Contoh metode penelitian, Macam-macam metode penelitian [Lengkap]

Pastinya kamu sudah sangat familiar dengan metode penelitian, ketika kamu sedang atau akan melakukan penelitian tentu membutuhkan beberapa metode penelitian yang membutuhkan waktu panjang.

Namun, ada beberapa orang diantara kita yang belum tahu betul tentang apa itu metode penelitian, Nah agar lebih jelasnya mari kita simak penjelasan seperti di bawah ini.

Pengertian metode penelitian

Pengertian metode penelitian

moondoggiesmusic.com

Metode penelitian adalah cara agar kita bisa memperoleh dan dapat mengumpulkan berbagai macam data dengan fungsi dan tujuan tertentu.  Ada banyak hal yang harus kita ketahui dan pahami tentang pengertian metode penelitian yaitu cara ilmiah, data-data, fungsi dan tujuan.

Cara ilmiah merupakan kegiatan penelitian yang di dasarkan ketentuan, syarat, dan ciri-ciri ilmiah yaitu empiris, rasional, dan sistematis. Empiris adalah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengamati oleh indera manusia. Rasional adalah kegiatan manusia yang dilakukan dengan cara yang masuk akal dan sesuai nalar manusia.

Kegiatan yang berikutnya adalah sistematis. Sistematis adalah proses penelitian yang dilakukan dengan langkah khusus yang bersifat logis.

Contoh proposal metode penelitian

Contoh metode penelitian

contohsoal.co.id

Berikut kami cantumkan contoh proposal metode menelitian sebagai inspirasi seperti di bawah ini

Contoh Judul metode penelitian kuantitatif

  • Analisis mengenai faktor yang mempengaruhi konsumen di dalam membeli produk
  • Analisis mengenai nilai-nilai partiotisme pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris
  • Analisis mengenai nilai-nilai nasionalisme pada mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Evaluasi terhadap kebijakan pendidikan yang bersifat Inklusif
  • Faktor yang mempengaruhi keefektifan di dalam meningkatkan kemampuan mengarang siswa dengan metode menulis buku harian
  • Faktor yang mempengaruhi kesulitan di dalam memahami konsep gaya pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
  • Analisis mengenai kinerja dan juga profesionalisme Guru SD
  • Analisis mengenai pelaksanaan BK (Bimbingan Konseling) di tingkat SD
  • Analisis mengenai penerapan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar
  • Analisis mengenai upaya meningkatkan kemampuan siswa di dalam memahami mata pelajaran Matematika dengan memberikan tugas pekerjaan rumah (PR)

berikut kami sertakan contoh proposal metode kuantitatif 

Contoh Judul metode penelitian kualitatif

  • Analisis yang berkaitan dengan faktor penyebab siswa terlambat bangun pagi
  • Analisis yang berkaitan dengan faktor penyebab siswa terlambat datang ke sekolah
  • Faktor yang menjadi penyebab siswa tidak memperhatikan penjelasan guru
  • Anlisis terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam buku cerita anak ” Bermain Sambil Belajar”
  • Analisis terhadap nilai-nilai budaya yang ada di lingkungan sekolah
  • Analisis terhadap nilai-nilai budaya yang ada di lingkungan keluarga
  • Analisis terhadap nilai-nilai budaya yang ada di lingkungan masyarakat
  • Analisis mengenai peran kepala sekolah di dalam meningkatkan mutu manajemen sekolah
  • Analisis mengenai peran kepala sekolah di dalam menerapkan peraturan-peraturan yang ada di sekolah
  • Analisis mengenai rasa hormat siswa SD terhadap guru baru
  • Analisis mengenai rasa hormat siswa SD terhadap guru yang masih muda
  • Analisis mengenai waktu belajar siswa berprestasi
  • Analisis mengenai penyebab prestasi siswa menurun
  • Analisis mengenai peran satpam di dalam menciptakan lingkungan yang aman di sekolah

Berikut kami sertakan contoh proposal metode penelitian kualitatif

Jenis-jenis penelitian

Jenis-jenis penelitian

rijal09.com

Jenis-jenis penelitian terbagi menjadi 2 yaitu, berdasarkan pada tujuan dan manfaatnya.

1. Penelitian berdasarkan pada tujuan

Penelitian berdasarkan pada tujuan

satujam.com

Adapun penelitian berdasarkan pada tujuannya adalah sebagai berikut

a. Penelitian eksploratoris

Penelitian yang dilakukan karena ada masalah yang sangat jarang untuk di teliti. Sesuatu yang para peneliti tidak banyak melakukan penelitian.

b. Penelitian deskriptif

Tujuan penelitian ini adalah agar dapat memberikan sebuah penjelasan yang sangat rinci tentang masalah sosial yang bisa di jadikan sebagai objek penelitian. Kekuatan dari penelitian ini ada pada kualitas dan kuantitas kalimat yang di paparkan dalam hasil penelitian. Jika semakin banyak data maka akan semakin bagus sebuah penelitian tersebut.

c. Penelitian eksplanatoris

Tujuan dari penelitian eksplanatoris adalah menguji sebuah teori ataupun hipotesa agar dapat memperkuat maupun sebaliknya dari penelitian sebelumnya.

2. Penelitian berdasarkan pada manfaat

Penelitian berdasarkan pada manfaat

dosensosiologi.com

a. Penelitian murni

Penelitian murni atau juga disebut penelitian dasar memiliki tujuan untuk mengembangkan teori yang tidak memiliki sifat praktis. Menurut Jujun S. Suriasumnatri, penilitian murni bertujuan untuk menemukan ilmu pengetahuan yang baru yang belum pernah di teliti.

Contoh Penelitian Murni adalah Penelitian tentang gen, DNA, penelitian yang berhubungan dengan penemuan dan pengembangan ilmu

b. Penelitian terapan

Menurut Jujun S. Suriasimnatri, penelitian terapan bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang bersifat praktis. Gay prnah mengatakan bahwa, penelitian terapan bertujuan untuk menguji, menerapkan serta mengevaluasi masalah praktis. Jadi, penelitian terapan ini bersifat praktis dan aplikatif karena  penelitian ini berasal dari masalah yang nyata bukan dari masalah yang mendasar.

Contoh Penelitian Murni adalah Penelitian pendidikan yang berkaitan tentang bagaimana meningkatkan minat baca siswa, penelitian yang berkaitan dengan factor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar

c. Penelitian aksi

Penelitian aksi atau action research bertujuan untuk menyelesaikan masalah dengan tindakan khusus yang sudah melalui teritis sebelumnya. Hal ini dilakukan agar mendaoatkan solusi yang terbaik dan dapat menyelesaikan masalah dalam penelitian.

d. Penelitian kebijakan

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kebijakan yang sesuai dengan data dan fakta di lapangan. Hasilnya adalah peraturan undang-undang dengan semua yg berkaitan dengan hukum.

e. Penelitian evaluasi

Penelitian evaluasi adalah penelitian yang bertujuan memberikan suatu penelitian pada progam tertentu, kegiatan dan kebijakan agar dapat mengintervensi masyarakat.

Macam-macam metode penelitian

Macam-macam metode penelitian

prezi.com

Macam-macam metode yang dapat kami cantumkan tersebut adalah sebagai berikut;

1. Metode Penelitian Kualitatif

Penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan.

2. Metode Penelitian kuantitatif

Penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam.

3. Metode Penelitian survei

Suatu teknik pengumpulan informasi yang dilakukan dengan cara menyusun daftar pertanyaan yang diajukan pada responden dalam berbentuk sample dari sebuah populasi. Dalam penelitian survei, peneliti meneliti karakteristik atau hubungan sebab akibat antar variabel tanpa adanya intervensi peneliti.

4. Metode Penelitian Ekspos Facto

Penelitian ex post facto merupakan penelitian yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variable bebas yang secara keseluruhan sudah terjadi.

5. Metode Penelitian Deskriptif

salah satu jenis penelitian yang tujuannya untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai setting sosial atau dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, dengan jalan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti antara fenomena yang diuji.

6. Metode Penelitian Gabungan

Adalah suatu prosedur guna pengumpulan data, analisis data, dengan penggunaan gabungan secara sekuensial metode kuantitatif dan kualitatif atau sebaliknya, dalam memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap masalah utama.

Contoh : Penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka, juga berupa data kualitatif sebagai pendukungnya, seperti kata-kata atau kalimat yang tersusun dalam angket, kalimat hasil konsultasi atau wawancara antara peneliti dan informan.

Penelitian Menurut Tingkat Eksplanasi

Penelitian Menurut Tingkat Eksplanasi

pln-kitsbs.co.id

Penelitian Deskriptif

adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau penghubungan dengan variabel yang lain.

Contoh : Penelitian mengenai penggunaan teknologi computer di beberapa SD di pedesaan

Penelitian Komparatif

Merupakan suatu penelitian yang bersifat membandingkan. Variabelnya masih sama dengan penelitian varabel mandiri tetapi untuk sample yang lebih dari satu, atau dalam waktu yang berbeda.

Contoh : Penelitian mengenai kualitas air tanah di pedesaan dibandingkan di perkotaan.

Penelitian Assosiatif

Merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih. Dengan penelitian ini maka akan dapat dibangun suatu teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala.

Contoh : Penelitian mengenai hubungan kelengkapan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa

Fungsi penelitian

Fungsi penelitian

dictio.id

Fungsi penelitian adalah mencarikan penjelasan dan jawaban terhadap permasalahan serta memberikan alternatif bagi kemungkinan yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah. Pemecahan dan jawaban terhadap permasalahan itu dapat bersifat abstrak dan umum sebagaimana hanya dalam penelitian dasar (basic research) dan dapat spesifik seperti biasanya ditemui pada penelitian terapan (applied research).

Tujuan Penelitian

Tujuan Penelitian

tugastisi.blogspot.com

Tujuan penelitian ada 2 sebagai berikut;

Tujuan penelitian secara teoritis

Tujuan penelitian secara teoritis

djkn.kemenkeu.go.id

Penelitian teoritis ini berlatar dari tujuan penelitian varifikatif, untuk mengecek teori yang sudah ada. Apakah akan memperkuat atau menggugurkan teori tersebut. Penelitian teoritis ini muncul berlatarkan ketidak puasaan atau keraguan terhadap teori yang sudah ada sehingga dilakukan penyelidikan kembali secara empiris.

Tujuan penelitian secara praktis

Penelitian Menurut Jenis Dan Analisisnya

maxmanroe.comSementara tujuan penelitian praktis adalah penelitian yang berguna untuk memecahkan masalah praktis. Jadi misalnnya ada masalah nilai siswa yang rendah maka penelitian praktisnya adalah meningkatkan nilai siswa.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Leave a Reply

%d bloggers like this: