4 Cara Membuat Latar Belakang Makalah yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Bertemu lagi dengan kami di website bukubiruku.com tercinta ini, kali ini mimin setelah kemaren membahas cara membuat makalah yang baik dan benar sekarang mimin mau membahas cara membuat latar belakang masalah penelitian, baik itu , makalah, proposal, laporan, skripsi, tesis, maupun disertasi.

Cara Membuat Latar Belakang Makalah

cara membuat latar belakang masalah

Pascasiswazah.com

Sebelum kamu membuat latar belakang ada satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah membuat rumusan masalah. Maka, lagi-lagi saya anjurkan untuk menemukan masalahnya dahulu, barulah kemudian alihkan pemikiran kamu ke latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, serta tujuan dan manfaatnya.

Dalam menyusun latar belakang masalah penelitian, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Jadilah seperti “mata-mata”

Dalam menentukan topik/masalah yang akan diteliti, bayangkan anda adalah “mata-mata” yang sedang ingin mengidentifikasi, mencari tahu segala hal yang menurut kamu itu adalah masalah.

Dalam menentukan suatu masalah kamu dapat menemukan satu topik masalah dari lingkungan disekitar kamu. Misalnya isu sosial, budaya, pendidikan, keamanan, politik, dan masih banyak lagi.

  1. Fakta masalah

Didalam menyusun sebuah latar belakang masalah, ada baiknya kamu memikirkan terlebih dahulu fakta masalah yang akan kamu jadikan sebagai fokus masalah tersebut. Karena masalah sesungguhnya adalah kesenjangan antara sesuatu hal yang diharapkan dengan suatu kenyataan ( das sollen-das sein).

  1. Temukan fokus masalah

Setelah kamu menjadi “mata-mata”, dari sekian banyak hal yang telah kamu teliti yang telah kamu perhatikan, setelah mempertimbangkannya, maka lakukanlah analisis permulaan.

Analisis permulaan berguna agar kamu dapat menyimpulkan fokus masalah yang sedang kamu teliti. Fokus masalah adalah masalah yang menurut kamu lebih dominan, lebih krusial, dan lebih aktual.

Usahakanlah fokus masalah yang kamu tentukan adalah masalah yang paling unik, harus dikedepankan untuk dibahas, dan memang merupakan isu yang benar-benar terjadi. Jangan mengada-ada dan menjadikan masalah. Tapi masalahnya haruslah yang benar-benar terjadi.

Contoh :

Kebijakan Jasa Raharja di indonesia

Masalah :

  1. Sosialisasi
  2. Pelayanan
  3. Identitas kependudukan dominan ganda
  4. Lingkungan Masyarakat
  5. Jamkesda dan Jamkesmas

Misalnya kamu menemukan lima masalah di atas terkait efektif atau tidaknya kebijakan Jasa Raharja, maka pilihlah satu diantara lima masalah tersebut mana yang menurut kamu paling dominan, paling krusial, dan aktual.

Akan tetapi yang paling utama adalah masalah yang krusial terlebihdahulu. Yakni merupakan masalah yang kira-kira butuh pemecahan dan solusi penyelesaiannya berdasarkan teori dan anjuran.

Anjuran yang mimin maksudkan disini adalah bisa saja dari para tuntutan masyarakat, akademisi,dan sebagainya. Misalnya anda pilih poin 1 dan poin 2, yaitu kebijakan Jasa Raharja bermasalah karena kurangnya sosialisasi dan pelayanan. Maka dalam proses pembuatan latar belakang masalahnya nanti jangan lepas dari 2 masalah yang telah ditentukan tersebut.

  1. Jelaskan masalahnya

Membuat kerangka latar belakang masalah, kamu dapat menyusun kerangkanya dari hal yang umum dulu kemudian baru hal yang khusus. Atau bisa juga sebaliknya, anda dahulukan yang khusus kemudian yang umum.

Contoh :

Kebijakan Jasa Raharja di Indonesia

Masalah yang di pilih :

  1. Sosialisasi
  2. Pelayanan

Point ini kita anggap sebagai masalah yang dominan, krusial, dan aktual. Nah, pada saat menjelaskan masalahnya dalam bagian latar belakang masalah penelitian, dua cara menyusunnya di atas dapat anda jadikan pedoman yakni :

  1. UMUM—-> KHUSUS
  2. KHUSUS — > UMUM

Penjelasan :

  1. Umum–>khusus

Dalam point ini, kamu dapat membicarakan yang umum dulu kemudian ke khusus. Akan tetapi jangan menyimpang dari kedua masalah krusial di atas. Caranya :

cara membuat latar belakang masalah benar

adaddanuarta.blogspot.com

  1. Carilah Peraturan-perundangan yang berlaku atas kebijakan Jasa Raharja. Selanjutnya analisis ketidak-efektifan, dan simpulkan. Misalnya, menurut peraturan Jasa Raharja No.1 tahun 2014 bla..bla.,,bla..bla.. dan seterusnya.
  2. Temukan fakta lapangan tentang sosialisasi dan pelayanan Jasa Raharja
  3. Jelaskan kondisi masyarakat terkait adanya kebijakan Jasa Raharja.
  4. Temukan teori terkait sosialisasi dan sistem pelayanan yang baik. Sesuai atau tidak dengan peraturan?
  5. Buat alasan mengapa anda memilih judul ini.
  1. Khusus–>Umum

    cara membuat latar belakang yang baik

    adaddanuarta.blogspot.com

Cara ini sudah jelas mendahulukan hal-hal yang bersifat khusus dulu untuk di bahas barulah ke umum. Atau utarakan terlebihdahulu maksud dan tujuan kamu memilih judul, kemudian mengutarakan hal yang umum. Cara ini merupakan kebalikan dari cara Umum–>Khusus. Silahkan dipikirkan sendiriya. hhe..

Jadi tips dan trik menulis laporan penelitian, baik itu jurnal,makalah, laporan, skripsi, maupun tesis dan disertasi, adalah seperti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Selain itu kamu juga dapat mencari referensi lain dari buku-buku atau dari dosen kamu di kampus.

Inti dari semua itu, hal yang paling penting kamu ketahui adalah mengetahui masalah di sekitar kamu. Bagaimana mungkin kamu akan menulis sebuah karya ilmiah jika masalahnya tidak kamu ketahui? Jika anda memaksakan diri menulis karya ilmiah yangtidak kamu ketahui, usahakanlah banyak bertanya, mencari referensi dan membaca buku. Hal yang seperti ini biasanya jika anda memilih jurusan kuliah yang bukan minat anda.

Contoh Latar Belakang Masalah

Sebelumnya mimin minta maaf karena mimin belum bisa mencantumkan contoh latar belakang di halaman ini, tapi kamu tidak perlu khawatir karena mimin sudah mempersiapkan gambaran contohnya disni untuk kamu jadikan sebagai referensi dan wawsan baru.
Demikianlah pembahasan tentang cara membuat latar belakang yang baik dan benar semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. salam

 

Leave a Reply