17+ IDE PELUANG USAHA, Bisnis, Online-Offline, Rumahan, Pedesaan MODAL KECIL ( TERBARU 2021 )

Dewasa ini lebih banyak orang yang melirik untuk meciptakan usaha sendiri daripada menjadi karyawan di sebuah perusahaan. baik itu usaha online, rumahan bahkan pedesaan bisa kita dapati warung-warung kreatif, camilan unik, minuman dengan modal kecil/minim. langkah langkah pengembangan ide dan peluang usaha meliputi: Peluasan pengembangan usaha

Oleh sebab itu kami berupaya membantu sahabat untuk menemukan peluang ide bisnis untuk usahanya seperti daftar di bawah ini

Ide Peluang usaha

ide peluang usaha

http://sharingbisnis.com/

Apa yang dimaksud peluang usaha? Sebuah kesempatan yang akan didapatkan oleh orang demi mendapatkan tujuan dengan cara melakukan sebuah usaha yang akan memanfaatkan berbagai macam sumber daya yang akan dimiliki. Dalam hal ini peluang usaha menjadi hal yang akan paling penting untuk dilakukan sebelum membuka sebuah bisnis

1. Makanan & Minuman unik

tea thai

lazada.co.id

Bisnis Makanan & Minuman unik memang terdengar umum, tetapi selalu ada hal baru yang bisa dilakukan agar beda dari produsen lainnya. Coba saja Anda perhatikan. Dari tahun ke tahun pasti ada saja jenis makanan&minuman unik yang menjadi populer.

Salah satu contohnya adalah berbagai Es Kepal Milo, Thai tea, Ayam Geprek, Soto Lamongan yang digemari masyarakat beberapa tahun belakangan.

Seperti contoh tersebut, Kamu tidak harus menciptakan ide makanan & minuman unik yang sepenuhnya baru agar beda dari yang lain. Makanan & minuman yang unik bisa saja merupakan inovasi dari makanan lain yang sudah ada.

Selain mudah dilakukan, ide peluang usaha bisnis ini bisa dilakukan siapa saja, dengan modal kecil tanpa mengganggu aktivitas utama. Oleh karena itu, Kamu bisa menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

2. Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

astripujilestari.com

Kesibukan masyarakat masa kini yang kian meningkat menimbulkan kecenderungan untuk bersantap di luar rumah. Padahal, kita bisa lebih berhemat dengan memasak sendiri di rumah — terutama bagi yang sudah berkeluarga.

Akan tetapi, tidak semua orang ada cukup waktu untuk berbelanja dan menyiapkan masakan sendiri di rumah. Berawal dari permasalahan tersebut, kita bisa membuka usaha bahan masakan siap dimasak yang belum dikenal secara umum di Indonesia.

Kesulitan membayangkan konsepnya? Kamu bisa melihat apa yang sudah dilakukan iCook. Usaha kuliner asal Malang ini menawarkan berbagai menu masakan siap masak, dalam kondisi belum dimasak.

Kendati demikian, bahan-bahannya sudah dibersihkan, dipotong, dan ditakar. Sehingga konsumen hanya tinggal memasaknya. Untuk Kamu yang suka memasak atau menciptakan menu sendiri, tentunya ide bisnis ini tidak boleh dilewatkan.

Bisa jadi usaha ini akan sangat cocok jika kita tinggal di kota, Jika kita tinggal di pedesaan mungkin ini usaha yang kurang cocok. Namun tak perlu khawatir mari kita lihat ide peluang usaha selanjutnya

3. Blogger

blogger website

hellosehat.com

Apakah menulis merupakan salah satu hobimu? Jika betul, kamu mungkin akan tertarik untuk menjadi seorang blogger. Jangan salah sangka. Blogging bukan hanya sekedar kegiatan untuk menyalurkan minat semata, namun juga dapat menjadi sumber pendapatan baru.

Sebagai contoh, blogger Michelle Schroeder-Gardner menghasilkan $1.500.000 dari blognya, Making Sense of Cents, pada tahun 2018. Kamu pun bisa meraup pendapatan dengan menjadi penulis blog.

Ada beragam cara untuk menghasilkan pundi-pundi Rupiah dari blog. Pertama dan satu diantara yang paling umum digunakan adalah Google AdSense. Google AdSense ialah platform yang memungkinkan kamu untuk meletakkan banner iklan di titik-titik tertentu pada blog kamu. Kabar baiknya, platform ini tidak menuntut biaya — malahan, kamu yang dibayar.

Bagamaisistem kerjanya?

ini merupakan penjelasan singkat tentang satu diantara sistem kerja Google Adsense, Google AdSense menggunakan sistem pay-per-click. Artinya, Kamu akan dibayar setiap ada pengunjung blog yang meng-klik iklan dari Google AdSense.

Bayaran yang ditawarkan di Indonesia berkisar antara $0,01 hingga $5. Selain AdSense, kamu juga dapat menjual produk sebagai sumber penghasilan, baik itu berbentuk fisik maupun digital. Ebook, misalnya. Namun, perlu Kamu ingat bahwa produk yang dijual harus terkait dengan topik blog Kamu dan dibutuhkan oleh para pembaca.

4. Influencer Media Sosial

Influencer Media Sosial

tirto.id

Bagi kamu yang suka berkecimpung di media sosial mungkin sudah pernah mendengar kata influencer. Pada dasarnya, influencer media sosial merupakan figur publik di platform-platformpertemanan yang memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak.

Sama seperti selebritis, para influencer media sosial juga sering digaet oleh berbagai bisnis untuk mempormosikan produk atau jasa mereka. Oleh karena itu, banyak figur berpengaruh yang dapat memiliki penghasilan melalui media sosial. Dengan daya tarik tersebut, kini banyak orang ingin menjadi influencer online.

ini merupakan satu diantara jenis peluang usaha dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan baik itu di kota maupun di pedesaan sehingga bisa banget sebagai usaha sampingan jika kamu sedang menjadi karyawan atau sedang kuliah karena jenis usaha ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

5. Desainer Interior

Desainer Interior

idntmes.com

Dewasa ini, desain interior adalah salah satu jenis jasa yang paling dicari. Terutama, jasa ini digunakan untuk perkantoran dan toko yang jumlahnya kian menjamur.

Hal-hal penting yang perlu Kamu miliki untuk memulai usaha desain interior dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu tenaga dan logistik. Dari segi tenaga, bisnis ini membutuhkan setidaknya dua orang. Satu bekerja sebagai desainer, sedangkan yang lain sebagai kontraktor. Di sisi logistik, Kamu perlu memiliki sebuah laptop untuk mengerjakan desain, software desain interior, serta workshop.

Belum memiliki dana untuk membeli software profesional?

Jangan khawatir. Kamu bisa mencoba software gratis seperti Google Sketchup, yang memiliki versi berbayar dengan fitur lebih canggih yang dapat dibeli ketika Kamu sudah siap secara finansial. Hal yang sama juga berlaku untuk workshop Kamu.

Jika belum mampu mengontrak sebuah studio, Kamu bisa saja menggunakan sebuah garasi atau ruko kecil sebagai tempat pengerjaan proyek.

Lalu, bagaimana dengan kendaraan untuk mengantar hasil pekerjaan Kamu ke tempat klien?

Mudah saja — kamu bisa menggunakan jasa pengiriman barang yang saat ini tidak sulit untuk kita jumpai di sekeliling kita jika kamu belum memiliki pick up atau truk sendiri.

6. Katering Sehat

Katering Sehat

bisnisukm.com

Katering adalah salah satu bentuk bisnis yang sudah ada sejak dahulu kala dan umum di masyarakat. Saking umumnya, mungkin ada beberapa dari kamu yang memiliki saudara atau teman yang sedang menjalankan bisnis ini.

Inovasi kreatis dari itu, Kamu juga bisa membuka bisnis katering non-konvensional. Katering sehat adalah salah satu contohnya. Makanan yang disediakan katering sehat biasanya disesuaikan dengan kebutuhan gizi pelanggannya.

Contohnya, Ada seseorang yang melakukan penggemukan badan akan ditawarkan menu-menu dengan kandungan gizi yang membantu penggemukan badan. Oleh karena itu, bisnis ini mengharuskan Kamu untuk memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kondisi kesehatan dan gizi makanan.

Jika tidak, Kamu perlu bekerjasama dengan ahli gizi. Katering jenis ini memang sedang digandrungi di kota-kota besar. Gorry Gourmet, contohnya, adalah jasa katering sehat asal Jakarta yang menyediakan menu untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk diabetes dan kanker. Walau demikian, pasar katering sehat belum begitu ramai di daerah-daerah lain. Ini adalah saat yang tepat bagi kamu untuk menjadi seorang pelopor.

7. Toko Bunga

toko bunga

enakbunnga.com

Apakah kamu suka merawat tanaman berbunga? Jika ya, membuka usaha toko bunga bisa menjadi ide peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya sekedar menjual bunga, tetapi juga mendesain dan merangkai buket untuk berbagai keperluan.

Meski jasa ini bisa kita ditemukan di mana-mana, Namun permintaan buket tidak pernah berkurang. Apalagi ketika musim wisuda, penikahan . Dijamin bisnis Kamu akan dibanjiri pelanggan.

Namun, hanya memanfaatkan momen-momen seperti itu tidaklah cukup. kamu juga perlu memperluas cakupan usaha Kamu melalui media online IG, Fb Tiktok dan masih banyak lagi, seperti Meme Florist yang menerima pengiriman ke berbagai daerah.

Ditambah dengan jenis buket custom atau papan bunga yang disesuaikan untuk berbagai acara, bisnis ini akan mendatangkan banyak pelanggan.

8. Penyewaan Perlengkapan Fotografi

Penyewaan Perlengkapan Fotografi

nyewain.com

usaha penyewaan kamera atau perlengkapan fotografi memang bukan merupakan hal baru dalam dunia bisnis. Akan tetapi, belum banyak orang yang melakoni usaha penyewaan kamera ini di luar kota-kota besar.

Padahal, kini adalah moment yang tepat untuk memulainya. Mengapa?ada dua alasan untuk menjawabnya.

Pertama, kebutuhan fotografi zaman now, terutama kaum millenial, meningkat berkat platform-platform media sosial yang terpusat pada konten visual.

Meskipun sekarang sudah banyak ponsel pintar canggih yang dilengkapi dengan fasilitas pengambilan gambar yang canggih, kamera DSLR maupun mirrorless tetap menawarkan hasil yang terbaik.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang tertarik untuk memilikinya. Akan tetapi, harga peralatan fotografi tidaklah murah bagi kebanyakan orang. Bahkan, tak sedikit penyedia jasa fotografi yang menyewa perlengkapan fotografinya untuk bekerja.

Kedua, kondisi di atas bisa menjadi alasan mengapa penyewaan perlengkapan fotografi merupakan ide peluang bisnis yang menjanjikan.

Jika kamu tertarik untuk menggelutinya, pertama-tama Kamu harus mempertimbangkan matang-matang peralatan apa saja yang umumnya dicari oleh fotografer & individu yang ingin belajar fotografi.

Hal ini penting karena ada banyak sekali jenis kamera, lensa, dan aksesoris yang banyak di jumpai di pasaran terutama pasar online. Tentunya Kamu tidak ingin menyewakan barang yang tidak diminati atau dibutuhkan oleh khalayak ramai. Selain itu, ada baiknya jika kamu merekrut teknisi kamera untuk memastikan bahwa peralatan yang disewakan berada dalam kondisi prima.

9. Jasa Pembuatan Konten Media Sosial

jasa pembuatan konten sosmed

project.co.id

Sekarang ini banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial untuk promosi, selain TV dan banner. Persoalannya  tidak semua bisnis memiliki staf khusus yang bertugas untuk membuat konten untuk akun media sosialnya.

Inilah alasan mengapa jasa pembuatan konten media sosial sangat cocok dijadikan peluang usaha potensial dan terlaris dewasa ini. Namun, tidak sembarang orang mampu melakoni ide bisnis ini.

Selain harus mampu membuat konten visual, baik gambar maupun video, Kamu juga harus memiliki beberapa kemampuan lain, termasuk dalam kiat-kiat pemasaran di media sosial. Diantaranya adalah mengenali kompetitor dan jenis-jenis audiens bisnis milik klien.

Mempelajari tentang latar belakang pangsa pasar klien sangatlah penting yang nantinya digunakan sebagai dasar pembuatan konten yang tepat sasaran. Tanpa melakukannya, Kamu tidak hanya akan kesulitan dalam menentukan model konten yang sesuai, tetapi juga hasilnya akan kurang maksimal.

Tapi tenang aja, di zaman informasi ini, kamu akan sangat terbantu untuk mempelajarinya, mulai dari membaca di website, belajar dari kompetitor, kurusus dan lain sebagainya.

10. Produk Daur Ulang

barang bekas

dbs.com

Seperti yang telah kita ketahui, sampah sudah menjadi masalah lingkungan yang serius. Padahal, ada banyak sekali jenis sampah dan limbah produksi yang masih dapat dikreasikan menjadi produk kreatifitas lain. Seperti kaleng aneka plastik, minuman, kardus, koran bekas dan masih banyak lagi.

Ada banyak produk daur ulang yang dapat dihasilkan dari beragam jenis sampah tersebut. Kita pun tidak harus mendaur ulangnya menjadi produk yang sama. Dari sebuah hasil daur ulang, Kita bisa menciptakan barang-barang baru seperti kerajinan tangan.

Aplikasi scavenger Merupakan Salah satu contoh ide bisnis daur ulang yang bisa Kamu jadikan sebagai inspirasi. Model usaha ini menyulap berbagai jenis kertas bekas menjadi kartu nama, amplop, dan bahkan lampion tali.

Dalam mengumpulkan bahan daur ulang Bardiju tidak hanya mencari sendiri, tetapi juga menerima donasi beragam kertas bekas diantaranya melui aplikasi tersebut. Menarik bukan?

Selain membantu orang lain, ide bisnis ini bisa Anda contoh untuk meningkatkan kesadaran orang akan perlunya gaya hidup daur ulang.

11. Usaha Roti dan Kue

roti dan kue

jabar.tribunnews.com

Mungkin Kamu akan bertanya, “mengapa roti dan kue termasuk ide bisnis unik & kreatif?”  Meskipun sudah banyak usaha roti dan kue bakery yang memiliki brand ternama, nyatanya ada banyak sekali kreasi baru yang dapat Kita ciptakan, Kuncinya adalah kreatifitas.

Babe Bakery, misalnya. Usaha roti bakery asal Jakarta ini menawarkan beragam pilihan roti tanpa pengawet dan bisa menjadi ide peluang usaha yang potensial.

12. Camilan Unik dan kreatif

camilan kreatif & unik

indonesian.alibaba.com

Bisnis camilan unik memang terkesan umum, karena sering kita jumpai baik itu di pasar, toko, maupun di pinggir jalan, tetapi selalu ada hal baru yang bisa kita lakukan agar beda dari produsen lainnya. Coba saja Anda perhatikan.

Dari tahun ke tahun pasti ada saja jenis camilan unik yang menjadi populer. Salah satu contohnya adalah berbagai camilan dengan bumbu rasa telur asin yang digemari masyarakat beberapa tahun belakangan.

Bahkan, salah satu brand produsen makanan ringan tersebut, Irvins Salted Egg, telah dikenal di pasar Asia Tenggara.  Seperti contoh tersebut, Anda tidak harus menciptakan ide cemilan yang sepenuhnya baru agar beda dari yang lain.

Camilan yang unik bisa saja merupakan inovasi dari makanan lain yang sudah ada. Selain mudah dilakukan, ide bisnis ini bisa dilakukan siapa saja tanpa mengganggu aktivitas utama. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikannya pekerjaan sampingan.

13. Penyewaan Perlengkapan Bayi

Penyewaan Perlengkapan Bayi

umkm.momsharing.id

Bagi yang sudah berkeluarga pastinya tahu berapa biaya yang diperlukan untuk keperluan bayi Anda. Beragam kebutuhan pokok, seperti pakaian, konsumsi, dan kesehatan sudah memakan banyak biaya.

Di samping itu, Anda juga memerlukan berbagai fasilitas seperti tempat tidur, kereta bayi, dan mainan untuk menjamin kenyamanan dan kebahagiaan si buah hati. Akan tetapi, semua barang tersebut tidak akan digunakan lagi setelah anak Anda bertambah usia. Tak jarang juga anak-anak yang cepat bosan dengan hiburannya.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang tua yang berharap bisa menyewa fasilitas-fasilitas untuk buah hatinya daripada harus membeli. Dari sinilah ide penyewaan perlengkapan bayi muncul. Jika ingin berbisnis, gagasan ini bisa Anda coba, terutama karena belum banyak yang melakukannya.

Salah satu contoh yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi adalah Babyloania. Jasa penyewaan perlengkapan bayi online ini dimulai dengan hanya beberapa fasilitas milik pendirinya yang sudah tidak digunakan lagi. Namun, lambat laun layanan ini menyediakan beragam pilihan produk, termasuk fasilitas ibu hamil dan menyusui.

14. Penyewaan Kostum

Penyewaan Kostum

sewakostumku.com

Ketika membicarakan acara dengan dresscode kostum, mungkin yang ada di benak Anda adalah pesta anak-anak. Akan tetapi, sekarang tidak jarang juga acara-acara seperti perayaan ulang tahun hingga pesta perusahaan yang menggunakan kostum.

Selain itu, ada pula hari-hari tertentu yang biasanya dirayakan dengan mengenakan kostum yang merepresentasikan momen tersebut. Di hari pahlawan, misalnya, berbagai instansi biasanya mengajak para stafnya untuk memakai kostum tentara, dokter, pahlawan nasional, bahkan pakaian adat.

Akan tetapi, ternyata banyak orang yang mengaku kesulitan untuk menemukan tempat yang menjual busana-busana tersebut. Tak hanya itu, beberapa kostum, seperti pakaian daerah dan kostum pesta umumnya dibanderol dengan harga yang tidak murah.

Hal ini bisa menjadi alasan bagi Anda untuk membuka sebuah usaha penyewaan kostum. Ditambah lagi, belum banyak bisnis serupa yang melayani pelanggan secara online. Mekanisme bisnis penyewaan kostum pun tidak jauh berbeda dengan peminjaman barang lainnya seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya.

Bagi yang baru memulai dan tidak bermodal besar, Anda bisa menawarkan kostum untuk satu target pemasaran terlebih dahulu. Anak-anak misalnya. Seiring berkembangnya usaha Anda dan pendapatannya, Anda dapat menambah inventori dengan kostum untuk orang dewasa dan berbagai jenis acara.

15.Usaha Rental Mobil

usaha rental mobil

frith-trans.com

Bisnis sewa mobil mungkin sudah banyak Anda temui. Modal awal yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Jadi, Anda mungkin tidak begitu tertarik mencobanya.

Namun, Anda bisa mengambil inspirasi dari Aldi Febian Mahabian, seorang pengusaha rental mobil. Cerita pebisnis ini menunjukkan bahwa untuk memulai bisnis, kreativitas merupakan faktor kunci, tidak melulu modal.

Saat itu sebagai sopir mobil rental, ia menemukan peluang usaha bahwa masyarakat menginginkan seorang sopir yang berpenampilan baik dan berwawasan luas. Menggunakan Twitter, ia mulai mempromosikan “jasa sewa driver good looking”.

Lambat laun, kliennya semakin banyak. Dengan sistem bagi hasil, bisnisnya semakin berkembang. Penghasilan yang ia terima tiap bulan pun bisa mencapai hingga Rp78 juta. Bisnis rental mobil ini terbukti tidak hanya bisa dilakukan offline saja, namun bisa secara online seperti yang ditunjukkan oleh drive.id.

16. Usaha Potong Rambut

Usaha Potong Rambut

matahidup.com

Anda pernah melihat acara “The Cuts Indonesia” yang tayang di TV? Sebuah acara untuk mencari penata rambut terbaik. Acara tersebut menunjukkan bahwa seni penataan rambut sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat saat ini.

Bagi pebisnis, ini adalah peluang usaha yang bisa dikembangkan. Untuk memulai bisnis ini pun tidak diperlukan modal yang besar. Misalnya, Nikasius Dirgahayu hanya butuh Rp.2 juta saja ketika membangun Nick The Barbership. Modal tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan potong rambut, perabotan pendukung dan biaya promosi awal.

Omzet yang didapat dari usahanya itu kini telah lebih dari Rp.15 juta/bulan.Jika Anda memiliki tempat di rumah yang bisa dimanfaatkan, Anda tidak perlu menyewa ruko. Artinya bisnis ini bisa jadi bisnis rumahan.

17. Suvenir Pernikahan Custom

Suvenir Pernikahan Custom

cepetnikah.com

Bagi yang sering diundang ke pesta pernikahan, Anda mungkin merasa suvenir yang diberikan kepada para tamu memiliki desain yang kurang variatif. Ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulai bisnis suvenir pernikahan yang tidak biasa, seperti Biebite Gift.

Selain menyediakan berbagai jenis cinderamata unik seperti pouch earphone dan bingkai foto, produsen tersebut juga menerima jasa kustomisasi suvenir pernikahan — tentunya dengan kisaran harga per produk dan batas minimal pesanan yang telah ditentukan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: