5 Pakaian Adat Kalaimantan Timur Serta Nama, Gambar dan Keterangannya

Pakaian adat kalimantan timur- Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri dari segi budaya dan adat yang cukup menarik. Budaya dan Adat yang dimiliki oleh kalimantan timur terbilang sangat unik dan beragam, Hal ini bisa terjadi karena dalam provinsi ini terdapat banyak perpaduan dari beberapa suku yang ada. Berituk gambar pakaian adat kalimantan timur :

gambar pakaian adat kalimantan timur

From: Kisah Asal Usul.com

Seperti Suku Kutai, Suku Dayak Dan Suku Banjar yang dikenal sebagai suku-suku yang mendominasi masyarakat dari provinsi denganibu kota Samarinda ini.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai provinsi Kalimantan Timur kami telah merangkum beberapa diantaranya sebagai berikut :

Pakaian adat kalimantan timur

pakaian adat kalimantan timur laki laki

From: Adat Tradisional.com

Karena provinsi ini banyak didiami oleh beberapa suku, yang menyebabkan provinsi Kalimantan Timur tidak hanya mempunyai satu pakaian adat saja.

Pakaian adat tersebut adalah sebagai berikut dengan nama Pakaian adat Kustin, pakaian adat sapei sapaq, pakaian adat dayak Ngaju, Pakaian adat Bulan kurung, dan Pakaian adat Bulang Burai King.

1. Pakaian Adat Kalimantan Timur Kustin

pakaian adat kustin

From: Radio Suara Wajar 96,8 FM.com

Baju adat dengan nama Kustin ini merupakan pakaian adat kalimantan timur yang bisanya dikenakan oleh suku Kutai.

Pakaian aini biasanya dikenakan oleh golongan menengah ke atas sebagai pakaian resmi dalam upacara pernikahan di masa silam.

Nama “Kustin" ini sendiri berasal dari bahasa kutai yang berarti busana. Pakaian adat kustin kalimantan timur ini biasanya terbuat dari bagah beludru berwarna hitam.

Lengan baju didesain panjang dan kerahnya tinggi dengan bagian kerah dan dadanya dihiasi dengan pasmen.

Bagi para pria, pakaian adat Kustin umumnya akan dipadukan dengan celana panjang hitan yang dipasangi dengan dodot rambu bundar berhiaskan lambang Wapen.

Sedangkan bagi para wanita, pakaian adat kustin dipakai dengan tambahan berupa kelibun kuing yang terbuat dari sutera.

Selain itu mereka juga akan menghias rambutnya dengan hiasan yang menyerupai aksesoris danggul adat jawa.

2. Pakaian Adat Kalimantan Timur Sapai Sapaq

baju adat kalimantan timur

From: Fitinline.com

Suku dayak kenyah adalah sub-suku Dayak mayoritas yang menduduki provinsi Kalimantan Timur. Sub-suku ini juga mempunyai pakaian adat yang cukup populer juga. pakaian itu bernama baju adat ta’a dan bju adat Sape sapaq.

Pakaiana dat ta a yaitu pakaian perempuan suku Dayak kenyah. pakaian ini terdiri dari da’ a yakni semacam ikat kepala yang terbuat dari dain pandan, baju atasan sapei inog, dan rok ta’ a.

Sedangkan pakaian adat Sapai Sapaq merupakan pakaian untuk para laki-lakinua. Tidak jauh berbeda dengan ta a, Pakain adat Sapai Sapaq juga mempunyai gaya yang sama.

Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada pakaian atasnya yang berbentuk seperti rompi, celana dalam ketat, dan aksesoris senjata tradisional khas Kalimantan timur yaitu bernama Mandau.

Perlu diketahui jika, corak Pakaian adat kalimantan timur sangat beragam dan bervariasi. ada yang coraknya bergambar burung enggang dan harimau (corak khusus untuk bangsawan), dan corak tumbuhan (corak untuk rakyat jelata.

3. Pakaian Adat Dayak Ngaju

Gambar pakaian adat dayak :

pakaian adat kalimantan timur ngaju

From: Fitinline.com

Dayak ngaju sebenarnya tidak dominan mendiami daerah Provinsi Kalimantan Timur. Akan tetapi, Kekhasan pakaian adat yang diwariskan kebudayaan mereka sangat disayangkan apabila tidak dibahas.

Suku dayak ngaju lebih sering ditemukan menduduki wilayah kalimantan tengah. Untuk kaum laki-laki, pakaian tradisional mereka umumnya berupa kain penutup bagian bawah sebatas lutut, rompi, ikat kepala berhias bulu enggang, kalung manik-manik, ikat pinggang dan perisai kayu serta mandau sebagai aksesoris pada bagian pinggang.

Sedangkan untuk para kaum wanita, Pakaian adat tersebut berupa rok pendek, baju rompi, ikat kepala yang dihiasi bulu enggang, ikat pinggang, kalung manik-manik dan gelang tangan.

Perlu diketahui bawasannya pembuatan pakaian adat tersebut, Suku dayak ngaju biasanya menggunakan bahan-bahan alami berupa serat alam, kulit siren, atau kayu nyamun. Bahan tersebut kemudian dibentuk sedemikian rupa dan dibubuhi warna dan corak hias.

Hias yang digunakan dalam pakaian adat tersebut sering kali diilhami oleh keyakinan masyarakat di suku tersebut.

4. Pakaian Adat Dayak Bulan Kuurung

baju adat kaltim

From: Fitinline.com

Selain pakaian adat yang telah di jelaskan diatas, terdapat beberapa pakian Kalimantan Timur lainnya, yakni pakaian adat Bulan Kurung.

Pakaian adat ini terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang di desain tanpa lengan, pakaian dengan lengan pendek (dokot tangan), dan baju dengan desain lengan panjang (lengke). Umumnya baju adat satu ini sering dipakai oleh para dukun.

Artike Terkait : Pakaian Adat Betawi beserta nama, gambarnya dan keterangannya

5. Pakain Adat Kalimantan Timur Bulang Burai King

pakain adat wanita

from: berbagaireviews.com

lanjut pada tema Pakaian adat Kalimantan timur selanjutnya adalah Pakaian adat dengan nama bulung burai king. Pakaian ini biasanya dikenakan saat upacara adat dayak.

Cirinya yang mencolok pada pakaian ini terletak pada hiasan manik-manik serta bulu burung yang dibentuk dengan sedemikian rupa sehingga terkesan lebih indah, rapi dan menarik.

Artikel Terkait : Bisnis Konveksi Kaos Polos Depan Belakang Menjanjikan Buat Kamu

Sekian itulah sedikit penjelasan, keterangan mengenai Pakaian adat kalimantan timur. dan terimakasih telah mampir di website sederhana ini semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply