15+ MENU Makanan SEHAT dan Bergizi Untuk Aktivitas Sehari-hari | Mudah & Praktis

Makanan adalah kebutuhan utama bagi manusia untuk bertahan hidup. Ada beragam jenis makanan yang bisa kita konsumsi, tapi tidak semua makanan itu memiliki nilai gizi yang baik sehingga saat dikonsumsi justru akan merusak tubuh. Yuk simak menu makanan yang sehat bagi tubuh kita.

Daftar Menu Makanan Sehat dan bergizi untuk Sehari-Hari

Menu Makanan Sehat Bergizi

doktersehat.com

Menjaga gaya hidup sehat bisa dilakukan tidak hanya dengan olahraga saja, tetapi kita juga bisa memperhatikan pola makan dan apa saja yang dikonsumsi setiap hari.

Anda perlu mengkonsumsi buah-buahan, sayuran hijau serta mengurangi makanan dengan bahan pengawet atau bahan buatan yang tidak alami agar kita tidak sering jatuh sakit.

Terdapat beberapa makanan yang masuk ke dalam kategori superfood yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Daftar Menu Makan Sehat & Bergizi

Simak lebih lanjut untuk mengetahui apa saja makanan sehat dan bergizi yang dapat kita konsumsi setiap hari, berikut daftarnya :

1. Oatmeal

oatmeal

amazon.com

Oatmeal merupakan salah satu makanan superfood yang biasa disantap ketika sarapan. Oatmeal mempunyai kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untuk sistem pencernaan manusia.

Makanan ini juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga konsumsi makanan dapat lebih terjaga.

Anda bisa menyajikan oatmeal dengan susu atau madu untuk menambah rasa manis alami, dan bisa Anda olah menjadi snack seperti granola bar, cookies, dan lain-lain.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

suara.com

Kacang-kacangan sangatlah baik untuk kesehatan jantung Anda dan bisa mencegah diabetes. Karenakan kacang mengandung magnesium dan lemak tak jenuh yang cocok untuk tubuh.

Kandungan lain dalam kacang yang sangat bermanfaat untuk tubuh yaitu antioksidan untuk menangkal radikal bebas, dan serat yang baik untuk pencernaan.

3. Buah Jeruk

khasiat jeruk

jubi.co.id

Buah yang satu ini yaitu sumber dari vitamin C, serat dan folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Vitamin C dalam jeruk sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah putih dan antibodi yang bisa melawan infeksi dalam tubuh.

Selain itu, jeruk juga berfungsi sebagai antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan mengencangkan kulit dengan kolagen.

Anda dapat mengkonsumsi buah ini satu setiap harinya, agar tubuh tetap bugar dan kebutuhan akan vitamin C terpenuhi.

4. Beri-berian

 

Jenis Bery dan Manfaat Bagi Manusia

indozone.id

Beri (stroberi, blueberry, raspberry, dan sebagainya) merupakan jenis buah yang kaya akan serat, antioksidan dan nutrisi yang dapat menangkal banyak penyakit.

Raspberry dipercaya memiliki kandungan nutrisi untuk mencegah kanker, blueberry dapat memperkuat daya ingatan, sedangkan stroberi dapat mempercantik kulit tubuh.

Anda bisa menjadikan berbagai macam beri ini sebagai snack, kemudian dicampur dengan yogurt, sereal, smoothies, atau langsung dimakan.

5. Yogurt

Jual Yogurt Murah

solidstarts.com

Yogurt mengandung probiotik untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan. Selain itu, terdapat juga kandungan lain yang sangat baik untuk dari yogurt ini, seperti kalsium, vitamin B12, kalium, fosfor, dan zinc.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, direkomendasikan untuk Anda mengkonsumsi yogurt Yunani (Greek yoghurt) rasa plain agar mendapatkan ekstra protein dan tidak terlalu banyak gula. Jika menginginkan rasa yang manis, Anda bisa menambahkan dengan pemanis alami seperti madu.

6. Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau Cegah Kanker

merdeka.com

Ketika Anda sedang pusing atau mual, sebaikya Anda meminum teh untuk menghilangkan perasaan-perasaan tersebut.

Ternyata, terdapat jenis teh yang memiliki khasiat lebih untuk tubuh dibanding teh biasa, yaitu teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan serta dapat mengurangi inflamasi.

Jika Anda minum secara rutin setelah makan atau sebelum tidur, teh hijau dipercaya dapat mengikat lemak-lemak berlebih, dan dapat melancarkan pencernaan.

Sehingga cocok dikonsumsi jika Anda sedang ingin menurunkan atau menjaga berat badan.

7. Ubi

Ubi

klikdokter.com

Pasti sudah tahu kan, bahwa umbi-umbian yang biasa dibakar atau kukus itu sangat berkhasiat untuk tubuh? Ketika dimakan dan masuk ke dalam tubuh, kandungan dalam ubi diproses menjadi vitamin A aktif yang berfungsi menjaga kesehatan mata, tulang, dan kekebalan tubuh.

Selain itu, ubi juga mengandung vitamin C, B6, kalium, serta mangan yang sangat baik untuk tubuh.

Jika ingin menjaga berat badan, Anda bisa menggantikan nasi dengan berbagai macam jenis ubi. Sumber energi yang baik, manis, serta baik untuk tubuh dan pencernaan.

8. Telur

protein telur ayam setara dengan asi

halodoc.com

Bahan makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari ini ternyata memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita. Kandungan yang berada dalam kuning telur dapat menjaga kesehatan mata seta dapat melindungi kulit dari kerusakan karena terpapar sinar UV.

Anda dapat mengkonsumsi telur dengan cara apapun sesuai dengan selera, tetapi kami sarankan untuk menyajikan telur rebus atau kukus.

9. Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat

hellosehat.com

Alpukat adalah buah yang sangat kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, dan lemak (healthy fats) yang bisa mengurangi inflamasi dalam tubuh.

Anda dapat mengonsumsi alpukat baik secara langsung, dijadikan jus, serta bisa sebagai pelengkap makanan lain. Jika Anda rutin memakan buah alpukat, risiko penyakit berat seperti jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker bisa teratasi.

10. Ikan Salmon

Ikan Salmon

kumparan.com

Ikan yaitu sumber protein dan asam lemak Omega-3 yang sangat baik untuk otak dan tubuh. Contohnya salmon, salmon iallah salah satu jenis ikan yang paling kaya akan nutrisi.

Ketika mengkonsumsi salmon, Anda bisa mendapatkan protein, vitamin B, lemak sehat, kalium, dan selenium. Salmon juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, dengan cara menjaga berat badan yang ideal.

Anda bisa mengkonsumsi salmon sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu, agar nutrisi yang dibutuhkan badan tetap terpenuhi.

11. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

sehatq.com

Minyak zaitun sangat kaya akan vitamin E, polifenol, serta lemak tak jenuh. Semua kandungan di dalamnya dapat berperan baik dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Jika Anda ingin menumis atau menggoreng sesuatu, maka lebih baik gunakan minyak zaitun agar hidangan tetap sehat dan bernutrisi bagi tubuh.

Selain minyak zaitunnya, Anda juga dapat mengkonsumsi buah zaitun secara langsung, walaupun rasanya agak sedikit pahit. Tetapi jika sudah dibiasakan untuk mengkonsumsi buah zaitun, lama kelamaan akan terbiasa dengan rasanya.

12. Brokoli

Tumis Brokoli Tahu Putih

bicnets.com

Sayur iallah makanan sederhana yang sangat kaya akan nutrisi. Misalkan brokoli, brokoli mengandung vitamin yang baik serta untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan folat.

Brokoli juga memiliki kandungan sulforaphane yang dapat merangsang enzim detoksifikasi tubuh, sehingga dapat mencegah kanker. Jika ingin merebusnya kami sarankan jangan terlalu lama agar sayur ini tidak kehilangan nutrisinya .

13. Bayam

resep olahan bayam yang praktis

merdeka.com

Jika sebelumnya ada brokoli, kini ada bayam sayur hijau yang kandungannya juga begitu menutrisi bagi tubuh. Kandungan dari bayam ini yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, serat tinggi, zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium.

Sama seperti brokoli, disarankan juga untuk tidak terlalu lama memasak bayam agar nutrisinya tidak hilang saat kita rebus atau goreng.

Terdapat beberapa penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi bayam dan sayuran hijau lainnya dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes, melawan kanker, dan menjaga fungsi otak.

14. Tomat

olahan tomat

yukepo.com

Tomat yaitu buah yang kaya akan vitamin C dan likopen yang terbukti dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Tekstur dan rasanya yang segar juga membuat buah satu ini enak untuk dimakan langsung, diolah menjadi jus, atau dijadikan pelengkap makanan seperti salad dan lain-lain.

15. Bawang Putih

Bawang Putih

cookpad.com

Bawang putih merupakan bahan makanan yang biasa dijadikan bumbu utama  dari berbagai makanan ini ternyata memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, mangan, selenium, dan juga serat yang baik untuk tubuh.

Anda mungkin tahu bahwa bawang putih juga sering digunakan untuk berbagai macam jenis pengobatan alami dan alternatif, seperti : Antibiotik alami , Mengurangi risiko kanker paru , Mengurangi kadar kolesterol , dan lain sebagainya.

Selain bawang putih bisa membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kamu juga bisa memanfaatkan daun salam yang juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Tentunya masih banyak sekali menu makanan sehat dan bergizi yang sudah maupun belum tahu di dunia ini.

Nah, itu tadi daftar menu makanan sehat yang bisa Anda konsumsi dan kreasikan sendiri di rumah sesuai keinginan Anda ya. Yuk, kita konsumsi menu makanan sehat setiap hari dan nikmati hidup yang lebih bugar mulai sekarang juga!

Leave a Reply

%d bloggers like this: