Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

sumber : windows.com

sumber gambar : windows.com

Microsoft tidak lepas dari paul allen dan Bill Gates. Microsoft dibangun pada tanggal 4 April 1975, misi utamanya adalah mengembangkan dan menjual interpreter Basic untuk Altair 8800. Bisnis perusahaan berkembang pesat hingga nama perusahaan ini mendunia dikenal oleh banyak orang, salah satu produk yang tidak asing bagi kita yaitu “windows”.

Sampai sekarang perkembangannya semakin pesat dan mendunia, pada tanggal 29 Juli 2015 microsoft telah merilis secara resmi sistem operasi terbarunyayaitu (operating system/OS). Sistem operasi ini sudah banyak di tunggu – tunggu oleh banyak pihak sejak beberapa bulan lalu.

Baiklah kita akan membahas point utama kita windows 10 melengkapi versi sebelumnya yaitu 7,8 tanpa memunculkan OS windows 9. Windows 10 yang telah dipersenjatai dengan berbagai fitur baru yang pastinya akan memanjakan pengguna karena mudah penggunaannya, windows 10 juga dikenal memiliki kelebihan lebih komprehensif dari versi windows sebelumnya. Itulah sebabnya kenapa microsoft tidak mengenalkan windows 9.

Kelebihan Os windows 10

  • Dapat menampilkan beberapa aplikasi multi aplikasi dalam satu layar.
    Mungkin jikan kita ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, kita dapat menggunaka Os windows 10 ini karena produk ini bisa membantu membuka beberapa aplikasi dalam satu layar. Dengan demikian kita bisa bekerja lebih efisien.
  • Dibekali kemampuan untuk menggabungkan tombol start menu
    tombol start yang didesain sedemikian rapi dan terdapat banyak pintasan – pintasan untuk berpindah atau membuka aplikasi ke aplikasi lain tanpa terlalu ribet mencarinya.
  • Dilengkapi dengan fasilitas virtual dekstop
    yang memungkinkan pengguna bisa memakai layar dengan tema yang berbeda dalam satu tampilan layar. Pengguna juga dapat berpindah dari satu dekstob ke dekstob yang lain dengan cepat.
  • Bersifat multi platfrom
    yakni jika kita mempunya laptop dengan os windos 10 dan kita juga memiliki smartphone yang dibekali Os windows 10 juga, maka kedua devis tersebut akan mudah tersinkronisasi dengan baik.
  • Adanya fitur continuum
    Berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan perangkat hibrida, semacam surface pro atau lenovo yoga, yang dapat berfungsi sebagai laptop atau sebagai tablet.
  • Windows explore baru
    Pada windows 10 ini kita akan diberikan fitur baru yakni adanya tombol share pada windows explore tersebut. yang memudahkan kita untuk membagi file,foto,video kepada orang lain maupun sosial media lainnya.
  • Dilengkapi fitur antarmuka snap
    Dengan fitur ini kita memiliki empat aplikasi snap pada layar yang sama dengan tata letak kuadran (dibagi empat).
  • Tampilan Baru task view
    Pasalnya untuk membuka task view ada banya cara salah satunya dengan mengkombinasikan tombol ALT+TAB maka dengan Operasi system windows 10 maka anda akan merasakan pengalaman yang baru dengan tampilan yang lebih modern.
  • Bisa di install di semua perangkat
    Windows 10 ini bisa di install untuk semua perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet. Dengan kemudahan ini kita dapat menikmati kecanggihan windows 10 dengan berbagai perangkat yang berbeda.

Kekurangan Windos 10

  • Fitur dan perfoma belum sempurna
    windows 10 memiliki fitur dan perfoma yang belum optimal sehingga dari segi tampilannya masih seperti windows versi 8, sehingga menjadi kurang nampak jika disebut sebagai yang terbaru.
  • Banyak perubahan
    Tampilan dan fitur yang dimiliki windows 10 technical preview bisa jadi tidak akan sama dengan tampilan OS windows 10 versi final.
  • Kurang cocok untuk keperluan sehari – hari
    Versi windows 10 yang dikeluarkan microsoft saat ini nampaknya lebih ditunjukan untuk kalangan yang sudah terbiasa dengan sisten komputer yang lumayan rumit. Maka dari itu nampaknya OS windows 10 belum cocok juka digunkan untuk keperluan sehari – hari, tapi tergantung juga kepada sipenggunanya.

Dari beberapa kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya tentunya bukan permasalahan yang besar bagi kita, mengetahui kecanggihan yang di milikinya, tapi yang jelas semua itu kembali kepada kita masing – masing, secanggih – canggihnya teknologi apabila kita tidak dapat mengeporasikannya ya buat apa?

Bagi temen – temen yang tertarik untuk menginstall windows 10, ada beberapa kriteria untuk menginstall windows 10 di laptop temen – temen seperti ini :

  1. CPU 1 GHZ atau lebih
  2. Ram 1GB untuk 32 bit atau 2GB untuk 64 bit
  3. Kapasitas hard disk minimal masih 16 GB lebih malah lebih baik
  4. Grafhics card : Microsoft directX 9 grafihics device WDDM driver

untuk menginstallnya bisa melalui link berikut : https://insider.windows.com/

 

Demikian yang dapat mimin bukubiruku sampaikan semoga bermanfaat aminnn dan sampai jupa lagi …. 🙂

Leave a Reply