My Little Pony, Cerita Anak Paling Digemari di Dunia, Kini Diterbitkan Eksklusif oleh Penerbit Indonesia

Apakah Anda mengetahui serial anak-anak My Little Pony Friendship Is Magic? Cerita anak ini merupakan serial televisi fantasi berbentuk animasi untuk anak-anak yang diproduksi oleh Hasbro Studios. Animasi ini adalah bentuk pengembangannya dari animasi sebelumnya yang dibuat sejak tahun 1983.

Serial anak-anak ini mulai ditayangkan di The Hub Channel pada tanggal 10 Oktober 2010. Hasbro sendiri memilih sang pencipta, Lauren Faust sebagai direktur kreatif dan produser eksekutif dalam penyiarannya.

My Little Pony sendiri bercerita tentang para kuda poni. Para poni tersebut memiliki jenis yang berbeda-beda dan digolongkan menjadi 4 macam golongan, yakni poni bumi, poni unicorn, poni pegasus, dan poni alicorn. Mereka semua memiliki tanda khusus pada tubuh yang dinamakan Cutie Mark.

Tanda tersebut adalah sebuah simbol milik para poni berdasarkan dari minat, bakat, kegemaran masing-masing. Cutie Mark ini akan muncul dengan sendirinya pada waktu si poni dalam masa peralihan anak-anak ke remaja atau telah berhasil mengembangkan bakatnya dengan baik. Mereka tinggal dengan damai di negeri yang disebut Equestria.

Serial ini tergolong serial animasi yang sukses dan digemari seluruh anak di dunia. Bahkan menjadi serial animasi terfavorit di Indonesia. Berikut ini akan disajikan informasi lengkap mengenai cerita anak My Little Pony.

Mengenal Kisah Dari My Little Pony

Seperti yang telah disebutkan di atas, My Little Pony merupakan serial televisi animasi keluarga dari Amerika Serikat. Sebenarnya My Little Pony merupakan adaptasi dari sebuah mainan anak-anak yang juga diproduksi oleh Hasbro pada tahun 1983. Sedangkan pencipta dari mainan ini adalah seseorang yang bernama Bonnie Zacherle.

Bonnie Zacherle merupakan seorang ilustrator dan perancang dari Amerika. Dia adalah pencipta asli dibalik jajaran mainan My Little Pony atau yang dulunya disebut My Secret Pony. Dia adalah ilustrator untuk Hasbro Toy Company dan memiliki tanggung jawab untuk memunculkan ide-ide pembuatan produk anak-anak.

Di masa kecilnya ia pernah menginginkan untuk memiliki kuda dan hal tersebutlah yang melatarbelakangi sebuah gagasan untuk menciptakan kuda miniatur yang memiliki bulu dan ekor yang bisa disikat.

Produk mainan My Little Pony yang dirancang oleh Bonnie Zacherle ini awalnya diberi nama My Pretty Pony. Desain ini diperkenalkan sebagai boneka kuda dengan ukuran 10 inchi dan dari waktu ke waktu terus dikembangkan.

Waralaba My Little Pony mengalami kesuksesan besar pada pembuatannya pada generasi keempat (G4) ini yang juga merupakan pengembangan dari generasi-generasi sebelumnya. Pencipta dari serial animasi pada generasi ini adalah Lauren Faust. Lauren merupakan seorang animator, penulis skenario, sutradara, dan juga produser. Karyanya yang paling terkenal adalah serial animasi My Little Pony: Friendship Is Magic dari Hasbro. Hasbro sendiri memilih Lauren sebagai direktur kreatif sekaligus produser eksekutif dalam serial animasi ini. Serial ini terbukti meraih masa keemasan dan kesuksesan besar yang memiliki penonton tidak hanya dari kalangan anak-anak saja, remaja dan orang dewasa pun juga menyukainya.

Sementara untuk karakter utama dalam serial ini memiliki sebuah julukan yang disebut “Mane 6”, dengan karakter atau tokoh utama berjumlah 6, diantaranya adalah :

  1. Twilight Sparkle dapat disebut sebagai ‘pemimpin’ atau tokoh sentralnya. Karakternya berwarna ungu dengan surai yang memiliki perpaduan warna biru dongker, indigo, dan magenta. Twilight digambarkan memiliki sifat yang pintar, patuh, gemar membaca buku sehingga ia cakap dalam ilmu sihir. Elemen yang dimiliki adalah Element of Magic.
  2. Karakter kedua adalah Rainbow Dash yang merupakan kuda Pegasus dengan tubuh berwarna biru langit serta surai pelangi. Rainbow Dash digambarkan mempunyai sifat berani, tegas, tomboy, dengan kesetiaan yang tinggi. Ia mampu terbang dengan cepat di langit. Elemen yang dimiliki adalah Element of Loyalty.
  3. Karakter selanjutnya adalah Pinkie Pie. Dia adalah jenis earth pony dengan warna tubuh merah muda. Ia memiliki sifat yang ceria, humoris, energik, hiperaktif, dan pandai berbicara. Sementara elemen yang dimilikinya adalah Element of Laughter.
  4. Yang keempat ada Fluttershy. Ia merupakan seekor kuda Pegasus berwarna kuning dengan surai berwarna merah muda yang panjang. Sesuai dengan namanya, karakter tokoh ini mempunyai sifat yang pemalu, lembut, gaya bicara yang kalem, penyayang binatang, serta penyayang lingkungan. Elemen yang dimiliki Fluttershy adalah Element of Kindness.
  5. Tokoh kelima yakni Rarity. Ia merupakan kuda unicorn dengan tubuh berwarna putih dan surai keriting berwarna ungu. Ia digambarkan sebagai pecinta fashion dan memiliki bisnis butik di Ponyville. Elemen yang dimiliki adalah Element of Generosity.
  6. Karakter utama yang terakhir adalah Applejack. Ia merupakan seekor earth pony berwarna oranye dengan surai kuning pirang yang diikat. Applejack digambarkan memiliki sifat yang jujur, pekerja keras, dan dapat dipercaya. Sedangkan elemen yang dimilikinya adalah Element of Honesty.

Dengan kesuksesan besar dari My Little Pony generasi keempat ini, maka tidak heran bila tercipta produk-produk turunan dari serial ini. Di tahun 2010, perusahaan mainan Amerika milik Hasbro meluncurkan produk-produk mainan My Little Pony. Mainan atau Toyline My Little Pony meluncurkan 9 karakter dari My Little Pony: Friendship Is Magic, yakni Twilight Sparkle, Rainbow Dash, Fluttershy, Pinkie Pie, Applejack, Rarity, Spike the Dragon, Princess Celestia dan Princess Luna.

Sedangkan, produk turunan waralaba media My Little Pony awalnya dibuat pada tahun 1980-an, kemudian Hasbro meluncurkannya kembali sebagai generasi keempat dengan title yang berubah menjadi My Little Pony: Friendship Is Magic. Dengan kesuksesan Friendship Is Magic ini juga menghasilkan fandom yang luas dan berdedikasi. Masyarakat mendirikan fandom tersendiri dari berbagai kalangan usia.

Selain itu, My Little Pony juga mengeluarkan film fantasi animasi dengan judul My Little Pony: The Movie (2017) yang didasari oleh serial Friendship Is Magic. Film ini merupakan bagian dari peluncuran kembali waralaba My Little Pony dari Hasbro. Versi film ini disutradarai oleh Jaysin Thiessen.

Beginilah Sambutan My Little Pony di Pasar

My Little Pony mengalami kesuksesan besar dengan serialnya dan berhasil meraih target pasar cukup tinggi. Hasbro sendiri menyatakan bahwa laba yang mereka peroleh lebih baik dari perkiraan dikarenakan permintaan yang besar terhadap produk mainannya. Penjualan mainan yang ditargetkan untuk anak perempuan mencapai pertumbuhan 21% pada kuartal pertamanya, dan untuk laki-laki mengalami peningkatan sebesar 2%.

Dengan dampak yang begitu besar, saham Hasbro mengalami kenaikan sebesar 4,2% dan menyentuh level tertinggi sepanjang sejarahnya. Mainan yang ditujukan untuk perempuan tumbuh sampai dengan $138,7 juta dalam kuartal pertama. Total pendapatan yang dicapai mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan pendapatan untuk mainan laki-laki sampai dengan $247,8 juta.

My Little Pony dalam Bentuk Buku Cerita

Dengan kesuksesan besar yang diraihnya, My Little Pony juga mengeluarkan produk turunan dalam bentuk buku cerita. Buku cerita mengenai My Little Pony ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk anak Anda. Mengapa? Karena di dalam ceritanya tersebut memiliki karakter yang kuat dan mampu bersaing dengan cerita anak lain seperti Disney, karena kekuatan karakter serta ceritanya yang berjalan dinamis.

Namun sayangnya, buku-buku cerita My Little Pony dengan versi bahasa Indonesia ini masih cukup sulit untuk diperoleh. Buku cerita dengan versi bahasa Indonesia tersebut hanya terdapat di toko-toko buku tertentu dan belum didistribusikan secara merata. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena masih ada penerbit lokal yang meluncurkan buku cerita ini dalam bentuk picture book.

My Little Pony Telah Hadir dalam Bentuk Picture Book Berbahasa Indonesia

Memiliki peminat yang banyak dari segala kalangan usia, My Little Pony juga mengeluarkan buku dalam bentuk picture book yang diterbitkan oleh salah satu penerbit lokal Indonesia. Penerbit lokal tersebut adalah dari Muffin Graphics. Muffin Graphics sendiri adalah sebuah penerbit buku yang fokus menerbitkan komik anak-anak dan berbasis di Bandung. Muffin Graphics sudah berdiri sejak Juli 2011 yang merupakan lini baru di bawah CV Curhat Anak Bangsa.

Buku-buku yang sudah diterbitkan oleh Muffin Graphics adalah seri komik Next G, seri komik Ghost School Days, seri komik Meng, seri komik Princess Academy, dan buku My Little Pony Berbahasa Indonesia. Penerbit ini telah melakukan kerja sama dengan Hasbro yang merupakan pemilik hak cipta karakter My Little Pony guna menterjemahkan serta menerbitkan cerita karakter My Little Pony ke dalam bentuk picture book secara original.

Adapun buku My Little Pony yang telah diterbitkan ada 17 judul, yakni My Little Pony Pesta Kejutan, My Little Pony Resep Rahasia, My Little Pony Petualangan Ajaib, My Little Pony Musim Semi Telah Tiba, Selamat Datang di Equestria, Selamat Datang di Everfree Forest, My Little Pony Fluttershy Penakluk Binatang, My Little Pony Semangat Sekolah, My Little Pony Applejack Pekerja Keras, My Little Pony Aku Sayang Rarity, My Little Pony Piknik Panik, My Little Pony Pilih Yang Mana, My Little Pony Pecinta Keindahan, My Little Pony Selamat Datang di Crystal Empire, My Little Pony The Movie Festival Persahabatan, dan My Little Pony The Movie Teman Baru.

Buku-buku My Little Pony ini bisa Anda dapatkan di toko-toko buku tertentu atau bisa memesannya langsung ke nomor Whatsapp 0822-1738-7229. Sedangkan kelebihan terbitan buku My Little Pony dari Muffin Graphics ini adalah selain berlisensi resmi, serial ini ditulis oleh penulis dan ilustrator Indonesia, sehingga ceritanya pun disesuaikan dengan budaya Indonesia. Di samping itu, pemakaian bahasa Indonesia pada alur cerita yang digunakan juga mudah dipahami oleh anak-anak.

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: