37+ FILM HOROR TERBAIK dan Terseram Sepanjang Masa, Jangan Nonton Sendiri!

Film horor adalah film yang berusaha untuk memancing emosi berupa ketakutan dan rasa ngeri dari penontonnya. Alur cerita mereka sering melibatkan tema-tema kematian, supranatural, atau penyakit mental. Banyak cerita film horor yang berpusat pada sebuah tokoh antagonis tertentu yang jahat.

Film Horor Terseram & Terbaik Sepanjang Masa

Film Paling Horor sepanjang masa

keepo.me

Film horor terseram dan terbaik itu tidak hanya bisa bikin kita menjerit ketakutan saat menontonnya. Agar suatu film bisa disebut karya horor terbaik atau paling menyeramkan, film itu juga harus dapat diingat oleh penontonnya dalam waktu lama.

Meskipun kita udah lama nontonnya, kita pasti bakal bergidik ngeri atau merasa nggak nyaman jika mengingat apa yang disuguhkan oleh film horor tersebut.

Itulah hal-hal yang menjadikan kami patokan utama saat menyusun daftar film horor terbaik. Mungkin Anda punya pendapat lain soal film yang pantas dimasukkan dalam daftar film horor terbaik sepanjang masa.

Tapi misi utama yang kami usung saat menulis artikel ini yaitu biar Anda bisa mendapatkan referensi soal film horor. Semoga film-film ini sesuai dengan selera Anda.

1. Ju-On (2000)

Anda pasti pernah dengar legenda urban seputar rumah angker tanpa penghuni. Lalu bagaimana jika legenda urban tentang rumah angker digabungkan dengan kutukan yang bisa membuat orang yang memasukinya akan mati?

Ju-On juga memanfaatkan hantu perempuan untuk membuat penontonnya was-was. Tapi tidak cuma punya penampakan yang menyeramkan, suara yang keluar dari mulutnya pun sama-sama bikin merinding.

Ju-On udah punya banyak sekuel, tapi saya merekomenasikan empat film pertamanya yang disutradarai Takashi Shimizu;

  • Ju-on: The Curse,
  • Ju-on: The Curse 2 (2000),
  • Ju-on: The Grudge (2002) dan
  • Ju-on: The Grudge 2 (2003).

2. What Lies Beneath (2000)

Michelle Pfeiffer dan Harrison Ford membintangi thriller mendebarkan tentang persidangan sebuah pernikahan dan hantu-hantu dari masa lalu pun kembali untuk menghantui mereka. Bahkan ketampanan Harrison Ford tak bisa menyelamatkan kita dari rasa takut di film ini.

3. THE OTHERS (2001)

Nicole Kidman tampil sempurna dalam film horor yang dirilis tahun 2001 ini. Dalam film ini ia berperan sebagai seorang ibu yang memiliki dua orang anak. Ia dan kedua anaknya tinggal di sebuah rumah tua.

Suasana makin mencekam ketika ia sadar tak hanya dirinya yang tinggal dalam rumah tersebut. Ia merasa ada makhluk lain yang juga tinggal bersamanya.

4. Session 9 (2001)

Sekelompok pekerja pembersih asbes mendapat proyek baru yang berlokasi di rumah sakit jiwa yang telah lama tak dihuni.

Penduduk lokal di sekitar area, entah bagaimana, tahu bahwa mereka harus menjaga jarak dengan bangunan dan tanah yang sudah lama rusak itu.

Jadi ketika para pekerja tersebut menemukan rekaman lama dari sesi perawatan seorang pasien, keadaan mulai jadi lebih menyeramkan.

5. The Devil’s Backbone (2001)

Film Guillermo del Toro ini berlatar tahun 1939 di Spanyol, mendekati masa berakhirnya perang sipil yang berlangsung selama tiga tahun.

Seorang anak laki-laki dikirim ke rumah yatim piatu terpencil setelah kematian ayahnya, dan bertemu seorang perawat yang senang dengan kekerasan – lalu hantu anak laki-laki pun muncul.

6. The Ring (2002)

Film ini merupakan salah satu remake Amerika dari film horor Jepang yang original. Naomi Watts memerankan seorang jurnalis yang menginvestigasi rekaman video terkutuk.

Siapapun yang menonton rekaman tersebut, yang menampilkan serial gambar super menakutkan, akan mati tujuh hari kemudian. Good luck!

7. Ghost Ship (2002)

Sejujurnya, dari judulnya saja sudah jelas, bahwa ini adalah kapal penuh hantu. Dan bahkan kapal ini sendiri merupakan hantu?

Cerita dimulai ketika sekelompok manusia membuat kesalahan saat menaiki kapal, dan beberapa hal menakutkan mulai terjadi karena sepertinya, para sekelompok sosok yang tak bisa mati tak menyukai kehadiran pengunjung asing yang mengganggu aktivitas laut berhantu mereka.

8. A Tale of Two Sisters (2003)

 

Film dibuka dengan karakter utamanya yang kembali pulang ke rumah dari rumah sakit jiwa. Di rumah itulah kemudian dia diperkenalkan dengan teror yang akan menemaninya sepanjang film.

ibu tiri yang kejam, hantu ibu kandungnya, dan masa lalu yang kelam dari keluarganya. Untuk sisanya, Anda harus tonton sendiri filmnya buat membuktikan apa yang hendak ditawarkan oleh sutradara Kim Jee-Won.

9. SHAUN OF THE DEAD (2004)

Nonton film di saat halloween dibumbui dengan adegan komedi bisa jadi bakal bikin Anda lebih fun nih. Contohnya film SHAUN OF THE DEAD yang dibintangi oleh Simon Pegg dan Nick Frost nih.

Kalau nonton film ini siap-siap Anda lihat bagaimana mereka harus bertahan hidup ketika sekelompok mayat hidup menyerang dan ingin memakan manusia.

10. Noroi: The Curse (2005)

 

Plot dari film yang mengusung gaya mockumentary ini nggak gampang buat dijelaskan, ceritanya kompleks banget. Singkatnya sih, kamu bakal dikenalkan dengan ahli supranatural yang tengah membuat film dokumenter.

Di sepanjang perjalanannya saat membuat film itulah dia bertemu dengan bocah perempuan yang punya indera keenam, pria aneh yang memakai pakaian berbahan kertas minyak, dan (iblis) Kagutaba.

11. The Descent (2006)

The Descent digarap oleh Neil Marshall yang mengubah keseruan menyusuri gua menjadi pengalaman menyakitkan.

Para wanita yang menjadi tokoh utama film ini harus bertahan hidup, tidak hanya dari kondisi alam yang mengancam, tetapi juga adanya serangan dari penghuni-penghuni liar yang tinggal di dalam gua.

12. Rec (2007)

Banyak film horor suka banget menggunakan nasib apes karakternya sebagai pembuka cerita. Pola yang sama juga ada di Rec, film asal Spanyol yang berformat found footage.

Gimana nasib mereka nggak apes coba, karakter utamanya harus terjebak di dalam apartemen yang dikarantina karena penghuninya terjangkit wabah zombie.

Karena latar tempatnya yang berupa apartemen terisolasi, Rec lebih mengandalkan atmosfer klaustrofobia.

13. El Orphanage (2007)

Dibanding film horor barat lain yang penuh adegan berdarah-darah, El Orfanato bisa menjadi pengecualian.

Film yang diproduseri oleh Guillermo del Toro ini menyajikan sebuah twist yang cukup mengusik penonton.

Laura si karakter utama mengalami berbagai hal mengerikan ketika ia mencari anaknya yang hilang. Kelak ia akan bertemu dengan anak-anak misterius yang wajahnya disembunyikan topeng.

14. Inside (2007)

Inside adalah film horor barat dari Prancis garapan Alexandre Bustillo dan Julien Maury. Menceritakan tentang seorang ibu yang berusaha mempertahankan janin di perutnya dari perempuan asing yang berupaya menggunting perutnya pada malam natal.

Untungnya, film ini hanya berdurasi 80 menit. Jadi Anda gak terlalu lama menyaksikan berbagai scene horor di film Inside.

15. LET THE RIGHT ONE IN (2008)

 

Film berisi kisah tentang hubungan antara bocah laki-laki yang jadi korban perisakan dan vampir perempuan. Malahan film ini memang berfokus pada hubungan mereka.

Bagaimana jika bocah yang kesepian akhirnya mendapat teman seorang vampir yang haus darah? Itu bukanlah suatu hubungan yang normal.

Sekalinya bocah tersebut dirisak oleh anak-anak nakal, apa yang bakal dilakukan oleh si vampir sahabatnya itu? Jawabannya, sesuatu yang nggak mungkin bakal dilakukan manusia.

Let the Right One In cocok buat Anda yang suka akan film dengan kerumitan karakteristik para karakter utamanya.

16. The Uninvited (2009)

Setelah Anna dan Alex kehilangan ibunya, ayah mereka dengan cepat jatuh hati pada Rachel – mantan perawat sang ibu.

Namun sesuatu terasa salah tentang Rachel, dan ketika kedua bersaudara tersebut diteror oleh penampakan hantu, mereka mulai menggali masa lalu Rachel yang mencurigakan. Film ini terasa seperti ibu tiri yang jahat.

17. ZOMBIELAND (2009)

Film yang mengambil tema zombie nggak akan pernah bosan untuk dilihat. Tema zombie juga masih menjadi pilihan film yang cocok saat halloween tiba.

Bagaimana tegangnya dikejar oleh puluhan bahkan ratusan zombie jadi bikin suasana halloween makin menegangkan.

18. Insidious (2010)

Sutradara di balik film horor legendaris Saw menggarap Insidious yang pelan-pelan membakar api ketakutan kita. Patrick Wilson dan Rose Byrne memerankan orangtua yang anaknya terjatuh koma, lalu dirasuki oleh arwah jahat.

19. The Cabin in the Woods (2011)

The Cabin in the Woods menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang tengah berlibur ke sebuah kabin di tengah hutan. Suasana yang sebelumnya tampak bahagia tiba-tiba mendadak berubah menjadi penuh ketakutan.

Sebab, salah satu mahasiswa tersebut tak sengaja membaca mantra di buku harian Patience Buckner. Mantra itu ternyata membangkitkan keluarga Bunkers yang telah mati lalu hidup kembali seperti zombie.

20. The Woman in Black (2012)

Seorang duda muda yang berupaya menyelamatkan karier hukumnya, setuju untuk mencari mansion terpencil di sebuah desa terisolasi meski telah diperingati warga lokal untuk tak mengusiknya.

Saat ia menginvestigasi rumah tua tersebut, kekuatan supernatural dan hantu seorang perempuan mengancam nyawanya, bahkan juga mengancam keluarganya yang telah terpecah.

21. Lovely Molly (2012)

Lovely Molly adalah salah satu film horor terbaik sepanjang masa yang kengeriannya bisa menandingi film The Blair Witch Project.

Ceritanya tentang kisah seorang pengantin perempuan yang hidupnya terjerat oleh iblis bertanduk. Berbagai scene mengerikan dalam film ini bisa bikin Anda mimpi buruk.

22. THE CONJURING (2013)

The Conjuring merupakan film horor modern yang bagus, saking bagusnya hingga menginspirasi film-film mendatang lain seperti serial Conjurings, serial Annabelle, The Nun dan masih banyak lagi.

The Conjuring terinspirasi dari pasangan investigator paranormal di kehidupan nyata, Ed dan Lorraine Warren yang menolong sebuah keluarga yang merasa rumahnya dihantui sesuatu.

23. Mama (2013)

Setelah dua gadis muda ditinggalkan sendirian di sebuah kabin hutan, mereka kemudian dijemput dan dirawat oleh paman mereka serta istrinya.

Sebelumnya, dua gadis muda ini benar-benar hidup sendirian selama lima tahun, dan hanya dilindungi oleh sosok “Mama” yang misterius. Ternyata, sang Mama tersebut memutuskan untuk mengikuti dua gadis ini ke rumah baru mereka.

24. The Babadook (2014)

The Babadook digarap oleh Jennifer Kent, sutradara asal Australia, yang namanya mencuat dari film pendek berjudul Monster. Dalam film The Babadook, Jennifer Kent, seolah ingin mengungkapkan bahwa ada monster di setiap diri kita yang mewujud dalam tindakan kejam dan culas.

25. Starry Eyes (2014)

Jika Anda sanggup menyaksikan hal-hal brutal dalam film Martyrs, Starry Eyes layak untuk dijadikan pilihan selanjutnya.

Film horor Hollywood terbaik ini bercerita tentang Sarah, gadis ambisius yang mau melakukan apa saja demi impiannya menjadi bintang film ternama.

Lambat laut ia bertransformasi menjadi sosok baru dan Anda harus bersiap untuk menangkal segala keseramannya bahkan setelah film ini usai.

26. 31 (2015)

 

Zombie sendiri memiliki karir dalam film horor, berjudul ‘House of 1.000 Corpses’, ‘The Devil’s Rejects’, ‘El Superbeasto’, ‘Halloween’, ‘Halloween II’, dan ‘Lords of Salem’. Kali ini di aakan muncul bersama film berjudul ’31’. Ikonik film ini berupa badut yang sangat mengerikan.

Sebuah informasi mengungkapkan bahwa film ini bakal resmi dirilis pada 31 Oktober, tepat di malam Halloween.

Hingga kini tidak ada list para pemain dan cerita, yang jelas film ini hanya di tujukan pada mereka yang benar-benar berani. “For the hardcore fans who want it nasty and brutal,” ujar Zombie.

27. The Witch (2016)

The Witch mengambil setting di saat tahun 1600-an di Amerika Serikat, dengan keluarga pendatang dari Inggris mengambil posisi sebagai karakter utamanya.

Untuk ceritanya sendiri, well, apa judul filmnya mengingatkan kamu tentang sesuatu? Ya, film ini mengandung unsur dongeng tentang penyihir sebagai penggerak cerita.

Tapi Anda pasti nggak bakalan nyangka siapa sebenarnya sosok penyihir di film ini. Biarkan itu jadi kejutan untuk Anda. Selamat menonton.

28. Under the Shadow (2016)

Film yang menyeramkan ini bukan berasal dari penampakan hantu (jin) yang mengganggu keluarga si tokoh utama. Malahan dia nggak begitu seram.

Faktor yang bikin Under the Shadow layak masuk daftar film horor terbaik itu lebih bersumber dari tensi yang dibangun hampir sepanjang ¾ durasi film.

Settingnya yang terjadi pada masa perang antara Iraq-Iran dimanfaatkan dengan maksimal untuk membangun tensi tersebut.

Melihat gimana misil raksasa tiba-tiba menerobos masuk lewat langit-langit apartemen, atau gimana sang karakter ibu terus dibuat waspada ketika anaknya diganggu jin yang nggak bisa dilihatnya, buat saya itulah horor sesungguhnya dari film ini.

29. GET OUT (2017)

Film ini dibintangi oleh Daniel Kaluuya dan bercerita tentang perbudakan cara baru yang dilakukan oleh keluarga Armitage terhadap orang-orang berkulit hitam.

Get Out bukan sekadar film thriller biasa, karena mengungkapkan bahwa kultur rasisme masih berlanjut bahkan semakin memanas meski Amerika telah berada di era post-racial.

30. A QUITE PLACE (2018)

A Quite Place memang tidak bertema soal hantu, tapi film ini bisa memberikan efek menegangkan bagi penonton. Film ini menceritakan sebuah keluarga yang berupaya bertahan hidup dari serangan monster yang sensitif dengan suara.

31. The Nun (2018)

Kita pertama kali diperkenalkan dengan The Nun pada The Conjuring 2, dan ia sangat amat menyeramkan sampai ia punya film sendiri.

Tapi sebagai penjelasan, The Nun sendiri bukanlah hantu – ia itu iblis, jadi jangan tertukar. Tapi, ada banyak hantu dalam film ini dan mereka tak main-main dengan kemampuan menghantui mereka.

32. Suspiria (2018)

Versi remake dari film klasik tahun 1977 adalah tentang seorang penari balet yang terlibat dalam sebuah konspirasi supernatural, dan versi tahun 2018 yang dibintangi Dakota Johnson dan Tilda Swinton ini, jujur, butuh lebih BANYAK kemampuan otak untuk memprosesnya.

Tapi jika film ini saja bisa membuat para bintangnya trauma. Dakota bilang “film ini mengacaukan saya sampai saya harus pergi ke terapi”.

33. Brightburn (2019)

Berkisah tentang seorang bocah yang berasal bukan dari planet Bumi, dia terjatuh di Bumi dan tinggal sebagai manusia di Bumi.

Alih-alih menjadi seorang superhero (karena biasanya seorang yang berasal bukan dari Bumi identik dengan hal superhero), selama di Bumi bocah itu seperti melihat atau merasakan aura-aura spiritual jahat yang ada di Bumi.

Menggabungkan genre drama, scifi, dan horor, film ini sangat patut untuk kita tonton sebagai sajian baru dalam menikmati film horor.

34. Child’s Play (2019)

Film ini juga adalah reebot dari film terdahulunya dengan judul yang sama pada tahun 1988. Bercerita seorang ibu yang memberikan hadiah ulang tahun berupa boneka lucu kepada anaknya, boneka yang terlihat biasa-biasa saja itu, berubah menjadi sebuah teror bagi keluarga tersebut.

Film inilah yang membuat karakter Boneka Chucky menjadi terkenal. Buat yang phobia sama boneka, siap-siap gak bisa tidur kalau nonton film ini.

Baa juga : 17+ Situs & Aplikasi Nonton Film Bioskop Streaming Online Gratis Terbaru 2020

35. Velvet Buzzsaw (2019)

Film garapan Netflix ini bercerita tentang kritikus seni yang jadi terobsesi dengan karya seorang pria yang sudah mati. Ketika karya seni tersebut diambil tanpa izin dari rumah pria yang sudah mati tersebut, orang-orang mulai meninggal secara sadis.

36. Brahms: The Boy II (2020)

Katie memerankan seorang ibu yang baru saja pindah dengan keluarganya ke sebuah guest house, yang tak ia tahu berhantu.

Anak laki-lakinya berteman dengan sebuah boneka yang tampak hidup dan menakutkan bernama Brahms, yang mulai meneror keluarga ini. Kalau Anda tak pernah takut dengan boneka, maka film ini akan mengubah pandanganmu.

37. THE EMPTY MAN (2020)

Film ini berkisah tentang jejak seorang gadis yang hilang. Seorang mantan perwira polisi, yang menyaksikan kematian istri dan putranya yang kejam, menemukan sebuah kelompok rahasia yang berusaha memanggil entitas gaib yang menakutkan.

Bagaimana? Sudah siap menonton 37 film horor terbaik sepanjang masa di atas. Kalau takut menonton sendirian, Anda bisa mengajak teman agar bisa bersama-sama menikmati cerita film horor terbaik di atas. Selamat menonton!

Leave a Reply

%d bloggers like this: