PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MACAM-MACAM MANAJEMEN TERLENGKAP

pengusahadunia.com

Dalam kehidupan yang semakin lama semakin ketat kompetensi dalam bidang pekerjaan ini, kita dituntut untuk dapat mengatur segala sesuatu dengan sistematis. Dalam menjalankan suatu proses kerja seseorang harus mempunyai pengetahuan tentang manajemen dari pekerjaannya tersebut

Manajemen itu hal yang sering didengar oleh organisator dan para pengusaha di dunia bisnis, lantas apa sih sebenarnya manajemen itu?

Kita akan mengulas manajemen secara lengkap dibawah ini. jadi, mari kita simak baik-baik dan kita pelajari dengan seksama…

Pengertian Manajemen

malahayati.com

Kita sering mendengar tentang manajemen, seperti manajemen strategi, manajemen sumber daya manusia, produksi, pemasaran, dan manajemen lainnya, terutama bagi kita yang ikut organisasi kata manajemen sangatlah tidak asing lantas apa kalian tau yang dimaksud dengan manajemen?

Manajemen adalah suatu proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan tersebut biasanya dilakukan dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Manajemen juga biasa disebut seni dalam proses yang mengatur ilmu keorganisasian.

Secara etimologi kata manajemen diambil dari bahasa Perancis kuno, yaitu ménagement, yang artinya adalah seni mengatur dan melaksanakan. Kata manajemen juga berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang diartikan  “mengendalikan,” .

Manajemen juga dapat diartikan sebagai upaya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, kepemimpinan, pengendalian dan pengawasan sumber daya untuk mencapai sasaran akhir secara efisien dan efektif

Efektif yang dimaksudkan adalah untuk mencapai tujuan sesuai perencanaan dan efisien untuk melaksanakan pekerjaan dengan benar dan teroganisir serta untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan…

Menurut T. Hani Handoko, ada tiga alasan utama mengapa manajemen diperlukan:

  • Manajemen diperlukan agar tujuan pribadi dan organisasi dapat tercapai
  • Berikutnya, manajemen juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran, dan kegiatan, yang saling bertentangan dari pihak yang punya kepentingan dalam organisasi.
  • Manajemen dibutuhkan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja organisasi

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

proxisgroup.com

Telah diketahui pengertian manajemen secara umum, seperti yang telah kita bahas diatas. Para ahli dan pakar dari berbagai negara juga memiliki pendapat yang berbeda beda dalam mendefinisikan tentang apa itu manajemen. Inilah beberapa pengertian manajemen menurut para ahli:

Encylopedia of the Social Science

Manajemen adalah suatu proses inti dari pelaksanaan suatu tujuan yang direncanakan dan dilaksanakan serta diawasi.

Mary Parker Follet

Manajemen adalah suatu seni, setiap pekerjaan yang bisa diselesaikan bersama orang lain. Pengertian dari Mary ini mengungkapkan bahwa seorang manajer memiliki tugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi tertentu.

George R. Terry

Manajemen adalah suatu proses khusus yang terdiri dari berbagai tindakanm, seperti : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan serta merta untuk menentukan dan mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber yang lain. 

James A.F Stoner

Manajemen juga merupakan proses dalam kepemimpinan dan dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian berbagai usaha dari anggota organisasi dengan cara mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Ricky W. Griffin

Manajemen adalah proses pengorganisasian, pengkoordinasian, perencanaan, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. 

Efektif yang dimaksud disini berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, ssedangkan efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Henry Fayol

Manajemen adalah ilmu yang mengandung gagasan atau ide 5 fungsi utama yaitu merancang, memerintah, mengorganisir, mengendalikan dan mengkoordinasi.

Eiji Ogawa

Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

John D. Millet

Ia berpendapat dalam bukunya yang berjudul Managemen in the public service, bahwa pengertian manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.

Prajudi Atmosudirdjo

Manajemen merupakan menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel

Ia menjelaskan apa itu manajemen dalam bukunya The Principles of Management, yaitu suatu cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain.

Manullang

Manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Luther Gulick

Pengertian manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Joseph Massie

Manajemen adalah proses dimana kelompok yang saling bekerjasama mengarahkan tindakannya ke arah tujuan bersama.

Theo Haimann dan William Scott

Pengertian manajemen adalah proses sosio-teknikal yang memanfaatkan sumber daya, pengaruh, tindakan manusia dan fasilitas perubahan untuk mencapai tujuan organisasi.

Karnadi Wargasasmita

Manajemen merupakan mengatur, mengurus, memimpin, dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.

Wilson Bangun

Manajemen adalah serangkaian berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh tiap anggota organisasi untuk meraih tujuan organisasi tersebut.

Drs. Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni perencanaan dan ilmu, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian, dan pengarahan yang didasari dari sumber daya perusahaan itu sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Lawrence A. Appley

Arti manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

Richard L.Daft (2002:8) 

Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.

Lyndak F.Urwick

Manajemen adalah meramalkan/forecasting, perencaan pengorganisiran / planning orga-nizing, memerintahkan / commanding, pengkoordinasian / coordinationg serta pengontrollan / controlling.

Hilman

Manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

Dr. Ahuja

Manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan/ menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.

Peter F. D rucker

Pengertian manajemen ini diartikan sebagai organ multiguna yang mengatur bisnis, pemerintah, pekerja dan pekerjaan.

Gordon (1976) dalam Bafadal (2004:39)

Manajemen merupakan metode yang digunakan administrator untuk melakukan suatu tugas-tugas tertentu atau dalan mencapai tujuan tertentu.

Peterson dan Plowman

Pengertian manajemen adalah proses dimana cara tertentu digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Chaster Bernard

Manajemen adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berisi ide-ide dengan lima fungsi utama, yaitu mendesain, mengatur, mengorganisir, mengendalikan, dan mengoordinasi.

Mulayu S.P. Hasibuan

Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

T. Hani Handoko

Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

Cyril O’donnel

Dalam bukunya yang berjudul Principles of Management, dijelaskan bahwa definisi manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.

William H. Newman

Arti manajemen adalah ilmu tentang perilaku yang meliputi beberapa aspek sosial dalam konteks perencanaan.

Thomas H. Nelson

Manajemen adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang unutk menghasilkan barang/jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

Gibson, Donelly, and Ivancevich

Manajemen adalah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.

Renville Siagian

Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Davis (1951)

Management is the fuction of the executive leadership any where (manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun).

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

Koontz

Pengertian manajemen adalah suatu seni paling produktif yang pelaksanaannya didasarkan pada pemahaman mengenai ilmu yang mendasarinya.

Kimball and Kimball

Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.

Robbins and Coulter

Manajemen adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain

Fredrik Winslow Taylor

Manajemen sebagai seni mengetahui apa yang ingin kamu lakukan, kemudian melihat bagaimana sesuatu itu dilakukan dengan cara yang sebaik dan semurah mungkin.

The Liang Gie (1982)

Definisi manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.

Dr. Sp. Siagian

Dalam buku “FILSAFAT ADMINISTRASI, manajemen dapat di definisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.

Ordway Tead

Disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT, dijelaskan bahwa arti manajemen adalah proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

Pengertian Manajemen Keuangan Secara Umum

bisnisukm.com

Setiap lembaga atau perusahaan baik yang berdiri sendiri atau gabungan pasti ada yang namanya manajemen keuangan. Manajemen keuangan sangat penting karena berfungsi memantau dan melihat nilai dari sebuah lembaga atau perusahaan.

Pengertian tentang manajemen ini terus mengalami perkembangan mulai dari pengertian awalnya yang hanya berupa sebuah kegiatan untuk dapat memperoleh dana sampai pengertian saat ini kalau manajemen keuangan telah diganti menjadi sebuah kegiatan memperoleh, menggunakan dana hingga mengelola aktiva.

Menurut teori dari George R. Terry, yang mengatakan bahwa manajemen keuangan itu memiliki 4 kegiatan yang dikenal dengan singkatan POAC yaitu Planning, Organizing, Actuating dan Controlling.

Setiap singkatan POAC tersebut memiliki arti masing-masing dan berperan penting sekali bagi jalannya manajemen keuangan pada sebuah lembaga tau perusahaan itu sendiri.

Yang pertama P untuk Planning, disini berarti sebuah perencanaan. Ya perencanaan yang dimaksud disini dalam menyusun manajemen keuangan dan itu pun harus dilakukan dengan beberapa pertimbangan.

O untuk Organizing adalah suatu kegiatan dalam melakukan pengorganisasian. Dalam suatu perusahaan akan dibentuk sebuah bagan organisasi yang di dalamnya berisi berbagai jabatan.

A untuk Actuating disini merupakan suatu perencanaan pengorganisasian yangmana harus direalisasikan dalam bentuk kerja keras dan kerjasama.

Dan yang terakhir adalah C untuk Controlling, suatu manajemen keuangan perusahaan pasti memerlukan pengawasan. Pengawasan ini bertujuan agar seluruh aspek keuangan dalam perusahaan bisa tersusun rapi.

Dalam penyusunan manajemen keuangan tidak boleh asal membuat, karena harus melewati beberapa prosedur yang telah ditetapkan.

Maka itulah alasannya mengapa manajemen keuangan sangat memerlukan prinsip POAC tujuannya adalah agar keuangan tersebut benar-benar bisa termanajemen secara benar dan bisa menguntungkan untuk perusahaan tersebut.

Pengertian Manajemen Pemasaran

dicto.id

Dalam suatu lembaga atau perusahaan bahkan dalam penjualan pun kita sangat berhubungan dengan pemasaran karena pemasaran menjadi aspek penting dalam berjalannya suatu penjualan atau promosi suatu barang.

Manajemen Pemasaran merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang secara sistematis untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan dengan tujuan utama untuk memperoleh laba.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli

nonekgemplek.blogspot.com

Menurut Kotler, Manajemen Pemasaran adalah suatu analisa, rencana, pelaksana dan pengawasan program-program yang memiliki tujuan untuk menciptakan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan

Menurut Dharmmesta & Handoko, Manajemen Pemasaran adalah suatu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh ketika sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan.

Kegiatan pemasaran perusahaan ini harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

 Menurut Kotler & Amstrong, Manajemen Pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang di design untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan

Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control Menjelaskan arti pemasaran secara lebih luas, yaitu:

Pemasaran adalah: proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

Jadi dapat disimpulkan Manajemen Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukam untuk merencanakan, menciptakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa serta mempertahankan laba yang memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan

Pengertian Manajemen Strategi

rolandpasaribu.wordpress.com

Setelah kita membahas manajemen pemasaran, kita akan membahas manajemen strategi, apa sihh manajemen strategi itu ? sebuah kegitan saja ataukan mencakup metode juga? Mari kita ulas dibawah ini

 Pengertian Manajemen Strategi adalah proses atau rangkaian kegiatan dalam pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai dengan penetapan cara pelaksanaannya, yang dibuat oleh pimpinan organisasi dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam organisasi tersebut untuk mencapai tujuan.

Beberapa ahli mendefinisikan manajemen strategi atau manajemen strategik sebagai seni atau ilmu pengetahuan dalam mengemukakam, mengimplementasikan, serta evaluasi terhadap berbagai keputusan lintas fungsional yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai tujuan.

Manajemen strategis berfokus pada proses penetapan tujuan dalam sebuah organisasi, yang membuat dan mengembangkan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai tujuan, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.

Penerapan strategi yang baik dan tepat sasaran sangat penting dan dibutuhkan untuk kegiatan apapun, terutama dalam menjalankan bisnis. Strategi yang tepat dan disusun secara terorganisir akan membuat sebuah organisasi dapat lebih mudah melaksanakan misi untuk mencapai tujuan.

Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang definisi manajemen strategis, diantaranya adalah:

1. J. David Hunger

Menurut J. David Hunger, pengertian manajemen strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, pada intinya manajemen strategi merupakan suatu tindakan perencanaan dan pengaturan strategi yang efektif yang dilakukan agar tujuan bisnis tercapai dan tentunya bisnis bisa berlangsung dalam waktu yang lama.

2. Thomas Wheelen and Co (2010)

Menurut Thomas Wheelen, manajemen strategi adalah serangkaian keputusan manajerial dan berbagai kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan untuk jangka panjang. Kegiatan tersebut juga termasuk perumusan/ perencanaan strategi, pelaksanaan/ implementasi strategi, dan evaluasi.

3. Nawawi

Menurut Nawawi, pengertian manajemen strategik adalah sebuah perencanaan berskala besar yang berorientasi untuk mencapai tujuan masa depan, dan didefinisikan sebagai sebuah keputusan yang fundamental.

Perencanaan tersebut memungkinkan organisasi untuk menjalankan misi dalam upaya untuk menghasilkan sesuatu, (perencanaan operasional untuk menghasilkan barang dan / atau jasa serta layanan) kualitas, dan optimasi yang diarahkan pada pencapaian tujuan strategis organisasi.

4. Bambang Haryadi (2003)

Menurut Bambang Haryadi, pengertian manajemen strategi adalah sebuah proses yang disusun secara sistematis oleh manajemen untuk merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi, dan melakukan evaluasi terhadap strategi yang dijalankan. Semua rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi sebuah organisasi.

5. Mulyadi (2001)

Menurut Mulyadi, pengertian manajemen strategi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh manajer dan pegawai untuk merumuskan dan melaksanakan strategi dalam penyediaan customer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi.

Setelah mengetahui pengertian manajemen strategis, pastinyanya kita juga harus mengetahui apa tujuannya. Dalam manajemen strategis ini seorang manajer memiliki tugas untuk menyusun serangkaian strategi perusahaan dan biasanya lebih dikaitkan dengan pemasaran.

Manajer menyusun, mengatur, mengimplementasi dan juga mengevaluasi strategi-strategi yang sudah disepakati dengan tujuan untuk mencapai target.

Manajemen strategi juga memiliki tujuan utama dalam bisnis:

1. Memberikan Arah dalam Mencapai Tujuan

2. Menjaga Kepentingan Berbagai Pihak

3. Mengantisipasi Setiap Perubahan Secara Merata

4. Berkaitan Dengan Efektivitas dan Efisiensi

Pengertian Manajemen Sumber Daya Alam (SDM)

bangazul.com

Sebenarnya banyak yang menjelaskan tentang pengertian manajemen sumber daya manusia, seperti saat dikatakan Human Resources, man power management serta ada yang mengartikan dengan pengertian manajemen sumber daya manusia sebagai personal, disini mari kita bahas beberapa pengertian tentang manajemen sember daya manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pemimpin dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi, dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang ditetapkan (Panggabean, 2007:15).

Manajemen merupakan sebuah ilmu dan seni untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain. Artinya, tujuan dapat dicapai jika dilakukan oleh satu orang atau lebih. Sementara itu manajemen sumber daya manusia dijadikan sebagai suatu bidang manajemen yang khusus untuk mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam suatu perusahaan.

Manajemen sumber daya manusia (MSDM) merupakan salah satu cabang dari manajemen umum yang meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan dan pengendalian (Veithzal, 2009:1)

Manajemen sumber daya manusia juga terdiri atas serangkaian keputusan yang terintegrasi tentang hubungan ketenagakerjaan yang memengaruhi efektivitas karyawan dan organisasi.

Jadi dapat disimpulkan, pengertian Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu aktivitas yang dilaksanakan agar sumber daya manusia di dalam organisasi dapat digunakan secara efektif guna mencapai berbagai tujuan.

Manajemen Sumber Daya Manusia mengatur dan menetapkan program kepegawaian yang mencakup masalah-masalah seperti: Menetapkan jumlah, kualitas, dan penempatan tenaga kerja yang efektif sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan job description (pembagian tugas dan tanggung jawab), job specification (spesifikasi pekerjaan), job reqruitment (syarat pekerjaan), dan job evaluation (evaluasi pekerjaan) dan Menetapkan penarikan, seleksi, dan penempatan karyawan berdasarkan asa the ringht man in the right place and the right man in the right job (menempatkan karyawan pada tempat dan kedudukan yang tepat) serta masih banyak lagi.

Sedangkan Tujuan utama  manajemen sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan kontribusi pegawai terhadap organisasi dalam rangka mencapai produktivitas organisasi yang bersangkutan.

Hal ini juga dapat di pahami karena semua kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan, tergantung kepada manusia yang mengelola organisasi yang bersangkutan. Oleh sebab itu, sumber daya manusia tersebut harus dikelola agar dapat berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan organisasi

Manajemen Pendidikan

silabus.org

Apa sebelumnya kalian pernan mendengar tentang manajemen pendidikan? Pengertian Manajemen Pendidikan secara umum adalah suatu proses proses prencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan dan informasi, untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien dalam bidang pendidikan.

Dapat disimpulkan juga Manajemen pendidikan adalah suatu seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan,ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara

Manajemen bidang pendidikan juga dapat kita temukan dalam suatu bisnis atau perusahaan yang dilaksanakan secara langsung oleh manajer pendidikan untuk mewujudkan pelaksanaan aktivitas pendidikan yang sesuai target yang tercantum.

Dalam hal ini Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keteraturan pelaksanaan sumber daya perusahaan secara menyeluruh

Pengertian Manajemen Oprasional

thidiweb.co

Apa itu manajemen operasional?Yang kita tahu bahwa oprasional berarti proses pengelolaan maka Manajemen Operasional secara umumdapat diartikan sebuah usaha pengelolaan secara maksimal dalam penggunaan berbagai faktor produksi, mulai dari sumber daya manusia (SDM), mesin, peralatan (tools), bahan mentah (raw material), dan faktor produksi lainnya dalam proses mengubahnya menjadi beragam produk barang atau jasa.

Manajemen Operasional menjadi hal penting dalam organisasi atau bisnis danan tugasnya pun tergantung pada ukuran perusahaan.

Pengelolaan manajemen operasional ini dimulai dari SDM, peralatan, mesin, raw material serta hal lainnya yang memberi pengaruh pada kinerja perusahaan.

Manajemen operasional memegang peranan soal isu strategis dalam menentukan rencana produksi (manufacturing) juga metode manajemen proyek serta implementasi struktur jaringan teknologi informasi. Di sisi lain, mereka juga melakukan beberapa hal penting, seperti:

  • Mengatur skala inventaris
  • Mengatur level proses level pengerjaan
  • Meng-organise Akuisisi bahan baku
  • Mengontrol kualitas
  • Meng-handle material
  • Menjaga dan merawat kebijakan

Manajemen operasional juga harus mempelajari bahan baku yang digunakan untuk produksi dan menjamin tidak ada kelebihan yang sia-sia.

Mereka memiliki suatu formula pemesanan jumlah bahan yang dibutuhkan sehinga sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan bisa mencukupi secara keseluruhan tanpa sisa.

Pengertian Manajemen Resiko

dictio.id

Sekilas mendengar kata resiko kita akan berfikir hal yang negative namun bagaimana bisa ada ungkapan tentang manajemen resiko, Apa itu manajemen risiko?

Pengertian manajemen risiko adalah suatu proses identifikasi, analisis, penilaian, pengendalian, dan upaya menghindari, meminimalisir, atau bahkan menghapus risiko yang tidak dapat diterima dalam sebuah elemen organisasi tersebut

Dalam hal ini resiko berhubungan dengan pendekatan atau metodologi dalam menghadapi ketidakpastian dalam bisnis. Dalam KBBI kata risiko berarti akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu tindakan. Ketidakpastian ini bisa berupa ancaman, pengembangan strategi, dan mitigasi risiko dan semisal itu.

Dalam perusahaan, Manajemen risiko (risk management) merupakan suatu proses perencanaan, pengaturan, pemimpinan, dan pengontrolan aktivitas sebuah organisasi untuk meminimalisir resiko pendapatan perusahaan secara implisit maupun eksplisit

Biasanya manajemen Resiko ini untuk memberikan perlindungan pada perusaan agar terhindar dari resiko yang signifikan yang bisa menghambat proses pencapaian tujuan perusahaan tersebut

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: