Cara Menghilangkan Jerawat beserta Tips Mengatasi secara Tepat dan Cepat

Ngomongin jerawat.. Oh tidakk.. Bagi sebagian Remaja khususnya perempuan, jerawat merupakan masalah penting bagi mereka. Selain mengganggu kecantikan wajah, jerawat juga menimbulkan rasa tidak nyaman di area wajah. Duh, kalau sudah begini rasanya ingin segera menghilangkannya dengan cepat.

Cara Menghilangkan Jerawat

cara menghilangkan jerawat

masonhq.org

Jerawat adalah masalah kulit yang terlihat sederhana dan umum buat sebagian orang, tetapi seringkali menimbulkan berbagai macam masalah serius, mulai dari kesehatan hingga psikologis seseorang. Jerawat akan membuat kulit wajah terlihat tidak sempurna, apabila saat meninggalkan bekas luka.

Bagi kamu yang punya masalah serius dengan jerawat janganlah khawatir, Mari kita simak Bagaimana sih cara menghilangkan jerawat itu..

Mengenali Jerawat dan Penyebabnya

Mengenali Jerawat dan Penyebabnya

beautynesia.id

Ada macam-macam jerawat yang umum dikenal seperti Jerawat biasa, Jerawat batu, Jerawat juvenile, Jerawat vulgaris, Jerawat rosacea, Jerawat nitrosica, dll, Namun disini kita akan membahas jerawat dan penyebabnya berdasarkan tempatnya

1. Jerawat di Dahi

Jerawat di dahi berhubungan erat dengan sistem pencernaan kita. Jika jerawat itu muncul di dahi berarti kita harus lebih memperhatikan masalah pencernaan. Dengan memperhatikan makanan yang kamu makanan adalah cara yang tepat untuk mengatasinya.

Kurangi makanan buatan seperti junk food yang banyak mengandung lemak dan minum air putih yang banyak. Selain itu hindarilah makanan yang pedas dan minuman bersoda.

2. Jerawat di pelipis dan sekitar telinga

Kalau jerawat yang muncul di pelipis dan sekitar telinga itu merupakan masalah yang berhubungan dengan kesehatan ginjal. Perbanyaklah minum air putih untuk mengatasinya. Selain itu untuk membuat kesehatan lambung kamu pulih, kamu juga bisa mengkonsumsi bawang putih, paprika merah, kecambah, kubis dan apel.

3. Jerawat di hidung

Jerawat yang sering muncul di hidung berhubungan erat dengan jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa jantung adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh kita. Munculnya jerawat di hidung mengindikasikan kesehatan jantung kita sedang bermasalah.

Cara mengatasinya adalah dengan berolahraga minimal dengan jogging di pagi hari dan jangan lupa untuk menikmati udara segar di pagi hari. Makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung lemak baik seperti omega-3 dan omega-6.

4. Jerawat di Pipi

Munculnya jerawat di pipi berarti sistem pernapasanmu yang sedang kurang baik. Cara mengatasinya yaitu dengan memperhatikan udara yang kamu hirup. Hindari terlalu lama di lingkungan yang sirkulasi udaranya kotor dan berusaha carilah udara yang segar.

Nah.. makanan kamu harus dihindari adalah makanan yang membuat tubuh menjadi asam seperti daging, susu, alcohol, dan kafein. Selain itu hindari juga makanan yang membuat tubuh terlalu panas dengan memakan makanan yang sifatnya dingin seperti melon dan mentimum.

5. Jerawat di dagu

Jerawat di dagu berkaitan dengan stress dan perubahan hormonal pada diri kita. Biasanya bagi perempuan ketika mengalami menstruasi, kehamilan dan remaja yang sedang masa puber.

Perubahan hormonal ini harus diikuti dengan manajemen stress yang baik jika tidak pasti berakibat pada kesehatan tubuh kita. Salah satu caranya dengan tidur yang cukup, banyak minum air putih dan mengkonsumsi sayuran hijau.

6. Jerawat di leher

Jerawat di leher adalah sebuah pertanda bahwa tubuh kita sedang melawan bakteri jahat untuk menghindari penyakit. Oleh sebab itu, cara untuk mengatasinya adalah dengan istirahat yang cukup, latihan pernapasan yang baik dan minumlah banyak air.

Ternyata munculnya jerawat berhubungan erat dengan kesehatan tubuh. Maka jaga kesehatan supaya jerawat bisa segera menjauh ya.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Cara mengatasi jerawat

avoskinbeauty.com

Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menuntaskan masalah jerawat pada kulit. Berikut cara untuk menghilangkan jerawat di kulit secara alami:

  1. Lidah Buaya

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya. Karena mengandung Polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat. Jika digunakan secara teratur kulit akan bersih dari jerawat. Caranya dengan mengambil gel yang terdapat di dalam lidah buaya, kemudian gunakan seperti masker. Diamkan selama 20 – 30 menit setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

  1. Putih Telur

Kandungan enzim lysonzim yang terdapat di dalam putih telur ternyata mampu digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat yang ampuh. Caranya dengan memisahkan putih telur dari kuningnya lalu tambahkan air perasan lemon, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 – 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Bawang Putih

Zat sulfur dalam bawang putih dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya dengan mengambil 1 siung bawang putih, kemudian potong menjaid beberapa bagian. Lalu tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Tunggu sampai 15 menit kemudian bersihkan.

  1. Mentimun

Selain memiliki kandungan antioksidan yangtinggi, mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Anda cukup gunakan masker mentimun pada kulit berjerawat secara teratur.

  1. Air Lemon

Lemon memiliki kandungan asam askorbat ini sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat yang membandel pada kulit. Selain itu, lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Caranya dengan mengambil peras 1 buah lemon. Kemudian airnya bisa langsung dioleskan pada muka yang berjerawat. Tunggu 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Madu

Madu banyak digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit secara alami danbisa digunakan untuk masker jerawat setiap hari.

  1. Tomat

Kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalam buah tomat juga dapat menghilangkan jerawat secara alami. Caranya dengan mengambil 1 buah tomat kemudian potong menjadi 2 bagian. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 – 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Pepaya

Kandungan enzim papain yang terdapat di dalam buah pepaya ternyata mampu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah berjerawat. Anda bisa menggunakan buah ini sebagai masker alami penghilang jerawat di kulit.

  1. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika Anda mau menggunakannya secara rutin, maka masalah seperti kulit berjerawat pun dapat diatasi dengan mudah dan cepat. Caranya dengan mengambil 1 – 2 sendok cuka apel kemudian oleskan ke bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas bersih. Setelah itu diamkan selama 2 – 5 menit dan bilas dengan air bersih.

  1. Es Batu

Jika ingin menghilangkan jerawat dalam waktu yang cepat, maka cara menghilangkan jerawat dengan es batu bisa menjadi solusinya. Dimana es batu mampu mengurangi peradangan pada kulit akibat wajah berjerawat. Caranya, cukup oleskan es batu pada wajah berjerawat hingga beberapa kali.

  1. Alpukat

Alpukat yang sering digunakan sebagai masker kulit ini ternyata juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Dimana kandungan vitamin E mampu membuat kulit menjadi lembut dan mampu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Caranya, ambil daging buah alpukat. Kemudian haluskan hingga membentuk masker, setelah itu Anda bisa menambahkan 1 sendok madu. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 20 – 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Pasta Gigi

Untuk Anda yang bingung mencari cara untuk menghilangkan jerawat dalam waktu 1 malam, maka pasta gigi bisa menjadi solusinya. Dimana kandungan hidrogen, fluorin, dan triclosan yang ada di dalam pasta gigi mampu mencegah timbulnya iritas pada kulit. Selain itu, pasta gigi juga memiliki sifat untuk mengeringkan jerawat yang meradang. Anda bisa langsung mengoleskan pasta gigi di bagian jerawat. Setelah itu diamkan selama 10 – 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Kulit Jeruk

Bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, ternyata kulit jeruk yang biasanya langsung Anda buang ini juga memiliki kandungan vitamin A dan C serta flavonoid yang dipercaya mampu digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu pada kulit. Caranya, jemur kulit jeruk hingga kering. Setelah itu tumbuk hingga halus, tumbukan kulit jeruk tadi bisa Anda tambahkan sedikit air. Kemudian oleskan pada wajah seperti masker. Diamkan selama 15 – 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

solusicantiksehat.com

Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah dengan cara yang baik dan benar, yaitu:

  • Biasakan membersihkan wajah dari make up dan noda serta biasakan mencucinya secara teratur

Membersihkan wajah adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Ini wajib jadi rutinitas harian agar jerawat tidak mudah muncul.Terutama Sebelum tidur pastikan wajah bersih dari make up dan kotoran-kotoran lainnya.

 

  • Hilangkan kebiasaan menyentuh wajah atau memegang wajah

Tanpa disadair kita memegang wajah atau menyentuhnya dengan tangan. Ketika sangat diperlukan, tentu saja hal tersebut tetap boleh dilakukan. Namun untuk hal-hal yang tidak penting, sebaiknya hindari menyentuh wajah dengan menggunakan tangan, apalagi jika tangan kotor dan belum dicuci. Karena, tangan merupakan salah satu sumber bakteri penyebab infeksi dan jerawat.

  • Konsumsi makanan sehat

Kulit kita sangat bergantung pada apa yang kita makan. Jika kita terbiasa mengkonsumsi makanan-makanan yang kosong kalori alias rendah gizi (vitamin dan mineral) serta serat, maka jangan heran apabila kulit mudah berjerawat. Jika ingin memiliki kulit halus yang sehat dan segar serta bebas dari masalah jerawat, mulai saat ini, biasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang banyak mengandung vitamin dan mineral serta serat.

  • Manfaatkan produk kosmetik yang menawarkan anti jerawat

Ada beberapa produk kosmetik seperti pelembab dan krim yang menawarkan sejumlah manfaat nutrisi dan menawarkan manfaat non-comedogenic (anti jerawat). Bagi Anda yang punya kulit wajah berminyak, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab yang bisa meminimalisir produksi minyak di wajah. Bagi pemilik kulit kering, pelembab juga akan sangat efektif untuk mengatasi kekeringan pada wajah dan untuk mengatasi agar kulit tidak terkelupas.

  • Hematlah dalam menggunakan make up

Selain berhemat, Anda juga perlu meminimalisir penggunaan make up. Baik itu foundation (alas bedak), bedak, hingga blush on. Setelah menggunakan make-up, pastikan Anda membersihkannya dan mencucinya sebelum tidur. Jika memungkinkan, pilihlah kosmetik yang bebas minyak dan tanpa menggunakan pewarna atau bahan kimia tambahan.

  • Jangan lupa berolahraga

Olahraga atau latihan (workout/exercise) tidak hanya bermanfaat untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan dapat membuat imun tubuh meningkat, melainkan juga sangat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih sehat, lebih kenyal, lebih halus, lebih bersinar, dan bebas dari berbagai macam masalah–termasuk jerawat. Olahraga juga bisa membuat peredaran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Darah yang lancar adalah kunci lainnya untuk mencegah jerawat.

  • Gunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat

Beberapa Bahan alami yang umum digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah: madu, cuka sari apel, dan lemon.

Kini menghilangkan jerawat tidak harus dilakukan dengan cara yang mahal dan ribet. Kita bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat yang ampuh dan cepat untuk kulit. Selain itu, jika Anda rutin menggunakannya setiap hari, maka masalah seperti kulit berjerawat ataupun bekas jerawat yang sulit dihilangkan pun dapat di atasi dengan mudah.

 

One Response

  1. seoktavian 23 May 2019

Leave a Reply

%d bloggers like this: