Aneka Jenis Murai Batu Mulai Sabang Sampai Merauke | Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya

Ada yang pernah dengar apa itu murai batu? apakah sejenis burung ayau sesuatu yang seperti batu hehehe..
Nahh benar sekali murai batu itu adalah sejenis burung yang tersebar di berbagai kawasan di Indonesia.
Murai Batu

mediabnr.com

Burung Murai pun memiliki banyak jenis dan ciri yang membedakan antara satu dengan yang lainnya. Di antaranya adalah Murai Medan, Murai Nias, Murai Malaysia, Murai Lampung, Murai Kalimantan, Murai Borneo, Murai Aceh, Murai Batu Bahorok, Murai Anakan, Murai Bordan, Murai Irian, Murah Thailand, Murai Sabang, Murai Filiphina, Dan Murah Jawa.

Kenapa burung Murai batu itu istimewa dan banyak dicari orang?. Hal itu lantaran burung murai batu ini  mempunyai sisi keindahan tersendiri dimulai dari sisi cara berkicaunya sampai postur tubuhnya.

Berikut ini akan diulas mengenai Murai Batu yang bisa dijadikan sebagai tambahan pengetahuan kalian dan siapa tau kalian tertarik dengan salah satu burung ini..

Jenis-Jenis Burung Murai Batu

Keberadaan burung murai batu sudah mulai terancam punah. Karena banyaknya pemburu liar dan juga ada kerusakan lingkungan. Tentu saja hal ini memerlukan perhatian khusus supaya jumlah burung jenis ini tidak mulai punah.

Inilah jenis-jenis burung Murai Batu yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia:

1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan

bandungkita.id

Murai Medan merupakan jenis burung Murai terbaik dari keseluruhan yang hidup di Indonesia. Di berbagai daerah  banyak orang yang mencari jenis burung satu ini. Biasanya yang melakukan pemburuan adalah masyarakat sekitar yang mencari induk atau bakalan burung dengan kualitas bagus yang bisa di kembangbiakkan.

Saat berbicara tentang Murai Medan ini, biasanya memiliki ciri ekornya yang sangat panjang sekitar 25-30 cm. Suara kicauannya pun juga taknperlu diragukan lagi. Dengan adanya keunikan dalam beberapa sisi tersebut, akhirnya Murai Medan bagi kalangan luar dianggap burung yang berkualitas dan unik.

Julukan untuk Murai Medan ini sebenarnya tidak hanya karna dari Kota Medan. Namun, nama tersebut ternyata diambil dari istilah jaman dahulu dengan beragam pendapat orang yang berbeda-beda.

Secara umum, Murai Medan ini sangat banyak dari habitat aslinya. Dan tidak heran jika pemerintah Indonesia menetapkan Murai satu ini menjadi salah satu jenis binatang yang dilindungi.

2. Murai Batu Nias

Murai Batu Nias

youtube.com

Murai Nias adalah burung Murai yang asalnya dari daerah Nias. Burung ini biasa dikenal sebagai jenis burung yang setara dengan Murai Medan tadi. Karena kualitasnya itulah, jenis burung tersebut berhasil mengantongi juara di beragam ajang perlombaan burung.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa suara burung Murai yang terbaik saat mereka berkicau adalah jenis Murai Nias ini. Kelebihan yang dimiliki oleh burung satu ini sebenarnya hampir sama dengan Murai Medan. Sementara perbedaan yang dimiliki oleh Murai Medan dan Murai Lampung adalah dari sisi ekornya serta bentuk dari badannya yang lebih kecil.

Kadang di saat ada event perlombaan sejenis kicau mania, Murai jenis Nias ini pernah menang dengan juara yang ketiga. Nah, lantaran jenis burung satu ini digadang-gadang sebagai pembawa prestasi, maka tidak heran jika banyak pecinta Murai yang asalnya dari beragam daerah mulai memburu dan melirik untuk mendapatkan Murai Nias.

Saat kalian melihat ke kawasan kepulauan Nias, maka kalian akan mendapati bahwa banyak orang yang menamakan burung ini dengan julukan tatohua lantaran terdapat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Murai Nias ini seperti suara yang jernih dan juga keras.

Kadangkala Murai Nias memang memberikan nuansa yang amat unik. Dan tidak sedikit burung di sekitar spesies ini menirukan suara burung yang lain yang ada di sekitar mereka.

Murai Nias ini sering dikategorikan sebagai jenis spesies, sebagaimana yang ada pada namanya. Lantaran jenis burung satu ini asalnya adalah dari Sumatera Utara di kawasan kepulauan Nias. Dan banyak orang yang menyebutnya memiliki nama Murai Nias Raja. Nama ini memang cukup terkenal di kawasan Sabang.

3. Murai Batu Malaysia

Murai Batu Malay

burungchampion.blogspot.com

Murai Malaysia adalah jenis burung yang ada di sekitar kawasan Malaysia.  Murai Malaysia ini bisa dilihat dari bentuk ekornya sangat mirip dengan Murai Medan. Namun ada juga Murai yang ekornya pendek misalnya Murai Kalimantan dan Borneo.

Murai Malaysia sendiri banyak ditemukan di daerah semenanjung Malaysia. Burung unik ini ekornya bisa dibilang sangat panjang bahkan mencapai 29 sampai dengan 30 cm. Adapun ciri-ciri dari bentuk ekornya adalah amat tipis namun semacam lentur. Jenis Murai Malaysia ini memiliki ukuran yang relatif lebih besar apabila Anda bandingkan dengan Murai Medan.

Namun, ada kesamaan dari sisi corak tubuh burung tersebut. Murai Malaysia sendiri mempunyai suara yang cukup keras. Selain itu, burung satu ini juga bisa dibilang cerdas dan mempunyai  daya ingat cukup tinggi karena mampu menirukan suara jenis burung lain.

Dari sisi bentuk badan, Murai Malaysia memang relatif sama dengan Murai Medan. Penyebaran burung satu ini sesungguhnya tidak hanya di kawasan kedah atau perak. Namun juga di berbagai daerah lain Anda bisa menemukan burung jenis Murai Malaysia. Bahkan, di daerah lain juga banyak ditemukan jenis Murai Malaysia yang ekornya pendek.

4. Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung

www.youtube.com

Murai Lampung merupakan jenis burung Murai yang kekuatannya terbaik. Burung ini memiliki keunggulan tersendiri, yaitu ia terkesan lebih kreatif dengan suaranya yang sangat luar biasa.

Sebenarnya, burung Murai Lampung ini memiliki mental yang amat bagus dan ini merupakan kelebihan dari burung jenis ini. Sebenarnya, setiap nada suara yang ia miliki adalah mengulang dengan bentuk nada yang sama. Lantaran dahulunya ia sangat sering berlatih. Sementara saat pementasan itu hanya untuk menutupi berbagai kekurangan dari jenis Murai Lampung ini.

Dari sisi kelebihan suara, Murai Lampung ini terkenal sangat bagus untuk dipakai saat laga perlombaan. Karena ia memiliki stamina yang sangat bagus sehingga ia tidak mudah lelah. Ini tentu saja berbeda dengan jenis Murai Malaysia yang kelemahannya ada di kurangnya stamina yang ia miliki. Maka, jenis Murai Malaysia ini kurang maksimal jika dibawa ke ajang perlombaan, berbeda dengan jenis Murai Lampung yang staminanya tinggi.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa keunggulan yang dimiliki oleh Murai Lampung ini adalah kemampuan berkicaunya yang sangat hebat dibandingkan dengan jenis burung yang lain. Ia sebenarnya juga hampir mirip dengan murai biasa namun kelebihannya adalah ia mampu mengikuti berbagai jenis suara yang dikeluarkan oleh burung lain.

Namun, bukan berarti Murai Lampung ini luput dari kekurangan. Sebenarnya ia juga memiliki sedikit kekurangan, yaitu saat bertarung. Banyak orang yang kurang suka menggunakan jenis burung ini untuk bertarung karena ia sangat lemah. Apabila ada burung lain yang mencoba melawannya dengan suara yang tidak setara, maka menghadapi situasi semacam ini Murai Lampung akan mudah ketakutan.

Murai Lampung ekornya relatif pendek dan biasanya orang menilai bahwa ekor pendek yang dimiliki olehnya merupakan suatu keberuntungan tersendiri. Ia juga memiliki kehebatan tersendiri mulai dari kelincahan saat terbang, kehebatan saat berkicau dan juga dari sisi gerakan yang dimiliki.

5. Murai Batu Kalimantan

Murai Batu Kalimantan

www.youtube.com

Murai Kalimantan adalah salah satu jenis burung Murai yang asalnya dari Kalimantan. Burung ini adalah jenis burung yang memiliki pesona tersendiri saat mengikuti perlombaan kicau. Namun, entah mengapa sedikit sekali orang yang berminat untuk menggunakan jenis murai ini.

kenapa? Ternyata menurut pengakuan banyak orang, kelemahan dari Burung Murai Kalimantan ini adalah ketika dia berkicau dia tergolong kalah cukup jauh dari jenis murai yang lain.

Jadi dari segi harganya burung Murai Kalimantan sendiri relatif murah dan terjangkau dibandingkan dengan berbagai jenis murai lainnya. Bahkan, jika kalian membeli berbagai jenis burung murai di toko burung, kebanyakan yang akan kalian temui adalah Murai Kalimantan dan juga Murai Lampung.

Namun murai Kalimantan juga memiliki berbagai keunggulan di dalamnya. Di antaranya adalah ia memiliki kualitas yang cukup baik dibandingkan dengan muara Aceh, Medan dan Nias. Murai Kalimantan sendiri memiliki ciri khas warna bulu yang sangat bagus dan dominan berupa hitam pekat dan di sekitar dadanya mempunyai warna coklat yang sedikit muda.

Ekor burung murai batu ini hanya sekitar 15 cm saja. Namun, dengan ekornya yang tidak begitu panjang tersebut, justru bisa membuatnya berkicau lama karena tenaga dan juga staminanya tidak mudah terkuras.

6. Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh

www.youtube.com

Murai aceh ini menjadi andalan saat lomba karena Kualitas Murai Aceh ini sangat baik ketika ia sedang berkicau. Hampir sama dan mirip dengan Murai Medan.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa di antara ciri dari Murai Aceh adalah dia memiliki daya tubuh yang sangat bagus. Ini juga hampir sama dengan Murai Medan. Jika ditelusuri, Murai Aceh memiliki bentuk tubuh yang relatif kecil apabila Anda bandingkan dengan jenis murai yang lain, khususnya di Medan.

Sekalipun Murai Aceh ini berbadan kecil, namun daya tempur yang ia miliki sangat bagus. Dengan suaranya yang cukup lantang, ia mampu bersaing dan menang dari burung yang lain.

Ukuran dari ekor Murai Aceh ini bisa dibilang relatif panjang, yaitu antara 20 sampai dengan 30 cm. Namun, Murai Aceh ini dari sisi ekor memang masih kalah dengan Murai Medan karena Murai Medan memiliki panjang ekor sekitar 26 sampai dengan 35 cm.

Murai Aceh sendiri mempunyai kicau yang amat unik dan ia memiliki varian suara yang tidak dapat ditandingi jenis burung yang lain. Saat burung satu ini diturunkan ke area perlombaan, maka dia akan mengeluarkan suara ngeroll yang telah jadi. Itu tandanya ia sudah siap untuk bersaing dengan berbagai jenis burung Murai yang lainnya.

7. Murai Batu Borneo

Murai Batu Borneo

www.youtube.com

Murai Batu Bornoe adalah salah satu jenis burung murai yang masih terbagi menjadi tiga spesies atau ras. Adapun ras yang pertama adalah ras Banjar. Dan ras kedua adalah tas Mahkota dan yang ketiga adalah ras Palangka. Ketiga jenis spesies ini berasal dari daerah yang nyaris berbeda di kawasan Kalimantan.

Untuk mengetahui ciri-ciri Muara Borneo sendiri bisa dibilang hal yang sulit. Namun, burung satu ini terkenal sebagai jenis burung yang sangat bagus.

Adapun ciri khusus dari Murai Borneo adalah ia memiliki ekor yang berbeda, khususnya dari sisi warna bagian bawah ekor. Biasanya orang yang menyaksikan jenis burung Murai Borneo berwarna putih, maka bagian bawahnya akan cenderung memiliki warna yang polos di bagian bawah dengan disertai semburat hitam di ujungnya.

Jika melihat dari keseluruhan badan yang ia miliki, maka pada bagian atasnya Anda akan melihat bahwa Murai Borneo ini memiliki warna hitam secara keseluruhan. Sementara untuk ekornya, ia memiliki ekor yang panjang namun masih jauh dengan panjang Murai Medan, yaitu antara 8 sampai dengan 13 cm saja. Dan dari sisi karakternya, Murai Borneo ini sangat suka berkicau namun tidak cenderung mengkristal.

Di bagian dada burung Murai ini ada warna cokelat kekuning-kuningan dengan jenis warna yang relatif cerah. Selebihnya, perbedaan dari Murai satu ini dengan jenis Murai yang lain adalah dari sisi bulunya yang sangat halus dan sangat bagus. Ini membuat banyak orang merasa tertarik dengan jenis murai satu ini.

Untuk bagian punggungnya yang letaknya di sekitar leher dan juga kepala, Murai Borneo memiliki warna gradasi antara warna hitam pekat dan juga warna cerah. Sementara untuk warnanya sendiri ia memiliki jenis warna cukup khas dan juga tidak terlalu keras.

8. Murai Batu Bahorok

Murai Batu Bahorok

upicbfsbm.blogspot.com

Sebagian orang mungkin masih belum begitu familiar atau bahkan belum mengenal apa itu Murai Bahorok. Salah satu jenis burung Murai satu ini asalnya adalah dari kawasan Bahorok, Kabupaten Langka dan profinsi Sumatera Utara.

Pada masa itu, jumlah dari Murai Bahorok sendiri sangatlah melimpah. Bahkan ada pendapat yang mengatakan bahwa sesungguhnya Murai Medan sering dipercaya sebagai Murai Bahorok. Dari sifatnya memang terkesan cukup liar karena jenis murai satu ini bisa dibilang jauh dari pemukiman penduduk setempat.

Itulah yang menyebabkan jenis Murai ini jarang melakukan interaksi dengan manusia setempat. Akhirnya saat proses penjinakan pun membutuhkan proses yang sangat lama.

9. Murai Batu Anakan

Murai Batu Anakan

jalaksuren.net

Murai Anakan  memiliki ukuran badan relatif kecil. Apabila Murai Anakan ini masih memiliki umur belum mencapai satu bulan, maka orang akan sangat sulit membedakan mana Murai Anakan yang jantan dan mana yang betina.Baru ketika usianya mencapai tiga bulan, kalian baru bisa membedakan mana yang jantan dan mana yang betina secara jelas. Oleh karena itu, apabila kalian berkeinginan untuk membeli Murai anakan ini, sebaiknya bersabarlah terlebih dahulu sehingga ia memiliki umur di atas tiga bulan.

10. Murai Batu Bordan

Murai Batu Bordan

agromedia.net

Murai Bordan merupakan salah satu jenis dari burung Bordan. Mengapa disebut Bordan? karnaburung ini merupakan hasil perkawinan dari Murai Medan yang jantan dengan Murai Borneo yang betina. Tujuan dari adanya perkawinan ini adalah untuk mengkombinasikan gaya ataupun jenis karakter mental dari kedua jenis burung Murai yang notabene rasnya berbeda tersebut.

Bisa dikatakan, jenis burung Murai Bordan ini memiliki unsur dua spesies yang berbeda. Tujuannya adalah supaya jika suatu saat nanti Murai Bordan dibawa ke ajang perlombaan, ia akan bisa memiliki gaya tarung aktif dan sangat atraktif karena kombinasi dua jenis Murai yang semuanya unik. Alhasil jenis murai satu ini mampu bertarung dengan sangat bagus. Selain itu, ia juga memiliki suara yang sangat bagus untuk dapat bertarung.

Burung jenis ini memiliki suara serta irama lagu yang sangat bervariasi dan juga memiliki tembakan yang lebih keras. Dari bentuk tubuh dan motifnya sendiri memang hampir mirip dengan Murai Medan.

11. Murai Irian

Murai Batu Irian

suaralovebird.blogspot.com

Murai Irian adalah salah satu jenis Murai yang banyak disukai oleh pecinta kicau. Adapun karakter dari burung Murai Irian di alam yang liar adalah mereka mempunyai dahi berwarna, kemudian paruhnya berwarna hitam dan bulu matanya juga berwarna hitam. Sementara ujung bulunya cenderung berwarna hijau berminyak.

Habitat Murai Irian sendiri tersebar di kawasan Burma (Myanmar), Thailand, China, Indonesia, Jawa, Sumatra, dan juga Bali. Burung ini adalah jenis burung murai yang memakan serangga besar dan juga buah-buahan. Habitat mereka kebanyakan ada di kawasan hutan sekunder, hutan semak dan juga hutan bambu.

Adapun ukuran dari Murai Irian sendiri ada sedang, yaitu mempunyai panjang tubuh dan juga ekor mencapai 35 cm. Terkadang, jenis burung satu ini banyak dijumpai di daerah pasar burung dengan kuantitas yang cukup banyak. Namun, pembeli Murai Irian ini tidak hanya tertarik dengan bentuk tubuhnya, namun juga penasaran dengan suara yang dimiliki oleh jenis Murai ini.

12. Murai Sabang

Murai Batu Sabang

kicauindonesia123.blogspot.com

Murai Sabang adalah jenis burung Murai yang lumayan bagus dan berasal dari Kota Sabang. Dikatakan jenis burung bagus karena burung ini mempunyai postur tubuh yang sangat menarik dan juga memiliki sisi body yang cukup proporsional. Belum lagi suara yang dimilikinya cukup keras. Maka tidaklah mengherankan jika jenis murai satu ini banyak diburu oleh para peminat kicau mania.

Adapun harga dari Murai Sabang sendiri jika dijual di luaran sana bisa mencapai puluhan juta. Hal itu lantaran jenis burung ini termasuk spesies yang langka. Sedangkan dari sisi ekornya ia memiliki panjang sekitar 20 cm. Ukuran tersebut memang relatif panjang dan juga lebar. Keunikan ekornya lah yang membuat murai satu ini banyak dicari.

Murai Jawa

Murai Batu Jawa

kicaumania.co.id

Murai Jawa adalah salah satu jenis murai yang bisa dibilang paling langka. Namun, dibandingkan dengan jenis murai lainnya seperti Medan, burung murai Jawa memang kalah tenar. Hal itu menyebabkan pada pecinta burung sendiri jarang yang menggunakan Murai Jawa untuk pertandingan.

Namun, Murai Jawa termasuk jenis murai yang memiliki keunikan tersendiri. Ternyata burung murai Jawa itu jika mengeluarkan suara, maka bulu dan juga kepalanya akan berdiri tegak semacam jambul. Sehingga akan sangat terlihat perbedaannya ketika disandingkan dengan jenis murai lainnya. Ini yang membuat banyak orang tertarik menjadikan burung ini sebagai hiasan rumah.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai Burung Murai Batu.. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk kalian para pecinta burung sebelum membeli burung murai batu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: