Cara membuat Jurnal Skripsi Lengkap dengan penjelasannya

jurnal skripsi bagian awal

From : whytoread.com

Cara Membuat Jurnal Skripsi-Jurnal adalah suatu kutipan dari suatu laporan, penulisan jurnal skripsi dalam jurnal tersebut terdapat point-point penting dari laporan tersebut. Terdapat banyak jurnal jenis jurnal ilmiah mencakup segala bidang, humaniora dan ilmu sosial.

Format umum jurnal ilmiah biasanya terdiri dari:
1. Judul
2. Abstrak
3. Pendahuluan
4. Bahan dan metode
5. Hasil
6. Pembahasan
7. Kesimpulan
8. Daftar pustaka

Berikut cara-cara membuat jurnal skripsi :

Adapun langkah-langkah yang baik untuk membuat jurnal skripsi adalah sebagai berikut :

1. Judul

bagian judul jurnal ilmiah

From : panduanim.com

Sebuah keharusan setiap jurnal ilmiah memiliki judul yang baik dan jelas. Dengan judul akam mempermudah pembaca untuk mengetahui inti dari sebuah jurnal, maksud, tujuan dam ruanglingkupnya tanpa harus membca keseluruhan dari jurnal tersebut.

Contoh judul yang kurang jelas : “Laporan diskusi umum”. Dengan judul seperti ini, maka kurang adanya pemmbaca karena ketidak akuratan penggambaran isi sebuah jurnal. Contoh judul yang jelas : “jenis data pada pentium dan power suply” . Dengan judul seperti ini memungkinkan para pembaca untuk mengetahui isi laporan dari jurnal tersebut.

2. Abstrak

jurnal ilmiah abstrak

From ; fixabay.com

Penegertian abstrak adalah ikhtisar/uraian singkat tapi lengkap dari sebuah karya tulis ilmiah yang memuat permasalahan, metode penelitian, tujuan, hasil dan kesimpulan. Abstrak di tulis dengan menggunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris, yang masing-masing tidak lebih dari 300 kata dan dilengkapi 3 kata kunci utama. Abstrak pada umumnya tidak lebih dari 3 paragrap.

Lalu apa bedanya dengan intisari? perbedaannya cukup simple hanya terletak pada bahasa yang digunakan, intisari umumnya menggunakan bahasa indonesia, walau sebagian asbstrak juga ada yang menggunakan bahasa indonesia.

Namun saya pribadi jarang melihatnya kecuali abstrak yang di tulis dalam sebuah jurnal. Untuk abstral sendiri ada di tesis, skripsi dan disertasi, biasanya selalu menggunakan bahasa inggris.

Bagian abstrak sendiri seharunya menyajikan sekitar 250 kata yang merangkum metode, tujuan, kesimpulan, dan hasil. Sebaiknya tidak menggunakan singkatan atau kutipan dalam abstrak.

Abstrak biasaya di tulis dalam bagian akhir jurnal, cara yang paling mudah menulis abstrak adalah mengutip point-point terpenting dalam setiap bagian jurnal. Kemudian menggunakan point-point untuk membuat deskripsi singkat dan jelas tentang jurnal yang kita buat.

Lalu apa manfaat abstrak itu sendiri

Abstrak memiliki manfaat atau fungsi adalah sebagai berikut untuk memudahkan pembaca memahami, mencerna secara singkat isi jurnal, dan mengerti secara cepat isi dari sebuah karya tulis ilmiah.

Sehingga kita bisa memutuskan untuk membaca lebih lanjut atau tidak. Dengan abstrak kita juga bisa mengetahui kata kunci utama yang akan di bahas.

Contoh Abstrak pada skripsi UGM

Abstract
Designing and Construction of Spin Cylinder Vicosimeter Apparatus
by:
Daddy Setyawan
98/121842/PA/07486
The designing and construction of spin cylinder viscosimeter apparatus has been conducted, that is a methode of measuring viscosity of fluid based on the exsistence of friction between the fluid poured into the cylinder and the cylinder itself Friction occur between them (fluid and cylinder) because the cylinder is spined by a spinning motor.
Spin cylinder viscosimeter apparatus is an apparatus resulted from the completion of apparenty four existing apparatus, viz. Free falling ball in fluid methode, Ostwald viscosimeter, manual cylinder viscosimeter and outer part spin concentric cylinder viscosimeter.
From the result of measurement using spin cylinder viscosimeter, calibration is done using reference data from PERTAMINA. After apparatus calibration above, next step is comparing the result of measurement form spin cylinder viscosimeter apparatus with measurement result from Ostwald viscosimeter. It is gained that the result of measurement from spin cylinder viscosimeter is as good as the result gained from Ostwald viscisimeter.
The final step is cunducting research concerning the connection between temperature difference and viscosity difference, especially to find out wether the , apparatus can still work when temperature is change, at the time of measurement. It turned out that the apparatus can still detect viscosity difference of oil fluid when the oil suffer from temperature difference.
Keyword: spin cylinder viscosimeter, friction, temperature difference, viscosity
different
Sumber : http://www.muradmaulana.com

3. Pendahuluan

Jurnal ilmiah pendahuluan

from ; slideplayer.info

Pendahuluan adalah bagian dari sebuah laporang yang fungsinya untuk pengantar sebelum memasuki inti dari laporan. Dalam menulis sebuah karya tulis termasuk skripsi atau sebagainya pasti di awali dengan bab pendahuluan.

Dalam bab pendahuluan umumnya berisi :

a. latar belakang masalah,

b. ruang lingkup,

c. tujuan,

d. uraian ringkas penyususnan,

e. waktu pelaksanaan,

f. sumber informasi yang menjelaskan kenapa anda mengambil pemasalahan yang akan di kaji tersebut.

nb : jangan membuat pendahuluan terlalu luas. Ingat bahwa kita menulis jurnal untuk rekan yang juga memiliki pengetahuan yang sama dengan kita.

4. Bahan dan Metode

buku jurnal ilmiah

From : pixabay.com

Pada bagian ini menjelaskan ketika percobaan telah di laksanakan. Peneliti menjelaskan desain dari percobaan, mode pengumpulan data, peralatan dan jenis penanganan. Apabila percobaan dilaksanakan di alam.

Maka si penulis menggambarkan daerah percobaan penelitian, lokasi, dan menjelaskan pekerjaan yang dilakukan. Aturan umum yang harus di ingat adalah “Bagian ini harus memaparkan secara jelas dan rinci sehingg pebaca mempunyai pengetahuan dan tekhnik dasar aga bisa di publikasikan.

5. Hasil

Hasil dari sebuah karya ilmiah

From : Pixabay.com

Di bagian ini peneliti menyajikan data yang ringkas dan jelas dengan tunjauan menggunakan tabek, teks naratif, dan atau gamabar.

Penting : hanya hasil yang di sajikan, tidak semua interpretasi data atau kesimpulan dari sebuah data dalam bagian ini. Dakam penyajian data yang di kumpulkan dalam gambar atau tabel harus lengkap dalam teks naratif dan mudah di fahami.

jangan diulang secara panjang lebar data yang telah di sajikan dalam bentuk gambar atau tabel tesebut.

6. Pembahasan

pemabahasan jurnal skripsi

From : maxmanroe.com

Pada bagian pembahasan ini, Peneliti menafsirkan data dengaan pola yang telah atau sedang di amati. Setiap hubungan atau variabel percobaan yang penting dan pada setiap korelasi antara variabel dapat dilihat dengan jelas.

Peneliti harus menyertakan penjelasan yang berbeda dari hasil atau hipotesis yang berbeda atau serupa dengan setiap dengan setiap percobaan yang terkait dilakukan oleh peneliti lain.
Mengapa perlu Pembahasan?
Pembahasan diperlukan dalam suatu laporan penelitian
(termasuk desertasi dan tesis). Hal ini bertujuan untuk :
• Menunjukkan bagaimana tujuan penelitian dicapai
• Menafsirkan temuan-temuan dalam penelitian
• Mengintegrasikan temuan penelitian ke dalam kumpulan
pengetahuan yang telah siap
• Memodifikasi teori yang ada atau menyusun teori baru
• Menjelaskan implikasi lain dari hasil penelitian, termasuk
keterbatasan temuan penelitian

Penting : bahwa setiap percobaan tidak selalu harus merujuk pada perbedaan atau kecenderungan untuk menjadi penting. Hasil yang negatif juga butuh dijelaskan dan mungkin merupakan ssuatu yang penting untuk di ubah dalam penelitian.

7. Kesimpulan

kesimpulan dari jurnal skripsi

From : puloblog.blogspot.com

Bagian kesimpulan hanya menyertakan bahwa peneliti berpikir mengenai setiap data yang disajikan berhubungan kembali pada pernyataan yang dinyatakan dalam sebuah pendahuluan.

Mengacu dengan bagian pendahuluan dan kesimpulan, seorang pembaca harus mempunyai ide yang bagus dari peneliti ini, meski hanya rincian spesifik.

8. Daftar Pustaka

daftar jurnal skipsi

From : pixabay.com

Semua kutiapan (informasi) yang didapatkan peneliti haruslah di tulis sesuai abjad. Hal ini bertujuan untuk pembaca yang ingin merujuk literatur asli. Perlu diperhatikan bahwa refrensi yang dikutip benar-benar disebutkan ke dalam jurnal yang kita buat tersebut.

Format Penulisan Jurnal Skripsi PDF Download

alhamdulillh,Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan sampai jumpa lagi !!

Leave a Reply