7 Contoh Karangan Narasi Pendek, Panjang [+File Docs]

Tahukah kalian apa itu karangan ?

Karangan bisa dikatakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang bertujuan untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya dalam bentuk bahasa karya tulis kepada pembaca agar mudah dipahami.

Contoh Karangan Narasi

contoh karangan narasi pendek

dikade.com contoh karangan narasi pendek contoh karangan narasi pendek

Karangan narasi adalah karangan yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa dengan tujuan supaya pembaca seolah-olah ada dalam kejadian yang sedang diceritakan.

Karangan yang umum kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari terbagi menjadi lima jenis karangan yaitu, karangan narasi, karangan deskripsi, karangan eksposisi, karangan argumentasi dan karangan persuasi.

Contoh Karangan Narasi Fiksi Pendek

contoh karangan narasi panjang

suwade.com contoh karangan narasi panjang, contoh karangan narasi panjang

Sobat pasti udah pada tahukan apa itu karangan narasi seperti yang saya tuliskan diatas, agar kamu lebih memahaminya kami sertakan contohnya seperti dibawah ini, selamat menyimak.

Pada suatu hari disebuah kerajaan megah lahirlah seorang putri cantik jelita yang bernama Putri Aisyah. Wajahnya sangat cantik dan menggemaskan. Putri Aisyah lahir dari pasangan Raja Purna dan Ratu Aqua.

Semua orang sangat bahagia saat kelahiran Putri yang telah ditunggu-tunggu itu. Tepat dihari kelahiran Putri Aisyah, tepat didepan pintu gerbang istana terdapat seorang bayi kecil yang tergeletak tak berdaya. Karena pihak istana tak dengan bayi tersebut, Akhirnya bayi tersebut kemudian diasuh oleh pihak istana dan diberi nama Putri Lesatari.

Dua tahun telah berlalu, Putri Aisyah dan Putri Lesatari telah berubah menjadi putri-putri yang menggemaskan nan cantik, mereka telah menjadi seperti saudara kandung sendidri. Raja dan ratu pun senang melihat keakraban mereka, meskipun mereka belum memberitahukan bahwa Putri Lesatari bukanlah anak kandung mereka.

Saat menginjak usia 12 tahun, Putri Aisyah terlihat lebih cantik daripada Putri Lestari. Dan juga Putri Aisyah lebih mirip Ratu Aqua. Putri Lestari yang ketika itu menyadari bahwa Putri Aisyah lebih cantik daripada dirinya dan lebih mirip kepada sang Ratu, mempunyai niat tak baik kepada Putri Aisyah.

Suatu hari Putri Lestari yang telah berniat jahat kepada Putri Aisyah mencoba membuat wajah Putri Aisyah menjadi buruk rupa dengan menyiramkan air panas pada Putri Aisyah. Namun sebelum sempat ia mencoba melakukannyaa, niat jahatnyaa telah diketahui oleh Ratu Aqua.

Akhirnya sang Ratu menceritakan yang sebenarnya mengapa ia tak mirip dengan Ratu Aqua. Putri Lestari akhirnya menyadari dan kembali menjadi baik kepada Putri Aisyah. Dan sekarang mereka menjadi putri-putri yang paling dikagumi kerajaan tersebut.

Video Contoh karangan Naratif

Berikut ini merupakan video contoh karangan naratif buat kamu silahkan dismiak

Contoh Karangan Narasi Panjang

contoh karangan narasi pendek

dekidata.com contoh karangan narasi pendek

Seperti yang telah saya singgung di atas secara gari besar narasi adalah salah satu jenis tulisan yang isinya terdapat alur, penokohan, setting, dan sebagainya.

Pada umumnya tujuan seorang penulis narasi adalah ingin menyampaikan amanat cerita itu kepada para pembaca. Adapun tujuan narasi pada umumnya adalah seperti berikut:

  • Sebagai informasi berupa pengalaman yang disajikan secara estetis kepada pembaca
  • Pemberian info dengan adanya kronologi suatu peristiwa yang dilengkapi dengan unsur-unsur narasi
  • Menyampaikan pengalaman yang bisa diambil manfaat dan sebagai hiburan
  • Menceritakan kenyataan atas suatu kejadian yang telah terjadi demi kepentingan tertentu

Untuk contoh karangan narasi panjang kami sajikan dalam bentuk docs agar lebih mudah bagi kamu untuk mendownload dan menyimaknya dengan cara menge-klik tombol biru dibawah ini :

DI sini

Contoh Karangan narasi tentang Liburan Sekolah

contoh karangan narasi liburan sekolah

waksz.com contoh karangan narasi liburan sekolah

Seperti yang kita tahu setiap pasti ada waktu liburan sekolah seperti liburan nasional, liburan semester dan liburan hari-hari penting lainnya. Pastinya masa liburan merupakan masa yang menyenangkan.

Saat liburan sekolah telah datang siswa dapat melakukan penyegaran pikiran setelah berjibaku menghadapi ujian dan tugas baik disekolahan maupun di rumah.

Meski memasuki masa liburan bukan berarti terus berhenti belajarya, dengan liburan kita juga harus terus belajar melakukan kegiatan liburan yang bermanfaat seperti melakukan hobi-hobi yang digemari guna meningkatkan bakat yang dimiliki, olahraga dan lain sebagainya.

Untuk berbagi pengalaman yang menarik kami juga telah menuliskan contoh karangan narasi tentang liburan kami sajikan dalam bentuk docs agar lebih mudah bagi kamu untuk mendownload dan menyimaknya dengan cara menge-klik tombol biru dibawah ini

Di sini

Contoh Karangan Narasi Wawancara

contoh karangan narasi wawancara

youthincmag.com contoh karangan narasi wawancara

Teks wawancara merupakan salah satu bentuk penyajian informasi dalam bentuk tanya jawab antara pewawancara dan narasumber. Untk menyampaikan atau menceritakan kembali hasil wawancara kepada orang lain, teks wawancara perlu diubah mencadi teks narasi.

Dimana pengertian narasi adalah betuk karangan pengisahan suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi. Agar kamu dapat menarasikan teks wawancara dengan benar dan baik, lakukanlah langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Bacalah teks wawancara dengan teliri dan cermat
  2. Catatlah pokok-pokok isi wawancara tersebut
  3. Buatlah kata pengantar ke arah isi wawancara
  4. Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok-pokok isi wawancara
  5. Jika kamu masih bingung kamu bisa melihat contohnya dengan menge-klik tombol biru dibawah ini:

Di sini

Demikian yang dapat kami tuliskan artikel mengenai contoh karangan narasi, insya allah jika akan ada lanjutannya untuk contoh karangan – karangan narasi lainnya, sekian semoga bermanfaat bagi kita semua.. aminn

Leave a Reply