10 Cara Memecahkan Masalah dengan Pemograman Pemikiran Positif

memecahkan masalah baik

Finding solution for problem

Cara memcahkan masalah- Ketika anda dihadapkan dengan masalah, bagaimana anda menyikapi, memecahkan masalah tersebut?

Apakah anda membiarkan masalah menguasai diri anda atau anda melenturkan otot pemecahan masalah dan mencari tahu solusi yang terbaik?

Orang-orang yang menceburkan diri dalam masalah mereka sering menjadi panik dan bingung . Mereka mengambil pendekatan dengan gegabah, terburu-buru untuk berfikir, dan kemudian mereka kagum ketika mereka menemukan diri mereka menggelepar dan membuatnya tidak ada kemajuan.

Berikut adalah 10 Langka Mengatasi Masalah Dengan Efektif

memecahkan masalah membuat kerangka

From: kangdarukanti11januari.blogspot.com

Berikut adalah 10 cara atau metode yang dapat anda gunakan untuk berfikir sistematis. Dengan metode ini, anda dapat mengembangkan tekhnik berfikir dan memecahkan masalah penting anda ke tingkat jenius.

1. Mengubah sudut pandang bahasa tentang masalah dari negatif ke positif

memecahkan masalah dengan sudut pandang yang berbeda

From: andieyoesoef.blogspot.com

Alih-alih menggunakan kata masalah, menggunakan situasi kata atau menyebutnya tantangan atau kesempatan. Semakin posotif bahasa anda, semakin yakin dan optimis anda ketika menghadapi kesulitan.

Semakin kreatif dan berwawasan anda akan berada dalam mengidentifikasi solusi kreatif dan terobosan ide-ide.

2. Tentukan situasi atau masalah untuk menjelaskan masalah dengan lebih jelas

memecahkan masalah dengan jelas

From: caramenjelaskan.blogspot.com

Ketika anda mempunyai maslah yang cukup menyita fikiran, Cobalah sejenak untuk berhetni beraktifitas dan meluangkan waktu untuk memikirkan masalah yang sedang du hadapui

Tak perlu lama, yang penting anda harus menjelaskan apa masalah anda, dan ada juga harus tahu kenapa masalah itu mampu menyita fikiran.

Apa sebenarnya masalah yang sedang anda hadapi?

Apa yang menyebabkan anda stress dan kecemasan?

Apa yang menyebabkan anda khawatir?

Mengapa anda tidak bahagia?

Mengidentifikasi dan menulis itu semua secara jelas dan rinci kemudian cobalah untuk mencri solusinya.

3. Gunakan daya pikir kritis untuk pendekatan masalah dari beberapa arah yang berbeda

berfikir kritis untuk memecahkan masalah

From: mobile.fourlook.com

Pernahkah anda mencoba memikirkan sati amsalah dari bebagai macam sudut pemikiran?

Anda harus bisa menjelaskan maslah dalam berbagai sudut pemikiran, agar bisa menemukan cara menyelesaikan suatu masalah dengan mudah dan lebih baik lagi bagi anda.

Contoh : Ketika anda mengalami penurunan dalam pemasaran, anda bisa mulai berfikir mengapai ini terjadi?. Apa karena anda mempunyai pesaing yang kuat? iklan anda tidak efektif? atau strategi pemasaran anda yang buruk?

Tanyakan “Apalagi masalahnya?” jangan mudah puas dengan jawaban yang dangkal. Carilah akar penyebab masalah daripada anda teralihkan dari masalah tersebut.

Mendekati masalah dari beberapa arah yang berbeda. Brainstrom solusi yang berbeda, karena ada kemungkinan beberapa solusi untuk masalah yang sama.

4. Tentukan dengan jelas solusi ideal untuk masalah tersebut

solusi memecahkan masalah

From: tugassekolah.com

Dalam menyelesaikan suatu masalah, pastinya anda akan dihadapkan pada berbagai solusi yang bidapat anda lakukan. Hal ini bukalah masalah bagi anda pribadi karena ini muncul secara alami ketika anda berfikir tentang bagaimana memecahkan masalah itu.

Tapi yang akan menjadi maslah adalah kemungkinan anda menemukan kesempatan atau peluang lain dalam solusi tersebut.

Apa solusi sebenarnya yang harus dicapai?

Apa bahan yang harus diisi dalam solusi ini?

Apa solusi yang ideal untuk masalah seperti ini?

Bahkan solusi yang andak pilih mesti harus anda fikirkan ukurannya. Anda haru mempunyai cara untuk mengetahui kapan dan apakah masalah ini bisa diselesaikan dengan solusi yang anda pilih.

Solusi dalam sebuah maslah yang kompleks sering mempunyai efek samping yang tidak diinginkan atau lebih buruk dar yang direncanakan.

Jadi Tentukan solusi yang akan di ambil dengan jelas dengan mempertimbangkan dari beberapa solusi yang ada dan Menentukan parameternya dengan jelas.

5. Pilih solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah anda

From: fakhrurrojihasan.wordpress.com

From: fakhrurrojihasan.wordpress.com

Ketika anda berfikir mengenai suatu permaslahan, tetntu akan ada banyak solusi untuk maslah anda. Anda mungkin hanya mempunyai satu solusi dan yang lain adalah bentuk pengembangan dari satu solusi tersebut.

Tetapi kualitas dari solusi itu akan tampak berbanding lurus dengan jumlah solusi yang diperhitungkan dalam setiap pemecahan masalah itu.

Memilih solusi terbaik dengan membandingkan berbagai solusi yang ada terhadap masalah anda, disatu sisi dan solusi ideal anda, di sisi lain, apa hal terbaik yang harus dilakukan saat dalam situasi ini?

6. Siapkan kemungkinan hasil terburuk dan cara untuk mengatasinya

memecahkan masalah menentukan dampak buruk

From: economy.okezone.com

Sebleum anda menerpapkan sebuah keputusan, bertanyalah, “apa hal terburuk yang bidapat terjadi jika keputusan ini tidak berhasil?”

Jika solusi yang anda persiapkan tidak bekerja siapkaan untuk menerima itu dan mencoba memperbaiki dengan yang lain.

7. Mengukur kemajuan anda

memecahkan maslah dengan mengukur tingkat kemajuan

From: wallpapercave.com

Set tindakan pada keputusan anda.

Bagaimana anda akan tahu bahwa anda membuat kemajuan?

bagaimana anda mengukur akan keberhasilan?

Bagaimana anda akan membandingkan keberhasilan solusi ini terhadap solusi lainnya?

8. Ambil sebuah tanggung jawab lengkap untuk keputusan anda

memcahkan masalah dengan bertanggung jawab

From: beritatransparansi.com

Menerima tanggung jawab penuh untuk melaksanakan keputusan tersebut. Melaksanakan keputusan tersebut. Banyak ide kreatif yang tidak pernah terwujud karena tidak ada secara khusus diberi tanggung jawab untuk melaksanakan keputusan tersebut.

Untuk itu anda juga harus berani bertanggung jawab terhadap akibat yang mungkin akan terjadi nantinya. Karena setiap maslah dan setiap keputusan akan mempunyai resiko yang harus dipertanggung jawabkan.

Seperti contoh: si A membuka usaha jual paper bag secara tidak langsung dia memiliki tanggung jawab bagaimana usahanya tersebut bisa berjalan seperti yang diinginkan. seperti yang di singgung di atas setiap keputusan akan memiliki resiko dan setiap resiko haru dipertanggung jawabkan

9. Tentukan batas waktu pada hal yang harus dipecahkan

memecahkan masalah waktu

From: jlebb.com

Sebuah keputusan tanpa tenggat waktu adalah diskusi. Jika itu adalah keputusan besar dan akan memakan waktu untuk melaksanakan, mengatur serangkaian tenggat waktu jangka pendek dan jadwal pelaporan.

Dengan tenggat waktu dan sub- tenggat waktu, anda akan tahu segera jika anda berada di jalur atau jika anda jatuh dibelakang. Kemudian anda dapat menggunakan pemikiran kreatif anda untuk meringankan kemacetan lebih lanjut atau tersedak point.

10. Beraksi untuk memecahkan masalah anda

memecahakan masalah dengan betindak

From: requisitoire-magazine.com

Dapatkan kesibukan. mengebangkan rasa urgensi. semakin cepat anda bergerak ke arah tujuan yang jelas, semakin kreatif anda.

Semakin banyak energi yang akan anda miliki. Semakin banyak anda akan belajar. Dan semakin cepat anda mengembangkan kemampuan anda untuk mencapai yang lebih di masa depan.

Anda dapat memecahkan masalah, mengatasi hambatan atau mencapai sasaran apapun yang dapat anda tetapkan untuk diri sendiri dengan menggunakan pikiran kreatif dan indah dan kemudian mengambil tindakan secara konsisten dan terus mencapai tujuan anda.

Suksess adalah tanda dari seorang pemikir kreatif dan ketika anda menggunakan kemampuan anda untuk berfikir kreatif keberhasilan anda tiada batas.

Baca juga : Cara memanajemen konflik dalam organisasi

Sekian dari saya semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca khusunya 🙂

Leave a Reply