6 Alat Musik Ritmis Beserta Pengertian, Gambar, Fungsi danDaerah Asalnya

Musik merupakan salah satu media yang dapat dijadikan untuk pelampiasan pikiran kita sekaligus menjadi hiburan yang apik. Musik sudah dikenal sehak zaman dahulu sampai zaman modern seperti sekarang ini.

Bicara tentang musik tentunya pasti tidak jauh bahasannya dari instrumen musik atau alat musik. Jika dilihat menurut fungsinya alat musik dibagi menjadi 3 macam : ritmis, melodis, dan harmonis.

Dari ketiga fungsi tersebut pastinya ada kelebihan, keurangan tersendiri. jika dibedakan antara alat musik ritmis dan alat musik melodis terdapat pada ada tidaknya nada. Alat musik ritmis tidak ada nadanya, sedangkan alat musik melodis ada nadanya.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Pengertian alat musik ritmis

satujam.com

Dari beberapa sumber terdapat perbedaan dalam mengartikan pengertian alat musik ritmis ini. Sehingga ketika ditanya apa pengertian alat musik ritmis itu, maka akan didapatkan jawaban yang berbeda-beda.

Tetapi dari sekian banyak pendapat mengenai pengertian alat musik ritmis, semuanya sependapat kalau alat musik ritmis adalah alat musik pengiring lagu.

Dapat dikatakan, pengertian alat musik ritmis adalah sebuah alat musik tidak bernada atau nadanya tidak tetap (berubah-ubah). Seperti yang telah disinggung di atas, alat musik ritmis berfungsi sebagai alat musik pengiring sebuah lagu.

Selain itu, alat musik ritmis juga memiliki fungsi yang lain yaitu sebagai pengatur irama atau tempo lagu. Dalam model permainannya alat musik ritmis memliki beberapa cara yaitu dengan dipukul/ditabug (dengan atau tanpa alat tertentu), digesek, dan lainnya.

Macam-Macam dan Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional

Pengertian alat musik ritmis

Berikut ini adalah macam-macam dan contoh alat musik ritmis tradisional unik yang tesebar di seluruh dunia berserta asal daerahnya, gambar dan cara memainkannya:

1. Kendang

alat musik kendang

wikipedia.com

Alat musik ritmis kendang biasa di gunakan di jawa seperti pengiring lagu tradisional, sekarang alat musik kendang ini juga mulai dikombinasikan dengan alat musik modern.

Cara memainkan alat musik kendang ini adalah dengan memukulkan tangan ke kulit yang direnggangkan pada kendang tersebut.

Alat musik memiliki beberapa macam jenis yaitu ketipung adalah kendang kecil, kendang ciblon adalah kendang kebar atau bisa disebut kendang menengah, kendang kalih adalah kendang gede merupakan pasangan dari ketipung.

2. Tifa

alat musik tifa dan asal usulnya

DuniaKesenian.com

kedua adalah alat musik tifa, alat musik ritmis tradisonal tifa ini berasal dari Papua. Jika dilihat sekilas alat musik ritmis tifa ini hampir sama dengan gendang, baik dari cara memainkannya, bentuk maupun bahan yang yang digunakan yaitu dari kayu dan kulit hewan.

Perbadaannya terdapat pada bentuk dari alat musik tifa yang lebih panjag dan sedikit ramping pada bagian tengahnya. Berbeda dengan gendang yang berbentuk membesar pada bagian tegahnya. Umumnya tifa dimainkan dengan cara bediri dan dipukul seperti gendang.

3. Rebana

alat musik rebana

kompasiana.com

Bentuk Rebana tidak jauh beda dengan kendang kecil yang berbentuk bundar serta pipih. Jika diperhatikan maka akan terlihat bingkai berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu yang dibubut.

Kesenian di negara melayu seperti Brunei, Malaysia, Singapurajuga Indonesia yang memakai rebana kebanyak musik irama dari padang pasir, seperti qasidah, hadroh dan gambus. Cara memainkannya dipukul-pukul menggunakan tangan.

4. Kastanyet

alat musik Kastanyet

gitarbutik.com

Alat musik ritmis kastanyet berikut ini cara memainkannya adalah dengan meletakkan alat musiknya kastanyet di tangan kiri, selanjutnya tangan sebelah kanan menepuk-nepuk tangan kiri, hal ini dimaksudkan agar alat musik ritmis kastanyet ini mengeluarkan bunyi sesuai yang diinginkan pemainnya.

Biasanya alat musik ini digunakan untuk mengiringi tari-tarian di Spanyol.

5. Timpani

Pengertian alat musik ritmis

Alat musik timpani merupakan alat musik ritmis yang terbuat dari bahan kuningan dan tabungnya berbentuk menyerupai mangkuk.

Cara memainkan alat musik ritmis timpani adalah dengan cara dipukul dengan alat yang bernama stik atau mallet timpani.

6. Konga

alat musik ritmis

KinerjaAktif.com

Alat musik ritmis Konga mirip dengan kendang,tapi bentuk alat musik konga ini lebih panjang dan terdapat keunikan tersendiri dari bentuknya. Alat musik ritmis tradisional konga ini terbuat dari kayu.

Kulit hewan yang dipakai untuk permukaanya sebagai sumber bunyi dari alat ini.

Saat penampilannya di panggung, konga diletakan di penyangga besi hal ini bertujuan agar posisinya tetap seimbang saat dimainkan.

Cara memainkan alat musik ritmis konga adalah dengan cara dipukul dengan kedua tangan tanpa alat bantu.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, macam-macam dan contoh alat musik ritmis tradisional dan modern khas dan unik di seluruh dunia berserta asal daerahnya dan cara memainkannya. Sekian dan semoga bermanfaat bagi kita semua

Leave a Reply