Doa Agar Anak Sholeh dan Rahasia Mendidiknya

anak sholeh sholeha baik

From : sayainginhamil.com

Doa anak Sholeh- Sebagai orang tua pasti ingin anaknya sholeh/sholehah, menurut kepada orang tua, karena anak yang sholeh/hah adalah dambaan bagi setiap orang tua. Hanya anak yang sholeh sholeha, yang bisa mendoakan kedua orang tuanya baik saat masih hidup maupun sudah meninggal.

Maka dari itu, sebagai orang tua hendaklah kita tidak membentaknya saat masih berumur 10 tahun ke bawah, melainkan selalu mengucapkan hal-hal yang baik kepada anak-anak kita, Karena ucapan adalah doan dan doa orang tua adalah doa yang mustajab.

Karena tempat anak belajar dan membentuk karakteristik pertama adalah keluarga, Nah untuk itu supaya anak kita menjadi anak yang sholeh/hah maka bekalilah mereka dengan ilmu-ilmu agama yang benar.

Bisa juga di masukkan ke dunia pesantren, diniyah, TPA. selain itu kita sebagai orang tua harus mendoakannya kepada Allah SWT, memohon supaya anak-anak kita menjadi anak yang pintar dan sholeh/sholeha berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Doa Supaya anak Sholeh dan sholeha

Berikut adalah doa-doa dan amalan beserta terjemahannya, kami susun sedemikan rupa supaya lebih mudah di fahami :

doa anak sholeh dan shoeha

From: doadzikiramalanwirid.blogspot.com

Jadi anak sholeh bukan hanya anak yang sopan santun perilaku serta taat kepada dua orang tua. Tetapi lebih utama dari itu yakni anak sholeh adalah anak yang selalu menjaga agamanya, yaitu anak yang taat kepada Allah Swt.

Mereka juga harus mengetahui tentang kewajiban sebagai hamba allah serta mengetahui tanggung jawab terutama pada agamanya.Seperti menjaga : Akhlaknya, Ibadahnya, dan syariatmya serta menjaga segala amalan setiap harinya seperti menjaga akhlak pergaulan, berpakaian, dan perkataan.

Berikut ciri-ciri anak sholeh :

  1. Seperti sepenggal hadist di atas yaitu selalu taat kepada Alah swt serta pada Rasul
  2. Senantiasa berbakti kepada kedua orang tua dan selau mendoakan kedua orang tua
  3. Jika berbicara dengan orang tua tidak melotot atau menatap
  4. Mau untuk mengurus orang tuanya ketika sudah lanjut usia
  5. Tidak mengeluh atas apa kekurangannya
  6. Jika ingin memberikan nasihat kepada kedua orang tua, berbicara dengan sopan
  7. Seandainya orang tua menyakiti, dia membalas dengan kasih sayang, sabar, baik sangka, tawakkal serta tetap mendoakannya
  8. Mudah untuk memaafkan kesalahan apabila orang tua melakukan kesalahan
  9. Tidak menghitung dalam kebaikan serta harta
  10. Selalu membuat orang tua tersenyum, bahagia dan tidak memuat sedih atau kecewa.

Amalan Supaya Anak Sholeh Sholehah

Amalan doa anak sholeh

From:doadzikiramalanwirid.blogspot.com

Itulah ciri daripada anak sholeh/ha, lalu apa amalan, do’a agar anak sholeh/ha? Baiklah simak pembahasan berikut.

Amalan doa dari ayat al-quran :

  1. Niatkan untuk mendoakan anak supaya menjadi anak yang sholeh,sholeha
  2. Membaca surah Al-fatehah
  3. Membaca Ayat kursi
  4. Membaca surah Al insyirah
  5. Terakhir membaca surah taha (ayat 1-5)

Berikut bacaan surah taha 1-5 :

Bacaan surah at taha anak sholeh

From : bukubiruku.com

Cara mengamalkannya adalah niat jangan lupa, niatkan dalam hati supaya anak menjadi anak yang sholeh sholeha, penurut pada orang tua dan tidak nakal, lalu hembuskan pada makanan atau minuman (tidak panas) yang akan anak makan atau minum. Lakukan cara ini secara berulang-ulang, maka Insyaallah, Allah menjadikan anak yang sholeh sholeha penurut pada orang tua.

Lalu diikuti dengan membaca doa amalan nabi Daud As 3x :

Ya allah, lembutkanlah hati anakku ini (sebut namanya lengkap) seperti Engkau telah melembutkan Nabi Daud akan besi.

Cara pengamalannya sama dengan yang di atas yaitu berniat membaca doa tersebut 3x lalu menghembuskan ke dalam makanan dan atau minuman yang akan di makan atau di minum anak.

Lebih utama ditambah dengan memperbanyak zikir Ya Hayyu, Ya Qayyum, Ya Rahman dan Ya Latif. Sebanyak-banyaknya minimal 33x kemudian hembuskan kepada dahi sang anak ketika sedang tidur malam. InsyaAllah anak kita akan menjadi anak yang sholah dan sholeha.

Adapun amalan doa Nabi Ibrahim (surah ibrahim ayat 40) supaya anak rajin mengerjakan sholat :

doa anak sholeh nabi ibrahim

From ; doadzikirwirid.blogspot.com

Cara mengamalkannya adalah bacalah selalu doa diatas setelah mengerjakan sholat khususnya 5 waktu, Maka insyaAllah jika kita bersungguh-sungguh allah akan menjadikan anak kita anak yang sholeh sholeha.

Mendidik anakSetelah kita mendo’akanya kita juga harus mendidiknya dengan baik adapun cara mendidik anak dengan baik seperti berikut :

1. Mendidik anak harus sabar

Terkhusus untuk anak di bawah 10 tahun, jangan mudah langsung memarahinya ataupun berlaku kasar

2. Dengan membiasakan anak untuk bangun pagi hari

Ajari dan contohkan anak kita untuk bangun pagi sejak dini, ajari dan contohkan dia bangun pagi untuk sholat subuh berjamaah.

3. Kenalkan dia tentang agama seperti memasukkan anak ke TPA (Taman Pendidikan Al quran)

Hal ini bertujuan supaya anak dapat membaca Al quran dengan baik dan benar, tapi bukan berarrti kita sebagai orang tua lepas dari mengajarinya.

4. Berikan contoh-contoh yang baik untuk anak

Salah satu cara mendidik anak supaya anak sholeh sholeha ialah memberikan contoh yang baik pada anak sejak kecil. Oleh karena itu jangan hanya menyuruhnya untuk ngaji,sholat tapi orang tua tidak melakukannya, melainkan harus kita contohkan

5. Ajak anak ke tempat-tempat agama seperti ke masjid

Apabila kita pergi ke masjid untuk sholat berjamaah atau acara lainnya ajaklah, ajaklah dia pergi ke masjid untuk menunaikan sholat

6. Mengajari dan mengenalkan batas aurat sejak kecil

Hal ini terkhusu untuk anak perempuan, sebagai orang tua kita wajib mengajarkan, meperkenalkan batas-batas aurat sejak dini, salah satunya adalah dengan membiasakan untuk berhijab.

7. Membiasakan mendengar music islami

Salah satu mendidik anak adalah dengan menggunakan music-music islami anak-anak, seperti music tentang sifat-sifat allah, dengan begini secara tidak langsung kita mengajari tentang sifat-sifat allah dalam bentuk music, dan masih banyak music lainnya.

8. Jauhkan anak menonton acara TV yang tidak mendidik atau belum cukup umur

Ini adalah faktor yang sangat penting yang harus di hadapi di zaman modern ini karena berbagai acara-acara televisi yang kurang mendidik menyebar luas. Maka dari itu sebaiknya kita menjauhkan anak saat atau ingin menonton televisi yang tidak mendidik.

Seperti contoh sinetron, film, horor dan lain sebagainya yang tidak baik untuk anak. Oleh sebab itu lebih baik totonkan acara televisi yang dapat mendidik dan baik untuk anak supaya anak cerdas dan pintar.

9. Mengajari anak sholat dan mengaji

Ajari anak untuk sholat dan mengaji sejak kecil, karena ini adalah hal yang paling pokok dalam setiap kehidupan manusia khusunya muslim dan inilah suatu kewajiban orang tua untuk mendidik anak.

10. Masukkan anak pada sekolah-sekolah yang mendalami akan agama

Di zaman yang modern ini menemukan anak yang sholeh sholeha adalah langka sedangkan anak yang sholeh sholeha pasti nantinya bermanfaat untuk sesama manusia lainnya khusunya dalam hal agama.

Dengan memasukkan anak ke sekolah yang lenbih mendalami akan agama, Maka anak kita nanti akan lebih faham tentang agama.

11. Jadilah sahabat curhat sejatinya

Keluarga adalah faktor tepenting dalam mendidik anak untuk itu sebagai orang tua haruslah memberi kenyamanan kepada sang anak, antara lain dengan menjadi sahabat curhat yang baik.

Dengan menjadi sahabat curhat yang baik kita bisa tahu apabila ia sedang mengalami masalah, tekanan, sehingga kita bisa tahu semua apa yang sedang dirasakan dan masalah apa yang sedang di hadapinya.


Baca Juga : 7 amalan dan doa rasulullah supaya lekas sembuh dari penyakit


Itulah sedikit tips dan cara usaha kita supaya anak kita menjadi anak yang sholeh sholeha, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi 🙂

Leave a Reply