8 Arti dan Penyebab Mata Kedutan Menurut Mitos, Ilmiah Beserta Cara Menanggapinya

Pernahkah Anda merasakan kelopak mata yang bergerak sendiri atau disebut dengan istilah mata kedutan?Mungkin mata kedutan seperti ini pernah kalian alami.

Mata kedutan itu bisa terjadi di satu mata ataupun di dua mata sekaligus. Padahal penyebab dari mata kedutan ini dapat dijelaskan secara ilmiah, seperti berikut ini.

Penyebab Mata Kedutan

Penyebab Mata Kedutan

hellosehat.com

Kelopak mata yang terasa tertarik sendiri atau disebut juga dengan istilah mata kedutan umumnya pernah dialami semua orang.

Kedutan bisanya dialami di satu mata atau terjadi di dua mata sekaligus. Kedutan sering dihubungkan dengan petanda akan terjadi sesuatu dalam kehidupandi masa yang akan datang.

Banyak orang yang penasaran bagaimana kedutan bisa terjadi? Banyak pula orang yang merasa risih saat mengalami mata kedutan ini.

Selain mengganggu konsentrasi, kedutan juga mengganggu mental seseorang karena menimbulkan efek gelisah karena mitos yang sudah beredar di masyarakat.

Arti Mata Kedutan Menurut Mitos

apa Penyebab Mata Kedutan

idntimes.com

Benarkah mata kedutan ini pertanda akan mendapat rezeki atau ada seseorang yang sedang merindukanmu? Atau hal tersebut hanyalah mitos belaka? Simak arti kedutan secara mitos berikut ini!

1. Kedutan di Kelopak Mata Kanan-Bawah

Jika Anda tiba-tiba mengalami kedutan di kelopak mata kanan bawah, maka artinya Anda akan merasa bersedih. Jadi, Anda bisa lebih berhati-hati dalam menjaga perasaan.

2. Kedutan di Kelopak Mata Kiri-Bawah

Jika mengalami kedutan di kelopak mata kiri bawah merupakan sama seperti kedutan di kelopak mata kanan bawah. Anda akan mengalami sesuatu yang memilukan.

3. Kedutan di Ekor Mata Kanan-Atas

Jika Anda sedang sakit dan mengalami kedutan di ekor mata sebelah kanan atas mata Anda akan sembuh dari sakit yang Anda sedang alami.

4. Kedutan di Ekor Mata Kiri-Atas

Kedutan di ekor mata kiri atas mempunyai arti bahwa Anda akan bertemu dengan saudara atau keluarga yang sudah sekian lama tidak bertemu.

5. Kedutan di Ekor Mata Kanan-Bawah

Jika kedutannya di ekor mata kanan bawah yaitu Anda akan bertemu dengan orang jauh, yang bisa menjadi kerabat atau sahabat Anda.

6. Kedutan di Ekor Mata Kiri-Bawah

Kedutan di bagian mata berikutnya merupakan Anda akan mengalami sakit. Mungkin jika Anda mengalami tersebut Anda bisa lebih menjaga kesehatan tubuh.

7. Kedutan di Biji Mata Kanan

Kedutan di biji mata kanan mempunyai arti bahwa Anda akan bersedih atau suasana hati sedang kurang baik.

8. Kedutan di Biji Mata Kiri

Arti dari kedutan di bagian biji mata kiri maka mempunyai arti akan merasakan sesuatu yang membahagiakan.

Arti Kedutan Mata Menurut Kesehatan Ilmiah

mata kedutan sebelah kanan

brilio.net

Apa yang dipercayai sebagai mitos, belum tentu juga sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Lalu, apa saja yang menyebabkan mata kedutan menurut ilmiah? Berikut penjelasannya:

1. Stres

Jika Anda terlalu banyak melakukan kegiatan dan merasakan sebuah tekanan, tingkat stres Anda akan langsung meningkat drastis. Sementara kedutan yaitu salah satu konsekuensi dari rasa stres yang Anda alami.

2. Konsumsi Kafein Berlebihan

Minum kopi atau minuman berkafein lainnya bisa membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi, akan tetapi dapat membuat otot kelopak mata bekerja lebih keras dari biasanya.

Jika Anda terlalu banyak minum dengan kafein tinggi, sel saraf pada kelopak mata akan merespons terlalu banyak dan kedutan pun akan bisa terjadi.

3. Kelelahan

Kedutan seringkali terjadi disaat stres atau rasa cemas yang berlebihan. Kurang tidur juga bisa mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, termasuk kelopak mata.

Tubuh yang lelah biasanya tidak dapat bekerja secara optimal dan dapat menimbulkan gejala kedutan pada mata.

3. Alkohol dan Tembakau

Seringkali konsumsi alkohol dan produk tembakau memang sudah pasti tidak baik untuk kesehatan tubuh, tapi jika Anda sering mengkonsumsi alkohol serta tembakau hal tersebut dapat menjadi pemicu kedutan mata.

Tidak ada pertanyaan khusus yang menjelaskan jika hal ini dapat memicu kedutan, walaupun sebagian orang yang mengkonsumsi alkohol dan tembakau tersebut bisa memicu kedutan mata.

4. Iritasi Permukaan Mata

Bila bagian luar mata sedang mengalami iritasi, maka reaksi tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kedutan mata. Kondisi seperti mata kering atau alergi bisa saja menyebabkan kedutan.

Oleh karena itu, Anda harus terus menjaga agar mata tetap bersih agar terhindar dari iritasi bahkan penyakit lainnya.

5. Alergi

Ketika Anda mengucek mata, maka akan keluar histamin yang menyebabkan mata menjadi berair. Beberapa bukti kesehatan telah menyatakan bahwa adanya histamin menyebabkan mata menjadi berkedutan.

Setelah mengetahui apa penyebab mata kedutan secara ilmiah, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghentikannya. Perhatikan hal-hal tersebut di bawah ini :

Bagaimana Cara Menghentikan Mata Kedutan?

Cara Menghentikan Mata Kedutan

id.wikihow.com

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan mata kedutan, yaitu :

1. Istirahat dan Pola Hidup Sehat

Dalam kebanyakan kasus, mata kedutan bisa menghilang dengan sendirinya. Cukup dengan Anda beristirahat serta mengurangi konsumsi alkohol, kafein, dan rokok dapat membantu Anda untuk mengatasi mata kedutan dengan cepat.

2. Gunakan Toksin Botulinum

Obat yang digunakan untuk mengatasi mata kedutan yaitu toksin botulinum ( Botox , Dysport, Xeomin).

Dokter akan menyuntikkan cairan tersebut ke otot mata Anda untuk mengatasi mata kedutan. Efeknya memang tidak dapat langsung dirasakan, dibutuhkan perawatan selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

3. Pemberian Obat

Dalam kasus ringan, dokter mungkin akan memberikan obat untuk mengatasi mata berkedut. Obat-obatan tersebut,yaitu :

  • Lorazepam,
  • Clonazepam,
  • Triheksipenidil hidroklorida (Trihexyphenidyl).

Obat-obatan di atas biasanya hanya membantu menghilangkan mata kedutan dalam waktu sesaat saja, tidak untuk jangka waktu yang lama.

4. Pengobatan Alternatif

Selain penggunaan obat medis, cara pengobatan alternatif juga dapat membantu mengatasi mata kedutan. Berikut pengobatan alternatif, yaitu:

  • Biofeedback
  • Chiropractic
  • Terapi nutrisi
  • Kacamata berwarna
  • Akupunktur
  • Hipnose

5. Operasi

Langkah terakhir untuk menghentikan mata kedutan adalah dengan cara operasi. Dalam prosedur myectomy, dokter bedah akan mengeluarkan beberapa otot dan saraf di sekitar kelopak mata.

Pembedahan juga dapat meringankan tekanan arteri terhadap saraf wajah yang menyebabkan mata berkedut.

Hasilnya pun bisa membantu menghilangkan mata kedutan dalam waktu lama atau permanen, tapi hal tersebut bisa menyebabkan adanya komplikasi pasca operasi.

Wah! Ternyata mata berkedut tidak bisa dianggap sepele apalagi berkenaan dengan mitos yang terjadi.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya Anda jagalah kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan nutrisi lain yang baik untuk mata.

Selain itu, Anda dapat untuk mengistirahatkan mata Anda secara teratur untuk menghindari risiko kerusakan mata yang lebih parah lagi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: