Peringatan hari Ibu 2016 Serta Sejarahnya [Apa yang Dilakukan KPPPA Dalam Memperingati Hari ibu 2016 ini Akan Membuatmu Tercengang]

Hari Ibu-Tanggal 22 Desember merupakan hari peringatan bagi seorang ibu di Indonesia, hari ibu jatuh pada setiap tanggal 22 Desember.

Ibu merupakan sosok pahlawan dalam hidup kita, sosok ibu takkan dapat tergantikan sepanjang masa, perannya begitu besar, pengorbanan dan kasih sayang seorang ibu takkan tergantikan sepanjang masa.

Sejarah Hari Ibu di Indonesia

Di Indonesia ini Hari Peringatan Ibu (HPI), pertama kali dilaksanakan setelah Presiden Ir. Soekarno, mendeklarasikan melalui melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional sampai saat ini.

peringatan hari ibu

From: Suara Islam.com

Pada tanggal 22 hingga 25 Desember seperti yang diketahui, 22-25 Desember tahun 19928 yang bertempat di Yogyakarta, para pejuang wanita Indonesia dari berbagai wilayah Jawa dan Sumatera pada wakti itu berkumpul untuk mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I (Pertama), yang merupakan tonggak berdirinya organisasi para pejuang wanita pertama di Indonesia.

Akan tetapi semenjak itu, masih banyak sebenarnya kongres ini sudah dideklrasikan, di negara kita Indonesia ini, sudah banyak yang berjuang sebelum Kongres Perempuan Indonesia I (Pertama), yakni seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said, sebegai pelopor pada wanita pada masa itu.

Peran Ibu Dalam Membangun Bangsa

Peranan ibu dalam membangun bangsa sangatlah besar, pembangunan sebuah bangsa tidak hanya tergantung kepada kepemimpinan pemerintah yang menjalankan sebuah roda pemerintah sebagai pelaku yang bertugas dalam negara ini.

Oleh sebab itulah Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia, mengajak perempuan dan berbagai element masyarakat Indonesia untuk merayakan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 2016 dengan tema “Kesetaraan perempuan dan laki-kaki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, perdagangan orang serta kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan”.

Terkait dalam Peringatan Hari Ibu (PHI) 2016 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Repblik Indonesia, Yohana Yambise, mengingatkan bahwa, “Hari Ibu adalah sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.”

Dalam memperingati hari ibu ini, berbagai kegiatan telah dipersiapkan untuk memperingati dan merayakan juga memeriahkan PHI ini. KPPPA juga menghadirkan seminar, pameran, bakti sosial, fun walk, ziarah, sebuh upacara bendera serta kegiatan Iainnya yang dilaksanakan baik di tingkat nasional maupun di setiap Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

 

Leave a Reply