Inilah 10 Ikan Hias Air Tawar Terindah di Dunia

Ikan Hias Air Tawar Terindah- Jika anda adalah sorang pecinta hewan peliharaan atau seseorang yang sedang mencari hewan peliharaan indah namun tidak beisik serta tidak mengotori seisi rumah, maka ikan hias air tawar bisa dijadikan pilihan.

Kebanyakan hewan yang dujadikan peliharaan adalah kucing dan anjing. Memang kedua hewan peliharaan ini adalah primadona, tinkah laku mereka yang menggemaskan dan lebih imut.

Tetapi sayangnya tidak semua orang menyukai, berpikiran demkian. Beberpa orang justru enggan memiliki kedua hewan peliharaan tersebut, entah dari perawatannya yang ribet atau kebiasaannya membuang kotorannya di sembarang tempat.

ikan hias air tawar terindah beraneka ragam

From: InfoUnik.Org

Nah, untuk itu satu jenis hewan yang telah saya singgung di atas yaitu ikan hias air tawar, ikan hias air tawar banyak sekali jenis dan setiap jenis mempunyai keistimewaannya msing-masing untuk kamu yang ingin mengetahui lebih tentang jenis-jenis ikan hias air tawar tersebut bisa dilihat di 50 jenis ikan hias air tawar dan penjelasannya.

Ruang gerak ikan yang tidak terlalu lebar, perwatannya tidak ribet serta tidak membuang kotoran sembarangan.

Untuk memelihara ikan hias kamu hanya perlu menyiapkan aquarium tidak terlalu besar yang dapat diletakkan di atas meja, bisa juga diletakkan di sampung meja kerja, jadi ketika anda merasa pusing atau strees anda bisa melihat keindahan ikan-ikan ini ketika berenang.

Berikut agar lebih menegenal lebih jelas tentang ikan-ikan hias air tawar terindah saya akan membahas 10 jenis ikan hias air tawar :

Ikan Hias Air Tawar Terindah

1. Ikan Hias Air Tawar Terindah Betta

ikan hias betta yang banyak digemari

From: Betta RC

Ikan hias Betta Fish merupakan ikan hias yang masih satu anggota dengan ikan cupang. ikan Betta juga yang banyak dikenal sebagai ikan Siamese atau ikan petarung. Ikan Betta jantan mempunyai varian warna yang jauh lebih banyak daripada Ikan hias Betta betina.

Pilihan Varian warna yang dimiliki ikan Betta antara lain: merah, kuning, ungu, orange, dan biru. Ika betta juga hadir dengan warna monokrom, dengan tampilan dua gradasi warna atau bisa lebih.

Ikan hias air tawar Betta memiliki sirip yang panjang dan lebar menjuntai indah ketika berenang yang membuatnya dinobatkan sebagai ikan hias air tawar terindah. Salah satu keistimewaan ikan betta ini adalah mempunyai umur yang panjang serta mudah dalam hal perawatannya.

2. Ikan Hias Air Tawar Terindah Boesman’s Rainbowfish

ikan hias air tawar teindah rainbow

From: World Fishes Information

Ikan Hias Air tawar Rainbowfish merupakan ikan endemik yang banyak ditemukan di perairan timur pulau New Guinea.

Ikan ini mempunyai sifat yang pemalu dan tenang serta merupakan jenis ikan hias air tawar terindah dikalangan pecinta ikan hias maupun masyarakat awam karena bentuk dan warnanya indah yang belum tetnu dimiliki ikan hias lain.

Pola warna ikan ini sangat rainbowfish sangat unik, sirip belakang ikan rainbowfish berwarna orange cerah dengan campuran warna abu-abu, ungu dan biru. Tuubuhnya mempunyai garis gelap sempit, dengan warna putih dibagian kedua sirip luarnya.

Berikut adalah video dari ikan Rainbowfish :

 

3. Ikan Hias Air Tawar Terindah Discus

ikan hias air tawar terindah dicus

From: ific.es

Ikan hias air tawar discus merupakan salah satu ikan yang bergenus dar Cichild yang berasal dari lembah sungai Amazon, Amerika Selatan.

Ikan discus mempunyai warna yang cerah dengan bintik garis-garis di seluruh tubuhnya, yang menyebabkan ikan ini banyak digemari sebagai ikan hias air tawar terindah yang cocok di pelihara di aquarium.

Ikan discus memiliki banyak varian warna dianranya, Merah, Coklat, Pastel, dan biru cerah. Cara mengenali ikan discuspun cukup mudah karena ikan ini memiliki karakteristik tersendiri.

Jika dilihat dari depan ikan discus cenderung berbentuk pipih, jika dilihat dari samping ikan ini cenderung berbentuk bulat, dan ikan discus ini adalah ikan yang suka bersahabat jadi cocok di campur dengan jenis ikan hias lainnya.

4. Ikan Hias Air Tawar Terindah Endlers Livebearer

ikan hias air tawar terindah endles bagus

From: gallery.endlers1.com

Ikan hias Endlers merupakan jenis ikan yang terbilang cukup langka hanya toko-toko tertentu saja yang menjual ikan jenis ini. Ikan Ini mempunyai karakteristik dan penampilan yang mirip dengan ikan guppy.

Ikan Endlers adalah ikan kecil yang indah,mempunyai warna tubuh seperti neon dengan gradasi warna hitam,orange, hijau, kuning dan biru. hal ini lah yang membuatnya tercantumkan sebagai salah satu ikan hias air tawar terindah.

Ukuran ikan Endlers termasuk kecil, dan merupakan ikan yang suka bersahabat, ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan serta dalam perawatan ikan ini juga tidak terlalu susah.

5. Ikan Hias Air Tawar Terindah Fantail Guppy

Ikan hias air tawar terindah dan cantik

From: rankintube.lxoxl.xyz

Ikan hias fantail gappy adalah ikan yang mempunyai warna menarik dan banyak disukai oleh para pecinta ikan hias.

Ikan ini memiliki banyak varian warna dan polanya yang sangat beragam, ekornya panjang seperti kipas, terlebih indahlagi pada saat ikan ini berenang-renang dan mengebas-ngebaskan ekornya pasti membuat orang yang melihatnya tertarik untuk memelihara.

Ikan fantail guppy mempunyai sifat pemalu, namun juga suka bersahabat dengan jenis ikan hias lainnya, penampilannya yang anggun membuat banyak orang ingin memelihara ikan ini di aquarium.

Terdapat lebih dari 20 kombinasi varian warna yang dimiliki spesies ikan ini. dari sekian banyak varian warna itu yang paling banyak digemari adalah biru, merah, ungu, orange dan kuning.

6. Ikan Hias Air Tawar Terindah Blue Gouramis

ikan hias air tawar terindah gurame

From: bukubiruku.com

Siapa sangka ikan gourame yang biasa kita makan ternyata salah satu dari spesiesnya merupakan ikan hias air tawar terindah.

Ikan gourame merupakan ikan hias air tawar yang berasa dari Pakkistan, Asia dan india. Ikan gourame spesies ini banyak di sukai sebagai ikan hias karena warna dan keindahannya.

Cara perawatannya pun tidak sulit dan tidak galak jadi cocok juga jika di campur dengan ikan hias air tawar lainnya dalam satu aquarium atau kolam.

7. Ikan Hias Air tawar Terindah Gold Fish

ikan hias air tawar terindah yang mudah dipelihara

From: bukubiruku.com

Ikan hias Gold Fish atau biasa disebut ikan mas adalah ikan yang mudah untuk di pelihara dalam aquarium untuk pemula.

Daru segi bentuk ikan mas ini memiliki ciri tersendiri yaitu peru gemuk, ekor lebar seperti kipas, Ikan mas ini menyukai suhu air di antara 62-74 °F.

Ikan ini mempunyai sifat yang aktif dan suka berenang kesana-kemari, jika kamu memelihara ikan ini di aquarium lebih baik, mengganti setidaknya 10% air dari aquarium tersebut setiap satu minggu sekali.

Berikut adalah video dari ikan gold fish :

8. Ikan Hias Air Tawar Terindah Kilifish

ikan hias air tawar o

From: Bukubiruku.com

Ikan hias kilifish merupakan ikan yang mudah di temui hampir di seluruh Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan. dan seagian Eropa.

Ikan kilifish dikatakan sebagai ikan hias air tawar terindah karena memiliki tubuh yang pernuh warna dengan bintik-bintik warna di sirip-siripnya yang menambah keindahan ikan ini dan banya juga disukai oleh para pecinta ikan hias khususnya.

Selain itu dari segi perwatan ikan kilifish merupakan ikan yang mudah dalam perawatannya baik di aquarium maupun di kolam. Ikan ini memiliki banyak varian warna diantaranya orange, merah, dan biru.

Di alam liar ikan ini adalah ikan peloncat yang baik, sehingga jika ingin memelihara ikan ini tangki atau aquarium memerlukan tutup.

selain itu di lingkungan alami ikan kilifish tumbuh dan berkembang biak di lingkungan lembut dan sedikit asam dengan pH 6,2-6,8) dengan suhu air berkisar 22 – 26 °C.

9. Ikan Hias Air Tawar Terindah German Blue Ram

ikan hias air tawar terindah blue ram

From: Aqua Eden

Ikan his Blue ram adalah jenis ikan yang bergenus dri cichilds dengan ukuran kecil pembawa warna dan pembawa tenang.

Spesies ikan ini memiliki warna tubuh utamanya yakni kuning dan hijau diperindah dengan bintik-bintik kecil berwarna biru yang menutupi siripnya.

Memiliki tiga garis vertikal gelap pada tubuh mereka dan satu gari melintang di bagian kepala. Di alam liar warna ikan ini lebih cerah dari pada saat dipelihara di aquarium, namun akan tetap terlihat cantik saat ikan ini berenang-renang kesana-kemari.

Ikan ini berasal dari daerah savana dai orinoco river tengah dan bawah di venezuela serta kawasan lainnya di colombia.

10. Ikan Hias Air Tawar Terindah Peacock Cichild

ikan hias air tawar terindah di dunia peacock

From: Pinterest

ikan hias ini mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda dengan jenis ikan hias air tawat lainnya. Sifatnya yang suka bersagabat , ramah dengan sesama penghuni aquarium seta keindahannya. sehingga ikan ini menjadi ikan hias air tawar terindah bagi para pecinta ikan hias lebih dari 30 tahun.

Ikan Peacock cichild menampilkan warna yang inda serta cemerlang, paduan warna antara birun, merah, kuning terang dan orange menyala. Selain itu mereka juga memiliki garis-garis gelap vertikal diseluruh tubuhnya.

Baca Juga : jenis-jenis Ikan hias air tawar dunia

Demikian yang dapat saya sampaikan semogar bermanfaat bagi kita semua 🙂

 

Leave a Reply