10 Cara Mudah Memandikan Kucing Kampung dengan Baik dan Betul

From : akalil.com

From : akalil.com

Memandikan kucing Kampung yang takut air- Banyak kita jumpai khususnya di wilayah indonesia kucing-kucing dari beberapa ras di antaranya kucing anggora, kucing persia dan kucing kampung. Kebanyakan di indonesia di dominasi oleh kucing kampung, selain mudah diperoleh, kucing kampung juga tidak kalah tingkah lucunya dengan kucing-kucing ras lainnya, Perawatan kucing ini tergolong mudah dan kucing daya tahan tubuhnya kuat, pastinya si manis ini juga butuh di mandikan.

Pastinya akan lebih manis jika kucing kita dimandikan agar menjaga bulunya halus, bersih dan rapi. Faktor utama yang menjadi daya tarik tersendiri adlah bulunya baik untuk pemilik pribadi maupun orang lain.

memandikan,merawat kucing bisa dibilang bukan perkara yang mudah bagi kita bila belum tahu caranya, kucing bisa melawan bahkan stress dan mencakar kita karena salah satu sifat dasar kucing yang tidak suka pada air, Lalu bagaimana cara memandikan kucing kampung yang baik dan benar ?

Baiklah simak beberapa cara berikut :

1. Kapan Waktu Memandikan Kucing yang Tepat ?

memandikan kucing kampung yang baik dan benar

From: miyares-pinturaypoesia.blogspot.com

Si manis memang tak setiap waktu harus dimandikan, Kita hanya butuh memandikannya sesekali, bisa 3 hari sekali atau 7 hari sekali. supaya bulu-bulunya halus, wangi dan jauh dari penyakit-penyakit yang mengintainya.

Kerutinan dalam memandikan kucing kampung anatara kucing yang biasa di ajak jalan-jalan dan kucing yang tidak sering di ajak jalan-jalan keluar rumah pastilah berbeda. kucing yang biasa di ajak jalan-jalan keluar rumah haruslah sering dimandikan.

Satu kagi kalau kita ingin memandikan kucing usahakan jangan di atas jam 16 : 00 ( 4 sore ) dan jangan memandikaannya saat musim hujan, yang bisa menyebabkan kucing sakit.

2. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

From : rizkinugrahaeni.wordpress.com

From : rizkinugrahaeni.wordpress.com

Seperti halnya manusia yang mau mandi butuh peralatan, kucingpun juga butuh peralatan yang membuat tubuhnya segar dan bersih. Siapkan, air hangat, sabun, sampo, sisir, dan handuk bersih, jangan lupa juga untuk mempersiapkan wadah atau ember untuk tempat untuk berendam dan memandikannya.

3.Potong Kuku Kucing Terlebih Dahulu

From : rizkinugrahaeni.wordpress.com

From : rizkinugrahaeni.wordpress.com

Kita perlu memotong kuku kucing terlebih dahulu untuk keselamatan kita, karena kadang kucing bersifat ekstrem saat dimandikan mengetahui sifat kucing yang tidak suka air.

Maka dari itu lebih baik kita memotong kukunya terlebih dahulu, memang kucing menggunakan kukunya untuk tersebut untuk melindungi dari musuh, jadi jangan di potong habis ya, tapi hanya sekedar membuatnya tumpul saja.

4. Melihat Keadaan Si kucing

Saat kita akan memandikan si kucing kesayangan pastikan kaki belakangnya sudah berpijak pada ember atau tempat untuk mandi, Peganglah tengkuknya secara perlahan agar si kucing dalam keadaan tenang di tempat mandi.

From : j-cul.com

From : j-cul.com

5. Lakukan dengan Tertib

Saat si kucing dimandikan kadang ia memberontak, nah untuk mengatasinya lakukan secara tertib seperti membasahi pada kaki terlebih dahulu, lalu diamkan dulu sebentar agar dia beradaptasi dengan air, kemudian basahi bagian-bagian lainnya.

Usahakan saat-saat memandikan kucing seperti ini untuk tidak gugup karena jika kita gugup si kucing bisa merasakan dan ikut gugup juga yang membuatnya tidak tenang.

6. Memberi Shampo

From : merawat-kucing15.blogspot.com

From : merawat-kucing15.blogspot.com

Setelah semua dirasa sudah di basahi, sekarang waktunya memberikannya shampo, berikan shampo secukupnya pada tubuh si kucing, diawali dari leher hingga bagian ekor, ratakan dan pijatlah secara perlahan agar si kucing merasa tenang dan tidak melawan.

Usahakan jangan menggunakan shampo pada bagian kepala seperti mata, hidung, telinga dan mulut. Karena bisa berakibat buruk pada si kucing.

7. Membersihkan Bagian Kepala

Bagian kepala adalah bagian yang haru sangat kita perhatikan, dalam pembersihannya pun tidak asal-asalan, jika kita ingin membersihkan bagian kepala sperti mulut, mata, telinga dan hidung gunakanlah kain lap basah saja, dan jangan sampai air masuk ke telinga atau mata si kucing.

From : okdogi.com

From : okdogi.com

8. Membersihkan Telapak kaki

Jangan lupa untuk membersihkan bagian telapak kaki si kucing sela-sela jarinya, kita bisa menggunakan kapas atau katenbad untuk membersihkannya.

From : ternakkucing.blogspot.com

From : ternakkucing.blogspot.com

9. Bilas Dengan Air Hangat Hingga Bersih

Setelah seluruh tubuh kucing sudah bersihkan dengan shampo sekarang waktunya untuk membilasnya dengan air hangat hingga bersih, dan sambil di urut agar airnya lekas hilang.

10. Pengeringan Bulu Kucing

Pengeringan si kucing dilakukan dengan handuk bersih, keringkan semua bagian tubuh dengan menggosoknya secara perlahan, lakukan cara ini hingga benar – benar kering.

From : Docx

From : Docx

Kita juga bisa menggunakan alat bantu lain yaitu hairdryer, setelah si kucing di bilas hingga bersih, bungkuslah tubuhnya dengan handuk bersih lalu keringkan dengan hairdryer supaya lebih cepat kering dan bulu tidak gampang rusak.

Pastikan bahwa semua bagian tubuh si kucing benar-benar kering dan bersih sebab kalau masih ada bagian yang belum kering atau lembap bisa mendatangkan bakteri atau kutu.

Berikut adalah video cara memandikan kucing kampung yang takut air :

Semoga setelah membaca artikel ini dapat memberikan wawasan bagi kita khususnya bagi para pecinta kucing. sampai jumpa lagi 🙂

Leave a Reply