Cara Semai Bunga Kamboja dan Cara perawatannya Agar Berbunga Lebat

From : lowriu.blogspot.com

From : lowriu.blogspot.com

Sedikit ulasan tentang Bunga adenium atau bisa juga desebut dengan bunga kamboja adalah bunga yang berasal dari Afrika dan Asia barat, berasal dari daratan Afrika sampai Asia bagian barat. Sebutan bunga ini disana adalah desert rose (mawar padang pasir), dikarenakan berasal dari daerah kering, tanaman ini berkembang lebih baik pada media/tempat yang kering daripada media yang terlalu basah.

Tanaman ini dinamakan adenium karena tempat asal yang salah satunya adalah daerah Aden (ibukota yaman). Sejatinya bunga kamboja adalah jenis Plumeria, Kerabat jauh dari adenium, beriku beberapa perbedaan yang harus kamu tahu antara plumeria dengan Adenium agar tidak salah pilih :

1. Adenium atau bunga kamboja memiliki berbatang besar pada bagian bawah akar menyerupai ubi, tapi sosok tanamannya kecil dengan daun yang panjang dan memiliki akar yang besar seperti ubi.

2. Plumeria mempunyai batang yang kecil memanjang, tidak menyerupai umbi, sosoknya yang besar dan bisa tumbuh tinggi, dengan bentuk daun yang besar dan panjang.

Bunga Adenium (bunga kamboja)

From : lowriu.blogspot.com

From : lowriu.blogspot.com

Banyak orang yang menanam dan merawat bunga ini baik dari kalangan masyarakat umum maupun dari kalangan pecinta tanaman hias, Hal ini dikarenakan bentuk bunganya yang mempesona, banyak dan memiliki batang yang lumayan gendut.

Bahkan tidak sedikit orang yang merawat bunga kamboja untuk dijadikan bonsai. Untuk menjadikan bunga kamboja yang subur, mempesoan dan berbunga lebat dibutuhkan beberapa cara untuk merawat bunga kamboja yang baik dan benar.

Cara Semai Bibit bunga kamboja

FRom : hisamihalidi.blogspot.com

FRom : hisamihalidi.blogspot.com

Adenium ini bisa didapatkan dari buah adenium yang sudah matang dan tua, bunga adenium mempunyai buah yang berbentuk seperti cabai yang terbalik berwrna merah, dalam satu batang buah terdapat banyak sampai puluhan biji yang ditandai ujung bijinya ada bulu-bulu halus.

Biasanya buah bunga kamboja yang sudah matang akan terbelah dengan sendirinya, dan biji yang tedapat di dalamnya bisa berterbangan bila tertipu angin, untuk mencegah kejadian itu apabila buah sudah matang dan tua kita bisa memetiknya,ditandai dengan kulitnya yang mulai terbelah.

Lalu bagai mana kalau kita tidak mempunyai bunga adenium untuk diambil buahnya untuk dijadikan bibit tersebut ?

Biji atau bibit adenium banyak diperjual belikan baik yang online maupun offline seoerti di pasar-pasar.

Berikut saya jelaskan bagaimana cara semai bunga kamboja :

1. Petik Buah kamboja yang sudah matang, lalu belah menggunakan tangan, jangan membelahnya dengan pisau, ditakutkan kalau membelahnya dengan pisau bisa melukai atau bahkan bisa membelah biji bunga kamboja tersebut

From : benihtanamanmurah.com

From : benihtanamanmurah.com

Cabuti terlebih dahulu bulu-bulu yang berdada di ujung biji bunga kamboja, kemudian jemur sebentar di bawah terik sinar matahari sekitar 1 sampai 2 jam. ini berlaku apabila kita memetik biji adenium yang kita ambil dari pohon sendiri, jika kita membeli biji dari pasar biasanya tidak usah melakukan step ini karena sudah bersih dan kering

2. Rendam biji bunga kamboja dalam air hangat ~+mn~ 30 menit

From : bibitbunga.com

From : bibitbunga.com

3. Siapkan media semai seperti pot atau polybag yang bagian bawahnya dilubangi, untuk media tanamanya kita bisa mengguanakan arang sekam dan abu gosok dengan, atau juga bisa dengan pupuk kompos dengan perbadingan 1:1.

From ; kompasiana.com

From ; kompasiana.com

4. kita isikan media tanam ke pot namun, jangan sampai terlalu penuh kira-kira cukup ½ dari pada pot tersebut

From : hansdw08.student.ipb.ac.id

From : hansdw08.student.ipb.ac.id

5. Tanam biji buah kamboja di dalam media semai dan penancapan dilakukan dengan jarak ~+mn~ 2 cm

From : bibitbunga.com

From : bibitbunga.com

6. Setelah kita selesai menanam biji buah bunga kamboja lali taburi dengan pupuk ~+mn~ 1 cm lebih baik pupuk kompos

From : hansdw08.student.ipb.ac.id

From : hansdw08.student.ipb.ac.id

7. Siram media semai dengan air, kita bisa menggunakan semprotan halus dan jangan sampai bijinya tenggelam

From : rafifamir.com

From : rafifamir.com

8. Letakkan di tempat yang teduh dan sirami setiap hari sampai berkencambah. Biasanya biji ini tumbuh sekitar 1 minggu sudah mulai berkecambah

9. Jika biji bunga kamboja mulai berkecambah, dan tinggi sekitar 5 cm atau daun sudah keluar sekita 4 sampai 5 helai, Bibit ini sudah bisa di pindah ke media pertummbuhan, bisa dengan pot ukuran 10 cm, dengan isi yang sama yaitu sekam, abu gosok dan kompos.

Tapi sebelum memasukkan abu gosok sekam dan kompos dalam pot isi dahulu pot dengan krikil dibawah, lalu baru kita isikan abu gosok, sekam dan komposnya. tujuannya agar air mengalir dan tidak banyak air yang tertahan karena jika air terlalu bantak yang tertahan maka benih bisa membusuk.

10. Selanjutnya letakkan bibit tersebut di tempat yang terkena sianar matahari, cukup terkena sinar matahari 3 atau 4 jam setiap harinya, hingga bunga adenium tumbuh besar, jika sudah besar bunga kamboja sudah kebla akan sinar matahari maksudnya dapat di jemur seharian di bawah sinar matahari.

Jika kita ingin bunga kamboja berbunga lebat dan indah kita harus merawatnya lagi, Berikut caranya agar bunga kamboja mau berbunga lebat :

A. Memilih media tanam yang tepat

From : bibitbunga.com

From : bibitbunga.com

Dalam perawatan bunga kamboja penting bagi kita untuk memperhatikan medianya agar tanaman sehat. Pilih media tanam porus yang tidak mudah memadat dan tidak gampang menyerap air.

Kita bisa mencampur media tanam dari bahan organik seperti kompos, pecahan atang dan pasir Malang kasar dengan pembagian perbandingan 1:1:1. Untuk pasirnya alangkah baiknya dicuci terlebih dahulu sampai bersih dari tanah dan lumpur sebelum kita gunakan.

Kita juga bisa menggunakan media tanam kompos yang sudah benar-benar matang, supaya PH kesaman media tanam tersebut berkisar 7-7,5, kita bisa juga menambahkannya dengan kapur dolomit.

B. Posisikan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari

From : flowerian.com

From : flowerian.com

Penting kita ketahui bawasannya bunga kamboja juga membutuhkan sinar matahari selain untuk berkembang biak, habitat asal bunga ini sendiri adalah gurun sehingga tanaman ini suka sekali terkena sinat matahari secara langsung.

Intesitas sinar matahari yang lama dan semakin tinggi akan menjadikan bunga kamboja semakin tumbuh dengan optimal, sehat serta mempunyai cabang yang besar dan kuat.

C. Penyiraman secara rutin

menyiram-bunga-adenium

Penyiraman bunga kamboja dilakukan setiap hari secukupnya saja, Tanaman bunga kamboja yang sehat memiliki ciri : daun baru dan kucup bunga senantiasa bermunculan serta terlihat segar.

D. Pemupukan bunga kamboja

From : 100gambarbunga.blogspot.com

From : 100gambarbunga.blogspot.com

Agar tanaman bunga kamboja tumbuh dengan sehat dan berbunga lebat tidak salahnya kita memebri nutrisi tambahan seperti memberi pupuk slow release misal : Magmp, Dekastar, dan Osmocolare sesuai dosisnya.

Kemudian kita juga bisa memeberikan pupuk yang berkalium dan berfosfor tinggi agar bunga kamboja rajin berbunga.

E. Lakukan repotting bunga kamboja tepat waktu

From : rafifamir.com

From : rafifamir.com

Ketika kira merawat bunga kamboja dengan mengganti media tanam, dilakukan dengan cara membuang sebagian akar halusnya kemudian letakkan tanaman pada tempat yang teduh sampai lukanya sembuh sampai 1 minggu.

Kemudian kita dapat menanamnya kembali dengan media tanam yang kering dalam kurun waktu 1 minggu, kemudian setelah 1 minggu dilakukan penyiraman dan tempatkan tanaman tersebut di tempat yang memungkinkan tanaman tersebut terkena sinar matahari secara penuh.

Dengan perawatan yang tepat maka seluruh nutrisi dari zat hara matahari bisa terserap oleh tanaman bunga kamboja dengan baik sehingga menjadikannya berbunga lebat dan sehat.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita 🙂

Leave a Reply