InI Macam-macam Alat musik Petik Tradisional dan Modern Beserta Gambar, Nama dan Penjelasannya

Alat musik sendiri adalah salah satu instrumen yang dimodifikasi dan dibentuk dengan maksud dan tujuan tertentu agar dapat menghasilkan suatu bunyi atau lagu pada sebuah pertunjukan seni.

1. Alat musik petik tradisional

alat musik tradisional indonesia

santaidamai. com

Namun dari sekian banyak jenis alat musik, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Akan tetapi pada umumnya semua alat musik yang ada di Indonesia dibedakan melalui cara mamainkannya.

2. Jenis Alat Musik Petik tradisional dan modern

Telah kita ketahui bahwa alat musik petik sangat popular di Indonesia, hampir semua genre musik menggunakan alat musik petik sebagai pengiringnya. Mulai dari alat musik tradisional hingga modern, alat musik petik masih tetap digemari. Berikut ini adalah jenis-jenis alat musik petik yang ada di Indonesia.

  1. Gitar

alat musik petik gitar

From: DjarumCoklat.com

Siapa yang tidak tahu Gitar? Alat musik petik yang satu ini bisa dibilang adalah alat musik yang sangat terkenal di seluruh dunia. Umumnya gitar terbuat dari kayu dan memiliki enam buah senar dengan nada yang berbeda-beda. Untuk memainkannya, gitar memiliki chord yang digunakan untuk menghasilkan suatu nada tertentu. Gitar memiliki dua jenis, gitar akustik dan gitar elektrik.

  1. Ukulele

alat musik petik ritmik ukulele dan cara mainnya

maestro-music.com.ua

Ukulele secara sepintas memiliki bentuk yang hampir mirip dengan gitar, namun berukuran lebih kecil. Ukulele adalah alat musik tradisional yang berasal dari Hawaii dan memiliki empat jenis, Soprano, Concert, Tenor dan Baritone. Ukulele terbuat dari kayu dan memiliki empat senar, berbeda dengan gitar yang memiliki enam senar. Alat musik ini sering dijadikan pengiring musik keroncong dan juga sering digunakan oleh band musik indie.

  1. Kecapi

alat musik kecapi tradisional indonesia

Alam Pedia – Blogspot

Alat musik tradisional bernama kecapi ini berasal dari tanah sunda yang telah terkenal di daerah lainnya di Indonesia. Kecapi biasanya dimainkan untuk mengiringi musik-musik sunda. Kecapi, berdasarkan bentuknya memiliki dua jenis, yaitu kecapi parahu dan kecapi siter. Sedangkan berdasarkan fungsinya ada kecapi indung dan kecapi rincik. Sesuai dengan namanya, kecapi indung memiliki ukuran yang lebih besar daripada kecapi rincik.

  1. Shamisen

alat musik petik tradisional shamisen jepang

Asahi Nihongo. com

Tidak banyak yang tahu tentang alat musik yang berasal dari Jepang ini. Shamisen adalah alat musik petik yang berasal dari Jepang dengan arti “tiga garis”. Shamisen memiliki tiga buah senar dan dimainkan dengan cara dipetik menggunakan alat yang disebut bachi.

Beberapa Shamisen dilapisi oleh kulit perut kucing bertina atau kulit punggung anjing, sedangkan umumnya dibuat menggunakan plastic. Senar Shamisen terbuat dari sutra yang dipilin sehingga menghasilkan suara tertentu yang diinginkan.

3. Alat Musik Petik Tradisional Indonesia

alat musik kecapi tradisional indonesia

Alam Pedia – Blogspot

Musik tradisional di Indonesia tidak terlepas dari alat musik petik. Dengan adanya alat musik petik, alunan musik tradisional terasa lebih kaya oleh harmoni. Bagi anda yang tinggal di pulau Jawa, pasti tidak asing dengan alat musik kecapi, gitar, ukulele dan alat musik petik umum lainnya. Namun tahukah anda, bahwa masih banyak alat musik petik tradisional lainnya yang juga unik dan sangat bervariasi. Inilah beberapa alat musik tradisional yang belum banyak kita ketahui dan perlu kita lestarikan.

  1. Sasando

alat musik petik tradisional indonesia

Indonesia Expat .com

Sasando adalah alat musik petik tradisional yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Bentuk dari Sasando sangatlah unik. Sasando memiliki beberapa jenis yang berbeda dan dapat dibedakan sesuai jumlah senar yang dimilikinya. Hingga saat ini, Sasando biasanya dimainkan saat acara adat maupun perayaan hari besar tertentu di daerah NTT.

  1. Hasapi

alat musik petik hasapi tradisional indonesia

Pinterest. com

Hasapi, dari namanya mungkin kita mengira sama seperti kecapi. Namun itu salah, Hasapi adalah alat musik tradisional dari Batak Toba. Hasapi dan Kecapi adalah dua alat musik yang benar-benar berbeda. Hasapi memiliki dua jenis, yaitu Hasapi Ende dan Hasapi Doal.

Alat musik ini biasanya dimainkan pada suatu acara pernikahan di Batak Toba. Alat musik ini termasuk ke dalam alat musik ritmis yang tidak menggunakan tangga nada. Hasapi terbuat dari kayu Ijor dengan diberi ukiran tertentu.

  1. Sampek

alat-musik-tradisional-sampek-kalimantan-timur

Alat Musik. com

Siapa yang tahu bahwa suku dayak pun memiliki alat musik petik tradisional yang bernama Sampek. Sampek terbuat dari kayu ulin, kayu kapur atau kayu arrow. Sampek memiliki senar berjumlah tiga sampai enam senar. Sampek biasanya dimainkan dalam upacara adat atau menjadi musik pengiring tarian tradisional suku dayak.

4. Alat Musik Petik Modern

macam macam Alat Musik Petik Modern

Carousell . com

Alat musik petik tidak hanya berjenis tradisional, banyak juga alat musik petik yang digunakan dalam genre musik modern. Contohnya Bass. Bass merupakan alat musik dengan jenis chordophone. Bass umumnya memiliki 4 senar, namun ada pula yang memiliki 12 senar. Bas modern memiliki bentuk yang hampir sama dengan gitar, hanya saja bagian leher (neck) nya lebih panjang. Senar Bass pun berukuran lebih besar daripada senar gitar pada umumnya. Dalam musik yang dibawakan sebuah band, Bass berfungsi untuk menjaga harmonisasi lagu dan pengatur tempo bersamaan dengan drum.

Contoh lain alat musik petik modern adalah gitar elektrik. Gitar elektrik berbentuk padat tanpa ada lubang seperti yang ditemukan pada gitar umumnya. Gitar ini membutuhkan tenaga listrik untuk mengeluarkan bunyi. Jenis gitar ini biasanya digunakan untuk mengiringi jenis musik Rock, Reggae, Country dan jenis musik lainnya.

5. Alat Musik Petik Selain Gitar

 indonesia memiliki banyak sekali budaya dari sekian banyak budaya tercipta berbagai macam tradisi dan juga alat musik seperti yang kita bahas kali ini.

Gambus

alat musik petik selain gitar gambus indonesia

gambus el-mahbub tangerang . com

Apakah anda tahu tentang alat musik Gambus? Alat musik petik ini seringkali digunakan untuk mengiringi musik-musik islami. Gambus berasal dari daerah Timur Tengah namun hingga saat ini Gambus kerap digunakan di berbagai daerah di Indonesia.

Di daerah asalnya, Gambus biasanya digunakan untuk mengiringi tari Zapin. Gambus juga terkenal di daerah melayu dan digunakan untuk memberikan nuansa islami pada musik melayu serta menambahkan warna nada yang baru.

Gambus memiliki 3 sampai 12 senar. Biasanya, permainan musik Gambus diiringi pula oleh kendang. Lagu yang diiringi Gambus berirama Timur Tengah dengan lirik keagamaan. Saat ini, orkes Gambus sering digunakan oleh suku Betawi untuk dibawakan pada pesta perkawinan maupun sunatan.

6. Gambar Alat Musik Petik

 

Penting bagi kita untuk mengetahui bentuk alat musik petik baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri agar bertambah wawasan kita tentang musik. Berikut ini adalah gambar-gambar alat musik petik serta daerah asalnya.

1. Banjo (Amerika)

gambar alat musik petik banjo

alat musik. com

2. Gayageum (Korea)

gambar alat musik petik gayaguem

Amazon. com

3. Sanxian (China)

gambar alat musik petik tradisional

Pick et Boch. com

4. Bau (Vietnam)

gambar alat musik petik selain gitar modern

VOV Online Newspaper . com

7. Macam Alat Musik Petik

Harpa

macam macam alat musik petik harpa

Kata.co.id

Alat musik petik yang terkenal maupun belum dikenal di Indonesia memiliki berbagai macam jenis. Salah satu alat musik petik yang tertua adalah harpa. Harpa terbuat dari kayu dan memiliki senar dengan nada yang berbeda-beda. Umumnya, harpa berbentuk tinggi dan berwarna emas. Harpa biasa dimainkan bersama dengan suara vocal, flute, jazz bass dan drum.

Harpa dapat dimainkan secara solo atau dalam sebuah ensemble. Harpa memiliki dentingan yang sangat indah hingga di Indonesia pun telah banyak konser-konser tunggal yang menampilkan keindahan alat musik petik yang bernama Harpa ini.

Harpa memiliki bentuk, ukuran dan berat yang berbeda-beda namun tetap memiliki bagian-bagian utama seperti papan suara (sound board), leher (neck) dan senar (string). Saat ini, dengan berkembangnya musik, telah muncul harpa dengan jenis terbaru yaitu harpa elektrik.

Leave a Reply