50+ Nama Alat Musik Tradisional Indonesia, Gambar, Cara Memainkan

Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaannya seperti bahasa, tarian, pakaian adat, rumah adat, senjata hingga alat musik tiap daerah pun jega berbeda. Itulah Indonesia yang kaya, negara kita yang kita cintai.

Alat Musik Tradisional Indonesia

Dibawah ini adalah beberapa alat musik tradisional Indonesia:

1. Serune Kale

Serune Kalee

kenalibudaya.info

Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang mengeluarkan bunyi berjenis aerofon. Alat musik ini berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam.

2. Aramba

Aramba

alatmusik.org

Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang memiliki bunyi Ideofon (bunyi yang dihasilkan dari bunyi dasarnya). Alat musik ini berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Cara menggunakan alat musik ini adalah dengan cara dipukul dengan pemukul, semisal stik.

3. Saluang

Saluang

macamalatmusik.blogspot.com

Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang memiliki bunyi seperti Aerofon (bunyi yang dihasilkan seperti bunyi pada hembusan angin). Saluang  berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Cara penggunaan alat musik tradisional ini dengan cara ditiup dan menggunakan jari.

4. Gambus

Gambus

pinterest.com

Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang memiliki jenis bunyi kordofun (bunyinya dihasilkan oleh senar atau dawai). Alat ini berasal dari Kepulauan Riau, Gambus ini alat musik yang memiliki 3 sampai 12 senar.

5. Serangko

Serangko

alatmusik.org

Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang terbuat dari tanduk kerbau. Bunyi serangko ini dihasilkan dengan cara ditiupdan berasal dari Jambi, biasanya juga digunakan untuk pemberitahuan musibah.

6. Accordion

Accordion

amazon.com

Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang berasal dari hembusan napas, yang biasanya disebut dengan jenis bunyi Aerofon. Bunyi alat musik ini dihasilkan dengan cara ditiup dan menggunakan kedua tangan untuk mengatur nadanya. Alat ini berasal dari daerah Sumatera Selatan.

7. Doll

doll

perpek.com

Alat ini merupakan jenis alat musik yang asal bunyinya dihasilkan dengan cara memukul alat musik tersebut (Membranofon). Cara menggunakan alat musik ini yaitu dengan memukulnya, bisa menggunakan pemukul atau sejenisnya.

8. Bende

Bende

tjokrosuharto.com

Alat musik yang mana asal bunyinya berasal dari bahan dasarnya atau yang biasa disebut Ideofon. Agar menghasilkan bunyi alat musik ini yaitu dilakukan dengan memukul menggunakan pemukul. Alat musik ini yang berasal dari Lampung.

9. Gendang Melayu

Gendang Melayu

gapuranews.com

Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang berjenis membranofon (bunyi yang dihasilkan berasal dari asalnya) yang berasal dari Bangka Belitung. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul menggunakan telapak tangan.

10. Gendang Panjang

Gendang Panjang

thegorbalsla.com

Jenis alat musik tersebut adalah alat musik yang jenis suara membranofon yang penggunaannya dengan cara menepukkan tangan pada bagian lunak dari alat musik ini. Alat musik tradisional ini  berasal dari Riau.

11. Tehyan

Tehyan

bukalapak.com

Jenis alat musik tersebut adalah alat musik yang memiliki jenis bunyi kordofon. Cara memainkan alat ini yaitu dengan digesek seperti biola dan alat musik ini berasal dari Jakarta.

12. Angklung

Angklung

indovoices.com

Alat musik ini adalah alat musik tradisional yang memiliki jenis suara ideofon. Angklung berasal dari ibukota Jakarta.

13. Gamelan

Gamelan

goodnewsfromindonesia.id

Alat musik gamelan ini memiliki jenis bunyi ideofon. Cara penggunaan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus. Gamelan adalah alat musik yang berasal dari Jawa Tengah.

14. Gendang

Gendang

pbhmusic.com.my

Banyak macam-macam kendang. nah kendang yang diatas ini adalah kendang silat masih banyak lagi jenisnya seperti kendang ketipung, tabla, rampak dan lainnya. Alat musik ini berjenis ideofon yang cara memainkannya dengan ditepuk pada bagian lunak Gendang. Asal alat musik tradisional dari Yogyakarta.

15. Bonang

Bonang

europeana.eu

Alat musik dengan jenis suara ideofon yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan alat tertentu, berasal dari Jawa Timur.

16. Gendang

Gendang

bukalapak.com

Gendang adalah alat musik tradisional yang memiliki jenis suara membranofon. Alat musik ini berasal dari Banten.

17. Gengceng

Alat Musik Ceng Ceng

kamerabudaya.com

Gengceng adalah alat musik yang memiliki jenis bunyi ideofon yang berasal dari Bali.

18. Serunai

Serunai

dakta.com

Alat musik ini juga merupakan alat musik tradisional dengan jenis suara aerofon yang dimainkan dengan cara ditiup sama seperti seruling. Serunai adalah alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Barat.

19. Sesando

Sasando

metmuseum.org

Sesando merupakan alat musik tradisional dengan jenis bunyi chordofan yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Nusa Tenggara Barat.

20. Japen

Japen

kenalibudaya.info

Japen merupakan alat musik tradisional dengan jenis bunyi chordofan. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini berasal dari Kalimantan Tengah.

21. Sampe

Sampe

www.kata.co.id

Japen merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik YANGmemiliki jenis bunyi Chordofan. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Timur.

22. Tuma

Tuma

jv.wikipedia.org

Tuma merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara menepuknya dengan tangan dan memiliki jenis bunyi membranofon. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Timur.

23. Panting

Panting

wacana.co

Panting merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari daerah Kalimantan Selatan.

24. Kolintang

Kolintang

Kolintang

Kolintang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik yang memiliki jenis bunyi Chordofan. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Utara.

25. Ganda

Ganda

flickr.com

Ganda merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan cara menepuk menggunakan telapak tangan, memiliki jenis bunyi membranofon. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Tengah.

26. Keso

Keso

hisyam-rahmadian.blogspot.com

Keso merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara digesek yang memiliki jenis bunyi Chordofan. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Selatan.

27. Ladolado

Ladolado

hegorbalsla.com

Ladolado merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat tertentu. Alat musik ini berasal dari daerah Sulawesi Tenggara.

28. Kecapi

Kecapi

thegorbalsla.com

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Barat.

29. Nafiri

Nafiri

thegorbalsla.com

Nafiri merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditepuk. Alat musik ini berasal dari Maluku.

30. FU

FU

cintaindonesia.web.id

FU merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini berasal dari Maluku utara.

31. Kendang

kendang

hadisukirno.co.id

Kendang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat atau dengan telapak tangan. Alat musik yang berasal dari Jawa Barat.

32. Tifa

tifa

negerikuindonesia.com

Tifa merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan dipukul menggunakan telapak tangan. Alat musik ini berasal dari Papua

33. Guoto

Guoto

thegorbalsla.com

Guoto merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara memetik senarnya. Alat music yang berasal dari Papua Barat.

34. Kulanter

Kulanter

shopee.co.id

Kulanter merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dan berasal dari Jawa Barat.

35. Gong

Gong

id.wikipedia.org

Gong merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul dengan suatu alat. Alat musik ini berasal dari daerah Jawa Barat.

36. Jengglong

Jengglong

alculture567.blogspot.com

Jengglong merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan suatu alat. Alat musik ini juga berasal dari Jawa Barat.

37. Rebab

Rebab

kamerabudaya.com

Rebab merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan digesek seperti biola. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat.

38. Talepong

Talempong

indonesiakaya.com

Talepong merupakan alat musik tradisional yang berbentuk seperti Bonang (Jawa Tengah), dimainkan dengan dipukul. Alat musik berasal dari Sumatera Barat.

39. Pupuik Batang Padi

Pupuik Batang Padi

twitter.com

Pupuik Batang Padi merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini juga berasal dari Sumatera Barat.

40. Serunai

serunai

dakta.com

Alat musik tradisional ini yang dimainkan dengan cara ditiup, biasanya terbuat dari bambu, kayu, atau padi. Alat musik ini berasal dari Sumatera Barat.

41. Tambua & Tansa

Tambua & Tansa

yourou.id

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul secara bersamaan, terbuat dari kayu yang bagian tengahnya di lubangi. Alat musik ini berasal dari Sumatera Barat.

42. Burdan atau Gendang Oku

Burdan atau Gendang Oku

musik.faktualnews.co

Burdah atau Gendang Oku adalah alat musik tradisional Palembang, Sumatera Selatan

43. Tenun

Tenun

musik.faktualnews.co

Alat musik tradisional ini terbuat dari kayu dan berbentuk segitiga. Dulu digunakan sebagai alat musik yang digunakan untuk menghibur para pekerja yang sedang menenun. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

44. Kenong Basemah

Kenong Basemah

thegorbalsla.com

Kenong Basemah merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul, terbuat dari tembaga. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

45. Tebangan

Tebangan

ilmuseni.com

Alat musik tradisional ini berbentuk seperti rebana, dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

46. Genggong

Genggong

wajibbaca.com

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara ditiup seperti harmonika. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

47. Caklemong

Caklemong

moondoggiesmusic.com

Alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara memukulnya dengan menggunakan alat pemukul khusus. Alat musik ini berasal dari Bangka Belitung.

48. Gambangan

Gambangan

alatmusik.org

Alat musik tradisional ini terdiri dari tujuh potongan kayu, dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kayu. Alat musik ini berasal Bangka Belitung.

49. Kompang

Kompang

usleducation.com

Alat musik ini seperti rebana yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan, terbuat dari kayu dan kulit kambing. Alat musik ini berasal dari Lampung.

50. Ganda atau Kanda

Ganda atau Kanda

slideplayer.info

Inilah beberapa dari alat musik tradisional di Indonesia. Masih banyak lagi Alat musik tradisional yang perlu kita lestarikan, yang menjadi penanda kekayaan dan keragaman budaya negeri ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: