Cara Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal

ikan bawal

From : tips-ukm.com

Perkembangan pesat budidaya ikan bawal banyak cara dapat kita lakukan untuk membudidayakannya antara lain budidaya ikan bawal di terpal. Di indonesia sendiri selama ini dipicu dengan kenaikan sumber bahan pangan yang sangat berdampak pada rakyat yang kekurangan biaya hidup.

Dari sekian banyak orang mulai berfikir tentang hal itu untuk bangkit dan menciptakan lapangan kerja sendiri dengan memulai bisnis, budidaya ikan air tawar khusunya ikan bawal, Pada awalnya budidaya ikan bawal air tawar bisa dilakukan di tambak, kolam permanen atau kolam tanah.

Pada zaman sekarang dengan perkembangan tekhnologi yang makin canggih, budidaya ikan bawal lebih mudah dengan media kolam terpal, budidaya ikan bawal di kolam terpal merupakan salah satu alternatif yang menawarkan kemudahan bagi kita untuk membudidaya ikan bawal.

Keuntungan-keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan tekhnik budidaya ikan bawal di kolam terpal antara lain : mudahnhya dan murahnya modal untuk membangun kolam, tidak membutuhkan banyak air untuk membudidayakan ikan bawal.

Namun itulah dibalik kelebihan dan kekurangannya, kekurangannya antara lain :plastik terpal yang kita gunakan kadang mengalami kebocoran. dan karena terpal ini juga tidak ada bakteri berguna yang biasanya ada dalam tanah yang dapat menghambat kebusukan. Maka perlu kita waspadai adanya pembusukan dari sisa-sia makana atau kotoran ikan yang berada di dasar kolam.

1. Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal > Persiapan

Pemilihan budidaya ikan bawal di kolam terpal memungkinkan Persiapan-persiapan dapat dilakukan dengan cepat. Bahan dasar terpal di pilih karena terpal merupaka bahan yang tidak tembus air dan harganya pastinya lebih murah ketimbang semen untuk membuat satu kolam.

From : alamtani.com

From : alamtani.com

Budidaya ikan bawal di kolam terpal, kolamnya sendiri haruz siap juga, maksudnya disini kolam yang baru selesai kita buat tidak bisa langsung kira manfaatkan melainkan kita harus mengkondisikan terlebih dahulu.

Setelah kolam untuk budidaya ikan bawal selesai dibuat ganti air terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran-kotoran atau virus yang melekat pada terpal tersebut, lalu isi kembali dengan air sesuai dengan kebutuhan untuk budidaya ikan bawal minimal ketinggian air 50 cm.

Kemudia kolam budidaya ikan bawal di tutup dan di biarkan selama kurang lebih 2-3 hari hal ini bertujuan untuk menjaga kestrilitas kolam, kolam budidaya ikan bawal juga dapat dilakukan secara tradisional seperti memberi tumpukan daun pepaya

From : alamtani.com

From : alamtani.com

bisa juga daun ketepeng yang dibiarkan 5-7 hari. hal ini bertujuan untuk antiseptik dari daun pepaya tersebut.

Pastinya koolam terpal budidaya ikan bawal berbeda dengan kondisi kolam permanen atau kolam tanah, Dan pastinya membutuhkam tekhnik tersendiri dalam hal pemeliharaan ikan bawal.

2.Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal > Pembenihan

From : bibitikan.net

From : bibitikan.net

Kkita dapat mendapatkan benih dari pasar, pembudidaya bibit atau juga bisa dari internet.

Langkah awal pembenihan harus diperhatikan dengan baik agar menghasilkan panenan ikan bawal yang memuaskan, minimal bibit ikan bawal diberi waktu untuk adaptasi 1 jam untuk adaptasi.

Kemudian bibit ikan bawal baru bisa dipindahkan ke kolam terpal. Perlu kita perhatikan bahwa penebaran bibit ikan bawal ini dihitung sebanyak 100-150 ekor permeter persegi dengan kedalaman 30-40 cm. Perhatikan jumlah bibit yang ditebar ke dalam kolam.

Kolam terpal memang cocok untuk pembudidayaan di lahan yang kurang luas dan terbatas, akan tetapi banyak sedikitnya ikan yang menempati kolam tersebut juka perlu diperhitungkan juga.

3. Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal > Pemeliharaan

Kolam terpal tidaklah sama dengan kolam tanah atau kolam permanen maka dari itu, membutuhkan tekhnik tersendiri dalam membudidayakan ikan bawal. pertama pemilihan bibit ikan bawal.

Pilihlah bibit ikan bawal yang berukuran berkisar 5- 8 cm atau 8-12 cm untuk dibesarkan di kolam terpal. Meskipun dalam perawatan ikan bawal tidak terlalu rewel dan ribet dalam budidayanya.

From : alamtani.com

From : alamtani.com

Tapi alangkah baiknya bibit ikan bawal ini tidak tudak lansung di tebat di kolam pembudidayaan. bibit bawal ini sebaiknya di karantina di bak khusus dengan perlakuan tetrasikilin 25 ppm.

Lebih baik jangan langsung memasukkan bibit ikan bawal ini ke dalam kolam, saat bibit ikan masih dalam bungkus plastik. Masukkan seluruh plastik kedalam kolam, Hal ini bertujuan untuk menyamakan suhu di plastik dengan suhu yang ada di kolam.

From : benih-ikan.com

From : benih-ikan.com

Saat sudah terdapat gelembung dalam plastik, itu menunjukkan kalau suhu dalam air dan suhu di kolam sudah samam. Lalu masukkan air kolam sdikit demi sedikit ke dalam plastik, lalu diamkan sejenak ~+mn~ 1 jam, supaya ikan beradaptasi dengan air kolam yang telah di campur tadi. Setelah itu barulah bibit ikan bawal bisa di lepas ke kolam pembudidayaan.

Selain itu, harus diperhatikan bawasannya menggunakan kolam terpal dapat menghambat sirkulasi air bersih dan oksigen dalam air. Minimal pembudidaya ikan bawal dengan kolam terpal haru menyiapkan filter yang berfungsi khusus untuk mengalirkan air bersih kedalam kolam. Hal ini harus selalu diperhatikan karen kalau tidak ikan-ikan bisa mati kekurangan oksigen.

Ikan bawal termasuk kelompok ikan yang bergigi tajam artinya termasuk ikan predator, disinyalir ikan ini menyerang ikan jenis lain. Oleh karena itu patut diwaspadai kemungkinan ikan bawal salingmenyerang sesama jenis.

Meskipun demikian gigi ikan bawal tidak dapat merobek kolam terpal, dan jarang juga ikan ini menyerang sesamanya kecuali karena kurang nyaman, terutama tempat yang sempit.

4. Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal > Pemberian Pakan

From : bibitikan.net

From : bibitikan.net

Pakan merupakan bagian faktor terpenting dalam budidaya ikan bawal ini, karena hampir 60% pengeluran biaya ada di pakan ketimbang biaya operasionalnya.

Untuk tahap pertama masa-masa ikan beradaptsi, ikan bawal diberi pakan setiap hari secara rutin dan teratur, Pemberian pakan dalam 1 hari paling tidak harus 3-5% dari berat tubuh benih ikan dan kandungan protein minimal 25%

Di minggu pertama bibit ikan bawal diberi pakan pelet yang telah dihancurkan atau dilembutkan menjadi tepung 750 gram untuk 100.000 benih ikan bawal.

Minggu ke dua jumlah makanan di tambah menjadi 1000 grram untuk benih 100.000 bibut ikan bawal, dan untuk selanjutnya pemberian pakan ikan bawal bisa di kondisikan sesuai dengan ukuran tubuh ikan bawal.

Pemberian pakan 3 kali sehari supaya ikan bawal lekas tumbuh besar, dengan cara menyebar pakan kesuluruh kolam, untuk meningkatkan potensi hidup ikan dapat dilakukan dengan cara pemberian vitamin seperti : lipopolisakarida yang dapat dicampur dengan pakan, selain itu kebersihan kolam juga harus dilakukan ~+mn~ 20 hari sekali.

5. Budidaya ikan Bawal di Kolam Terpal > Pemanenan

From : bibitikan.net

From : bibitikan.net

Pemanenan ikan bawal bisa dilakukan ketika ikan bawal sudah berumul 4-5 bulan atau kalau berat tubuh si ikan bawal sudah mencapai 300-500 gram.

Cara pemanenan biasanya menguras air, menyisakan sedikit air di dalam klam, untuk penangkapannya bisa menggunakan jaring yang berdiameter besar, pemanena ikan bawal sama halnya dengan ikan lainnya bisa dilakukan secara selektif maupun secara total.

Jumlah pemanenan ini sendiri biasanya tergantung denga tujuan panen tersebut, apakah untuk skala konsumsi atau untuk sekala produksi, untuk penjualannya kisa bekerjasama dengan pihak restoran, pabrik, pasar atau bisa juga di pasarkan secara online.

Leave a Reply