umat Islam dalam lapangan kesustraan, ilmu pengetahuan, dan kesenian, mulai dari kemajuan politik atau kekuasaan Islam yang berperan melindungi pandangan hidup Islam terutama dalam hubungannya dengan ibadah-ibadah, penggunaan bahasa, dan kebiasaan hidup bermasyarakat.

Pengertian sejarah sebagai peristiwa

Sejarah Sebagai Peristiwa

kaaffah.xyz

Seperti yang kita bahas diatas kalau Sejarah ibarat sebuah pohon yang tumbuh dan berkembang, dari hal yang paling sederhana hingga yang paling kompleks.

Sejarah dalam bahasa Inggris disebut sebagai history yang memiliki arti cerita masa lampau. Sejarah juga berasal dari bahasa Jerman, geschicht yakni sesuatu yang telah terjadi. Dari berbagai bahasa tersebut dapat disimpulan pengertian sejarah yaitu peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

Jadi bisa disimpulkan bahwa sejarah adalah suatu fakta, kejadian dan kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau yang kemudian digunakan untuk merekonstruksi kejadian pada masa tersebut.

Sejarah juga merupakan suatu gambaran tentang peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami manusia, disusun secara ilmiah, meliputi kurun waktu tertentu, diberi tafsiran, dan dianalisis kritis sehingga mudah dipahami dan dimengerti.

Itulah mengapa sering dikaitkan bahwa sejarah adalah peristiwa yang benar-benar terjadi

Leave a Reply

%d bloggers like this: