7 Cara Membuat Suara Merdu Saat Membaca Al – Quran

Cara membuat suara merdu– Sebagai seorang muslim Al-quran memang sudah menjadi sahabat bagi setiap orang-orang muslim, kitab yang diturunkan kepada nabi akhir zaman yaitu nabi muhammad SAW untuk di ajarkan kepada semua orang di seluruh dunia.

supaya suara medu saat membaca al quran

From: dakwatuna.com

Cara Membuat Suara Merdu Saat Membaca Al-Quran

Di dalamnya terdapat firman-firman allah, hukum, aturan, yang harus ditaati dan dipatuhi oleh setiap manusia. Dengan kita membaca al-quran hati akan menjadi tenang, jiwa tentram dan menjadi bersemangat.

Banyak sekali keutamaan-keutamaan membaca al-quran. namun tidak saya bahas di artikel ini hanya salah satu contoh seperti mempermudah jalan hidayah bagi siapapun yang membacanya dan memahaminya karena terdapat petunjuk tentang kehidupan-kehidupann di dunia maupun di akhirat.

Berikut beberapa Cara membuat suara merdu saat membaca al-quran

Semua orang tetntulah berbeda ada yang di karuniai suara yang bagus ada juga yang pas-pasan, tapi tenang saja untuk yang pas-pasan bisa dilatih dengan tekhnik yang baik dan benar.

kita bisa berlatih dan terus berlatih yakinlah segala karunia itu datangnya dari allah, tugas kita sebagai manusia hanya berusaha dan berdoa untuk yang lebih baik. Langsung saja berikut cara-caranya :

1. Melatih makhorijul huruf hijaiyah

membuat suara merdu dengan al quran

From: nurulilmi.org

Pertama mulailah berlatih cara pengucapan huruf hijaiyah satu-persatu dengan benar sesuai mukhroj. kemudia lanjutkan dengan rangkaian kata-kata yang sulit. Lakukan dengan kecepatan rendah lalu di lanjutkan dengan kecepatan yang lebih cepat.

Hal ini bertujuan untuk melancarkan pengucapan ayat-ayat pendek maupun ayat-ayat panjang dalan al-quran.

2. Melatih Kekuatan Suara

kekutan suara merdu

From: dedihnurfajarpaksi.deviantart.com

 

Kekuatan suara berhubungan erat dengan pernafasan, jika pernafasan kita bagus, maka melatih kekuatan sura akan lebih mudah dilakukan, maksud kekuatan suara di sini bukanlah harus berteriak-teriak secara keras, tapi kejelasan suara dalam pengucapan huruf-huruf hijaiyah terdengar dengan jelas dan jernih.

Cara lain yang dapat kita lakukan adalah meniup lilin dari jarak jauh ~+mn~ 1,5 m hingga padam, lakukan 20-30 kali sehari untuk mendapat kekuatan suara merdu tersebut.

3. Latihan Pernafasan

latihan pernafasan membaca al quran

From: gentanusantara.com

Memang tidak bisa dipungkiri penafasan yang baik sangat diperlukan dama membaca al-quran. Salah satu tekhnik yang efektif untuk melatih pernafasan yaitu dengan pernafasan perut, bukan pernafasan dada.

Tanda pernafasa perut adalah ketika sedang menarik nafas perut akan mengembung sedangkan yang dinamakan pernafasan dada adalah ketika sedang menarik nafas yang mengenbung adalah dada.

Berikut beberapa cara melatih pernafasan perut :

a. Siapkan posisi tubuh dengan rileks bisa berdiri, duduk atau bersila. Tegakkan punggung badan, tarik nafas dalam-dalam (dengan perut) hitung mundur dari 10 detik, perut di usahakan full mengembung, lalu tahan selama 10 detik juga.

b. Dalam posisi perut full mengembung, tahan perut hingga terasa keras. Bisa di cek dengan menkan-nekan perut .

c. Kemudian keluarkan nafas secara perlahan-lahan selama 10 detik. Atur pengeluaran nafas serileks mungkin dengan sedikit membuka mulut sampai hitungan ke 10 sambil membunyikan “AAAAAA.”

Selanjutnya ulangi langkah dari 1 dan 3 “tarik-tahan-keluarkan” dengan menambah durasi waktu secara bertahap.

d. Jangan takut ataupun ragu untuk mengulang-ulang jika dalam satu durasu waktu masih terasa berat.

e. Berdoa, Terakhir adalah berdoa, mintalah segala yang kita inginkan hanya kepada allah SWT, karena hanya allah yang bisa membantu dan mengkaruniai suara yang bagus lagi merdu.

4. Latian tekhnik Vibrasi

latihan vibrasi sebelum memaca al quran

From: myravenhaven.deviantart.com

Vibras atau membunyikan suara, reaksi vibra dapat terjadi akibat adanya konstraksi pada pita suara. Contoh Peganglah jakun atau tenggorokan bagian tengah anda sambil membaca ayat-ayat al-quran. Itulah proses awal vibrasi atau getaran. Lalu bagai mana melatih vibrasi?

Ada beberapa cara untuk melatih vibrasi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Rilekskan tubuh anda
  2. Baca al-quran dengan irama, tinggi rendahnya
  3. Rasakan udara yang mengalir dalam pita suara
  4. Fokus dan cobalah untuk mendapatkan vibrasi alunan nada tersebut pada bacaan secara natural
  5. Usahakan tidak membuat-buat dengan menggerakkan bagian tenggorokan hingga bergerak secara berlebuhan. Hal ini seperti ini malahe akan membuat kita lelah dan akan sangat menguras energi yang menyebabkan suara jadi tidak stabil
  6. Jika sudah mendapat irama vibrasinya, maka barulah kita boleh menggerakkan bagian tenggorokkan bagian dalam secara tidak berlebihan. Tergantung sikon ekspresi, alunan dan kebutuhan iramanya
  7. Ingat vibrasi yang baik adalah vibrasi yang terbentuk secara natural dengan getaran yang stabil dan tidak berlebihan, Jadi harus dilatih secara bertahap dan pelan-pelan.

5. Latihan Sura Nada tinggi

lnada tinggi untuk membaca al quran

From: bumi-to-mars.blogspot.com

Setiap manusia memiliki tingkat nada suara yang berbeda-beda, range vokal standart pembaca al-quran yaitu 3 oktaf, meski ada juga orang yang memliki range vokal di atas 3 oktaf.

Meskipun ada juga orang yang memiliki range di atas 3 oktaf, 4 oktaf, 5 oktaf bakan ada yang sampai 6 oktaf. Namun tidak perlu khawatir karena pasti saja suara tinggi bisa dilatih. berikut adalah beberapa cara melatih suara di nada tinggi :

  1. Lakukan pemanasan dengan cara pelemasan pita suara dengan membunyikan suara “AAA” , “iiii” , “UUU”, “BA” dalam oktaf rendah maupun oktaf yang tinggi sesuai kekuatan range vokal anda
  2. Berlatihlah sesering mungkin, lebih baik jika dilakukan setiap pagi hari. Karena pagi hari adalah kondisi diamana tubuh baik secara fisik maupun mental memiliki , memiliki kesiapan penuh untuk melakukan serangkaian aktifitas di pagi hari. Disarankan untuk belatih untuk membaca surah-surah yang pendek terlebih dahulu supaya nadanya lebih presisi
  3. Gunakan satu irama yang dapat mencapai oktaf tertinggi anda. Ulangi irama tersebut 3 sampai 4 kali ulangan.
  4. Jika kita sudah bisa menggunakan nada tertinggi tersebut dengan baik, selanjutnya latihlah lagi dengan irama lain yang tangga nada tingginya hampir sama atau lebih tingi dari nada yang sebelumnya
  5. Selanjutnya Gunakan satu irama nada yang mampu mencapai oktaf terendah anda, Ulangi 3 -4 kali
  6. Dalam pelatihan mengolah suara memang tidak selalu mulus sesuai harapan, jika kita menemukan kesulitan cobalah baca “AAA”, “III”, “UUU”. Setelah anda mampu menggunakan nada renda tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan nada-nada lain yang nada rendahny kurang lebih sama dengan nada yang sebelumnya.
  7. Berdoa dan memintalah kepada alllah SWT karena-Nyalah kita bisa berhasil

6. Berdo’a Suapaya dikaruniai Suara yang Merdu

Seperti yang kita tahu berdo’a adalah senjata umat muslim yang paling handal, Bedo’a dengan kerendahan diri menyadari status kita di dunia ini hanyalah sebagai hamba yang diciptakan dari tanah dan kelak juga akan kembali ke tanah.

Allah memerintahkan kepada kita untuk berdoa atas segala keinginan kita yang salah satunya dicantum dalam surah (al mu’min : 60) yang artinya : “berdoalah kamu kepadaku,niscaya kuperkenankan permintaan kamu itu” untuk dikabulkannya itu hanya allah yang tahu, hak kita sebagai hamba adalah berusaha dan ikhtiar, inysa allah akan dipermudahkan. wallahu’alam bissawab

Baca Juga : Tekhnik Membaca Al Qura’n Murajaah

7. Melihat dan mendengarkan Audio atau Video

Membahas tentang ini mari kita pingback pada saat kita masih kecil dulu, pasti kebanyakan diatara kalian ada sesuatu yang diidolakan/difaforitkan, entah itu tokoh anime, uztad/zah, aktor film dan sebagainya.

Nah umumnya kalau seseorang sudah memiliki sesuatu yang diidolakan ia akan menirukan apa yang tokoh idolanya itu lakukan seperti gaya pakaian, gaya bicara dan sebagainya.

Kita juga bisa mengaplikasikan perumpamaan diatas dalam membaca al-quran sambil melatih bacaanmu carilah satu uztad dan faforitkan dari segi bacaannya imam-imam besar yang sudah tartil bacaannya, dengarkan bacaannya gimana mahrujul hurufnya, seiring kamu mendengarkan dan melatih bacaanmu secara tidak sadar kamu akan bilang “kok suara saya jadi enak gini ya”,

 

Berlatih dan bersemangatlah karena allah subhanahu wata’ala, sebagai contoh dibawah ini ada video yang saya rekomendasikan untuk kamu semoga kalian suka dan termotivasi, Silahkan .. 🙂

Itulah sedikit tulisan dari saya semoga nermanfaat untuk kita semua, yang terpenting dari cara-cara tersebut adalah seberapa niat kita ingin mempelajari suatu hal tersebut. dan alangkah baiknya di padukan ilmu tajwid yang mampuni, 🙂

 

 

4 Comments

  1. Guest 9 March 2017
  2. iwan 11 April 2017
  3. AZIZ AR ROHMAN 21 April 2017
    • Nanang 22 April 2017

Leave a Reply