√ Bacaan Doa Sapu Jagat, Doa yang Sering di baca Nabi SAW | Latin dan artinya

Doa apa yang sering diamalkan oleh Rasulullah SAW? Doa tersebut adalah doa sapu jagat. Disebut dengan doa sapu jagat karena doa ini mengandung permohonan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Nah, bagi kalian yang ingin mempelajari lebih dalam tentang doa sapu jagat bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

Bacaan Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat

twitter.com

Doa diartikan salah satu ibadah yang dapat dilakukan oleh kaum umat muslim untuk memohon atau meminta pertolongan dari Allah SWT. Ada banyak doa yang di ajarkan Rasulullah SAW, yang dimana salah satunya yaitu doa sapu jagat.

Doa Sapu Jagat merupakan doa yang paling singkat akan tetapi memiliki makna yang luar biasa. Disebut dia sapu jagat ini karena terdapat kandungan permohonan kebaikan baik itu di dunia serta di akhirat serta perlindungan dari siksa api neraka.

Kenapa disebut doa sapu jagat?

Karena doa sapu jagat ini mencakup banyak doa kebaikan dunia dan akhirat dalam doa yang singkat, tidak terlalu panjang Namun kaya akan isinya

Doa Sapu Jagat adalah Doa yang Disukai Rasulullah

Doa yang Disukai Rasulullah

islam.nu.or.id

Tahukah Anda jika Rasulullah SAW. sangat menyukai doa yang singkat tapi mempunyai banyak makna di dalamnya. Doa ini disebut juga dengan sebutan doa sapu jagat. Seperti halnya yang di jelaskan di dalam hadits, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha  mengatakan :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

Artinya :
“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyukai doa-doa yang singkat dan padat maknanya, dan meninggalkan selain itu.”

Dan juga sudah diriwayatkan pula oleh Anas bin Malik radhiyallahu’anhu mengatakan:

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya :

“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam adalah Allahumma Aatinaa fid Dunyaa Hasanah, wa fil Aakhiroti Hasanah, wa Qinaa ‘Adzaaban Naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa Neraka)”.

Bacaan Doa Sapu Jagat pendek dan Artinya

bacaan doa sapu jagat pendek

Doa sapu jagat ini memiliki banyak keutamaan yang terkandung didalamnya yang mencangkup kebaikan dunia ataupun kebaikan akhirat serta juga memohon perlindungan dari siksa api neraka.

Bacaan doa sapu jagat Arab;

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan doa sapu jagat Latin;

“Rabbana atina fid-dun-ya ḥasanataw wa fil-akhirati ḥasanataw wa qina ‘ażaban-nar”

Arti Bacaan Doa Sapu Jagat

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia ini, dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa api neraka.”

Simak juga artikel kami tentang : Bacaan Doa Qunut Subuh, Nazilah, dan Qunut Lengkap beserta latin dan artinya.

Bacaan Doa Sapu Jagat Panjang

Berikut merupakan bacaan doa sapu jagat versi panjang, Doa mohon kepada Allah kebaikan, keselamatan dunia dan akhirat

Bacaan doa sapu jagat panjang

Bacaan Doa Sapu Jagat Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan Doa Sapu Jagat Latin

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut.”

“Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab.”

Arti Bacaan Doa Sapu Jagat

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Doa Agar Anak sholeh, Sholeha

Keistimewaan Doa Sapu Jagat

1) Meminta Kebaikan Dunia.

Kebaikan Dunia.

suara.com

Keistimewaan yang pertama dari  doa sapu jagat ini yaitu meminta kebaikan Dunia. Menurut Ibnu Katsir Rahimahumullah maksud dari kebaikan dunia disini merupakan :

  • Nikmat sehat,
  • Rumah yang lapang,
  • Rezeki yang luas,
  • Ilmu yang bermanfaat,
  • Istri atau suami sholeh yang penuh kebaikan,
  • Kendaraan yang menyenangkan,
  • Amal Shaleh
  • Pujian yang baik, serta
  • Kebaikan-kebaikan lainnya.

2) Meminta Kebaikan Akhirat.

Meminta Kebaikan Akhirat.

yufidia.com

Kebaikan akhirat yang paling utama dalam doa Sapu Jagat ini adalah menjadi salah satu dari penghuni surga. Selain itu, bagi yang sering mengamalkan doa Sapu Jagat ini dapat mempermudahkan kita dalam perhitungan amal akhirat nantinya.

3) Meminta Perlindungan dari Siksa Neraka.

Meminta Perlindungan dari Siksa Neraka.

gyannara.id

Doa sapu JagaT ini mempunyai arti perlindungan diri dari siksa Api Neraka. Maksud dari Perlindugan disini yaitu permohonan kepada Allah SWT. untuk dilindungi dari siksa api neraka serta dijauhkan dari perbuatan buruk yang menjerumuskan ke dalam siks api neraka.

Doa dan Amalan Agar Lekas Sembuh dari Penyakit

Waktu Pengamalan Doa Sapu Jagat Terbaik 

waktu mengamalkan doa sapu jagat

slampos.com

Ada waktu-waktu yang memiliki keistimewaan tersendiri untuk mengerjakan suatu amalan, seperti; sholat malam, puasa senin kamis, puasa rajab dan sebgainya

Begitu juga dengan pengamalan doa sapu jagat ini, dimana doa yang kita lantunkan seperti anak panah yang melesat dari busurnya.

Berikut diantara beberapa waktu mustajab untuk mengamalkan doa sapu jagat;

1. Selesai Sholat Wajib & Sholat Sunnah

Hadits #1467

وَعَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:اللَّهُمَّ آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa doa yang paling sering dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah,

“ALLOHUMMA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR. (Artinya: Ya Allah, karuniakan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka).”

(Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, 8:187-188; Muslim, no. 2690]

Seperti hadits diatas, Doa sapu jagat termasuk doa yang paling sering dibaca oleh nabi, Oleh sebab itu membacanya setelah melakukan sholat wajib dan setelah sholat sunnah adalah waktu terbaik untuk membacanya

2. Sepertiga malam Terakhir

Seperti yang kita tahu bersama sepertiga malam adalah waktu yang baik untuk memanjatkan doa-doa kita termasuk doa sapu jagat

Oleh sebab itu doa ini akan lebih istimewa dengan membacanya setelah melakukan sholat sunnah di sepertiga malam

3. Sebelum salam Akhir sholat

Pendapat ini dikuatkan dengan (HR. Abu Daud no. 1522. ) yang tersiratkan waktu baik untuk berdoa adalah sebelum salam terakhir dalam sholat

Nah, itu tadi pembahasan tentang doa Sapu Jagat beserta keistimewaanya. Yuk, kita amalkan doa Sapu jagat ini…

Leave a Reply

%d bloggers like this: