7 Doa dan Amalan Rasulullah Agar lekas sembuh untuk orang sakit dan sembuh dari penyakit

gambar orang sakit kartun

From : fiqhmenjawab.netDi dalam islam kita di ajari untuk saling menyayangi sesama umat manusia, Ikatan silahturahmi sesama saudara harus selalu kita pupuk. Manusia hidup di dunia layaknya roda yang berputar kadang kita diuji dengan sakit kadang diuji dengan kesehatan.

Doa Minta Kesembuhan untuk orang sakit

Hal ini bertujuan untuk menguji seberapa iman kita kepada yang menciptakan kita yaitu Allah SWT. Ketika kita sedang diuji dengan sakit yakinlah itu datangnya dari allah swt sehingga kita harus tetap bersyukur, bersabar dan berikhtiar kepada allah swt, karena dengan ini jugalah bentuk kasih sayang allah kepada kita sebagai hamba-Nya.

Bentuk ihktiar atau usaha yang kita lakukan adalah dengan beristirahat, berobat, setelah berobat hendaknya meminum obat, dan menjaga pola makan sehat agar lekas sembuh sesuai syariat islam sebagai pedoman yakni “makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang”. Tidak lupa kita harus selalu berdoa dan mendo’a kan bagi yang sehat untuk orang sakit supaya sakitnya lekas sembuh.

Sepenggal hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim dari Jabir bin Abdillah dia berkata bahwa nabi bersabda :

Doa agar lekas sembuh

Artinya : “Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin allah subhanahu wa ta’ala.” (HR. Muslim)

Doa untuk orang sakit laki-laki dan perempuan singkat [ Syafakallah dan Syafakillah ]

Syafakillah dan Syafakallah adalah ungkapan atau ucapan ketika kita mendapati seseorang baik itu kerabat, saudara ataupun tetangga sedang dalam keadaan sakit.

Arti Syafakillah dan Syafakallah artinya adalah semoga Allah menyembuhkanmu. keduanya memiliki arti sama, hanya saja perbedaannya  terletak pada cara penggunaannya. Syafakillah digunakan ketika yang sedang sakit tersebut adalah perempuan.

Sedangkan Syafakallah diucapkan kepada laki-laki. Adapun untuk orang yang jumlahnya lebih dari satu,  Menurut tata bahasa bahasa Arab, menggunakan kalimat “Syafakumullah”.

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Menjenguk orang sakit

diarysangguru.com/

Sebagai sesama manusia, terlebih sebagai sesama Muslim, ketika seseorang diantaranya ada yang sedang mengalami musibah, seperti ditimpa suatu penyakit. Maka ada kewajiban kita untuk menjenguk orang tersebut. Baik yang dihinggapi sakit ringan maupun berat.

Menjenguk orang sakit merupakan hak antara seorang muslim dengan muslim lainnya yang wajib ditunaikan. Sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ “حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ: إذَا لَقِيْتــَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاك

فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَك فَانْصَحْهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ، وَ إِذاَ مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذاَ ماَتَ

فاتـْبَعْهُ”. (رَواهُ مُسلمٌ، بَابُ مِنْ حَقِّ الْمُسْلِمِ لِلْمُسْلِمِ رَدُّ السَّلَامِ برقم 2162)

Dari Abu Hurairah RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam, yaitu:

(1) jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam,
(2) jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya,
(3) jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat,
(4) jika ia bersin dan mengucapkan: ‘Alhamdulillah’ maka do’akanlah ia dengan Yarhamukallah (artinya = mudah-mudahan Allah memberikan rahmat kepadamu),
(5) jika ia sakit maka jenguklah dan
(6) jika ia meninggal dunia maka iringilah jenazahnya”. (HR. Muslim, no. 2162).

Rasulullah SAW juga menuntun umatnya, bagaimana seharusnya seorang Muslim menyikapi saudaranya ketika dihingapi rasa sakit. Disini ada peluang Ibadah, ada pahala yang sangat besar yang dijanjikan untuk orang yang menjenguk orang sakit. Sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadits.

Hadits Pertama;

إِنَّ الْمُسْلِمَ إِذَا عَادَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ لَمْ يَزَلْ فِي خُرْفَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَرْجِعَ

“Sesungguhnya seorang muslim bila menjenguk saudaranya sesama muslim maka ia terus menerus berada di khurfatil jannah hingga ia pulang (kembali).” (HR. Muslim no. 6498).

Hadits Kedua;

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُوْدُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلاَّ صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلاَّ صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ، وَكَانَ لَهُ خَرِيْفٌ فِي الْجَنَّةِ

Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lain di pagi hari melainkan 70.000 malaikat bershalawat atasnya (memintakan ampun untuknya) hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari maka 70.000 malaikat bershalawat atasnya (memintakan ampun untuknya) hingga ia berada di pagi hari. Dan ia memiliki buah-buahan yang dipetik di dalam surga.(HR. At-Tirmidzi no. 969)

Menjenguk atau menengok orang sakit sangat dianjurkan dan mempunyai banyak pahala. dan hukumnya bisa menjadi farhu kifayah jika yang sakit adalah orang yang tidak memiliki kerabat atau keluarga yang membantunya.

Tanyakan keadaan. apa kebutuhan dan bantuan yang diperlukannya sehingga sakit yang dideritanya menjadi lebih ringan dan tidak bertambah parah.

Adab-adab Menjenguk Orang Sakit

adab Menjenguk orang sakit

diarysangguru.com/

Selain ada keutamaan dalam menjenguk orang sakit. Ada juga beberapa adab yang harus kita perhatikan ketika menemui orang yang sedang ‘kepayahan’ tersebut. Diantaranya;

  • Menziarahi pesakit semata- mata karena Allah SWT dan mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.
  • Memberikan nasihat supaya sabar dan tabah dengan yang dideritanya.
  • Mengucapkan perkataan yang baik- baik.
  • Memegang tangan atau mengusap lembut tubuhnya
    (kecuali bukan mahram). dan duduk disebelah kanan.
  • Bertanya tentang keperluan atau kebutuhan pesakit. Baik dalam keuangan, ibadah dll.
  • Singkatkan dan beri jarak waktu berziarah. Tidak datang terlalu sering.
  • Mendo’akan orang yang sakit agar segera di beri kesembuhan.

Perkara Yang Harus Dihindari

  • Masuk ke ruangan atau rumah dengan tidak sopan.
  • Berlama- lama.
  • Melakukan atau berbicara perkataan sia- sia.
  • Berbicara tentang keburukan orang lain.
  • Datang diwaktu larut malam, awal pagi atau waktu rehat.
  • Mengambil dan menggunakan sesuatu tanpa izin miliki pesakit.

Berikut beberapa doa lekas sembuh, semoga yang sakit lekas disembuhkan atas izin allah swt :

1. Doa minta kesembuh Al fatehah

surah al fatehah

From : youtube.com

Bacaan : Bismillahir rahmanir rahim (1) alhamdu lillahi rabbil alamin (2) Ar rahmanir rahim (3) Maliki yaumid din (4) iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (5)  Ihdinas siratal mustaqim (6)  siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alihim wa lad dallin (7)

Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (1) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (2) Maha pemurah lagi Maha Penyayang (3) Yang menguasai Hari Pembalasan (4) Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan (5) Tunjukilah jalan yang lurus (6) (yaitu) Jalan Orang-orang yang Engkau beri nikmat kepada merek;bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan buka (pula jalan) mereka yang sesat (7).

Dengan membaca surah al fatehah agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Supaya saat kita berdoa lekas sembuh supaya cepat dikabulkan oleh Allh SWT. Karena surah al-fatehah ini berisi rangkuman dari al-quran sehingga sangat di sarankan bagi kita untuk membacanya.

2. Doa Sembuh Dari Penyakit Nabi Ayub Ketika Istrinya Sedang Sakit

Dan baginda Nabi Muhammad Saw juga membacakan doa ini untuk kesembuhan keluarganya dengan mengusapkan tangan kanan beliau sambil berdoa :

Doa nabi ayu ketiak istrinya sakit

From : ilmuislami.com

Artinya : “ya allah, Tuhan manusia, lenyapkanlah segala pentakit, sembuhkanlah,Engkau Tuhan yang menyembuhkan, tiada kesembuhan keculai kesembuhan-mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakitpun (HR. Bukhari dan Muslim).”

3. Doa lekas sembuh Rasulullah Saw ketika Berziarah Kepada Keluarga yang Sedang Sakit Keras

Dalam hadist Riwayat ( HR. Bukhari dan muslim ), Aisyah R.A berkata bahwa Rasulullah SAW pada suatu ketika berziarah kepada seorang keluarga yang sedang sakit keras. Beliau kemudian mengusapkan tangan kanannya pada kepala keluarga yang sakit tersebut sembari melafalkan :

doa lekas sembuh rasulullah

From ; mutiarapublic.com

4. Doa lekas sembuh Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit

Dalam Hadist Riwayat Abu Dawud, Attimidzi, dan Alhakim disebutkan bahwa Ibnu Abbas R.A pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda bahwa barang siapa yang menjenguk orang sakit sebelum tiba ajal baginya, Bacakanlah doa ini sebanyak 7 kali, Supaya Allah menyembuhkan ia dai penyakit tersebut. doa lekas sembuh yang di maksud :

doa lekas sembuh Rasulullah

Bacaam : “Asalullahal adhim, robbal Arsyil adhim an-yasyfiyaka wa yusfika”

Artinya : “Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau.”

5. Doa lekas Sembuh untuk Orang Sakit dan Ketika Sakit

Banyak doa lekas sembuh yang diajarkan Rasulullah kepada kita untuk orang yang menjenguk maupun untuk orang yang sedang sakit.

Rasulullah juga mencontohkan kepada kita bagai mana orang yang sedang sakit untuk berdoa demi kebaikan dan kesembuhan dirinya pribadi, dengan cara meletakkan tangan kanannya pada bagian tubuh yang sedang sakit sembari berdoa :

doa Rasulullah kepada orang sakit

Bacaan : “Bismillah A’uudzu Bi’izzatillahi wa Qurdratihi Min Syarri Maa Ajidu wa Uhaadziru”.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

6.Doa Lekas Sembuh untuk Orang yang Sakit Parah

Jika anda mau atau sedang menjenguk orang yang sakir parah, Sehingga dokter berpendapat bahwa ini sudah sulit untuk disembuhkan lagi, lebih baik kita mendoakan orang tersebut dengan doa seperti :

 

 

doa orang sakit parah

from : doa-sholat.blogspot.com

7. Doa Lekas Sembuh dengan Sholawat Tibbil Qulub

Kita juga dapat mengamalkan sholawat tibbil qulub agar kita selalu di jaga dari kesehatan, sholawat yang memang mengandung ringkasan untuk dijadikan pengobatan untuk kita . Dibaca 10 kali sambil sentuh bagian tubuh yang sakit :

Sholawat tibbil qulub untuk orang sakit

From doa-sholat.blogspot.com

Bacaan : “Allahumma Shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Tibbil Quluubi Wadawaaiha Wa’aafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadiyaaihaa wa’alaa aalihi washohbihi wabaarik wasallim”

Artinya : “Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw, sebagau obat hati dan penyembuhan, Penyehat badan dann kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya”.

Itulah sedikit pembahasan mengenai bacaan doa lekas sembuh dari sakit yang bisa kami berikan kepada teman-teman semia. Bacaan dan amalan yang ada di atas teman-teman bisa kita praktekkan ketika kita sedang sakit atau sedang menjenguk orang sakit.

Insya allah dengan bertawakal dan berikhtiar kepada Allah Swt dan atas izin-Nya penyakit yang sedang diderita bisa di sembuhkan, karena sesungguhnya hanya allah lah yang mampu menyembuhkan segala penyakit.

Doa Minta Kesembuhan, DOa untuk Orang sakit

Dan satu pesan dari kami, Jangan pernah sesekali anda berputus asa, mengeluh menghadapi suatu penyakit atau masalah. Anggaplah musibah yang sedang di rasakan bentuk ujian Allah kepada kita untuk menjadikan kita lebih beriman dan bertaqwa kepada Allah swt.

Demikianlah yang dapat kami tuliskan tentang do’a minta kesembuhan orang sakit baik doa untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Akhir kata semoga bermanfaat untuk kita semua dan lebih mendekatkan diri kepada yang menciptakan kita Allah swt. aminn

 

wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

5 Comments

  1. Didin Yulianto 7 April 2018
  2. anggi 29 April 2018
  3. dea hikmayani 2 May 2018
  4. helda kolintama 4 May 2018
  5. Rfigalora 17 July 2018

Leave a Reply

%d bloggers like this: