10+ ANTIVIRUS TERBAIK untuk Laptop dan PC ( Gratis 2020 )

Khawatir perangkat PC Anda diserang oleh virus dan malware berbahaya? Kalau begitu mending menggunakan aplikasi antivirus terbaik PC/laptop gratis lagi!

Berikut ini adalah ulasan  mengenai beberapa antivirus terbaik untuk laptop/PC yang wajib Anda miliki di 2020. Yuk disimak!

Daftar Anti Virus Terbaik Komputer Gratis 2020

Antivirus laptop blog

tokopedia.com

Bagi Anda para pengguna pc/laptop pasti pernah merasakan pc/laptopnya diserang virus. Tugas-tugas akan menjadi terhambat karena kerja pc/laptop yang lambat bahkan bisa rusak.

Dengan berkembangnya teknologi sekarang banyak sekali virus dan malware yang semakin berbahaya untuk pc/laptop. Untuk mencegah hal itu terjadi maka pc/laptop Anda perlu menambahkan proteksi yang berupa software anti virus.

Anti virus mempunyai fungsi untuk mendeteksi, mencegah lalu menghapus program virus yang berusaha masuk ke komputer Anda.

Anda bisa menemukan banyak program anti virus di internet. Anti virus yang bagus, ringan, ampuh dan efektif untuk laptop/pc.

Dan sudah bisa digunakan untuk windows 7, 8, sampai 10. Memang tidak ada anti virus yang sempurna, namun Anda setidaknya mempunyai perlindungan dari virus berbahaya yang menyerang pc/laptop Anda.

Jenis Jenis Antivirus

Ada dua macam anti virus yaitu

  1. Anti virus gratis dan
  2. Anti virus berbayar

Anti virus gratis sebenarnya sudah cukup ampuh untuk melindungi komputer Anda dengan catatan Anda tidak sering menghubungkannya dengan internet dan memasukkan flashdisk yang menjadi penyebab virus itu  masuk.

Tapi jika Anda sering menggunakan komputer Anda untuk online atau terhubung dengan internet dan Anda menyimpan berkas penting di komputer maka sebaiknya Anda pilih anti virus yang berbayar.

Tentu saja anti virus berbayar ini juga menawarkan proteksi yang lebih bagus daripada anti virus gratis. Antivirus yang terbaik bukan hanya karena gratis atau berbayar saja.

Masih ada faktor lain yang mempengaruhinya seperti spesifikasi komputer Anda apakah sesuai dengan anti virus tersebut.

Jika Anda hanya memiliki komputer dengan seri yang lama sebaiknya tidak memilih anti virus terbaru karena mungkin saja komputer Anda akan kewalahan untuk menjalankan system anti virus ini.

Komputer akan bekerja menjadi sangat lambat, alih alih melindungi dari virus komputer Anda bisa saja rusak. Anti virus yang bagus dan terbaik sebenarnya merupakan anti virus yang sesuai kebutuhan.

Jika Anda menggunakan anti virus yang tidak sesuai maka itu akan memberatkan komputer Anda saja, namun jika anti virus yang Anda pilih terlalu sederhana juga malah membuatnya semakin rentan terhadap virus berbahaya.

Bagi Anda yang hanya menggunakan komputer secara standar maka Anda bisa pilih anti virus gratis saja.

Berikut ini akan kita berikan informasi daftar anti virus komputer gratis dan terbaik di 2020 antara lain :

1. Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus

neowin.net

Avast Free Antivirus merupakan anti virus di urutan pertama yang masuk daftar anti virus komputer gratis dan terbaik 2020.

Anti virus ini menjadi anti virus yang paling populer sebab kemampuannya dalam membunuh berbagai virus dan malware berbahaya sampai serangan dari hacker. Avast mempunyai  banyak fitur yang bisa digunakan untuk melindungi komputer Anda.

Fitur-fitur itu seperti CyberCapture yang berfungsi untuk membersihkan dari ancaman, WiFi Inspector yang bisa mengamankan WiFi.

Lalu ada Smart Scan yang memiliki fungsi untuk mendeteksi ancaman keamanan komputer, Game Mode yang bisa mengatur notifikasi sesuai keinginan kita dan Behaviour Shield yang bertindak sebagai pengawas komputer.

Kelebihan Avast Free Antivirus ini yaitu fitur keamanannya real-time dan ada scanning lengkap, memiliki fitur Password Manager untuk keamanan akun Anda. Namun semua fitur itu hanya beberapa yang berada di versi berbayarnya.

2. AVG

AVG antivirus

avg.com

Avg anti-virus merupakan anti virus yang sudah cukup tua. Namun memiliki fitur yang cukup untuk melindungi komputer Anda dari virus berbahaya.

Anti-virus yang satu ini memiliki Fitur antara lain Web Protection yang berfungsi untuk memantau dan melindungi Anda saat Anda browsing, scanner email, penjadwalan, pilihan pemindaian dan update otomatis. Anti virus AVG ini bisa digunakan untuk Windows XP, 7 dan 10.

3. Bitdefender Antivirus Free Edition

Software Antivirus Terbaik

softpedia.com

Bitdefender adalah anti virus gratis yang juga cukup populer belakangan ini. antivirus yang dikembangkan oleh perusahaan Rumania ini dikenal ampuh untuk melindungi laptop/pc Anda. Bitdefender termasuk anti virus yang paling ringan diantara lainnya.

Beberapa fitur yang ada di dalam Bitdefender antara lain On-demand Virus Scanning yaitu pembunuh segala jenis virus seperti virus Trojan, ransomware, malware dan lainnya.

Anti-phishing Feature yang akan melindungi akun-akun online kamu, Behavioral Detection yang memiliki fungsi memantau aplikasi, dan Anti-fraud yang akan mengawasi situs-situs yang Anda kunjungi.

Anti virus ini juga memiliki fitur Password Manager dan Private VPN. Anti virus ini bisa digunakan untuk Windows 7, 8, 8.1, dan 10.

4. Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus

avira.com

Avira antivirus sudah ada sejak tahun 1986 dan antivirus ini menjadi antivirus yang terkenal bersama AVG. namun meskipun ini anti virus paling tua tidak menjadikan performanya kalah dengan yang lain.

Bahkan Avira bertahan sampai sekarang karena kemampuannya melindungi komputer dari serangan virus berbahaya.

Fitur yang ada di Avira adalah Protection Cloud yang berfungsi menganalisa file Anda, Browser Tracking Blocker yang akan mengawasi browsing. Ada juga PUA Shield yang digunakan untuk menangkal aplikasi berbahaya dan rawan virus.

5. Kaspersky Free Antivirus

kaspersky free goes global

kaspersky.com

Anti virus buatan Rusia ini juga menjadi salah satu yang masuk daftar anti virus komputer gratis dan terbaik selanjutnya.

Kaspersky sangat populer dan masuk dalam 10 besar anti virus top setiap tahun berkat kemampuannya. Anti virus ini mampu memblokir link berbahaya dan malware serta mempunyai fitur Web and Email Protection.

Di awal tahun 2000an, antivirus Kaspersky lebih dikenal sebagai antivirus yang ampuh menghalau virus dari internet. Jadi, buat yang sering online, antivirus ini cocok banget diinstal di laptop/pc anda.

6. Panda Free Antivirus

Panda Antivirus 2020

neowin.net

Antivirus yang ringan lebih diminati untuk digunakan, karena tak akan membuat proses kerjanya lemot dan membuat laptop/pc kita lemot.

Nah, Anti virus yang mengambil nama hewan yang berasal dari China ini adalah salah satu anti virus paling ringan yang populer digunakan di laptop/pc.

Namun Anda tidak boleh memandang sebelah mata anti virus Panda Free ini. anti virus ini memiliki fitur Real-time Updates untuk scanning virus dan USB Protection.

Seperti yang sudah diketahui virus bukan hanya dari internet saja namun bisa juga berasal dari USB atau flashdisk yang terhubung. Dengan memakai anti virus ini Anda bisa mencegah virus yang mungkin terbawa di USB menginfeksi komputer Anda.

Karena colok mencolok USB pun terkadang tak bisa kita kontrol, kita tak bisa memastikan bahwa flashdisk atau media pengiriman yang kita colokkan bebas dari virus sebelum mencolokkannya dan melakukan scanning.

7. ZoneAlarm Free Antivirus

ZoneAlarm Free Antivirus

filehorse.com

ZoneAlarm Free Antivirus hadir di daftar anti virus komputer gratis dan terbaik saat ini. Anti virus ini memiliki banyak perbaikan dan juga fitur baru seperti Antivirus and Antispyware yang akan membersihkan segala jenis virus berbahaya, Personal Firewall yang berfungsi melindungi komputer dari macam-macam aktivitas, dan Gamer mode yaitu mode saat Anda bermain game tanpa diganggu.

Anti virus ini juga memiliki tools yang sangat berguna. Jadi sangat cocok jika Anda sering menggunakan laptop/pc Anda sebagai media bermain game, anti virus ini bisa diinstal. Agar permainan game tetap berlanjut, namun pengamanan sistem pun tetap berjalan.

8. 360 Total Security

360 Total Security 2020

360totalsecurity.com

Anti virus yang populer dan gratis selanjutya dan menjadi favorit banyak orang adalah 360 Total Security. Anti virus ini diklaim memiliki fitur terlengkap sekaligus terbanyak. Kelebihan ini akan membuat laptop/pc Anda akan semakin terlindungi dari virus berbahaya.

360 Total Security juga memiliki fitur Web Protection dan Auto-scanning of Files yang membuat komputer Anda semakin aman. Antivirus ini sayangnya masih tergolong anti virus yang masih baru, dan banyak digunakan pengguna smartphone saat ini.

9. Adaware Antivirus pro

Adaware Logo Antivirus Pro

malavida.com

Adware antivirus pro merupakan salah satu dari daftar anti virus komputer gratis dan terbaik yang wajib anda miliki. Anti virus ini mempunyai fitur Download Protection untuk keamanan saat Anda mendownload file.

Ada juga PC Protection yang melindungi komputer Anda dari virus dan malware berbahaya. Keamanan Real-time anti virus ini juga terjamin.

Jari bagi Anda yang sering download lagu, file, film, atau apapun, pastikan menginstal Adware, karena anti virus ini akan memastikan virus tak ikut terdownload dalam berkasmu.

Karena sudah menjadi hal umum jika virus menyusup masuk ke perangkat bersamaan dengan proses download atau pengiriman file.

10. Smadav Antivirus

smadav 2020 ready for use

mycrackfree.com

Siapa yang tak tahu antivirus yang satu ini yaitu Smadav, awal kemunculannya anti virus ini sempat diragukan, dan banyak yang enggan menginstal.

Selain karena grafisnya dan tidak begitu menarik, Smadav juga dirasa tak memberikan perubahan apapun. Namun waktu terus berjalan, anti virus yang dibuat dan dikembangkan oleh developer Tanah Air pun semakin baik.

Smadav awalnya adalah anti virus gratisan, tapi kini juga ada versi berbayarnya. Smadav Anti virus mempunyai kemampuan yang sangat bagus untuk memberantas virus-virus berbahaya, khususnya virus-virus lokal.

Ternyata ada virus virus lokal yang tidak bisa terdeteksi oleh Antivirus terbaik buatan luar negri, namun bisa terdeteksi oleh antivirus yang satu ini. Anti virus ini juga sangat ringan saat digunakan di laptop/pc dan tentu saja gratis.

Anti virus Smadav mempunyai kemampuan untuk menghilangkan virus shortcut yang terdapat di dalam flashdisk. Jadi, Smadav menjadi salah satu alternatif anti virus tambahan yang kini biasa diinstal di semua laptop/pc.

Mengapa saya harus menggunakan antivirus gratis, bukan Windows Defender?

Windows Defender adalah produk hebat untuk kebutuhan dasar. Dia mendeteksi dan melindungi terhadap virus dengan cukup baik, dan Windows Firewall yang disertakannya juga cukup bagus. Tapi dia tidak menawarkan perlindungan terhadap ancaman dunia maya lainnya seperti ransomware atau penipuan phishing.

Banyak antivirus gratis, seperti Avira, yang bukan hanya melindungi terhadap ancaman ini, tetapi juga berada di garda depan keamanan dunia maya, sekaligus lebih tahu tentang cara menjaga keamanan Anda dibandingkan Windows Defender.

 Apa jenis virus paling umum yang berdampak kepada komputer Windows?

Trojan biasanya menjadi virus andalan peretas yang ingin menginfeksi atau mencuri data pribadi. Dia adalah virus yang terlihat seperti file lain dengan ekstensi seperti .exe dan .doc. Tapi begitu diunduh, kalau Anda tidak menginstal antivirus di PC, Anda akan menjalankan virus serius yang sanggup melemahkan komputer dan berpotensi mengirimkan semua informasi Anda ke peretas. Antivirus yang baik akan mencegah Anda agar tidak sampai menjalankan virus itu di PC. Antivirus yang lebih baik akan mencegah Anda agar tidak mengunduh virus itu dari awal.

Walaupun demikian, kemungkinan ada jutaan ancaman baru dan berbahaya untuk Windows, sehingga penting agar perlindungan virus Anda diperbarui dengan database malware yang diketahui terakhir kali.

Apakah Windows akan mengizinkan saya menginstal antivirus gratis?

Tentu saja! Saya bahkan menyarankan Anda untuk memilih Panda sebagai cara aman untuk melindungi PC dengan cuma-cuma.

Tetapi kalau Anda mencari perlindungan lebih lanjut, berikut fitur-fitur keamanan dunia maya lainnya yang canggih, lihat daftar produk antivirus premium terbaik di pasar.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi antivirus PC gratis terbaik di tahun 2020 yang layak Anda install serta gunakan.

Dengan Anda memiliki antivirus yang tepat dan sesuai kebutuhan, tentu perangkat laptop/pc Anda dijamin akan lebih aman dari risiko serangan virus serta malware.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: