Cara Memetik Gitar Akustik dengan Baik dan Benar Sesuai Ketentuan Gitaris Profesional

Cara Memetik Gitar- Memang bagi anda yang baru mengenal gitar terasa sulit ketima pertama akan memainkan gitar terutama memetik.

Patinya teman-teman sudah tahu kalau untuk memainkan gitar membutuhkan yang namanya teknik bermain, tidak jauh beda ketika anda memainkan jenis alat musik lain yang membutuhkan teknik dan cara-cara tersendiri.

belajar memetik gitar yang baik dan benar

From: pixabay.com

Begitu juga dengan gitar, karena jika cara memainkannya salah dan kurang benar maka, andapun tidak akan mendapat dan merasakan kenikmatan bermain gitar, yang ada malah bosan dan lama kelamaan kapok untuk memainkannya lagi.

Oleh sebab itu dalam artikel ini tidak mengajari kalian seperti itu, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara memainkan, memetik gitar dengan benar agar anda mendapat sensasi, kenikmatan ssaat bermain gitar.

Cara Memetik Gitar

Dalam bermain gitar entah itu gitar Klasik, Akustik, Listrik. Terdapat dua cara suapaya anda dapat memainkan senarnya dengan mudah.

Pertama dengan memetik senar demi senar menggunakan jari (kurang efektif karena menggunakan kelima jari sembarang untuk memetiknya).

Kedua dengan menggunakan 5 jari, tapi yang umum digunakan dan paling mudah yakni dengan 4 jari saja. Itupun juga di sesuaikan dengan jenis lagu yang akan dimainkan.

Dan satu lagi dengan cara menggenjreng seluruh senar atau bisa disebut Rhythm ( Ritem ). Namun di artikel kali ini saya tidak membahas tentang ritem ini.

Cara Memetik Gitar Untuk Pemula

belajar membaca tab gitar bagus

From: Info Aneh,Unik,Menarik.com

Dalam belajar memetik gitar dibutuhkan yang namanya konsentrasi dan latihan tekun, Jangan malas untuk belajar, mengulang-ulang dan jangan terburu-buru.

Akan lebih baik jika anda membuat jadwal latihan gitar anda setiap hari, seperti 2 jam satu kali dalam sehari atau 1 jam duakali dalam sehari.

Semua tergantung pada situasi dan kesibukan anda, anda bisa membuat jadwal yang lebih efektif lagi daripada saya.

Menggunakan 5 jari

Menggunakan cara 5 jari untuk memetik gitar merupakan cara yang efisien dan lebih banyak digunakan oleh gitaris-gitaris profesional.

Langkah pertama untuk cara ini adalah anda harus tahu dan hafa dimana letak penempatan dari masing-masing jari untuk memetik pada setiap senarnya.

Letaknya sebagai berikut :
  1. Ibu Jari dalam gitar diletakkan diatas untuk memetik senar bass, bisa senar nomor 4,5 atau senar 6.
  2. Jari telunjuk digunakan untuk memetik senar gitar pada nomor 3
  3. Jari tengah digunakan untuk memetik senar gitar pada nomor 2
  4. Dan jari manis digunakan untuk memetik senar gitar pada nomor 1
Pemraktekan :

1. Lakukan petikan menggunakan 2 jari

Tempatkan dan lakukan terlebih dahulu ibu jari sebagai bass serta jari tengah dan jari kelingking untuk petikan melodi.

Lakukan hal tersebut secara terus-menerus, Jika anda sudah merasa menguasai memetik menggunakan kedua jari tersebut, maka waktunya anda naik ke level selanjunya. yaitu Menggunakan jari manis dan jari kelingking.

2. Penempatan jari

Untuk latihan memetik gitar yang benar, anda harus benar-benar tahu penempatan posisi jari yang baik dalam memetik gitar.

Karena, Jika anda samapai salah menempatkan posisi jari maka dapat berakibat kaku pada permainan gitar anda.

Penempatan jari yang baik dan benar sepeti yang tela saya singgung di atas.

3. Penerapan Pada Kunci/chord Gitar

Dalam berlatih dan untuk mudah memahami serta menguasai teknik memetik gitar. sebaiknya and menggunakan kunci/chor dasar terlebih dahulu seperti C, D, F, E dsbg.

Apabila anda telah menguasai teknik petikan kunci dasar, maka sudah waktunya anda naik ke level chord/kunci gitar yang lebih sulit lagi, seperti E, F#m, C#m, B dan lain sebagainya.

4. Terapkan dalam Sebuah Lagu

Sekarang waktu memetiklah dengan diiringi sebuah lagu anda bisa mempraktekannya dengan lagu yang ada dengan kuci dasarnya terlebih dahulu baru kemudian naik ke level lagu dengan kesulitan tinggi.

Teknik – Teknik dalam Cara Memetik Gitar

Untuk anda yang baru pertama memegang atau belajar gitar pastinya akan kaku, untuk itu saya sebagai bukubiruku.com akan memberitahukan teknik-teknik sekaligus penjelsan supaya anda tidak telalu kaku dalam cara memetik gitar ini.

1. Teknik Picking Strumming

belajar memetik gitar dengan berlatih dengan tekun

From: Gitar.com

Cara/teknik senar gitar ini dimainkan menggunakan punggung kuku dari jari tangan. Umumnya menggenjreng gitar dengan teknik ini dalakukan dengan menggunakan jari telunjuk dan jari jempol saja.

Cara Memainkan :

Kepal semua jari tangan kanan anda, Kemudian luruskan jari telunjuk dan jempol lalu tempelkan jari telunjuk dan jempol sobat.

Kemudian cara menggenjrengnya yaitu dengan menggenjreng senar gitar secara bolak-balik, Jika genjrengan gitar dari atas kebawah menggunakan punggung kuku telunjuk dan sebaliknya.

Jika dari bawah keatas menggunakan punggung kuku jari tangan jempol. Praktekan hal ini secara bolak-balik serta dengan gerakan yang teratur

Cara Belajar Teknik Picking :
  • Jika genjrengan dari atas kebawah menggunakan kuku telunjuk dilambangakn dengan huruf “D”
  • Jika genjrengan dari bawah keatas menggunakan kuku jempol dilambangkan dengan huruf “U”

Sebagai latihan Cobalah pola strumming yang saya cantumkan dibawah ini secara berurutan dari kiri ke kanan :

  • Pola 1 : D – D – U – U – D – D
  • Pola 2 : D – D – U – D – U – D
  • Pola 3 : D – U – D – D – D – D – U – D

Lakukan latihan secara teratur, anda juga bisa memadukannya dengan musik kesukaan anda.

2. Teknik Memetik Gitar Finger Picking Strumming

belajar memetik gitar menggunakan tekinik full

From: youtube.com

Sesudah anda menguasai teknik picking yang telah saya jelaskan di atas. Selanjutnya anda dapat belajar meemetik gitar dengan teknik selanjutnya yaitu finger picking strumming/

Teknik ini bisa dilakukan dengan cara memetik senar gitar secara langsung dengan setiap ujung jari tangan. Dan cara pemraktekannya memtik senar gitar dengan membuat kombinasi petikan antra senar bass line dengan trebell dalam sebuah alunan/pola petikan.

Dalam setiap jari tangan hanya diperbolehkan memetik beberapa senar gitar saja yakni :

  • Jari Jempol : Senar 5 dan 6
  • Jari Telunjuk : Senar 4
  • Jari Tengah : Senar 3
  • Jari Manis : Senar 2
  • Jari Kelingking : Senar 1

Sebagai contoh dibawah ini adalah pola petikan teknik finger picking :

  • Pola 1 : senar 6-3-2-1-5-3-2-1-4-3-2-1
  • Pola 2 : senar 4-2-3-1-6-5-4
  • Pola 3 : senar 2-1-5-3-2-4-6

Seberapapun canggihnya cara atau teknik yang terpenting adalah latihan seberapa serius anda latihan itu akan menentukan hasil dari cara memetik gitar ini.

“Sekian dulu yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat badi kita semua dan saya berterimakasih kepada teman-teman karena telah mau share artikel ini”

2 Comments

  1. INDAH 9 February 2017
  2. EviSa 5 May 2017

Leave a Reply